Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

28 Sep 2010

Plum Dataran Rendah

Di pertengahan Bulan Januari 2010 kemarin, saat berkunjung ke rumah teman di sebuah kota di Jawa Timur, langkah kaki saya terhenti didepan sebuah tanaman dalam pot yang daunnya rimbun. Beberapa saat mengamati tanaman ini, masih belum faham juga akan jenis dan namanya. Akhirnya si teman pun menjelaskan bahwa tanaman yang saya maksud adalah pohon Plum.
Mendengar jawaban tadi sepontan meluncur kata-kata "masak bisa berbuah di sini ?"
Tanpa panjang kata, satu dompol buah yang berisi sekitar 5 butir, ditunjukkan kepada saya.....

sosok tanaman di pot

Hemm... luar biasa..... Ternyata ini merupakan jenis Plum Dataran Rendah. Dia tumbuh subur dan mampu berbuah di dataran rendah. Yang lebih membikin kagum lagi sosok tanaman yang saya kagumi tersebut hanya di tanam di sebuah pot berdiameter 60 cm, namun bisa tumbuh subur dan berbuah. Beberapa calon bunga nampak bermunculan juga saat itu.

dompolan buah di pot
Penasaran akan rasa buahnya, maka satu butir buah yang sebenarnya belum begitu matang pun saya petik. Begitu di gigit hem....
rasa manis sedikit masam dan menyegarkan langsung mendominasi. Tidak terbayang jika buah yang saya cicipi itu bila benar-benar sudah tua dan matang. Pasti eksotik !

biji pipih, tekstur dading lembut
Bentuk buah Plum Dataran Rendah ini bulat, dengan diameter sekitar 3 cm. Buah muda berwarna hijau, sedang buah tua berwarna coklat kehitaman ditandai dengan buah yang agak lunak bila dipencet. Dalam daging buah bertekstur lembut dan terdapat beberapa biji yang berbentuk bulat pipih dengan jumlah sekitar 5-7 biji perbuahnya.

dompolan buah yang ditanam di tanah
Perbanyakan tanaman ini masih relatif agak susah. Dengan metode cangkok ternyata perlu waktu lebih dari 3 bulan untuk keluar akarnya. Kalaupun keluar akar jumlahnya juga tidak begitu banyak. Tingkat kematian setelah turun cangkok juga relatif besar. Dari kurang lebih 15 cangkokan yang sudah turun, cuma hidup sekitar 5 batang saja. Paling tidak itulah penuturan rekan lain di Surabaya yang melakukan perbanyakan dengan cara cangkok ( dan kebetulan saya juga lihat sendiri ).
Cara stek akar menjadi salah satu alternatif cara perbanyakan Pohon Plum ini meskipun menghasilkan bibit baru dengan jumlah yang terbatas.

tanaman di tanah, subur dan rimbun
Plum Dataran Rendah akan tumbuh lebih subur dan lebat jika ditanam di tanah. Tanaman serupa yang ditanam di tanah keliatan rimbun, bongsor dan dompolan buahnya lebih banyak dan rapat seperti buah anggur. Kedepan, Plum Dataran Rendah cocok dibudidayakan secara komersial sebagai penambah keanekaragaman buah-buahan di Indonesia.

Anda tertarik ....

26 comments:

  1. Jadi pingin nih mas..kalo disemai dari biji plum yg saya beli di supermarket kira2 bisa tumbuh & bebuah gak ya mas...plum merah. Salam bari.

    ReplyDelete
  2. @Bari : biji plum yang ada disupermarket ada 1 buah dan agak keras, tapi plum yg saya tulis diatas bijinya pipih kecil dan lunak serta berjumlah lebih dari 4.
    Sepertinya ada teknik tersendiri untuk semai biji plum yang bpk maksud, mungkin bisa dicoba pak he he he

    ReplyDelete
  3. Wah, bibitnya ada yang jual nggak ya Mas. Asyik juga tuh kalau saya punya. Salam kenal. Andie

    ReplyDelete
  4. @andie : bibit masih terbatas mas, kl lokasi dekat malang boleh lah, kl dikirim belum berani

    ReplyDelete
  5. Minta info'nya dong, yang jual pohon plum dataran rendah. thx

    ReplyDelete
  6. untuk bibitan plum brp harga nya ya pak?

    ReplyDelete
  7. harga bibitannya brp ya pak?thanks

    ReplyDelete
  8. untuk mendapatkan bibit bisa hubungi Bp Budi prayogo didaerah semarang, harga berkisar 150-200 ribuan ..selamat berburu

    ReplyDelete
  9. aku 3x coba nanam biji yg di beli dari super market, tapi ga numbuh.

    ReplyDelete
  10. Mohon tanya pak Hervin sy menanam pohon plum tropis dan sdh berberapa kali keluar bunga dan ada yg jd buah pentil, tetapi akhirnya selalu rontok seblm menjadi buah apa sebabnya ya pak, tanaman sy tanam di pot dan batang msh 1-2cm diameternya dg tinggi sekitar 140cm, bgmn cara mencegah kerontakan tsb ya pak dan pupuk apa saja yg perlu sy aplikasikan agar bunga tdk rontok lagi, terimakasih pak....

    ReplyDelete
  11. @Adrian : sekedar catatan, ternyata jenis plum ini kurang ompitam jika ditanam didaerah menengah keatas (600 dpl keatas), buah lebih sedikit dll

    pada kasus anda, coba berikan pupuk NPK dng kadar K dominan serta tambahan MgO, beberapa perlakuan kpd tanaman lain di kebun mampu mencegah kerontokan bunga.
    selamat mencoba

    ReplyDelete
  12. Pak Hervin setaun yg lalu sy beli tanaman buah plum (waktu pameran di suropadan) yg sdh jd buah pentil begitu banyak,, stlh smp rmh,,, buah itu rontok sendirinya,,, trus sampai sekarang subur daun aja dan tidak berbuah lagi. Bagaimana caranya spy tanaman plum sy, kembali berbuah,,,,,,,,, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dhian : kalau tanaman yang Anda beli sejenis dgn yang saya ulas ini, coba lakukan pemangkasan pada cabang yang sudah kecoklatan (tua). beberapa hari kemudian Insya Allah akan keluar bunga, selanjutnya berikan pupuk dengan kandungan PK yang tinggi.

      Delete
  13. Mas Hervin, plum ini sjenis dgn persik dan aprikot atau tidak ya? Klo didaerah Sumatera yang umumnya suhunya panas terik apa bisa? Apa ada bibit untuk ketiga buah itu? (dira)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mas, kalau di telusuri sebenarnya ini bukan murni jenis plum, hanya saja terlanjur di sebut plum dataran rendah (salah kaprah). kalau anda pernah liat buah rukem, "plum dataran rendah" ini sangat identik sekali.

      Delete
  14. Buah plum ini sejenis dgn buah persik dan aprikot atau tidak ya? apakah bisa dibudidayakan di wilayah sumatera yg suhu nya panas? Dmn saya bs dpt bibitnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak sama.... kabar bagusnya tanaman ini bisa di budidayakan di dataran rendah (daerah panas spt tempat anda) dan bisa berbuah lebat di pot (jika bibit asal cangkok)
      bibit bisa anda dapatkan di nursery2 buah, atau coba klik link yang ada di blog ini

      Delete
  15. Di bukalapak.com pohon buah plum dijual dan alhamduliah saya tanam dirumah tumbuh subur cm buahnya jatuh sblm matang....mungkin msh adaptasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, mungkin masih adaptasi setelah dari pengiriman ....

      Delete
  16. Mas Hervin..punya bibit plum Natal ? Sy pngn nya yv buahnya gede..almt Sby dmn ? Thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rhofik : ada tapi di malang mas, di surabaya tidak ada koleksi...

      Delete
  17. kira2 dmana sya bsa dpatkn tnamanya..untk d kirim k tegal bs ga ya pa? + ongkir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sity : coba cek di link kanan atas dibagian blog ini

      Delete
  18. Replies
    1. @renkamizu : coba cek di link kanan atas dibagian blog ini

      Delete

Comment