Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

11 Oct 2010

Hama Buah Kelengkeng

Satu lagi hama lengkeng di kebun terdeteksi ...!!! Kali ini bukan menyerang daun ataupun batangnya, tapi buah pentil yang jadi sasarannya.

Sebenarnya sudah beberapa tahun lalu melihat hasil dari serangan ulat terhadap buah pentil lengkeng ini. Buah pentil seukuran kacang tanah terlihat mulai mengering dan di bagian pangkalnya berlubang dengan isi buah yang sudah habis. Yang tersisa saat itu hanya kulit buah yang tetap menempel di tangkai buahnya.
Oleh karena serangan masih relatif sedikit kala itu, pencarian terhadap penyebabnya pun saya abaikan.

biang kerok lagi kepregok !
Namun beberapa hari kemarin, secara langsung terlihat biang keroknya. Ternyata Ulat lah penyebabnya. Hewan dengan ukuran panjang sekitar 1,2 cm dan berdiameter sekitar 0,3 cm ini tengah berusaha membikin lubang pada permukaan kulit pentil buah lengkeng saat saya jumpai.

bersarang di dalam pentil buah

lagi berpesta pora

dikeluarkan paksa...

Pada buah lainnya terdapat bekas lubang dipermukaan kulit tanda sudah terserang.
Setelah diamati dan dibelah ternyata buah terakhir yang dimaksud sudah ada bersarang ulat didalamnya tengah menggerogoti daging buah dan biji yang mulai terbentuk.

buah yang terserang
tinggal kulit, produktivitas pun menurun

Semula saya curiga serangan ini hanya terjadi pada jenis Diamond River, mengingat jenis ini lebih beraroma dan cenderung lunak walaupun buah masih pentil. Namun dengan melihat beberapa jenis lainnya, termasuk due dan itoh yang kebetulan juga lagi berbuah pentil, ternyata serangan serupa juga terjadi. Kesimpulan saya sementara : si ulat menyerang semua jenis lengkeng !

jenis Itoh juga tersrang

Secara jumlah sebenarnya ulat ini tergolong sedikit saat melakukan serangan, akan tetapi dia akan berpindah ke buah lainnya setelah menghabiskan isi dari pentil buah sebelumnya. Terlihat hanya sekitar 3-4 ulat yang terdapat dalam 1 buah tabulampot saat pengamatan.

cara aman, bungkus buah sejak dini

Lantas bagaimana penanggulangannya ?... Penyemprotan pestisida secara berkala menjelang buah pentil seukuran kacang kedelai patut di lakukan.
Namun karena tanaman akan dikonsumsi sendiri, cara aman lebih saya rekomendasikan.
Pembungkusan buah pentil sejak dini akan sangat membantu mengurangi serangan ulat ini. Buah akan lebih sehat dan terbebas dari bahan beracun. Dengan pembungkusan pentil buah sejak dini toh nantinya setelah buah beranjak matang juga akan terbebas dari serangan kelelawar (codot)....
Semoga Bermanfaat..

17 comments:

  1. Thanks untuk infonya sangat berguna sekali

    Salam .
    SUPRI CLABS

    ReplyDelete
  2. Ass wr wb. Mas Hervin.. mau tanya kelengkeng diamond river lagi belajar buah tapi di setiap bungga nya ada semut kecil-kecil, merontokan bungga nya mas, untuk mengatasi semut bagaimana ya mas
    terima kasih (Purnomo)

    ReplyDelete
  3. @Purnomo : Wasllm. Wr.Wb. semut di bunga lengkeng sebenarnya wajar aja mas selama dalam jumlah kecil. tapi kl jumlah banyak, dia bisa juga mengganggu. saya curiga biang kerontokan bukan pada semut, tapi pada semacam hama kutu putih yang mengeluarkan cairan (konon berasa manis) yang menyebabkan semut suka mendatangi nya. nah coba perhatikan benar atau tidak kecurigaan saya ini. jika benar, selama dia masih sedikit bisa di buang secara manual, tapi jika banyak bisa di semprot dgn campuran sabun cuci cair, penyemprotan dengan power yang kecil aja dan agak berkabut, setelah beberapa waktu (30 menit misalnya) bilas / semprot kembali dgn air bersih

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum Wr.Wb...Pak Hervin..kasus ulat pd buah yg pentil..juga saya alami...membungkus dengan bahan apa ya pak? apakah dibungkus atas ikat bawah bolong? atau bungkus semua?trims atas jawabannyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wassalam mualaikum
      kl mau dibungkus dibungkus dan diikat, jadi serangga dan ulat gak bisa masuk....(bersifat pencegahan)
      tapi kl serangan sudah parah, semprot aja pentil buah pake insect / pestisida..

      Delete
  5. Asslamualaikum mas,saya ingin bertanya kenapa mas ya lengkeng puangray saya daunnya banyak menguning,penyiramannya oke,kenapa mas dan apa solusinya?

    ReplyDelete
  6. Walaikum salam
    daun menguning kesekuruhan coba cek perakaran,biasanya akar kurang berkembang akibat media yang padat (biasanya terdapat cacing tanahnya), jika hal diatas tidak terjadi maka berikan pupuk MgO bersamaan pupuk npk berimbang
    selamat mencoba

    ReplyDelete
  7. Mas mau bertanya,pemberian pestisida fungisida dan insektisida secara bersamaan(dicampur)boleh nggak mas?

    ReplyDelete
  8. Aslkm Pak Hervin
    Pak saat ini daerah saya Ciledug Tangerang sedang hujan deras-derasnya jadi banyak bunga/bakal buah yg rontok, saya pohon lengkeng jenis 'puanray' tinggi 1m dan setiap cabang sdh ada buah masih pentil, tapi sekarang kok buahnya dihinggapi lalat hijau ya Pak apakah juga merupakan hama dan Batangngya malah jadi sarang bunglon (ada 3 bunglon/kadal sekaligus).. apakah itu nantinya mengganggu pertumbuhan dan buah kedepannya?
    Trims - Arief

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam mas arief

      iya mas, kl hujan kayak daerah sana emang agak susah, sebenarnya bisa di kurangi tingkat kerontokannya dgn semprot stimulans dari AG saat bunga hingga buah pentil terbentuk.
      namun kl hujannya tiap hari sepertinya kita ikhlaskan aja dulu musim ini he he he.
      lalat hijau disaat tanaman berbunga bisa membantu penyerbukan, namun saat hinggap di buah pentil dia bisa merusak buah dan bahkan menelurkan ulat, so di basmi aja.
      bunglon jelas kebanyakan mengganggu mas,

      Delete
    2. Trims Pak Hervin atas masukannya, akhir pekan ini rencana saya bungkus saja menggunakan jaring insect pak sambil menunggu paket dari AG dan stimulannya (telat mungkin karena Jakarta beberapa hari ini jadi lautan air jadi ekspedisinya tertahan).
      kalau ada waktu tulis tentang Durian dong pak barangkali saya dan teman2 pengunjung blog bisa belajar dari bapak (kebetulan saya punya 2 pohon durian usia 5 tahunan) belum berbuah dan ingin coba pakai AG bagaimana nanti hasilnya)

      Delete
    3. Lebih bagus dibungkus gitu aja mas....
      oh ya, turut prihatin nih akibat banjir yang melanda ibukota dskt...

      penginnya juga mau nulis durian, sayang saya belum begitu banyak pengalaman dgn durian, beberapa waktu lalu nyoba perlakuan membungakan ternyata juga rontok semua,..he he he

      Delete
    4. Senang sekali saya berbagi dengan Pak Hervin, bertambah ilmu saya dengan baca tulisan bapak..
      Oh ya pak maksud bunglonnya saya biarkan ada di ranting dengan harapan bisa makan belalang yg terkadang menggerogoti daun pohon lengkeng, tapi apa nanti merusak buah juga bunglonnya? (belum saya amati)
      Skrg saya mau coba okulasi 3 pohon (lengkeng, rambutan, leci) agar hemat lahan begitu pak jadi disatukan, kemungkinan bisa tidak ya tumbuh?
      Nanti bila berhasil dengan durian + AG dan percobaan diatas pasti saya berbagi ke Pak hervin.. hehe

      Delete
    5. masalah bunglon, spt yg saya tahu di kebun rumah, dia kadang lari kesana kemari yg akhirnya merusak tanaman terutapa bagian pucuk yang mudah patah dsb.

      untuk okulasi yg anda maksud bisa saja berhasil, karena sepertinya masih 1 family, tapi musim hujan begini patut hati2, soalnya proses sering gagal karena hujan.

      oke kita tunggu percobaannya ....

      Delete
  9. Dimana Mas bisa dapatkan pupuk perangsang pembungaan...tq.. sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek link dikanan atas ... ada di www.amazinggrow.com

      Delete

Comment