Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

10 Jan 2011

Hama Buah Lengkeng....(Lagi..)

Satu lagi temuan menarik di kebun belakang rumah, kali ini masih seputar hama buah kelengkeng.  Ya, kali ini menyerang buah kelengkeng yang sudah memasuki masa panen.  Bukan lagi kelelawar atau codot, tetapi masih seputar ulat.  Beberapa hari lalu tanpa sengaja saat memilih beberapa dompolan Lengkeng Pingpong yang mulai beranjak tua, terlihat beberapa buah yang telah lama di bungkus ada kejanggalan di kulitnya. 

buah terkena serangan ada bekas kotoran ulat di permukaan kulit

Dan ternyata emang ada bekas lubang sebagai indikasi tempat masuknya seekor larva. 

Belum saya ketahui secara pasti hewan apa yang menaruh telur, menetas hingga menjadi larva ulat yang akhirnya menembus kulit buah lengkeng ini.Sampai saat ini pun masih dalam pencarian dan pengamatan...(semoga cepat ketemu..)
Namun sekali lagi, yang jelas larva menetas diluar buah, tidak seperti lalat buah yang menusukkan telurnya ke dalam buah hingga larva menetas di dalam buah.
Hal ini diperkuat dari beberapa buah yang terkena serangan, kulit buah terdapat bekas kotoran si ulat ini saat dia menembus nya.  Dari beberapa buah tersebut juga kepregok saat si ulat barusan menembus kulit buah sebelum menembus ke daging buah.  Beberapa buah malah terserang sampai ke biji nya.

kulit buah dan daging buah sudah di tembus
si biang kerok

Yang lebih mengherankan lagi, seperti tulisan terdahulu, biasanya serangan ulat pada buah lengkeng dimulai saat buah berukuran kecil, dan salah satu cara mengantisipasinya kita bisa membungkus buah sejak dini dengan tujuan agar tidak ada si penusuk telur yang menetaskan telurnya di sekitar buah.  Nah temuan kali ini terjadi saat buah menginjak matang, dan sudah saya bungkus sejak usia muda. Tetapi masih terkena serangan hama dengan model yang lain...he he he pinter juga itu hewan.
buah yang sudah terkena serangan lama
kepregok saat di biji buah



















Lantas bagaimana sih penangannya ???
Terus terang untuk buah yang sudah terserang kita tidak bisa melakukan apa-apa lagi, alias dibuang dan dibakar agar siklus kehidupan si ulat menjadi kepompong dst nya terputus.

Untuk pencegahan, sebaiknya pembungkusan terhadap buah semenjak dini dilakukan, dan pembungkusan diusahakan secara rapi dan bener-bener rapat. Selanjutnya penyemprotan pestisida secara berkala bisa dilakukan.  Tapi ingat, lakukan hal tersebut saat terlihat adanya gejala serangan.

buah sudah dibungkus semenjak muda.....



Namun sebenarnya selama berkunjung ke beberapa teman dan kenalan yang memiliki kebun buah lengkeng, belum pernah mendengar hama semacam ini.  Saya yakin ini masih bersifat kasuistik dan merupakan anugrah bagi saya diberikan pohon yang kena serangan, untuk diamati dan disebarluaskan kepada rekan-rekan semua agar bisa diantisipasi...

Untuk itu...waspadalah...
Semoga Bermanfaat...








No comments:

Post a Comment

Comment