Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

26 Mar 2012

Menanam Pepaya dalam Pot, Siapa Takut ....


Bermula saat berkunjung ke salah seorang teman beberapa tahun lalu, diajaklah saya ke sepetak pekarangan yang berjajar beberapa tanaman Pepaya didalamnya.  Si teman bilang "Ini jenis California, rasanya oke lho !.."
Satu buah mengkal pun akhirnya dibawakan si teman sebagai buah tangan untuk saya, dan tak lupa beberapa bibit dari polybag ikut menyertai pula untuk di bawa ke Malang.
Benar ternyata kata si teman tadi, setelah beberapa hari buah diperam dan dirasa matang, saat dinikmati rame-rame semua sepakat jika pepaya jenis ini termasuk salah satu yang bercita rasa oke....
Sayang sekali, bibit di polybag kecil yang saya tanam di kebun belakang tidak sehat, dan sepertinya terkena serangan penyakit dan akhirnya tewas.

masak pohon
Penasaran akan benih Pepaya Calina ini, akhirnya saat ada tawaran dari seorang rekan yang menjual benih yang bergaransi langsung saja saya beli.  Kala itu 1 pack benih
berisi 200 butir dan dikemas dengan rapi dalam Alumunium Foil yang kedap udara.
Tanpa pikir panjang, sesampai di rumah beberapa butir benih pun di semai dalam media polybag kecil, dengan media tanam campuran tanah dan pupuk kandang serta sekam dengan perbandingan berimbang.
Menginjak bibit seukuran 30 cm tingginya, beberapa di pindah ke tanah.  Sayang karena saat itu musim hujan dan penanaman bibit banyak tergenang oleh air, tak satupun tanaman yang tumbuh bagus, bahkan banyak yang mati.

Panen perdana tabulampot Pepaya


dari polybag di pindah ke pot 40 cm
hanya ditambahkan sekam arang

Akhirnya terpilihlah satu bibit untuk di coba di tanam di pot.  Saat itu saya pilih pot dengan diameter 40 cm,  dengan media yang digunakan adalah murni berupa sekam arang.  Unsur tanah hanya ada pada media bibit dalam polybag saja.  
Dengan penampang daun yang lebar, tentu saja penguapan yang terjadi sangat tinggi.  Sifat sekam arang yang porous dan mudah kering, untuk ini penyiraman harus dilakukan 2-3 kali dalam sehari, sesuai cuaca.  Karena masih menggunakan pot diameter 40 cm dan masih ringan, pemindahan tempat pun sering dilakukan mengingat cuaca yang ekstrim panas dan kadang telat (baca : lupa) untuk menyiram.  Kadang ditempatkan di tempat teduh, namun lebih banyak ditempatkan di tempat full sun.  Namun jika dapat dipastikan kita menyiram nya tiap hari sesuai kebutuhan, makan sebaiknya di letakkan di daerah yang mendapat sinar matahari cukup.

mudah dipindah-pindah tempat (pot 40 cm)

mulai muncul bunga di pot 40 cm
buah mulai muncul, pot diganti yg lebih besar
(pot 50 cm atau lebih)
Apakah tanaman yang sudah berbuah pentil tidak akan roboh atau terguling mengingat medianya hanya sekam terlebih ditanam di pot ??  Kalaupun tidak roboh pasti akarnya tembus ke tanah...
Pertanyaan dan pernyataan ini sering saya dengar. Namun pengalaman dirumah tanaman tidak roboh, dan tidak tembus ke tanah.  Kok ?!.. Iya... dengan media yang 90 % lebih berupa sekam arang, perakaran pepaya akan tumbuh subur dan mengikat sekam arang, sehingga memenuhi ruangan di pot.  Itu penyebab dia tidak roboh jika misalkan terkena hembusan angin misalnya.

media cepat kering, so jangan telat siram

untuk memudahkan, larutan siram disandingkan

Beberapa rekan yang berkunjung ke rumah dan melihat tanaman ini sebagian besar bertanya : Apa pupuk yang digunakan ??

Seperti disinggung diatas, pemupukan mengadopsi salah satu sistem hidro ponik, yaitu menyiram sekaligus memupuk secara rutin. 
  • Saat tanaman masih bibit dalam polybag, bisa disiram sehari sekali dengan pemupukan NPK tinggi N seminggu sekali.
  • Saat tanaman sudah dipindahkan ke pot, diberikan pupuk NPK berimbang plus unsur Mikro (TE) lengkap, dengan konsentrasi EC 1,5 frekuensi penyiraman 2-3 kali sehari, sekali siram 0,5 - 1,5 liter larutan siram.
  • Saat tanaman mulai berbunga hingga berbuah, diberikan pupuk NPK dengan kandungan K lebih dominan, plus unsur Mikro lengkap dengan meningkatkan EC menjadi 2-3.  Sebab saat ini tanaman perlu pasokan nutrisi yang lebih.  Frekuensi penyiraman sama dengan masa sebelumnya atau menyesuaikan keadaan tanaman dan cuaca.


penyiraman bisa di modif sesuai keinginan

Sekilas terlihat dan terkesan ribet saat aplikasi pemupukan diatas, namun bagi Anda yang berminat menanam Tabulampot Kates ini, bisa digunakan juga media campuran tanah, pupuk kandang dan sekam arang.  Media tidak cepat kering seperti yang saya lakukan dengan hanya mengandalkan sekam arang.  Pemupukannya pun bisa Anda berikan Seminggu sekali, bisa di kocor atau di pendam di perakaran.
So...bukan alasan tidak punya lahan tidak bisa menaman Pepaya.  
Kalau saya bisa melakukannya,  100 % saya yakin Anda lebih bisa.

Semoga bermanfaat....

147 comments:

  1. kalo pake sekam mentah pegimana Cak ? angel golek arang sekam neng kenen, kudu nyangrai sek sekame.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @inorick : kl mengadopsi fertigasi hidroponik spt diatas, sekam mentah kurang tepat....malah lebih bagus pasir yg agak kasar dicampur kerikil aja....

      Delete
    2. Cara bikin arang sekam bukan disangray, tapu dibaka sedemikian rupa seperti membuat arang kayu. Dilakan tanta mbah Google

      Delete
  2. baeklah kl bgt..siapin kuali buat nyangrai sekam mentah kl bgt..btw Mikro (TE) itu kalo nyari di pasaran apa namanya ya ? EC iku opo yo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @inorick : nyangrai sekam : bakar pake tong ato seng, kl sudah bara di tarik keluar trus langsung di siram air, jadi gak disangrai (pengalaman dulu bikin sendiri sih).
      Trace Element (TE) unsur mikro ada yang sudah tersedia pada pupuk jadi, atau beli sendiri di kios2 pertanian, kebetulan aku pake yg sudah di mix dalam pupuk.
      EC : Electrical Conductivity, yaitu satuan yg menunjukkan jumlah ion dalam suatu larutan. dalam hal diatas gampangane : dia menunjukkan tingkat kepekatan pupuk yg dilarutkan dlm air...utk siram.. (gak usah di bikin pusing kl yang ini, ntar gak jadi nanam he he he )

      Delete
  3. mochamad ibrahim sugiharto1 Apr 2012, 23:32:00

    nyari bibitnya d mana nich?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @m ibrahim : kl yg jualan bibit masih jarang, tapi kl benihnya (biji) banyak tuh di kios pertanian

      Delete
  4. mochamad ibrahim sugiharto2 Apr 2012, 22:13:00

    makasih banyak infonya

    ReplyDelete
  5. boleh bagi info pak karena sy awam dalam berkebun. kebetulan sy beli benih cabe dan sawi, mau sy tanam tp ada yg bilang sebelum benih ditanam, direndam dulu di air panas selama 1 malam. apakah itu benar? dan apakah begitu juga untuk benih buah dan sayur lainnya.
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Raniari : meskipun awam tapi kl ada kemauan dan minat itu merupakan modal utama bu...he he he
      tidak semua benih di perlakukan sama, misalnya utk benih sawi bisa aja langsung di semai tanpa harus di rendam, untuk bibit cabe bisa di rendam di air hangat beberapa jam saja, gak perlu seharian, lebih bagus jika direndam juga dalam larutan air yg dicampur ZPT untuk mempercepat perkecambahan. ZPT yang saya maksud bisa seperti atonik dll...
      selamat berkebun

      Delete
  6. Bismillah.

    Pak.
    Bunga pepeya yg udh jadi kuncup pepaya kecil kok mudah kuning kecolat2 lalu rontok kenapa ya? apa karena posisi pohon tersebut dekat kandang ayam sring kena kotoran ayam & air.
    makasih

    pri santoso

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kemungkinan besar kena kotoran ayam pak, apalagi yang masih baru, panas di tanaman, dan sepertinya pepaya tidak senang oleh genangan air, kl memang tergenang usahakan di buat guludan di batangnya agar air mengalir ke samping nya.....

      Delete
    2. sepertinya permasalahan saya sama pak.pepaya saya saat belum berbunga saya kasih kompos kotoran ayam.begitu berbunga kuncup jadi pentil kata orang jawa mulai kuning coklat2 lalu rontok.untuk penagananya bagaimana ya.dan satu lagi daunya sekarang kriting2 dan ada bintik2 kering apaitu pak.
      email saya gatotheru78@gmail.com

      Delete
  7. pergi ke toko masuk ke dalem, lihat neh foto aye langsung tanem. HE HE HE.... Mas Hervin seh ngasih virus info Cuuuaaaaaantik. Tp pohon pepaya liar 20cm trus sy tanam di pot, khan biar cepat berbuah. makasih Mas infonya. Mahathirnya sy udah dapet. salam from bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he pinter juga berpantun....
      tapi baiknya pepaya jenis yang bagus aja, seperti Calina (California aka IPB 19) kan lebih cakep di tabulampotkan.....

      Delete
    2. kalau d bekasi kios tanaman sperti itu dmna ya pak?.. apa ada d kios" bunga gtu?.. sya dr bekasi. mksih.

      Delete
    3. Kalau di bekasi tempat" sperti itu dmna ya Pak?.. apa ada di tempat kios" tanaman di pinggiran jalan itu?.. sya dari bekasi. mkasih..

      Delete
  8. Mas Hervin foto n artikel ini buaaagus n uuunik. Di ikutin lomba foto pohon mas, Pasti jadi juara 1. Klik aja di greenweb indonesia. Just info from bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. teima kasih mas.... he he he belum sempat nih, tapi ide menarik juga
      thanks infonya

      Delete
  9. kalau boleh tw dimana tmpt memesan bibit pepaya calina di malang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah untuk daerah malang kurang faham ya....
      tapi kl misalkan perlu beberapa bibit aja, masih ada tuh di rumah hasil semaian F1 nya

      Delete
  10. Replies
    1. coba cari di toko pertanian terdekat di kota anda...

      Delete
  11. wah menarik sekali menanam pepaya di dalam pot... akan ku coba deh!!! makasih yah, blognya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. yg ini gk diliput trubus jg pak? krn menginspirasi bgt. rahma

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he ya nggak lah, kan udah umum...

      Delete
  13. salam kenal pak, senang sekali bisa membaca semua artikelnya...
    sekalian mau tanya nih pak:
    1. nih pepaya msh pendek sudah berbuah, emank jenisnya begitu apa krna di pot? atau ada perlakuan husus?
    2. sy msh bingung dengan penggunaan pupuk tipe NPK dan ZPT, apa boleh diberikan kduanya sekaligus? apa boleh memberikannya melebihi anjuran dr pemakaian? misal, di label pemakaian ditulis 2-3 kali sebulan, namun di pake seminggu 1x/2x?
    3. sy baru menggunakan pupuk merk Super A1, fungsi di label: pupuk, pembenahan tanah, hormon pengatur tumbuh zeatin,GA3, hara makro mikro, 14 mineral essential, 17 macam asam amino.
    kandungan dan komposisi hara C-org(4,99%), N(5,95%), PO(3,91%), Ko(0,60%) dll, kira" perlu tambahan pupuk lain gk ya pak? kalo iya jenisnya apa? pendi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @pendi :
      1.jenis yg saya tanam adalah Calina (california aka ipb 19), dia emang cenderung pendek tapi genjah berbuah...
      2.NPK merupakan unsur makro yang mutlak di perlukan oleh pertumbuhan tanaman (selain unsur2 semi makro dan mikro tentunya), kl ZPT merupakan Zat perangsang tumbuh yang sebenarnya menurut saya hanya di perlukan jika tanaman dalam kondisi tertentu saja...misal kurang optimal dan tidak normal pertumbuhannya..., utk dosis sebaiknya gunakan sesuai anjuran saja, jika belebihan selain boros, kadang ada efek samping terhadap tanaman yg bersifat buruk.
      3.kl dilihat kandungannya NPK nya, sepertinya dia pupuk organik ya, kecil banget kandungannya... pupuk tambahan cukup npk yg banyak di pasaran dengan dosis menyesuaikan umur dan kondisi tanaman

      Delete
    2. iya pak, jenis organik, utk organik sendiri ada nggk yang kandungan NPK nya tinggi? lebih baik pke organik apa an-organik ya pak?

      Delete
  14. Setahu saya sih jenis ppk organik kandungan NPK nya kecil, baiknya dikombinasi antara organik dan anorganik

    ReplyDelete
  15. Pak, pepaya saya sama2 jenis kalina kok bunga/pentil buahnya beda ini kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. calina F1 dan F sekian tentu saja ada bedanya....

      Delete
  16. Its Amazing,Aku baru semai calina 19 Packing kecil dari IPB. Perlu dicoba juga di Lamongan.Oh ya mas Hervin, Amazing grownya untuk lengkeng Itoh di Lamongan sangat bagus.kalau ada waktu luang nanti tak kirim fotonya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip Pak.... saya tunggu kiriman fotonya

      Delete
  17. Mas hervin,
    Dimana bisa mendapatkan bibit pepaya calina f1 nya pak? saya di kota bekasi.Tks.-ucok-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf Mas Ucok, saya kurang tahu ya kl di daerah bekasi yang jual bibit (tanaman kecil) nya pepaya ini. tapi kalu benih (biji) mungkin bisa tanya di kios pertanian yang ada di sana

      Delete
    2. harga brp pak untuk 1 pak

      Delete
  18. mas hervin mau tanya nie...
    apakah semua benih pepaya california yang ada di dalam satu Alumunium Foil yang kedap udara nantinya kalau disemai akan jadi bibit pepaya california semua?
    soalnya dalam kasus sebelumnya saya beli bibit pepaya jenis setelah disemai kok kebanyakan jadinya pepaya gantung (kates gantung)
    mohon infonya, trimakasih

    ReplyDelete
  19. @wahyu : wah untuk itu saya belum menemukannya, tapi menurut mitos orang Jawa, jika kita tanam bibit pepaya ke dalam lubang tanam, jika kita pegang batangnya dan meletakkannya di dalam lubang tanam, kemungkinan besar dia akan jadi kates gantung. Namun jika saat meletakkan ke dalam lubang tanam kita sangga bagian bawah (medianya) dgn tangan hingga sampai ke lubang tanam, kemungkinan sangat besar jadi pepaya normal. Sekali lagi itu hanya mitos lho, tapi saya mempercayainya.

    ReplyDelete
  20. salam kenal mas hervin, saya mbk endang dari tuban jatim. kelihatannya sih gampang tapi prakteknya susah jg mas, sy coba tanam bibit pepaya di polibag setelah tumbuh benih ternyata tdk berkembang mas malah mati. mungkin bibitnya yg krg baik krn itu pepaya yg sy beli di pasar he3x, hbs mau beli bibit ga ada mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba benih yang ditanam yang F1 mbak,

      Delete
  21. salam mas.. hehe yg dmksud kates gatung apa ya mas? apa setiap biji kates ada yg jantan n betinax.. adakah cara mmbdakannya saat msih bibit? @icha

    ReplyDelete
  22. brabvo mas salam kenal sayajuga
    mau coba nanam dalam pot....

    ReplyDelete
  23. saya baru coba menanam pepaya calina ini dari biji yang saya dapat waktu beli buahnya di slah satu supermarket.
    sekarang sudah tumbuh sekitar 50 cm, dan muncul tunas cabang baru banyak sekali.
    tunas cabang itu harus kita bersihkan atau biarkan saja?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahylosophie : pertahankan hanya satu cabang / batang utama yang keatas saja, bisa dibuang tunas yang tumbuh kesamping

      oh ya, sebaiknya sih nanam benih calina yang dari biji asli F1, takutnya kalau dari biji buah yang di jual di pasaran akan ada penyimpangan,,,,....

      tapi kl sudah terlanjur its oke, dilihat hasilnya saja nanti

      Delete
  24. Salam kenal Mas, saya tertarik sekali dengan artikel anda menanam buah pepaya di dalam pot. Kebetulan saya memang suka tanaman yg tumbuh di dalam pot , karena pekarangan saya kecil. yang mau saya tanyakan apa maksudnya F1 dan F....

    ReplyDelete
  25. Maksudnya F 1 adalah benih (biji) dari buah yg memang khusus utk dijadikan bibit baru, dia sengaja dibuat dgn galur yg jelas agar kualitas buah yg dihasilkan sesuai dgn yg diharapkan. Jika misalnya kita tanam biji dari hasil buah dari tanaman di kebun kita misalnya, dia kemungkinan besar sudah meyimpang dari indukannya...bisa di bilang yg terakir ini F 2 dst. Kira2 begitu pengertian gampangnya

    ReplyDelete
  26. saya juga nanam pepaya california di pot Pak. Benih saya beli produk "sentra feed". sekarang sudah umur 3 bulan dan mulai berbunga. tapi kok pohonnya nggak bisa besar kira-kira cuma diameter 5cm dipangkalnya. sepertinya pertumbuhannya cenderung ke atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perhatikan diameter pot nya mas, lebih besar lebih bagus, berikutnya letakkan di tempat yang tidak ternaungi (full sun).
      yang tak kalah pentingnya, karena media di pot, berikan nutrisi yang memadai...

      Delete
  27. Makasih pak infonya.. saya juga berencana mau menanamnya..

    ReplyDelete
  28. ミ★αѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..★彡. bang hervin....

    artikelnya bagus bgt..kayax cocok boeat di coba di rmh nich...pepaya mini cocok utk pekarangan mini...
    »»» (o '⌣' ) (y) $ìíîp

    ReplyDelete
  29. @khoirul : walaikum salam...ha ha ha koyok e apal aku nama iki....ternyata bener he he he ......
    suwun wis mampir nang kene

    ReplyDelete
  30. aku melu ah...

    ReplyDelete
  31. wah....inspiratif......mau nanya om...konsentrasi ec itu maksudnya apa ya? maf..saya awam sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aangajaib : ec maksudnya tingkat kepekatan larutan (dalam hal ini ion2 pupuk) singkatannya sendiri kalau gak salah electrical conductivity.

      ec sangat populer dalam hal budidaya tanaman secara hidroponik.

      Delete
  32. thanks inpo-nya bro... mau nyoba deh, soalnya (walau ga suka pepaya) jadi tertarik setelah liat foto potongan buah yang masak pohon diatas hehehe.. mau nanya: kalo misal (biar ga ribet) langsung menggunakan pot berukuran besar (ex:50 cm) apakah akan ada masalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bumi.karimunjawa : bisa saja langsung menggunakan pot besar, cuma di awal keliatan tidak imbang, trus kl bisa di beri penyangga / ajir dulu tanamannya agar tegak.

      Delete
  33. sebenarmya ada gak sih standar ukuran pot untuk tanaman buah.. klo ada bisa dishare2 y mas.. makasih.. chandra (solo)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Chandra : untuk ukuran pot buat tanaman buah sebenarnya relatif, dan sangat tergantung jenis tanaman serta ketersediaan lahan.
      namun untuk tanaman buah seperti jambu air, jeruk, jambu biji, sawo dll, yang masih berusia dibawah 3 tahun paling banyak menggunakan pot diameter 40 cm-an.
      Penggantian pot yang lebih besar biasanya menyesuaikan dengan besar tanaman (batang dan bola akarnya)

      Delete
  34. permisi mas.mau tanya itu bibit calina ipb 19 atau 9? saya cari2 sentra penjualan online kok tidak ada?yg ada ipb 9.terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he betul yang benar ipb 9, thanks koreksinya....

      Delete
  35. sama2 mas hervin.saya suka sekali blogspot ini.tq atas jawabannya.

    ReplyDelete
  36. Artikel yang bagus dan bermanfaat.
    Terima kasih atas infonya.
    Untuk mengurangi penguapan air dari media tanam, bisa ditutup dengan mulsa hitam perak atau jika tak ada, pakai lembaran plastik biasa. Mulsa juga berfungsi untuk melindungi media tanam dari kelebihan air saat hujan lebat.

    ReplyDelete
  37. Pagi, sy sdh menanam pepaya dlm pot uk.60cm, umur kira2 7 bln dg media tanah yg sdh jadi dibeli di tk tanaman, memberi pupuk NPK 1x seminggu penyiraman 1x sehari, ketika sdh berbunga n muncul buah kecil lama2 jd coklat wrnanya trus rontok, itu knapa ya....di medianya ada binatang kaki seribu (ulet bintang) muncul, bgmn menghilangkannya........spy cepet berbuah dibri pupuk apa, n umur brp mulai berbuah lebat.......Thλñk U mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tabur furadan se sendok makan, selanjutnya di siram air hingga larut
      untuk pemupukan bisa digunakan NPK berimbang, setelah kelihatan calon bunga rubah pupuk NPK dengan P dan K yang lebih dominan dari N....
      biasanya mulai belajar berbuah 6-7 bulan pasca tanam....

      Delete
  38. malam mas Hervin, saya senang dengan blog ini sangat inspiratif. numpang tanya nih kalo jenis pepaya lain kira2 cocok nggak dijadikan tabulampot? Syamsul Sihab (Palembang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam
      Jenis sbnrnya bisa terserah, cuma kl jenis calina setahu saya pendek dah buah dan kualitas buah ok

      Delete
  39. yah kemaren punyaku ta buang.. gara2 tiap hari diolok2 tetangga,,,, emang bisa buah kates didalam pot???

    liat postingan ini jadi nyesel deh... tau gitu make trik2 ini..

    ReplyDelete
  40. pk, mau tnya..
    sbenarnya pepaya california itu hidup di tempat lembab / kering???
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @muhammad wildan : dia lebih suka lingkungan yang agak kering tapi tidak kekurangan air.

      Delete
  41. aku mau tanya mz,om,pak.?cmuanya dech.?.
    1.Bgaimana sich cara pnyilangan pohon pepaya california n pohon pepay thu bisa d silangkan dg phon pepaya yg laen pha gx?
    2.Knpa klok pepaya jantan tidak bisa brbuah,tetapi bisa brbunga?

    ReplyDelete
  42. mau tnya nih pk, hrga pasaran 1 buah pepaya calina skitar brpa skrang?

    ReplyDelete
  43. gara2 baca blog ini, saya ikutan nyoba tanem pepaya california dalam pot pake media tanam beli jadi siap pakai, sekarang pepaya nya sudah mulai berbunga, tapi kenapa bunganya rontok terus ya?
    kemaren media nya saya aduk2 supaya gembur sekalian kasih pupuk NPK,

    ada beberapa ulet kaki seribu, sebetulnya ulet kaki seribu berguna gak sih buat media tanam?
    makasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  44. membaca tulisan mas hervin, saya jadi tertarik. kebetulan di rumah ada pohon pepaya baru tumbuh setinggi 2 meter. apakah jika pohon tersebut saya potong, dan mengikuti jejak mas hervin, pohon itu tidak akan mati ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada peluang mas wahyu, tapi jangan di gali dan di pindah ke pot lho....kl cuma di potong Insya allah nanti akan keluar tunas / cabang baru kok. kl diangkat di pindah ke pot kemungkinan mati masih besar.

      Delete
  45. Mas hervin,sekedar info,ada sebuah blog yg artikelnya persis dg artikel ini. Sy tdk bs sebut nama blognya. Sy liat di google dg kata kunci 'pepaya dalam pot'.tgl publishnya duluan punya m' hervin. Apa mmg blog tsb ada hub dg blog anda? Kl tdk ada,smoga ybs sdh ijin copy ke panjenengan.sejauh yg sy liat tdk dituliskan sumbernya.ini sekedar info aja mas,nggak ada maksud buruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih infonya mas.... sekedar info : sampai saat ini banyak tulisan di blog ini yang cuma di copy paste saja dan tanpa menyebutkan sumbernya maupun ijin terlebih dahulu.
      tentang blog yang Anda maksud tidak ada hubungan dengan blog saya ini.
      selama tidak dijadikan promo untuk jualan saya masih mendiamkan saja, tapi kalau buat jualan produk atau bibit biasanya pasti akan saya ingatkan.

      sekali lagi thanks infonya

      Delete
    2. Salut dg keikhlasan anda utk berbagi ilmu. Sukses trs utk anda,mas. Btw saya ini ibu2. Hehe..salah sy jg gak sebut nama. Trims

      Delete
    3. he he he maaf Bu.... soalnya tidak ada namanya sih....
      amien, trima kasih doanya....

      Delete
    4. Sama2...
      Oya, sekalian nanya, mas. Sy juga lg tanam pepaya di pot,tp saya ingin pupuknya organic aja. Apa bisa? Pupuk NPK yg organik ada gak ya mas? Kl boleh, saya minta rekomendasi merknya mas. Apa pupuk organic jg ada yg komposisinya berimbang, atau tinggi N, atau tinggi K juga spt pupuk buatan? Maturnuwun jawabannya.

      Delete
    5. pupuk organik bisa saja bu, cuma sekedar info, kandungan NPK yang terdapat di pupuk organik bisa di katakan kecil sekali, jadi saran saya gunakan campuran / kombinasi saja... toh tanaman juga tidak bisa membedakan unsur N P dan K itu dari organik ataupun kimia,.. yang penting ketersediaannya terjamin dan bisa diserap oleh perakaran, tanaman tidak mau ambil pusing he he he ....

      Delete
  46. Salam kenal Mas Hervin,
    Tulisannya sangat menarik. Saya ada beberapa pertanyaan ;
    1. Pepaya Calif yg kita beli di supermarket, bijinya bisa dijadikan benih?
    2. Arang itu arang yg biasa ada di pasar dan kl tanpa arang alias tanah semua,bisa?
    Terima kasih byk utk jawabannya.

    Pak Lukman_Tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lukman : salam kenal kembali Mas Lukman
      1. biji yang dimaksud bisa dijadikan benih, tapi kemungkinan kualitas akan menurun / menyimpang dari indukannya bisa sangat besar. jadi kl memang mau dibudidayakan mending beli benih yang diperuntukkan untuk budidaya (F1)
      2. arang sekam yang saya maksud adalah sekam yang sudah dibakar menjadi arang (bukan abu), selain untuk menjadikan media remah / porous dia juga bersifat ringan. bisa di ganti dengan tanah kok, asal media keseluruhan tidak padat / lengket saja.

      Delete
  47. @ Mei TL
    Pasisi dimana ya Mas ?
    Klo pesan bibit dikirim bisa kah?

    ReplyDelete
  48. lagi coba nanam nih mas. Dari biji skrng dah numbuh phn walaupun msh pitik hehehee.... ,

    ReplyDelete
  49. q jd pengen juga om nanam pohon pepayanya {fany}

    ReplyDelete
  50. Saya coba menanam pepaya hawai dalam pot, tetapi tanaman sudah cukup tinggi tetap saja tidak mau berbuah. Apakah mungkin karena saya memperlakukan secara organik, hanya dengan pemupukan pupuk kandang dan kompos saja ya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mangKoko : bisa jadi mas bro... untuk media di pot menurut ane dia perlu pasokan nutrisi yang sangat memadai.....

      Delete
  51. mau tanya dong mas , kok pohon pepaya calina yg saya tanam tumbuh daun lagi disetiap batang daunnya (maksudnya distiap batang daun tumbuh daun baru) , apa ini dibiarkan saja apa hrs dipangkas . Umur tanam baru 2 bln .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yg ada di ketiak tangkai ya maksudnya..... bisa di buang aja biar konsentrasi ke cabang / daun utama

      Delete
  52. iya mas di ketiak daun , makasih dah dijawab . Satu lagi yg mau saya tanyakan .. Apa perlu dipangkas ujung pangkalnya agar pendek dan katanya cepat berbuah ( krn saya tanamnya di dlm pot ) , krn saya baru pertama nyoba tanam di dlm pot jadinya sayang banget dah tumbuh bagus harus di pupus pangkal ujungnya .... Kalau dibiarkan saja gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya pribadi gak perlu deh, tapi gak ada salahnya di coba

      Delete
  53. pak Hervin, menyediakan bibit pepaya california juga? posisi dimana pak?

    ReplyDelete
  54. @Esensial : lokasi di Malang .... maaf tidak sedia bibit pepaya calina ...

    ReplyDelete
  55. membaca blog bapak, jadi pengen berkebun pak. terima kasih ilmunya pak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sulistiyowati : selamat mencoba....semoga bermanfaat

      Delete
  56. Mas Hervin yg inspiring ...., Pupuknya di kocor itu maksudnya pupuk butiran NPK +TE dilarutkan dalam air dan disiram kl 1 Lt sebanyak 2-3 kali dalam sehari... betulkah..Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Luky prasetio : kebetulan yang saya pakai Pupuk NPK yang berupa powder (bukan butiran) yang mengandung sekaligus TE dan MUDAH larut dalam air mas.
      untuk pemberiannya betul saya siramkan seperti kita menyiram tanaman.

      Delete
    2. ntuk Juaragan HERVIN : penyemaian dari F1 california dan nyambah sampai tumbuh 5-8 cm, kemudian patah ..trus mati..., gimana itu Gan?, kurang bagai mana dan apanya?

      Delete
    3. untuk bibit yang agan maksud mungkin kena serangan ulat atau hewan lainnya (bisa tikus, belalang dll). so saat kecambah hingga ukuran 10-15 cm lindungi bibit dari hama diatas. bisa di buat kan semacam pagar keliling atau semacam kelambu dll.

      Delete
  57. Semoga akuu bisaa mas hervin...liat emang pengen taapi gatau prateknya..ha3x.ni udh nyoba2 bljar tanam mas tapi lombok,tomat,timun,sawi di polibag.kebetulan rumah sya yang lantai 3 ada tempat kecil untuk dbuat tatanan tanaman&mendukung buat bertanam meskipun media polibag...klu mslah arang sekam?aq g bingung mas..modal tong bekas?di pecah jadi 2 dan buat bakar arang kyk biasanya.yang bingung apa aq bisa kyk tanaman mas hervin?apalagi pepaya?smntara ada mas pepaya cuman depan rmh aq tanam di tanah langsung...pengenku kan di pot besar bisa ditaruh di rumah kyk di lantai atas rmhq...kan bagus mas macam2 tanaman kayak buncop(kebun percobaan)ha3x....

    ReplyDelete
  58. @boby gotic : bisa aja kok, asal ada semangat dan kecintaan... mengenai arang sekam, dari pada repot2 bikin bisa beli yang sudah jadi aja....

    keep spirit...

    ReplyDelete
  59. pernah di coba pakai pupuk organik cair belum pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah, karena media diatas sebagian besar sekam arang, kalau di tanah mungkin lebih tepat menggunakan POC

      Delete
  60. saya dri sulawesi tengah,,tepatnya Kota palu : kenapa yg sudah tumbuh tiba2 daunnya menguning dan layu serta mati....apa penyebabnya ya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zaidnuddin : coba cek perakarannya mas, bisa jadi busuk akar. akibat media yg kurang steril (pupuk kandang masih mentah dll), atau tanah yang kurang porous sehingga becek dan liat.

      Delete
  61. mas hervin mau nanyak nih, klo ditanam pakai planter bag yang vol 50 liter(diameter 40cm tinggi 40 cm)bisa tumbuh maksimal ndak ya? ini alasan ekonomis saja karena harga nya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang diameter 50 cm up. he..he...he

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yonas Pramono : bisa banget mas pake planterbag, saran saya sih sekalian pakai yang 75 liter saja. info tambahan : pemindahan bibit kecil dilakukan bertahap, jangan langsung ke planterbag besar.... dan jangan gunakan sekam mentah... akar cepat /mudah busuk ternyata jika pakai sekam mentah

      Delete
  62. Wah trim atas pencerahannya,lumayan bisa sedikit ngirit he..he..he...

    ReplyDelete
  63. maf pa.. saya sangat tertarik menanam pepaya dlm pot,, pertanyaannya kalo di kasih pupuk buat hidroponik smisal AB mix bisa ga.? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @njun jun : bisa banget pakai AB mix, saya malah merekomendasikan itu untuk tabulampot, tinggal menyesuiakan kandungan NPK nya saja sesuai fase tanaman

      Delete
  64. AB mix itu apa ya pak? Dn bgmn cra gunakany? Mksih pak sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. AB mix biasa digunakan untuk memupuk tanaman dengan sistem penanaman hidroponik. Pupuk terdiri dari 2 bagian, A dan B, saat mau aplikasi pemupukan baru keduanya dicampur dalam wadah setelah di tabahi air tertentu sesuai aturannya.

      Delete
  65. Saya lagi mencoba tabulapot. Mudah - mudahan berhasil. Trimakasih atas sharingnya bro

    ReplyDelete
  66. Saya juga tertarik untuk nanam pepaya calina. Tapi masih ada yg kurang dimengerti secara detail mengenai cara penggantian pot supaya tidak merusak akar, dan bagaimana cara penentuan jadwal penggantiannya. Trima kasih sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @firdaus : gampang sekali mas, pada kondisi media kering tidak habis di siram, cuma di pukul2 keliling pot, cabut batang utama, media akan ikut bersama tanaman, secara akar sudah banyak dan media melekat di akar.....
      untuk jadwalnya tergantung pada feeling dan kondisi besar kecil nya tanaman

      Delete
  67. Aduh itu pohon pepayanya menggoda iman saya heheh.... Saya juga harap-harap cemas dgn pepaya yg saya tanam apakah akan tumbuh pendek dan berbuah sprt pny om huhuhu krn biji yg saya tanam pepaya california yg di jual di supermarket ToT

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja sesuai harapan, saran saya sih jika ingin tamen beli biji yang ada di toko pertanian saja, supaya tidak menyimpang jauh dari indukan nya

      Delete
  68. Om Hervin gimana caranya agar pohon pepaya berbuah pendek seperti bonsai?
    Matur suwun sebelumnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nono : saya sih belum pernah coba, tapi bisa dilakukan pemangkasan sejak dini, trus seleksi cabang yang dipelihara. kl yang di atas emang dari jenisnya kecil / pendek sudah buah

      Delete
  69. pak saya nanam pepaya udah tumbuh hampir besar ..trus uratnya membusuk itu kenap aya pak

    ReplyDelete
  70. Terima kasih untuk infonya bang admin ... sangat bermanfaat :D


    Salam dari komunitas berkebun online

    ReplyDelete
  71. Ini yang punya blog ramah banget, semua comment di jawab semua..... Semoga sukses.. Barokalloh, terimakasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @abimanyu : amin, terima kasih,semoga bermanfaat

      Delete
  72. klw pakai pupuk hidroponik AB mix untuk papaya California berapa penambahan Pupuk NPK nya Mas HERVIN ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl sudah pake AB mix, asal EC bisa mencapai 2 lebih, tidak usah ditambah npk lagi

      Delete
  73. Salam sukses pak.. Mau tanya, apa bedanya pepaya Calina dan California.. Thanks

    ReplyDelete
  74. @Nurhasan : sama saja mas, calina biasa disebut karena lebih singkat, panjangnya california

    ReplyDelete
  75. Dari sejak biji di semaikan, umur berapa bulan buah pertama muncul, ato siap di konsumsi / matang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @masrukhi : sejak bibit ditanam kurang lebih 6-7 bulan mulai belajar buah

      Delete
  76. Bisa tidak tanaman pepaya dipot diletakkan diatas susunan bata kalo langsung ditanah ragu dengan akarnya

    ReplyDelete
  77. Salam kenal.
    Langsung aja gan, mslah tabulampot pepaya, cara pemupukan NPK dosis seperti apa? Misal 1sdm(sendok makan) dilarutkan dgn air brp liter? Dan dikocorkan ke tabulampot pepaya brp hari sekali? Jg sbgai info: tabulampot pepaya saya koq bakal bunganya pd rontok, nggak ada satupun yg jadi bunga, apa ya kira2 penyebabnya?....maturnuhun, Eddy,Serang-Banten

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl yg saya pake pupuk yg water soluble dan mudah larut dalam air, dgn takaran 1 sendok makan (12-15 gr) dilarutkan 10 liter air, di siramkan secukupnya (sekitar 1-2 liter sekali siram), bisa diulang 2 kali seminggu misalnya.
      bunga rontok bisa dikarenakan kurang pupuk ATAU salah pupuk, pastikan saat bunga muncul pemberian secara rutin spt diatas, TERUS pupuk yg digunakan misalnya jika NPK pastikan kandungan N yang rendah, jika kondisi tanaman berbunga ato berbuah, pemberian pupuk dengan N tinggi akan berakibat bunga rontok,so berikan kandungan K yang lebih tinggi (ini yg saya maksud salah pupuk)

      Delete
  78. Menarik Dan inspiratif
    Semangat Mas

    ReplyDelete
  79. Saya nanam pepaya california di media lahan pekarangan yg bekas sampah organik, alhamdulillah tumbuh subur dan sampek panen bbrp kali.. Skrg saya pingin coba di mwdia tanam pot, sesuai arahan bapak, mdh2an berhasil juga, semangat berkebun

    ReplyDelete

Comment

Powered By Blogger