Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

24 Nov 2009

Membasmi Kutu Putih

Bagi para penghobi berkebun pasti pernah merasa jengkel akibat tanaman kesayangan yang terserang kutu putih. Si "Planococcus" ini sering meyerang tanaman seperti pepaya, jambu biji, nangka, srikaya dan tanaman lainnya. Dia suka meyerang dan bersarang di bawah daun dan kuncup daun muda dan menghisap cairan daun, yang mengakibatkan daun muda tumbuh keriput dan tidak sehat.

bersarang di bawah daun dan kuncup daun yang susah terjangkau semprotan

Sebenarnya banyak insektisida yang ada dipasaran untuk membasmi mahluk satu ini. Namun yang perlu diperhatikan, ternyata kutu ini memiliki lapisan lilin yang melindungi tubuhnya dari serangan (termasuk insektisida) dari luar. Dibeberapa tulisan juga dijelaskan, bahwa sebenarnya penanggulangan kutu ini cukup dengan menyemprotkan larutan detergen ke daun yang terserang. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan lapisan lilin yang melindungi tubuhnya. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pagi hari, dengan harapan setelah tersemprot, lapisan lilin akan luntur dan dengan sendirinya kutu ini akan mati, oleh karena dia sebenarnya tidak tahan oleh panas matahari tanpa lapisan lilin tersebut
Beberapa rekan yang bertanya tentang pembasmian kutu ini juga saya anjurkan untuk menyemprot mereka dengan insektisida yang di campur dengan larutan detergen. Atau kalau mau agak ribet, semprot dengan larutan detergen dulu, kemudian ulangi dengan penyemprotan insektisida.

Lantas bagaimana jika tanaman kesayangan berada di halaman rumah yang berbahaya jika disemprot insektisida (karena banyak anak-anak), serangan sudah parah, jumlah tanaman cuma 1 atau 2, tidak memiliki insektisida, atau bahkan kutu tersebut tidak mati, tidak terjangkau oleh semprotan insektisida karena berada di ketiak daun/tangkai daun dll ???

Tanpa panjang lebar berikut yang saya lakukan terhadap bibit Nangkadak yang terserang kutu putih :
  • Siapkan air yang telah dicampur detergen / sabun cuci cair dengan perbandingan 1 liter air 1 sendok makan detergen, lalu aduk merata.
larutan detergen, 1 liter air 1 sendok makan detergen cair
  • Gunakan Spon lembut untuk menghilangkan kutu putih. Celupkan spon ke larutan detergen, usapkan perlahan terhadap bagian daun yang terkena. Lakukan berulang-ulang sampai kutu putih hilang.
usap perlahan dgn spon lembut
rata hingga ke bawa daun
  • Bilas dengan air bersih biasa terhadap larutan detergen yang menempel pada daun terserang
bilas dengan air bersih
  • Tanaman sudah terbebas dari kutu putih...
tanaman sudah terbebas dari kutu putih

Walaupun sebenarnya cara ini terkesan ribet, namun sebenarnya mudah dan aman untuk dilakukan, tentu saja untuk tanaman yang tidak terlalu banyak jumlahnya.
Kembali itu semua tergantung kepada Anda, langkah mana yang mau Anda lakukan ....
Semoga bermanfaat....

82 comments:

  1. Thanks infonya jadi tertarik untuk mencoba pada tanaman cycas.

    ReplyDelete
  2. Resepnya sangat manjur! saya sudah coba pada jambu air & mangga. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  3. all : semoga bermanfaat bagi semua.....

    ReplyDelete
  4. akan saya coba pak,tapi susah juga kalo taneman yag kena ukuran pohon..super ribet!
    pohon mangga saya kena kutu putih banyak

    ReplyDelete
  5. kl tanaman ukuran pohon, coba semprot aja jarak jauh pake sprayer...bisa dicampur dgn pestisida kok

    ReplyDelete
  6. Sudah saya coba barusan. 1 jam usap2 daun jambu kristal. Untung cuman tambulampot. Semoga tidak ber-kutu lagi...
    Terima kasih tips-nya mas Hervin :)

    ReplyDelete
  7. he he he 1 jam kl untuk tanaman kesayangan kan gpp tho

    ReplyDelete
  8. terimakasih saya coba untuk bersihkan blackberry saya

    ReplyDelete
  9. saya suda coba semprot dengan deterjen, tapi sekarang kutu putihnya juga menyerang kedalam tanah diakar2nya. ada yg kena juga seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Suxy : kutu putih yg menyerang akar tanaman setahu saya agak berbeda dengan yang menyerang daun, untuk mengatasi bisa di coba bongkar media lalu bersihkan dgn air bersih kutu2 tersebut (jika memungkinkan), kalau tidak coba kocor media dengan larutan insektisida dosis ringan atau taburkan furadan di perakaran yang terkena.....
      selamat mencoba

      Delete
  10. thanks banget, sekarang tanaman jambu sukun saya sudah bebas kutu putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah mampir,
      semoga bermanfaat

      Delete
    2. Parah om..tanaman mangga saya masih kecil mungkin mudah tuk bersihkan...kendalanya semut merah juga suka ketanaman tsb.... mereka malah seperti melindungi hama itu....pernah suatu waktu saya bersihkn... mereka langsung menyerang sayyaaaa...ha ha... petunjuk om

      Delete
    3. semut bukan nya menjaga si kutu tsb sih, tapi lebih berkumpul karena cairan yg di hasilkan kutu tsb (konon manis he he he)
      so basmi keduanya langsung bagaimanapun caranya

      Delete
  11. ok.. thanks pak.. mau dicoba di tanaman seledri saya

    ReplyDelete
  12. cukup ribet ya untuk pohon jambu citra saya yg terserang kutu putih, secara daunnya aja ribuan. thanks anyway buat tipsnya :D

    ReplyDelete
  13. @niken : seperti saya singgung sebelumnya, cara diatas cocok buat tanaman koleksi dalam jumlah dikit (daunnya maksudnya he he he)
    untuk kasus Anda bisa gunakan larutan sabun dan sedikit pestisida yang disemprotkan ke daun yang terserang....

    ReplyDelete
  14. Gmana ntuk kutu putih pada buah kelemgkrng

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa disemprot dgn larutan sabun cuci piring yang cair, beberapa saat kemudian bilas dengan air biasa/bersih.

      air sabun bertujuan menghilangkan lapisan lilin yang menyelimuti kutu putih tsb, jika lapisan lilin sudah hilang, pada kondisi terkena sinar matahari, si kutu tersebut bisa mati juga lho....

      Delete
  15. Ya nih... kutu putih memang mengganggu keindahan tanaman hias yang kita pelihara.. saya mau coba dulu tips nya.. mudah-mudahan berhasil..

    ReplyDelete
  16. Terimakasih atas idenya. Selama ini saya menggunakan air dan tissue saja untuk membersihkan penyakit putih di bawah daun, memang cukup merepotkan. Tapi dgn spon dan air detergent, sepertinya akan lebih baik dan mudah. Atau bagaimana jika menggunakan sabun cair cuci piring yg juga bisa untuk mencuci sayuran dan buah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga mas menggunakan sabun cuci piring yang cain, kalau serangan masih sedikit larutannya bisa disemprotkan langsung ke daun yang terserang, bila perlu setelah itu di semprot kembali (dibilas) dgn air biasa. ini dilakukan jika tanaman tinggi atau kita sulit menjangkau dengan kain, tissu atau spons secara langsung

      Delete
    2. Pak bagaimana kalo setelah kita semprot dg larutan detergen/sabun cuci piring tidak kita bilas. apakah akan berefek negatif ke tanaman? terimakasih. heri

      Delete
    3. efek negatif nya menurut saya sih takut daun jadi gosong (jika saat semprot dalam kondisi matahari yang terik)

      Delete
    4. Nah, terjadi pada jambu air saya. Skr daunnya kuning, gosong dan rontok. Tiap hari ada terus yg rontok. Gmn biar tdk sampai mati? trims sarannya.

      Delete
    5. @yunhix ayu : lain kali segera bilas daun setelah aplikasi, lebih aman jgn gudanak sabun detergen berlebihan. siram sampai jenuh pada media tanamnya jika perlu

      Delete
  17. thanks infonya....nih jambu ungu saya kena kutu putih...

    ReplyDelete
  18. Kalo untuk bunga matahari bagaimana yah ? Soalnya agak susah terlepas. Lalu bisa nggak pakai insektisida rizotin 100ec

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ms. Rainrunner : kebetulan belum pernah / tidak punya bunga matahari.....
      secara umum serangan kutu ini bisa di basmi dgn insect juga, cuma biar lebih efektif campurkan sedikit air sabun agar menghancurkan semacam "lapisan lilin yang melindungi tubuh si kutu putih ini.

      Delete
  19. Salam kenal Pak Hervin, saya senang dengan tambulampot, masalahnya tanaman di rumah cuma terkena matahari dari jam 9 - 12.30wib jadi banyak kutu putih menyerang. Apakah dengan sinar matahari yg cuma 3 jam itu tanaman tetap bisa berbuah? Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @glossyndo : saya pernah mengalami juga menanam tabulampot spt yg Anda alami. Masih bisa berbuah sih, tapi hasilnya kurang optimal.

      Delete
  20. salam kenal pa hervin, saya punya pohon mangga hasil cangkokan yg saya tanam di depan rumah 2bulan yang lalu. sekarang daun-daunnya rusak, menguning, ada juga yang kering separuh seperti terbakar, dan ada bintik-bintik hitam seperti bisul. kalau boleh tau itu akibat apa ya? dan cara penangannannya bagaimana? apa disemprotkan rizotin 100ec tidak apa? ada efeknya pada lingkungan sekitar ga pa kalau pakai insektisida itu? mengingat letak rumah di komplek dan tanaman berada di depan rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kering terbakar banyak faktor mas, salah satunya keracunan pupuk (over dosis) atau pemberian pupuk kandang yang belum matang secara berlebihan.
      kl untuk bisul setau saya dia disebabkan oleh serangga yang menusukkan telurnya ke daun. jika jumlah sedikit bisa dilakukan pemangkasan manual pada daun yang terserang. selanjutnya bisa di semprot insect yg bersifat sistemik. (sayang saya kurang faham tentang rizotin), selama penyemprotan fokus ke mangga tidak menyebar ke mana2 saya rasa masih aman, faktor angin juga perlu diperhatikan saat penyemprotan

      Delete
    2. mas hervin bagaimana cara menagatasi over dosis pupuk npk 32-16-16. pohon lengkeng saya daunnya gosong semua. thanks

      Delete
  21. kutu putih memang agak sulit untuk di hilangkan tetapi setelah saya baca mengenai potingan ini sepertinya saya akan mencobanya tipnya gan terimasih telah memberikan informasi yang terbaik untuk kami gan salam dari orang pulau gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pulau Tidung :
      selamat mencoba...semoga bermanfaat tulisan ini

      Delete
    2. @Pulau Tidung :
      selamat mencoba...semoga bermanfaat tulisan ini

      Delete
  22. saya akan coba praktekin mudah2an berhasil nih, makasih ya mas hervin

    ReplyDelete
  23. Mempunyai tanaman drmh akan memberikan oksigen & sirkulasi udara yang baik...info bermanfaat Mas...boleh juga di coba (",)

    ReplyDelete
  24. terima kasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  25. Thanks buat tipsnya, mau coba buat tanaman terong saya

    ReplyDelete
  26. Tanaman saya kecil, kalo 1 liter bisa dikurangin jadi 500ml nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget, bikin larutan sesuai kebutuhan saja....selamat mencoba

      Delete
  27. info yg sangat bermanfaat dan juga murah meriah . Saya akan coba di pohon jambu air . Makasih mas .

    ReplyDelete
  28. Salam kenal Pak Hervin
    saya punya tanaman sikas yang masih ukuran kecil tapi batang ya banyak sekali semut bagaimana cara mengusir semut itu ya pa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake kapur semut aja dulu pak, ditaburkan di sekitarnya

      Delete
  29. Kalau yg diserang buahnya (bukan daun) apa disemprot larutan detergen juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Evita Damayanti : bisa juga kok, tapi cepat bilas dengan air bersih setelah nya

      Delete
  30. Pak. Klo untuk tanaman cabe saya gimana ya pak? Soalnya pohon nya kecil n tangkainya mudah patah. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wisnu Eko : pake semprotan yang hasilnya kabut tipis aja... semprot air sabun tipis...

      Delete
  31. saya menghilangkan kutu putih pd tanaman adenium saya dg larutan cuci buah & sayur "ma** lemon" yg disemprotkan pd daun & batang yg ditutupi kutu putih, utk kutu putih yg membandel saya lap dg spon basah larutan tsb, hasilnya cukup signifikan & tentunya aman utk tanaman kesayangan

    ReplyDelete
  32. Terima Kasih infonya mas, pohon sirsak saya sering gagal berbuah gara2 hama satu ini.

    ReplyDelete
  33. Terimakasih infonya sangat menarik..segera akan saya coba..😊😊

    ReplyDelete
  34. Untuk ulat juga bisa kek nya, ni saya pake cairan cuci piring yg di masukin sprayer, semprot langsung gak berapa lama ulat berjatuhan.
    thanks info nya.

    ReplyDelete
  35. min, mau tanya berapa lama waktu penyemprotan dengan pembilasan???? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bankjoel : jika konsentrasi larutan sabun pekat, sebaiknya tidak lebih dari 5 menit langsung di bilas

      Delete
  36. Kalau saya tidak mau repot-repot bikin ramuan insektisida atau yang lain. Saya lebih suka ambil slang air dengan sprayer saya set ke paling kencang dan langsung saya semprotkan ke bagian tanaman yang ada kutu putihnya. Alhasil kumpulan arisan kutu-kutu itu bubar semua. Biasa saya lakukan sambil menyiram tanaman. Untuk tanaman loyo seperti tomat kudu ati-ati nyemprotnya kalau tidak tanamannya ikut tumbang karena kencangnya terjangan air.

    ReplyDelete
  37. Informasi ini sangat berguna, saya akan coba pada tanaman jambu bangkok saya.... terima kasih mas Hervin informasinya... salam sukses..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Machmudi : semoga bermanfaat, salam sukses juga ...

      Delete
  38. matur nuwun infonya mas hervin....sangat menbantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus : semoga bermanfaat...

      Delete
    2. Saya basmi kutu putih dengan sabun cuci piring dengan dosis 1 sendok makan per liter air dan keliatanya efektif

      Delete
  39. ijin praktek ya, main2 keblog ane cellenwong.blogspot.com

    ReplyDelete
  40. Dear mas Hervin,
    untuk mengatasi belalang kecil2 pakai apa ya? Terus kalo ngilangin rumput liar pake apa ya mas selain dicabut..

    nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. @jefri bukit : belalang bisa disemprot langsung pake insectisida mas, kalau rumput liar bisa di semprot dengan obat rumput / herbisida. banyak merk nya, tapi ingat saat semprot ini obat jangan sampai kena tanaman yang dipelihara....

      selamat mencoba

      Delete
  41. makasih info nya,kalau daun nya bewarna hitam knp? dan bagaimana membasmi nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @amirijal : daun warna hitam biasanya terdapat jelaga hitamnya, artinya serangan sudah parah, jika jumlahnya sedikit bisa di buang manual, jika banyak bisa di semprotkan pestisida yg dicampur dengan larutan sabun spt diatas, diulang beberapa kali

      Delete
  42. Salam kenal pak hervin...salam kenal dari riau..saya sekarang lg nyoba berkebun jambu citra umurnya kira2 udah 2 tahun dan udah 2x berbuah,namun sekarang beberapa batang pohon udah terserang kutu putih tp di daun malah gak pak..sudah saya coba gosok dengan kain basah dan waktu itu sih hilang pak tp beberapa hri kemudian timbul lagi,tolong dong pak solusi nya...makasih sebelum nya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah tanaman di bersihkan harus dilakukan pencegahan mas, misalnya semprot rutin dengan pestisida dicampur sabun cuci piring secara rutin untuk mencegah serangan selanjutnya. apalagi untuk skala kebun.... selamat mencoba

      Delete
  43. Coba yang herbal, sy berhasil pakai laos yang sering dipakai untuk bumbu masak, caranya parut laos secukupnya kemudian saring pakai kain kaos tambahkan pakai air (perbandingan coba praktek sendiri) lalu masukkan alat semprot. dan semprotkan ke tempat kutu, pasti rontok..... selamat mencoba, salam dari Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. informasi yang bermanfaat mas.... salam kembali dari Tlogomas Malang

      Delete
  44. The info mentioned inside the write-up are a few of the best out there

    ReplyDelete
  45. Coba menteri pertanian kita seperti mas hervin, joss. Setuju...????Btw, ini mas hervin kok hanya sendirian borong pahala amal jariyah?? mana sarjana pertanian?? Bagikan ilmu kalian seperti mas hervin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he hanya pengin berbagi aja pak, semoga bermanfaat, masih jauh ilmu saya dari para lulusan pertanian

      Delete
  46. Salam kenal, Saya leli di surabaya. Saya Ada rumput di halaman yg kena kutu putih di bagian akar. Sudah ditabur furadan tapi agak khawatir karna area tersebut Ada di bawah pohon srikaya. Apakah furadan bs terserap hingga buah? Mohon masukan nya

    ReplyDelete

Comment

Powered By Blogger