Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

24 Nov 2009

Membasmi Kutu Putih

Bagi para penghobi berkebun pasti pernah merasa jengkel akibat tanaman kesayangan yang terserang kutu putih. Si "Planococcus" ini sering meyerang tanaman seperti pepaya, jambu biji, nangka, srikaya dan tanaman lainnya. Dia suka meyerang dan bersarang di bawah daun dan kuncup daun muda dan menghisap cairan daun, yang mengakibatkan daun muda tumbuh keriput dan tidak sehat.

bersarang dibawah daun dan kuncup daun yg susah terjangkau semprotan

Sebenarnya banyak insektisida yang ada dipasaran untuk membasmi mahluk satu ini. Namun yang perlu diperhatikan, ternyata kutu ini memiliki lapisan lilin yang melindungi tubuhnya dari serangan (termasuk insektisida) dari luar. Dibeberapa tulisan juga dijelaskan, bahwa sebenarnya penanggulangan kutu ini cukup dengan menyemprotkan larutan detergen ke daun yang terserang. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan lapisan lilin yang melindungi tubuhnya. Penyemprotan sebaiknya dilakukan pagi hari, dengan harapan setelah tersemprot, lapisan lilin akan luntur dan dengan sendirinya kutu ini akan mati, oleh karena dia sebenarnya tidak tahan oleh panas matahari tanpa lapisan lilin tersebut
Beberapa rekan yang bertanya tentang pembasmian kutu ini juga saya anjurkan untuk menyemprot mereka dengan insektisida yang di campur dengan larutan detergen. Atau kalau mau agak ribet, semprot dengan larutan detergen dulu, kemudian ulangi dengan penyemprotan insektisida.

Lantas bagaimana jika tanaman kesayangan berada di halaman rumah yang berbahaya jika disemprot insektisida (karena banyak anak-anak), serangan sudah parah, jumlah tanaman cuma 1 atau 2, tidak memiliki insektisida, atau bahkan kutu tersebut tidak mati, tidak terjangkau oleh semprotan insektisida karena berada di ketiak daun/tangkai daun dll ???

Tanpa panjang lebar berikut yang saya lakukan terhadap bibit Nangkadak yang terserang kutu putih :
  • Siapkan air yang telah dicampur detergen / sabun cuci cair dengan perbandingan 1 liter air 1 sendok makan detergen, lalu aduk merata.
larutan detergen, 1 liter air 1 sendok makan detergen cair
  • Gunakan Spon lembut untuk menghilangkan kutu putih. Celupkan spon ke larutan detergen, usapkan perlahan terhadap bagian daun yang terkena. Lakukan berulang-ulang sampai kutu putih hilang.
usap perlahan-lahan dgn spon lembut
  • Bilas dengan air bersih biasa terhadap larutan detergen yang menempel pada daun terserang
bilas dengan air bersih
  • Tanaman sudah terbebas dari kutu putih...
tanaman terbebas dari kutu putih

Walaupun sebenarnya cara ini terkesan ribet, namun sebenarnya mudah dan aman untuk dilakukan, tentu saja untuk tanaman yang tidak terlalu banyak jumlahnya.
Kembali itu semua tergantung kepada Anda, langkah mana yang mau Anda lakukan ....
Semoga bermanfaat....

35 comments:

  1. Thanks infonya jadi tertarik untuk mencoba pada tanaman cycas.

    ReplyDelete
  2. Resepnya sangat manjur! saya sudah coba pada jambu air & mangga. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  3. all : semoga bermanfaat bagi semua.....

    ReplyDelete
  4. akan saya coba pak,tapi susah juga kalo taneman yag kena ukuran pohon..super ribet!
    pohon mangga saya kena kutu putih banyak

    ReplyDelete
  5. kl tanaman ukuran pohon, coba semprot aja jarak jauh pake sprayer...bisa dicampur dgn pestisida kok

    ReplyDelete
  6. Sudah saya coba barusan. 1 jam usap2 daun jambu kristal. Untung cuman tambulampot. Semoga tidak ber-kutu lagi...
    Terima kasih tips-nya mas Hervin :)

    ReplyDelete
  7. he he he 1 jam kl untuk tanaman kesayangan kan gpp tho

    ReplyDelete
  8. terimakasih saya coba untuk bersihkan blackberry saya

    ReplyDelete
  9. saya suda coba semprot dengan deterjen, tapi sekarang kutu putihnya juga menyerang kedalam tanah diakar2nya. ada yg kena juga seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Suxy : kutu putih yg menyerang akar tanaman setahu saya agak berbeda dengan yang menyerang daun, untuk mengatasi bisa di coba bongkar media lalu bersihkan dgn air bersih kutu2 tersebut (jika memungkinkan), kalau tidak coba kocor media dengan larutan insektisida dosis ringan atau taburkan furadan di perakaran yang terkena.....
      selamat mencoba

      Delete
  10. thanks banget, sekarang tanaman jambu sukun saya sudah bebas kutu putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih telah mampir,
      semoga bermanfaat

      Delete
  11. ok.. thanks pak.. mau dicoba di tanaman seledri saya

    ReplyDelete
  12. cukup ribet ya untuk pohon jambu citra saya yg terserang kutu putih, secara daunnya aja ribuan. thanks anyway buat tipsnya :D

    ReplyDelete
  13. @niken : seperti saya singgung sebelumnya, cara diatas cocok buat tanaman koleksi dalam jumlah dikit (daunnya maksudnya he he he)
    untuk kasus Anda bisa gunakan larutan sabun dan sedikit pestisida yang disemprotkan ke daun yang terserang....

    ReplyDelete
  14. Gmana ntuk kutu putih pada buah kelemgkrng

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa disemprot dgn larutan sabun cuci piring yang cair, beberapa saat kemudian bilas dengan air biasa/bersih.

      air sabun bertujuan menghilangkan lapisan lilin yang menyelimuti kutu putih tsb, jika lapisan lilin sudah hilang, pada kondisi terkena sinar matahari, si kutu tersebut bisa mati juga lho....

      Delete
  15. Ya nih... kutu putih memang mengganggu keindahan tanaman hias yang kita pelihara.. saya mau coba dulu tips nya.. mudah-mudahan berhasil..

    ReplyDelete
  16. Terimakasih atas idenya. Selama ini saya menggunakan air dan tissue saja untuk membersihkan penyakit putih di bawah daun, memang cukup merepotkan. Tapi dgn spon dan air detergent, sepertinya akan lebih baik dan mudah. Atau bagaimana jika menggunakan sabun cair cuci piring yg juga bisa untuk mencuci sayuran dan buah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga mas menggunakan sabun cuci piring yang cain, kalau serangan masih sedikit larutannya bisa disemprotkan langsung ke daun yang terserang, bila perlu setelah itu di semprot kembali (dibilas) dgn air biasa. ini dilakukan jika tanaman tinggi atau kita sulit menjangkau dengan kain, tissu atau spons secara langsung

      Delete
    2. Pak bagaimana kalo setelah kita semprot dg larutan detergen/sabun cuci piring tidak kita bilas. apakah akan berefek negatif ke tanaman? terimakasih. heri

      Delete
    3. efek negatif nya menurut saya sih takut daun jadi gosong (jika saat semprot dalam kondisi matahari yang terik)

      Delete
  17. thanks infonya....nih jambu ungu saya kena kutu putih...

    ReplyDelete
  18. Kalo untuk bunga matahari bagaimana yah ? Soalnya agak susah terlepas. Lalu bisa nggak pakai insektisida rizotin 100ec

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ms. Rainrunner : kebetulan belum pernah / tidak punya bunga matahari.....
      secara umum serangan kutu ini bisa di basmi dgn insect juga, cuma biar lebih efektif campurkan sedikit air sabun agar menghancurkan semacam "lapisan lilin yang melindungi tubuh si kutu putih ini.

      Delete
  19. Salam kenal Pak Hervin, saya senang dengan tambulampot, masalahnya tanaman di rumah cuma terkena matahari dari jam 9 - 12.30wib jadi banyak kutu putih menyerang. Apakah dengan sinar matahari yg cuma 3 jam itu tanaman tetap bisa berbuah? Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @glossyndo : saya pernah mengalami juga menanam tabulampot spt yg Anda alami. Masih bisa berbuah sih, tapi hasilnya kurang optimal.

      Delete
  20. salam kenal pa hervin, saya punya pohon mangga hasil cangkokan yg saya tanam di depan rumah 2bulan yang lalu. sekarang daun-daunnya rusak, menguning, ada juga yang kering separuh seperti terbakar, dan ada bintik-bintik hitam seperti bisul. kalau boleh tau itu akibat apa ya? dan cara penangannannya bagaimana? apa disemprotkan rizotin 100ec tidak apa? ada efeknya pada lingkungan sekitar ga pa kalau pakai insektisida itu? mengingat letak rumah di komplek dan tanaman berada di depan rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kering terbakar banyak faktor mas, salah satunya keracunan pupuk (over dosis) atau pemberian pupuk kandang yang belum matang secara berlebihan.
      kl untuk bisul setau saya dia disebabkan oleh serangga yang menusukkan telurnya ke daun. jika jumlah sedikit bisa dilakukan pemangkasan manual pada daun yang terserang. selanjutnya bisa di semprot insect yg bersifat sistemik. (sayang saya kurang faham tentang rizotin), selama penyemprotan fokus ke mangga tidak menyebar ke mana2 saya rasa masih aman, faktor angin juga perlu diperhatikan saat penyemprotan

      Delete
  21. kutu putih memang agak sulit untuk di hilangkan tetapi setelah saya baca mengenai potingan ini sepertinya saya akan mencobanya tipnya gan terimasih telah memberikan informasi yang terbaik untuk kami gan salam dari orang pulau gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Pulau Tidung :
      selamat mencoba...semoga bermanfaat tulisan ini

      Delete
    2. @Pulau Tidung :
      selamat mencoba...semoga bermanfaat tulisan ini

      Delete
  22. saya akan coba praktekin mudah2an berhasil nih, makasih ya mas hervin

    ReplyDelete
  23. terima kasih infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Comment