Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

18 Mar 2009

Membentuk Tajuk & Membuahkan Srikaya Jumbo


Layak untuk dikebunkan

Buah jumbo, biji sedikit membuat harga mahal


Srikaya Jumbo Australia seperti pada tulisan terdahulu memang memiliki buah yang bisa mencapai berat hingga 8 ons. Dengan ukuran daun yang lebih besar dari jenis lokal, srikaya jumbo ini bersifat genjah dan adaptif ditanam baik di dataran rendah
maupun menengah. Sayang jika perawatan dilakukan alakadarnya menjadikan tanaman ini memiliki tajuk yang ngelacir dan cenderung meninggi.
Untuk menghindari tanaman (terutama dari bibit, baik okulasi maupun sambung susu) cenderung ngelacir dan meninggi, maka pembentukan tajuk semenjak dini perlu dilakukan. Perontokan daun pada tanaman muda / bibit akan merangsang tumbuhnya cabang dan tunas baru, dengan demikian akan didapatkan banyak tunas / cabang dikemudian hari. Perontokan daun dilakukan dengan cara memotong daun dan disisakan sebagian tangkai daun. Sisa tangkai daun ini nantinya akan rontok dan akan tumbuh tunas yang merupakan cikal bakal tajuk baru..
pangkas daun sisakan sedikit tangkai,potong ujung tangkai 3-5 cm
akan muncul tunas bakal cabang baru
Sekarang bagaimana cara merangsang pembuahan nya ??
Berikut sedikit penjelasannya :
  • Perangsangan bunga hendaknya dilakukan terhadap tanaman yang sehat dengan asupan pupuk yang cukup.
  • Lakukan perangsangan pada batang yang sudah tua (berwarna coklat kehitaman) dan jangan pada batang yang masih kelihatan hijau.
  • Lakukan perontokan daun bersama tangkainya pada ba.tang yang sudah dipilih. Perbedaan perontokan daun ini berbeda dengan pada tanaman bibit, jika pada tanaman bibit dilakukan pemangkasan daun dan disisakan tangkainya, kalau di sini daun bersama tangkainya di rontokkan semua, (dapat menggunakan tangan, tanpa alat Bantu).
  • Selang 2 – 3 minggu, pada bekas daun yang dirontokkan akan keluar tunas baru berikut calon bunga.
 
    tunas baru muncul
    diikuti calon bunga
    bakal buah
  • Biarkan bunga mekar hingga membentuk bakal buah.
  • Lakukan seleksi buah, buang bakal buah yang tidak normal. Pelihara bakal buah yang terletak pada batang yang besar, oleh karena buah tersebut akan tumbuh optimal dari pada yang terletak pada batang yang lebih kecil
  • Buah terseleksi sebaiknya dibungkus sejak dini untuk mendapatkan buah yang mulus dan berkualitas.
  • Berikan pupuk dengan kandungan K yang lebih tinggi selama proses pembesaran buah, supaya buah lebih manis.

72 comments:

  1. ulasan yg bermanfaat, thanks

    ReplyDelete
  2. terima kasih.... saya harapkan juga demikian...

    ReplyDelete
  3. thanks tuk infonya, aku di gresik, bisa kasih tahu info penjualan bibit srikaya jumbo di surabaya & sekitarnya enggak?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mas, kenapa bunga bakal buah srikaya jumbo saya selalu kering ketika mau mekar ?

    ReplyDelete
  6. beberapa teman juga mengeluh gitu mas, kemungkinan pertama pasokan nutrisi dan air kurang. kemungkinan kedua, tanaman belum siap berproduksi, dalam arti vase vegetatif nya belum menunjang untuk dibuahkan. kemungkinan kedua ini ditandai dengan batang tanaman yg masih terlalu kecil atau jumlah daun yang belum mencukupi untuk fotosintesis. coba amati tanaman anda masuk yang kemungkinan pertama atau ke dua.

    ReplyDelete
  7. Mas kalau pohonnya masih kecil dan tidak ada batang yang tua, apa sanggup menahan bobot buah yang semakin lama semakin berat yah. Sebaiknya gimana yah. Sehabis perontokan daun, memang bakal buahnya banyak bermunculan.

    ReplyDelete
  8. Memang setelah perontokan daun bunga akan banyak bermunculan mas pada srikaya, cuma sayang kalau kita pelihara buahnya sementara pohon masih kondisi kecil. pembentukan buah kalaupun berhasil juga tidak akan maksimal, sering kali malah rontok. untuk itu jika pohon masih kecil, sebaiknya lakukan pembentukan tajuk dulu, caranya seperti yang sy jelaskan pada bagian awal topik ini.

    ReplyDelete
  9. Mas tanya lagi, setiap beberapa hari saya selalu menemukan ulat bulu di daun, bagaimana menanggulanginya yah. Terima kasih, blog ini sangat membantu pemahaman saya yang masih pemula.

    ReplyDelete
  10. ulat bulu di daun bisa disemprot dengan pestisida mas, seperti confidor, dursband dll sesuai dosis anjuran. Kalau tiap hari ada, coba amati tanaman disekitarnya, dia juga harus disemprot. Serangan daun pada srikaya biasanya berupa kutu putih yang ada di balik daun. untuk kutu putih ini selain obat diatas campuri juga dengan air detergen. selamat berkebun....

    ReplyDelete
  11. Mas Herfin, attemoya saya selalu gagal menjadi buah, padahal bunganya banyak sekali, atas saran teman saya gunting ujung bunga pada saat mulai mekar, dan saya berikan pupuk dengan kandungan p & K tinggi tetapi tetap gagal, bakal buah mengering, apakah pada proses penyerbukan dibutuhkan bantuan serangga?
    Terimakasih
    Salam
    Hajir

    ReplyDelete
  12. mas hajir mmg betul pemotongan sebagian bunga dpt mempercepat mekarnya bakal bunga shg tjd penyerbukan sblm bunga kering n rontok. cuma pengalaman sy selain penambahan pupuk p dan k tinggi saat bunga muncul srikaya jg memerulukan unsur mikro dan MgO. sdh saya ulas di blog ini juga di topik agar bunga srikaya tdk rontok. dgn perlakuan ini tanaman dlm pot 60cm pny sy pentil buah jadi bs mencapai 50 buah. slmt mencoba

    ReplyDelete
  13. Maaf tanya lagi Mas Hervin tapi ntar jawabannya jgn sebut pak ya..hehe masih bau kencur :)
    Srikaya NV ini produktif sampe umur brp & mulai berbuah pada tahun keberapa tanam ditanah? Jarak tanam untuk kebun berapa meter? Apa ada contoh perkebunan yg dah berhasil? Terimakasih banyak. Salam buat keluarga :)

    ReplyDelete
  14. @Bari : produktivitas pastinya belum tahu, tapi menurut saya lebih dari 10 tahun lah kl dilihat pohonnya (asal tidak keserang penyakit), mulai berbuah bisa paling cepat 8 bulan dari bibit 40 cm, jarak tanam di tanah bisa 4-5 meter, contoh perkebunan di ngebruk, kendal jawa tengah.

    ReplyDelete
  15. Hallo mas herfin..
    saya punya koleksi tabulampot srikaya jumbo ini, tinggi kira2 70-80cm. Skrg lagi belajar berbuah, percabangannya lumayan bagus & bkl calon buah nya agak lumayan byk. Kira2 dengan tinggi spt diatas & diameter btg bawah kira2 1,5cm baiknya berapa bkl buah saja yg cocok utk dipertahankan sampai besar nanti? Satu pertanyaan lagi, kalo dalam masa spt itu apakah masih bagus utk perangsangan tunas baru lagi agar cabang mkn byk?

    terima kasih,

    ReplyDelete
  16. @Roy :
    kl menurut saya dgn kondisi tanaman segitu baiknya kl mau berbuah dipertahankan 0 buah mas, he he he alias di tunda dulu, konsentrasi pembesaran batang ama pembentukan tajuk tanaman.. bakal buah / bunga yang ada bisa di rontokin dulu.... sekali lagi itu menurut saya, tapi kalaupun mau mencoba mempertahankan buah, coba pilih 1 buah aja yang sempurna, pelihara hingga matang.

    ReplyDelete
  17. oke mas, saya coba pertahankan satu dl deh..
    sapa tau bisa jadi besar nanti nya. Tapi kalo keburu rontok di tengah jalan ya sudah hehehe...
    Mau tanya lagi, kalo keunggulan srikaya merah apa ya mas? & hrg nya brp?

    makasih atas saran nya mas..

    ReplyDelete
  18. mas ada bibibt buah srikaya gak..?? brapa harga perbatang,,,,udin_blue19@yahoo.com

    ReplyDelete
  19. mas bisa pesan bibit srikaya jumbonya nga?? berapa harganya?tolong infonya
    oji_ngan@yahoo.com

    ReplyDelete
  20. saya tinggal di temanngung yang ketinggiannya 600 dpl memiliki pohonyang sudah saya tanam 2 bulan dengan tinggi 60 c. dan ada 1 bunga yang keluar tetapi kering.diameter batng 1 cm.apa perlu saya melakukan perontokan sekarng ?terimakasih

    ReplyDelete
  21. someone di temanggung : kayaknya perlu pemangkasan tajuk dulu, disamping membentuk percabangan sambil menunggu tanaman agak dewasa (diameter 3 cm an). klaupun dipaksa berbuah pada saat ini, buah yg berbentuk nantinya akan kurang maksimal....

    ReplyDelete
  22. cak herfin....pohon punyaku dah tinggi sekitar 1.5 mtr jg....belum keluar bunga...ervabangan mayan banyak ke setiap sisi.bantai aja ya tangkainya ?,sisakan br cm tangkainya dr batang tenga ? .thanks

    ReplyDelete
  23. @teddy : pemangkasan sebaiknya dilakukan pada batang yang sudah kecoklatan Cak, nah perkara berapa cm dari batang utama itu tergantung selera...

    ReplyDelete
  24. Mas bisa beli bibit ? untuk pengiriman minimal berapa batang & harga berapa ? Tks .

    ReplyDelete
  25. srikaya apa bisa di cangkok?

    ReplyDelete
  26. @rachman : perbanyaan dgn cangkok agak susah, tingkat keberhasilan kecil....okulasi/ sambung susu / sambung pucuk cara yg paling mudah

    ReplyDelete
  27. Mas...sy di metro lampung. Sy bli bibit srikaya jumbo sdh 6 bln yg lalu. Bunga byk Dan selalu rontok. Lahan yg sy gunakan Lahan sisa yg berbatu Dan berpasir shgga kl disiram kelihatan airnya mengalir melalui permukaan tanah disown yg lbh rendah.. Apakah ini termasuk penyebab bunganya selalu rontok Dan mengering? Bgmn seharusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba perhatikan nutrisinya, berikan pupuk PK tinggi serta mikro dan MgO nya saat bunga bermunculan hingga mekar....

      Delete
  28. alhaduliilah, bibit srikaya new varietas telah saya terima dgn selamat di Pekanbaru - Riau.
    kalo nyemprot pestisida lebih baaik di campur air detergen, campuran air detergen nya berapa banyak, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika semprotan pestisida digunakan utk membasmi kutu putih (yg ada lapisan lilin di kulitnya) bisa digunakan air detergen atau larutan sabun cuci piring yg cair, berikan secukupnya saja sabun cairnya, misal 1 liter air diberikan 2-3 tetes dst...

      Delete
  29. mas hervin, mau tanya srikaya jumbo bisa di cangkok ngga sih?

    ReplyDelete
  30. @m Ibrahim : setahu saya perbanyakan yg mudah untuk srikaya : okulasi, sambung pucuk, sambung sisip, sambung susu
    untuk cangkok jarang dilakukan, agak susah keluar akar keliatannya

    ReplyDelete
  31. Mas pesan srikaya new varietes mas?

    ReplyDelete
  32. Untuk merangsang munculnya bunga, selain perompesan daun apa perlu juga dilakukan pemotongan ujung tangkai seperti dalam foto.
    TRims. EkoP

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EkoP : betul sekali buang ujung agar cabang tidak tumbuh memanjang,
      yg berikutnya, kl di rasa cabang terlalu panjang (ngelacir) pemangkasan juga bisa memunculkan bunga. caranya, pangkas tangkai (yg sudah kecoklatan) sisakan 40-60 cm an, sisakan beberapa lembar daun agar ada energi utk fotosintesis.

      Delete
  33. Mas,dimana saya bisa mendapatkan bibit srikaya jumbo nya.saya ingin coba menanamnya.email saya fellys_aurelia@yahoo.com

    ReplyDelete
  34. Mas bagaimana cara memperbanyak cabang srikaya new varites?

    ReplyDelete
  35. @fadhil : cara paling umum adalah dgn okulasi,sambung sisip, sambung pucuk dan beberapa ada yg sambung susu (jarang dilakukan)

    ReplyDelete
  36. Mas , saya mau mencoba menanam srikaya jumbo
    Tolong email saya harga per batang/ bibitnya
    Leonheartboy@yahoo.com

    ReplyDelete
  37. salam mas hervin,
    sy praktekkan membentuk tajuk dgn menjarangkan daun pada srikaya jumbo sy, tp apa yg salah ya? kenapa jadinya semua daun menjadi ada bercak2 hitamnya? kira2 apa solusinya mas hervin?
    thk u
    mbk endang di tuban

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Endang :kl daun bercak hitam kemungkinan besar terserang penyakit dan bisa mungkin hama. coba amati ada hewan / serangga / hama yang menyerang tidak....

      Delete
  38. Salam mas Hervin, sy punya hobi tabulampot, cuman kesulitan mendapatkan bibit srikaya merah mas. Pesan di mana ya mas. Terima kasih infonya.
    Email saya ahmad.muhdor@gmail.com

    ReplyDelete
  39. om hervin, sama ndak srikaya jumbo dgn mulwo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lain banget mas wrikaya NV dgn mulwo/menuwo

      Delete
  40. Tanya mas Hervin,
    Saya punya srikaya jumbo (new varietas) umur kurang lebih 3 tahun ditanam ditanah. Tanaman sudah berukuran besar dan banyak cabang. Masalahnya kenapa belum kunjung berbuah juga ya padahal berbagai metode sudah dilakukan seperti pemangkasan cabang, pemupukan, perontokan daun, dll. kalau pun muncul bunga sedikit dan selalu rontok. Apakah karena ditanam ditanah jadi agak susah berbuah atau ada jenis pohon srikaya jumbo jenis jantan ?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dodi badarianto :
      biasanya kalau tanaman di tanam di tanah, pertumbuhan (fase vegetatifnya) cenderung lebih dominan, sosok akan rimbun, tinggi.
      Coba lakukan Pemangkasan rutin (bila perlu pangkas ekstrim pada batang sebesar ibu jari), lalu ikuti panduan diatas (blog diatas).
      Saat tunas baru mulai kelihatan muncul, berikan pupuk PK dominan serta MgO. Sepengetahuan saya, tidak ada pohon srikaya jenis jantan spt yg anda maksud, dia berumah satu (lengkap, jantan betina kok)

      pengamatan saya di berbagai lokasi, tanaman yang ditanam ditanah dan sudah berumur 4 tahunan malah produksi lebih banyak. syaratnya ya tadi, dipangkas rutin dan di beri nutrisi yang memadai

      Delete
  41. saya di kedu temanggung setelah saya gundul pohon srikaya saya sangat rimbun dan hijau dengan ketinggian 1,5 meter.tetapi belom berbunga, apa yang harus saya lakukan biar berbunga banyak ?oya kemarin berbuah 1 da masak pohon.trimakasih

    ReplyDelete
  42. @adi : kl yang mas adi maksud srikaya NV / Australia, dengan teknik pemangkasan dan perontokan sedikit daun dia akan mmemunculkan bunga di cabang baru....
    coba ikuti petunjuk diatas, berikan pupuk kandungan N rendah tinggi PK,

    semoga berhasil

    ReplyDelete
  43. Saya memiliki tanah kosong di daerah pesisir yang tanah nya cenderung asin..
    apakah srikaya dapat hidup dan berbuah di tanah yang asin?
    atau adakah tanaman buah-buahan lain yang dapat tumbuh dan berbuah di wilayah tersebut?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Shasa ichida : air yang asin kurang cocok untuk srikaya dan sebagian besar tanaman buah,
      mungkin bisa di rekondisi dengan menanamnya di pot / drum dgn media tanah yang normal, penyiraman pun dgn air yang ber ph normal serta tawar...

      Delete
  44. bagaimana membuat tanah yang baik untuk pembibitan mas

    ReplyDelete
  45. @RAGA MULTIMEDIA, biasanya sih diambil dari tanah top soil (lapisan atas) dari daerah luapan sungai, atau di mana saja. yang penting dia bersifat tidak lengket spt lempung dan sedikit remah....

    ReplyDelete
  46. Pak Hervin, Saya memiliki pohon Srikaya Jumbo kira2 setinggi 3m dan telah ditanam 2 tahunan, pertumbuhannya bagus sekali, tapi koq gak berbuah, saya sudah melakukan perontokan daun... timbul beberapa bunga, tetapi rontok semua, saya telah memberikan pupuk NPK maupun kandang, sampai saat ini pun belum ada tanda2 bakal bunga. Mohon sarannya agar tanaman tsb berbunga lagi. terima kasih - Mansur

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mansur :
      untuk merangsang berbunga lagi harus dilakukan pemangkasan dan / atau perontokan beberapa daun, lakukan pada batang yang sudah kecoklatan.
      penambahan dolomit bisa dipertimbangkan (1 gengamg di pendam di sekeliling tajuk)

      Delete
  47. Saya telahbeli bibijt okulasi Srikaya jumbo: tinggi1,4m dan nglacir tanpa cabang. sudah saya tanam 3 Bln yll. Sebelumnya sudah
    saya pangkas ujungnya, sampai kini 3 Bln tidak mau tumbuh cabang/tunas.
    Apa ini terlalu lama saat di polibag ?
    Apa masih bisa diharapkan tumbuh sehat/Herti AS ?
    Gimana solusinya ?
    Terima kasih atas infonya. Dan salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Herti :
      sepertinya ada yang kurang tepat pada pemangkasannya, coba lakukan pemangkasan lagi pada batang yang sudah kecoklatan, jangan cuma di ujung saja.
      bibit okulasi memang cenderung ngelacir, so jangan takut melakukan pemangkasan ekstrim untuk memunculkan tajuk baru.
      jangan lupa pasokan air yang cukup, jangan sampai kekeringan

      Delete
  48. Saya baru tanam bibit Srikaya jumbo. Sayang bibit yg saya dapat ini ngacir setinggi 1,3M. sudah 3bulan saya tanam di tanah gak mau tumbuh cabang/tunas baru. Gimana mengatasinya supaya mau bertunas/becabang ?
    Terima kasih kawan.

    ReplyDelete
  49. membaca jawaban kak Hervin kpd @herti, diatas :
    pertanyaannya
    - pemangkasannya berarti menghabisi semua daun2 ? kalau sampai ke batang yg coklat
    - muingkinkah bisa semi lagi ? bila tanpa sisa daun ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ordni : pemangkasan yang saya maksud usahakan masih menyisakan daun minimal 2 lembar di bawah nya, dan jangan sampai tanaman kekurangan air, bila perlu di tempatkan di bawah naungan (jika di pot) atau sedikit di naungi jika sudah ditanah.
      berdasarkan pengalaman di rumah, meskipun daun tidak tersisa, asalkan saat pemangkasan tidak telat air, akan tumbuh tunas baru kok... so jgn khawathir, yang penting berdoa dulu sebelum memangkas....

      Delete
  50. mas Hervin apa bisa disilang dengan srikaya lokal bagaimana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @gimo : harusnya bisa mas, tapi sayang saya belum pernah melakukannya, jadi belum bisa ngasih pencerahan

      Delete
  51. Salam,
    Saya punya tabulampot Srikaya Jumbo (beli bibitnya tahun 2010 dari Pak Isto Yogya)
    Sekarang diameternya +5cm, tinggi 1,2m telah sering berbuah sejak umur +1 tahunan.
    Pengalaman saya, tanaman ini sangat suka basah (daun dan akar), supaya bunga Srikaya Jumbo tabulampot ini berhasil jd buah saya serbuki sendiri dan asupan airnya harus berlimpah, kerugiannya biji dalam buahnya jd banyak sekali.
    Pertanyaan saya :
    1. Kenapa daun srikaya jumbo saya ini kecil kecil (hanya mau besar kalau disemprot pupuk hormon cair) ???
    2. Buahnya paling besar hanya sekepalan tangan perempuan (sekitar 3 ons) walaupun sudah disemprot pupuk hormon cair. Bagaimana caranya supaya bisa betul2 jumbo ( 8ons< ) ???
    3. Tanaman ini selalu kena jamur karat, penanganannya selama ini dibiarkan saja kl parah cuma dipetik saja daunnya. Bagaimana menangani dan mencegah masalah ini?

    Terima kasih,
    Daniel S
    Kisaran, Sumut

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Daniel : thanks sudah berbagi pengalaman buat kita semua,
      memang benar, tanaman ini tidak suka kondisi kering. untuk penyerbukan bantuan memang sangat membantu sekali jadi buah, tapi selama di sekitar kita banyak tanaman lain (sehingga lebah dll banyak) penyerbukan manual bisa kita tinggalkan.

      1.coba berikan pupuk organik atau kompos atau pupuk kandang yang matang pada media tanamnya, berikutnya berikan pupuk secara rutin dgn dosis kecil. bila perlu ganti sebagian media
      2. buah kecil bisa jadi terlalu banyak buah yg dipelihara. jika banyak buah otomatis kebutuhan nutrisi tanaman juga harus memadai
      3. secara berkala / rutin untuk pencegahan bisa disemprotkan pestisida dan fungisida secara bergantian. misal 2 minggu sekali semprot pertisida, minggu berikutnya fungisida

      Delete
  52. Selamat sore Pak Hervin.
    Menarik sekali ulasan Bapak tentang srikaya NV ini.
    Saya punya pohon srikaya NV yang saya tanam di tanah, tapi waktu saya beri pupuk ZPT (butiran warna biru kecil2) kok malah daunnya kering ya Pak? seminggu kemudian saya bongkar & saya ambil lagi butiran pupuk tersebut, saya ganti pupuk kandang+sekam bakar, 2 hari banyak batang+daun baru yang muncul.
    Apakah pupuk nonorganik tidak cocok untuk srikaya NV?
    Trims
    Andi-Solo, Jateng

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ andi : menurut saya sih semua tanaman tetap perlu pupuk anorganik, termasuk srikaya.
      yang terjadi pada kasus diatas saya rasa pemberian terlalu banyak sehingga tanaman sampai keracunan. awal tandanya pinggir daun gosong seperti terbakar dan akhirnya kering,
      so berikan pemupukan yang bijak pada tanaman kesayangan kita, maksud saya, pupuk kandang dan organik perlu untuk memperbaiki struktur tanah, pupuk anorganik juga perlu untuk memberi nutrisi yang mencukupi untuk pertumbuhan tanaman

      Delete
  53. Pak Hervin apakah perlakuan perontokan daun dan pangkas tangkai itu bisa jg dilakukan utk tanaman buah yg lain ? Misalkan jambu biji, jambu air, rambutan, jeruk dan mangga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @indra : tidak semua tanaman bisa mas, menurut saya ada sedikit perlakuan yang berbeda pada tiap2 tanaman

      jambu biji misalnya, dia cukup pemangkasan saja, tanpa perontokan daun.
      jambu air misalnya, perlu perontokan beberapa daun di pangkal saja, tidak perlu pangkas,
      kl jeruk misalnya, cukup lakukan stress air saja

      Delete
  54. om....bedanya varietas Rovi sama Australi apa ya? beda apa sama sih? maturnwn

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hengki : wah malah saya baru dengar nih ada jenis Rovi mas....maaf belum tau bedanya

      Delete
  55. Pak Hervin, srikayaku sakiiit. Daunnya tdk segar, agak kekuningan, dan antara tangkai dg tangkai daun muncul sawir, macam sarang laba2 yg halus. Apa yg terjadi dg srikayaku pak...? Bagaimana mengobatinya...? Terimakasih untuk uraian2 diatas, telah memperkaya saya. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hani : kenapa tidak dibawa ke rumah sakit ??? he he he just kidding
      coba berikan pupuk yang ada MgO nya, NPK berimbang dan bila perlu kocor asam amino....mudah2 an bisa teratasi dan daun menjadi hijau cerah lagi

      Delete
  56. salam kenal mas mau tanya ,punya bibit jeruk tongheng ngk ?

    ReplyDelete

Comment