Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

9 May 2012

Mencegah Rontok Jambu Biji Yang Tiada Berbiji


daging buah renyah, tidak lembek, dan tiada berbiji.....

“Bunga jambu biji saya kok sering rontok,  tidak pernah jadi buah ya…”

Kalimat yang bernada keluhan seperti diatas seringkali menghampiri inbox email maupun sms saya.  Keluhan diatas kebanyakan datang dari rekan-rekan pencinta tanaman yang sudah menanam Jambu Biji Sukun Farang maupun Sukun Thailand yang memang tidak ada biji nya sama sekali (No Seed).

buah pertama jambu biji sukun Thailand, 9 buah lebih di usia 1 tahunan

Betulkah demikian ??
Yup…. Betul sekali.  Dari pengalaman pribadi, untuk jenis jambu biji sukun yang relatif susah berbuah  adalah (dari yang paling susah) : Jambu Biji Sukun Farang dan Sukun Thailand (tidak berbiji sama sekali), kemudian di susul Jambu Biji Sukun Merah.
Susah berbuah dalam hal ini adalah bukan karena mereka pelit berbunga.  Mereka relatif mudah dirangsang untuk mengeluarkan bunga, namun tingkat kerontokan bunga sebelum menjadi pentil buah sangat besar sekali, bahkan bisa mencapai lebih dari 95%.

bunga muncul pasca pemangkasan

Dari kelemahan ini lah pamor Jambu Biji Sukun Farang, Sukun Thailand, Sukun Merah tergeser oleh varian Jambu Biji Sukun Kristal maupun Mutiara.  Dua jenis yang disebut terakhir terbukti mudah berbuah dan genjah sekali (meskipun masih ada sedikit bijinya).
Lantas apakah teman-teman yang sudah menanam jenis Sukun Farang, Sukun Thailand dkk dibongkar atau diganti dengan jenis lainnya ??  Eiitt…. Tunggu dulu…!!

pasca bunga mekar tingkat kerontokan bisa lebih dari 95 %

 Sedikit pengalaman yang saya alami : Kurang lebih 3 tahun silam begitu mendapat satu jenis jambu biji sukun Thailand, tanaman pun langsung saya tanam di tanah.  Selama perawatan beberapa kali dia mengeluarkan bunga.  Sayang 2 tahun berselang, tak satupun bunga yang mekar menjadi buah, alias dari pohon ini sayapun tidak pernah panen satu buah pun.  Upaya yang saya lakukan dengan pemupukan macam-macam ternyata tidak membuahkan hasil.  Akhirnya beberapa waktu kemudian saya putuskan untuk membuang tanaman ini dari daftar koleksi.  Petimbangan saat itu dengan dibongkar dari tanah, minimal tempat tumbuhnya bisa saya ganti dengan koleksi tanaman lain.  

2 tahun lebih mogok, akhirnya berbuah juga meskipun di pot 45 cm

Sang istri pun akhirnya menyelamatkan tanaman tersebut dalam sebuah pot, dan di sandingkan pada tanaman jambu biji sukun merah.  Karena si Jambu sukun merah mendapat perawatan intensif, mau tidak mau si tanaman “terbuang” ini pun kecipratan perawatannya.  Tanpa saya sadari selang beberapa waktu jambu biji yang tiada bijinya ini pun memamerkan buahnya hingga bisa di panen.  Tak tanggung-tanggung, di buah pertama dia bisa mengeluarkan 6 buah hingga panen meski dalam pot.

ditanah, si Farang sarat dgn pentil buah

 Kelebihan Jambu Biji Sukun Farang, Sukun Thailand dkk yang berdaging renyah dan tanpa ada biji satu pun adalah sebuah Anugerah yang tidak dimiliki jenis lainnya.  Dengan keunggulannya ini pantaslah dia “Ditakdirkan” agak pelit untuk memunculkan buahnya.  Sebuah kenikmatan rasanya jika bisa membuat dia melimpah buahnya.  Sungguh Ilmu Allah itu tiada batasnya….
Untuk itu pantaskah kita mengabaikannya ??

perlukah dijarangi ?? Pasti !!

Baiklah tanpa panjang lebar, berikut yang saya terapkan pada tanaman Jambu Biji yang tiada berbiji ini :
  • Pastikan tanaman Jambu Biji Sukun tanpa biji (Farang, Thailand dll) ini mendapat panas matahari yang cukup.
  • Berikan pupuk NPK Berimbang serta pupuk kandang secara berkala agar pertumbuhan tanaman bagus.
  • Lakukan pemangkasan pada cabang yang sudah coklat (tua) untuk merangsang keluarnya bunga.
  • Saat kuncup bunga muncul, berikan pupuk NPK dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi, berikan juga unsur Mikro komplit serta jangan ketinggalan MgO agar penyerapan unsur K lebih efektif.
  • Bagian ini yang terpenting, mulai bunga muncul tadi saya lakukan penyemprotan dengan Nutrisi tambahan  yang disemprotkan di bagian bawah daun dan kuncup bunga.  Penyemprotan saya lakukan minimal seminggu sekali.  Jika Anda ragu-ragu, jangan semprot di bunganya jika bunga lagi mekar, tapi saya pun terus terang melanggar prinsip ini, toh dari beberapa kali percobaan, penyemprotan pada saat bunga mekar dengan kekuatan semprot yang lembut dan halus hasilnya signifikan.
  • Lakukan pengendalian hama tanaman (biasanya kutu putih), serta lakukan seleksi buah, buang buah yang tidak normal.
  • Jika buah sudah berukuran kelereng, kemungkinan besar dia sudah terbebas dari kerontokan, untuk itu pangkas ujung tunasnya agar tanaman lebih konsentrasi ke pembesaran buah, bukan kearah menambah kuantitas bunga/buah.
  • Lakukan pembungkusan buah agar terhindar dari ulat ataupun lalat buah.
Berikut perkembangan dari bunga hingga menjadi buah yang sempat diamati dengan perlakuan diatas :

beberapa hari pasca bunga mekar (rawan rontok)


seminggu kemudian

masih rawan rontok
kemungkinan besar jadi buah sudah lebih dari 75 %, alias tidak rontok
saat nya di bungkus, berikan unsur K tinggi untuk kemanisan buah

Dari perlakuan diatas setelah saya terapka pada tanaman Jambu biji sukun Farang, sukun Thailand dan sukun Merah, ternyata hasilnya sangat memuaskan.

tanaman tinggi 1,5 mtr dengan 30 lebih pentil buah
  
Sebagai contoh tanaman yang belum pernah berbuah 3 tahun lebih, bisa mengeluarkan 6 buah meski ditanam di pot.  Jambu biji sukun Farang dengan tinggi tanaman 1,5 meter yang biasanya memunculkan 6-10 buah, kali ini sudah memamerkan pentil buah nya 30 buah lebih.
Akankah buah seukuran pada foto diatas masih bisa bertahan higga buah besar ??
Semoga masih diberi kesempatan Allah untuk melihat perkembangannya......
Semoga bermanfaat...

64 comments:

  1. Mas beli bibitnya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasi saya saat ini dipekanbaru

      Delete
    2. coba contact di 081 333 895 230 (dini) aja, bisa di kirim kok

      Delete
  2. wah mas jmbu skun merah sya 3 kali udah strike brbnga pda rontok jg,hehe... rasanya mo tak ganti aja.. skarang jg lgi brbunga n mulai rontok. mo tak coba lg dgan cara diatas..@i c h a

    ReplyDelete
    Replies
    1. @icha : gitu ya.... padahal jambu sukun merah udah aku ulas lho di blog ini.... namun kapan dulu dgn teknik ini dia bisa berbuah lebat juga, 1 pohon bisa 50 buah lebih kira-kira....
      menurutku sih tingkat "kesulitan" jambu sukun merah utk jadi buah masih dibawah tingkat dari jambu NO SEED diatas.....

      selamat mencoba deh

      Delete
  3. penasaran juga dengan bibitnya om hervin, belinya dimana yah?..
    oh ya dimana bisa mendapatkan pupk MgO om??

    yang kurang saya pahami adalah interval pemupukan yang tepat,, bunga srikaya NV dan miracle fruit saya sering rontok.. padahal sudah saya aplikasikan pupuk dengan PK tinggi dan Ca .. apa mungkin terlalu sering yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wenna : nah itu dia, dulu saya beli dari teman, mungkin sekarang banyak di nursery-nursery kok, dirumah lagi diperbanyak dengan cangkok, tapi masih beberapa yang turun.
      Mgo coba meluncur ke www.amazinggrow aja, bisa beli online.

      srikaya dan miracle sering rontok bunga ya ?? pupuk sudah tepat sih, cuma kl bisa tambahin Mgo nya, salah satu fungsinya dia bisa sebagai katalisator dalam penyerapan unsur P dan K, jadi lebih efektif,
      mengenai pemupukan gunakan dosis ringan (2-3 gram per liter air) di aplikasikan tiap minggu (7 hari sekali)

      selamat mencoba

      Delete
    2. thx om hervin atas pencerahnya,, mungkin yang belum mantab bagi saya yaitu agak kesulitannya mengira ngira takaran 2-3gram nya..

      coba saya ke malang aja berburu bibit bibit tabulampot yang masih jarang..maklum lahan sempit jd harus agak selektif..

      terima kasih...

      Delete
    3. @wenna : kl buat patokan : biasanya kl pupuk PK yang N nya rendah, 1 sendok makan full (munjung : jawa) itu berkisar 15 gram so 1 sendok tadi bisa di campur air 5-7 liter air..... nah literannya kan tidak kesulitan tho he he ...

      Delete
    4. Pak setelah pemangkasan,dikasih pupuk lg ga?atau hy air biasa.disiram setiap hari/hy saat tnhnya kering baru disiram setelah pemangkasan.@ivan

      Delete
    5. @ivan : setelah pangkas, tunggu beberapa hari saat tunas bar muncul, baru dikasih pupuk
      penyiraman kl di pot setiap hari, kl di tanah menyesuaikan

      Delete
  4. Bagian terpenting ikhtiarnya adalah NUTRISI TAMBAHAN itu lho apa om? Apakah bisa diaplikasikan ke srijum? Apakah itu juga yg diaplikasikan ke lengkeng tempo hari? salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bari : he he he wah kesannya promo nih, oke deh
      nutrisi tambahan ini sebuah produk dari Amazing Grow, dengan kandungan unsur2 yang diperlukan tanaman ternyata mampu mencegah kerontokan bunga jambu diatas (yg terkenal gampang rontok bunganya)...

      bentuknya bubuk pak, jadi beda dgn yg di aplikasikan ke lengkeng dulu, tapi pada prinsipnya tujuannya sama, lebih disempurnakan lagi Stimulans ini....
      sebab yg cair dulu ada sedikit masalah, terutama saat penyimpanan dalam jangka waktu yg agak lama....

      sementara aplikasi ke Srijum saya tidak pernah pakai ini (sebab srijum di rumah udah genjah berbuah dgn pupuk lewat tanah saja) ,....tapi kl main logika jambu yang susah jadi buah aja bisa apalagi srijum he he he ...kira2 begitu lah

      Delete
  5. Ooo..stimulans itu nama produk toh, wah layak dicoba nih. Nunggu rizki koleksi berbunga & rizki bisa main ke Malang :). Makasih Mas Hervin

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak, Stimulans adalah salah satu produk terbaru dari Amazing Grow,
      oke deh selamat mencoba

      Delete
  6. Cak beda dari ketiga jenis jambu itu (farang, thailand, merah) dalam hal rasa, bentuk maupun ukuran apa?. Makasih
    EkoP

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EkoP : untuk rasa farang dan thailand relatif sama (menurut sumber sih jambu sukun tanpa biji di thailand juga disebut farang, tapi dirumah kl farang masih ada titik hitam di tengah daging, kalau yg thailand tidak ada sama sekali,,,he he jadi bingung yo...)
      keduanya daging renyah meskipun buah matang,
      kl sukun merah saat matang daging lembek, aroma jambu biji tajam.
      ukuran ketiganya bisa mencapai 500 gram lebih,,

      Delete
  7. berarti mas aplikasi pada jambu sukun merah kemarin mesti ditambah ama stimulan lagi ya biar mantap..?? @icha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @icha : yang pake cara kapan dulu sudah oke, nah begitu kasih tambahan stimulan hasilnya ....lebih dari sekedar oke..he he he

      Delete
  8. trus klo dibalik he he.. cman pake stimulan aja gk pake cara yg dulu itu apa tetap oke ya? klo yg dulu itu kan kesannya agak "ribet" ya..@icha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @icha : yang perlu di ingat, kl cara dulu (di sukun merah) kebanyakan lewat bawah (dikocor), nah kl stimulan ini sebagai tambahan untuk di semprotkan....

      kasus tulisan diatas, nutrisi bawah tetap harus diberikan, ditambah sentuhan stimulans yg di semprotkan...

      Delete
  9. Maaf Nanya lagi, untuk pemberian pupuk,stimulan dan insektisida dapatkah dilakukan sekaligus dengan mencampukan ketiga obat tersebut?
    dalam foto terakhir ada botol tergantung itu apa dan fungsinya buat apa?
    EkoP

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EkoP :bisa aja, perhatikan dosis nya masing2 item

      botol yg digantung adalah jebakan lalat buah mas....

      Delete
  10. Mas, mau tanya. Kalo dibawah daun itu sering ada putih-putih (mungkin jamur atau kutu), dan sudah saya semprot pestisida organik untuk mengatasinya, tapi masih nambah lagi di beberapa daun lain. Cara yang lebih ampuh bagaimana ya?
    Agus I.K

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus I.K : coba seling dengan merk obat lain, jika perlu gunakan pestisida kimia jgn lupa campur dgn larutan sabun cuci piring

      Delete
  11. Wah pengen punya bibit jambu biji tanpa biji ni :)

    ReplyDelete
  12. Rindu dengan ulasan terbaru dari mas Hervin,
    di tunggu ulasan ny yang baru,

    ReplyDelete
  13. Mas tanaman jambu biji kristal ini kok banyak daun yang bolong-bolong dan banyak kutu putih,apakah memang begitu?dan solusinya bagaimana mana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fadhil : daun bolong pertanda diserang hama ulat, belalang dll, so pengendalian hama tsb perlu di perhatikan.

      tentang kutu putih di balik daun, itu juga karena populasi si kutu ini kurang terkendali, telebih bila cuaca panas.. solusi nya bisa disemprotkan pestisida dosis rendah yg di beri sabun cair dan disemprotkan ke tanaman yg terserang.

      Delete
  14. Saya malah baru dengar dan lihat ada jambu biji tapi tanpa biji, kalau begitu namanya bukan jambu biji dong, dikatakan jambu biji karena banyak bijinya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kebesaran Allah SWT mas....
      Dari family tanaman ini masuk kelas guava atau jambu biji, meskipun tidak berbiji

      Delete
  15. Selamat tahun baru Om,
    kapan posting tulisan lagi, dah kangen baca ulasan" ttg tumbuhan dari Om Herv.
    menyambung pertanyaan saya di atas, kalau saya akan aplikasi pupuk, stimulan dan insectisida sekaligus, sedangkan dosisnya adalah masing" 1gr/1ml per liter air. trus saya kalau saya ambil masing" 1ml/1gr saya harus kasih air sebanyak 1 liter apa 3 liter?
    EkoP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met th baru juga mas
      He he ...iya lama rasanya gak update blog, bahan sih sdh ada, cuma kesibukan dan kurang dapat mood nih utk nulis...
      Kl dosis insect dan pupuk misallkan sama2 1 gr/1ml per liter air cukup 1 liter aja

      Delete
  16. komplit dan jelas banget ulasan mengenai jambu bijinya .. sip trims infomya

    ReplyDelete
  17. Hello.. Mas Hervin yg ganteng dan gak pelit berbagi ilmu... Saya baru mulai demen ma tabulampot (pemula) mas... Dah beli bibit jambu getas merah ma jeruk siam, umur tanaman 1thn lebih... Unek2'y mas, setelah saya tanam d media dan saya kasih pupuk kandang dan rutin tiap minggu di siram NPK mutiara brimbang dgn cara dikocor ke media.. Tp dah 3 bulan gak muncul bunga mas, Malah tunas baru di ketiak pd nongol, pdhl ujung tunas dah aku potong d bagian kayu yg dah brwrna coklat, tersinari matahari full tiap hari... nah pertanyaan urgen'ya, bgmana cara pemupukan yg benar apa mesti pakai kata temen harus pakai zpt GA3/AUXIN biar cpat brbunga, aku dah gk sabar mas, tolong minta penjelasanya yg rinci mas dari macam pupuk dan pengaplikasianya... Biar tmbah cinta ma tabulampot mas...hehe.. Mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jambu getas merah : coba lakukan pemangkasan untuk merangsang keluarnya bunga, lakukan di cabang yang sudah coklat ketuaan dan berukuran minimal sekelingking (jari kelingking).

      untuk jeruk siam : jika tanaman sudah sehat, lakukan stress air (tidak disiram beberapa hari) setelah itu siram dan berikan pupuk PK tinggi, ini salah satu cara untuk merangsang jeruk berbunga

      sementara jangan berikan hormon yang anda maksud, hormon bisa diberikan saat tanaman sudah mengeluarkan pentil bunga, biar buah semakin besar dan biji mengecil

      Delete
  18. senang rasanya kunjungi blog ini, bisa pesen bibit jambu ini. berapa biaya dan brp ongkos kirimnya. mohon infonya ke ; abduljamalmidad@gmail.com. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba contact di no 081 333 895 230 (Dini) aja pak untuk lebih jelasnya

      Delete
  19. Bettay pandeglang# Met sore mas hervin, saya mau tanya mas,.. Kalau aplikasi GA3 biar tanaman cepet brbunga dosis'y brp ppm mas, trus d barengin ma pupuk apa ?
    Wslm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl saya GA3 tidak saya aplikasikan untuk membuahkan / membungakan tanaman, kl untuk tujuan itu bisa di gunakan pupuk kandungan PK Tinggi aja....

      Delete
  20. halo mas Hervin, saya ada 1pohon jambu farang, saya sudah pakai pupuk yang disarankan ( NPK, Mgo, stimulan )kok masih aja rontok ya,... dari sekitar 50 bunga, yang jadi cuma 4 buah....
    kenapa ya? apa saya salah aplikasi pupuk, padahal saya sudah mengikuti sesuai petunjuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah banyak juga bunganya...
      coba perhatikan aplikasi pupuk diatas,
      untuk stimulans, hanya di semprotkan merata ke daun dan bunganya / pentil buah dosis 2 gram / liter interval minimum 7 hari sekali....
      untuk pupuknya diberikan sesuai dosis anjuran. tapi kl saya lebih suka dosis kecil tapi rutin, misal 1 sendok makan (15 gram) di larutkan ke 5 liter air, dikocorkan 7 hari sekali....

      Delete
    2. untuk Pupuk Mgo apakah boleh disempotkan ke daun dan bunga/buah
      karena bunga masih aja rontok, walaupun bertahan seminggu setelah mekar, tetapi masih rontok... apakah karena Mgo saya semprotkan ke daun dan bunga....

      Delete
    3. Kl yg dikebun mgo diaplikasikan lwt tanah, yg disemprot cuma stimulans

      Delete
  21. mas hervin, 2minggu lalu jambu farang saya semprot pake stimulan, dan masih ada sisa setengah liter, seminggu kemudian saya pake sisa semprotan tsb ke jambu farang... kok pada rontok dan daunnya ada yang layu, apakah sisa stimulan yang udah beberapa hari jgan di pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya memang saat semprot stimulan harus sekali habis saat itu, kalaupun tidak habis bisa disiramkan ke media tanahnya....

      keep spirit, jangan menyerah...

      Delete
  22. mas.. beli dimana bibitnya ...
    saya dibalikpapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @abemalk : wah kl di balikpapan kurang tau ya yang sedia bibit jambu ini,
      tapi kl di kebun kebetulan ada beberapa puluh cangkokannya.....
      contact aja ke dini di 081 333 895 230

      Delete
  23. Bang hervin yg cool mau nanya nih..saya punya jambu kristal sering rontok bunga stlh mekar sdh 1 th dan skrg baru saya pangkas stlh itu saya kasih pupuk Mutiara sbyk 3 sdk makan perpohon, pupuk ditanam disekeliling batang dg kondisi media tanam sdh mengeras.....apakah langkah saya itu boleh dan langkah apa yg hrs saya lakukan bila salah....trim sblmnya

    ReplyDelete
  24. Jambu biji pada umumnya menyukai air yapi tdk harus tergenang. Utnk tanah yg keras coba sedikit diubah menjadi gembur. Misalnya dgn diberi bahan organik spt kompos dan pupuk kandang pada medianya. Peemakaian pupuk sudah ok, cuma perlu lebih bijak aja. Maksudnya jg diimbangi dgn kompos ato ppk kandang

    ReplyDelete
  25. mohon petunjuk bang Hervin pohon jambu kristal saya setengah bulan yg lalu saya pangkas dan sekarang sdh nongol tunas baru dan selama ini saya pakai pupuk cair dg kandungan N:18% P:40% K:10% + unsur mikro dlm satu produk+minyak ikan dan penyedap rasa setiap 8hari sekali.Yang saya tanyakan apakah msh boleh diaplikasikan ketanaman sebab sdh nongol tunas baru! apabila tdk boleh pupuk apa yg cocok agar bila nanti muncul bunga tdk rontok lagi.......trim's sebelumnya

    ReplyDelete
  26. nyambung lagi bang Hervin tanaman jambu saya mulai nongol tunas baru,bolehkah media tanam saya tambah pupuk kompos untuk mengurangi kepadatan media tanamnya?... makasih bang hervin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus s : pupuk yg anda gunakan sdh bagus, tp kl sdg muncul bakal bunga berikan K yg lebih tinggi dari N. Bida ditambahkan Dkp ato Mkp. Ttg penambahan media kompos jg bagus.

      Delete
  27. Terima kasih bang Hervin atas semua informasinya aku tambah semangat dan lovely Tabulampot

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus s : woke....selamat berkebun

      Delete
  28. bang Hervin mau nanya nich pohon jambu kristalku sekarang banyak semut dan sudah banyak bertelur semutnya, gimana cara membasminya? apa harus pakai obat kimia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus s :
      semut datang biasanya karena ada kutu putih yang mengeluarkan cairan di ranting daun, buah dsb. nah semut datang berkumpul mencari cairan tsb (bisa jadi sampai bertelur dsb), so kudu di basmi bisa dgn cara pemangkasan terhadap ranting dan daun yang menjadi sarang, atau jika jumlahnya sedikit bisa di semprot pestisida....

      Delete
  29. mantap banget tipsnya om... sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  30. Mas hervin bisa kirim bibit nya mas ? Saya newbie dan pengen tapi saya cari gak ada yang jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. @faikar : coba contact di 081 333 895 230 (Dini), bisa kok bibitnya di kirim.

      Delete
  31. Pak Hervin, saya minta nmr telpon bapak ya ... mau beli bibitnya.

    ReplyDelete
  32. Disemprot pakai nutrisi tambahan dengan menggunakan apa mas apa bisa pakai DeKaPe
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arif : saya biasa pake stimulans produk Amazing Grow

      Delete

Comment