Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

30 May 2011

Mencegah Rontok Bunga Kelengkeng Saat Hujan

Setelah lebih dari 3 kali melakukan percobaan, akhirnya tergeraklah keinginan untuk menulis kisah ini.  Ya....tentang bagaimana mencegah kerontokan bunga pada tanaman Kelengkeng pada saat Musim Penghujan.  
Pengalaman tahun 2010 lalu, bunga rontok 95 % lebih alias gagal

Berawal dari awal tahun 2010 lalu pengalaman pahit saya alami.  Salah satu koleksi Kelengkeng dirumah yang sedang semarak mengeluarkan bunga luluh lantak kena gempuran hujan setiap hari.  Alhasil hanya beberapa butir buah yang bisa dipanen hingga tua.  Beberapa upaya mencegah kerontokan saat itu terasa tidak membuahkan hasil alias gagal  (lihat fotodiatas)

Bunga Mekar pas musim hujan (tanaman yg sama di tahun 2011)

Buah beranjak besar..

1 minggu lagi bisa panen

Masih penasaran tentang upaya "mengurangi' rontok nya bunga, beberapa pencarian informasi dan produk-produk tetap saya lakukan.  Akhirnya ketemulah sebuah formula yang diperkenalkan seorang teman kepada saya.  Tanpa pikir panjang pun beberapa tanaman lengkeng yang kebetulan saat itu sedang mekar menjadi obyek pengamatan.  Kebetulan sekali di tahun 2011 awal kemarin musim tidak menentu, tiap hari masih sering turun hujan, bahkan bisa 3 kali hujan sehari.
Sebuah cairan berwarna hitam kecoklatan dengan kandungan beberapa unsur makro dan mikro serta beberapa bahan lainnya merupakan formula yang saya maksud diatas.  Saya lebih suka menyebutnya tonikum / vitamin untuk tanaman....he he he (apa artilah sebuah sebutan, bukankah hasilnya yang lebih penting).
Nutrisi yang digunakan

Dengan dosis 5 ml tonik / liter air, aplikasi disemprotkan pada bunga lengkeng.  "Disemprotkan pada bunga yang sedang mekar ??!!!".....Ya, betul....!!
Sebagian besar orang dan teori di buku lebih melarang kita menyemprotkan sesuatu pada saat bunga sedang mekar, apalagi dengan kekuatan tinggi.  Saya sangat setuju sekali pendapat tersebut.  Semprotan yang kuat akan mengakibatkan gugurnya bunga sebelum melakukan penyerbukan.
Saat tepat untuk aplikasi

Tapi saat itu Logika yang saya gunakan sederhana sekali.  Bunga lengkeng yang sedang mekar "katanya" akan rontok jika saya semprot "sesuatu" dengan menggunakan sprayer.  Tapi kalaupun tidak saya semprot, dia juga akan tetap rontok digempur guyuran hujan juga....Taruhlah sama-sama rontok, tapi paling tidak saya berusaha memberikan "sesuatu" untuk mengurangi kerontokan jika di guyur hujan. So kalaupun tidak berhasil setidaknya saya sudah berusaha. Istilah kerennya Nothing to Lose.
Dan Alhamdulillah lewat 4 kali percobaan, terlihat hasil yang menurut saya sangat signifikan.

Bagaimana aplikasinya ??
Penyemprotan biasa saya lakukan 2-3 kali.  Pada saat bunga lengkeng mulai muncul penyemprotan pertama dilakukan.  Menjelang bunga sebagian mekar penyemprotan ke-2 dilakukan. Dalam penyemprotan ke-2 ini sebaiknya kita gunakan kekuatan yang agak rendah.  Penyemprotan ke-3 bisa dilakukan setelah beberapa pentil buah terbentuk sebesar kacang hijau.  Ingat, jika setelah kita semprot kemudian belum 1 jam hujan turun, sebaiknya diulang di hari berikutnya.  Penggunaan sprayer yang halus dan berkabut akan sangat membantu dalam proses ini.  Lakukan penyemprotan saat pagi hari atau sore hari. 
Bunga Diamond River yang jadi percobaan

Pasca 2 kali semprot bunga, pentil buah banyak yang masih bertahan

Lega rasanya pengamatan dan percobaan selama ini membuahkan hasil, semoga dapat membantu rekan-rekan yang mempunyai kasus seperti yang saya alami...
akhir kata :
Semoga bermanfaat .....

61 comments:

  1. formulanya apa mas? pm gan.....

    ReplyDelete
  2. Rizky : seperti tulisan diatas, biasa saya sebut tonic....semacam vitamin buat tanaman untuk di semprotkan ke daun dan bunga...

    ReplyDelete
  3. Wah lama gak update blog mas herhin kasih gebrakan baru perkelengkengan hehe..tonicnya berupa ramuan ato produk jadi siap aplikasi mas, bisikin dong dmn saya bisa dapatkannya...trims

    ReplyDelete
  4. @bari : betul rasanya lama sekali gak update he he he ..... dia berupa produk jadi yang siap aplikasi... wah ntar kl tak tulis di sini dimana mendapatkan dikira promosi wkkk....coba deh contact di 081333895230 aja...

    ReplyDelete
  5. kapan neh tonik anti kegugurannya dilauncing... ?

    ReplyDelete
  6. bleh jg formulan'ny....
    gmna cr perawatan yg lg bljar berbuah,d bwh pohon lengkeng bnyk tnman sprti kacang"an mengganggu tdk?

    ReplyDelete
  7. @doomsday : untk lengkeng yg lagi belajar buah (sudah ada bunga nya) coba imbangi dengan pemberian nutrisi yang memadai. unsur P dan K dominan serta MgO dan mikro TE sangat membantu tanaman dalam masa pembungaan / pembuahan ini..
    sepertinya kl terlalu banyak kacang2an di bawah / media lengkeng akan mengganggu pertumbuhan lengkeng.

    ReplyDelete
  8. Assalammu'alaikum
    Salam kenal pak Hervin.
    Salam Satu Jiwa Aremania
    Saya ini masih 0 tentang per klengkengan, dan saya sangat tertarik sekali untuk belajar di dunia perklengkengan.
    Membaca Tilusan panjenengan wah.... adem rasane ati......
    Barangkali diperbolekan saya pingin sekali berkunjung ke kebun bapak.
    Maturnuwun
    Wassalam

    ReplyDelete
  9. @Bio Energy Power : walaikum salam
    monggo kl mau berkunjung ke rumah, ada di jl telaga warna blok b no 24 a tlogomas

    ReplyDelete
  10. Formulanya apa pak hervin, kan intinya di situ, kok tdk disertakan, biar semua dapat manfaatnya dari tulisan Anda. maaf ya pak hervin, semoga selalu sukses. salam.

    ReplyDelete
  11. @some one : sebenarnya formula ini masih dalam tahap uji coba saya, dan alhamdulillah sekarang sudah di launching oleh produk Amazing Grow (namanya stimulans)dgn formula yg lebih bagus dan dalam bentuk powder yg lebih aman. wah jadi promosi nih.....

    ReplyDelete
  12. Mas hervin saya mau bertanya lengkeng yang usianya kurang dari 1 satu boleh nggak mas dibuahkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh-boleh saja sih...cuma kl dia masih belum sehat dan kokoh sebaiknya ditunda dulu.....maklum jika dia berbuah butuh energi yang besar....

      Delete
  13. Mas saya pernah baca buku agar bunga tanaman buah tidak rontok diberi minyak ikan dan dicampur dengan 2 liter air.apakah betul mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fadhil :
      setahu saya sih minyak ikan mengandung asam amino yang bagus bagi pertumbuhan akar sehingga penyerapan nutrisi lebih efektif
      so, selama nutrisinya tidak ada tentu saja logikanya juga tidak banyak bermanfaat...
      oh ya, untuk topik diatas, pertama kali nyoba berbagai pupuk dan suplemen utk tanaman sudah saya coba, tapi bunga msh rontok juga oleh guyuran hujan, nah akhirnya percobaan di tahun berikutnya hasilnya seperti diatas

      Delete
  14. formulanya apa mas hervin bagi bagi donk amal....heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sodod234 : di komentar sebelumnya sudah sy sebutkan tuh (stimulans)

      Delete
  15. Mas Hervin obat ini di Jogja bs di bli dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum beredar sampai sana ...
      coba cek di link Amazing Grow aja... Produk sudah di sempurnakan dalam bentuk powder (stimulans)

      Delete
  16. untk di pot drum awal mulanya buah klengkeng sebesar biji kacang lama kelamaan rontok 1 demi satu . bisa ngga stimulans di dapakan di jambi trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba perhatikan pupuknya, saat buah mulai pentil dia butuh pasokan nutrisi yang memadai (NPK yang kandungan N nya rendah, K tinggi)
      stimulans bisa di beli langsung lewat www.amazinggrow.com aja....di jambi belum ada agen

      Delete
  17. mas herhir kalo di jawa barat sudah ada belum stimulans...di daerah mana ja mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kp Ciwahang : utk sementara belum ada di jawa barat, ada didaerah depok, ato beli online langsung di www.amazinggrow.com

      Delete
  18. Mas hervin, itu stimulans nya apa khusus untuk lengkeng aj, buat tanaman buah yg lain bisa gk?

    ReplyDelete
  19. @hend: bisa untk semua tanaman buah kok stimulans

    ReplyDelete
  20. Mantap nih.. klengkeng saya slalu rontok banyak klo berbunga. padahal sangat banyak, yg tersisa kadang cuma 30% aja.

    ReplyDelete
  21. kalau di daerah pekalongan udah ada belom pk Hervin.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @robin hood : belum ada, beli online saja di www.amazinggrow.com

      Delete
  22. Mas punya saya juga sedang berbunga....
    Saat berbunga yg pertama 100% rontok.....
    Nah skr yg ke 2...
    Mohon bantuanya agar tak rontok lg....
    Kira2 pupuk ap yg harus dipakai dan bagainama cara mengurangi serangan lalat hijau yg sering nempel di bunga lengkeng tersebut......
    Saya menanam lengkeng diamound river berumur 2 thn
    Terimakasih

    ReplyDelete
  23. Mas punya saya juga sedang berbunga....
    Saat berbunga yg pertama 100% rontok.....
    Nah skr yg ke 2...
    Mohon bantuanya agar tak rontok lg....
    Kira2 pupuk ap yg harus dipakai dan bagainama cara mengurangi serangan lalat hijau yg sering nempel di bunga lengkeng tersebut......
    Saya menanam lengkeng diamound river berumur 2 thn
    Terimakasih

    ReplyDelete
  24. Mas punya saya juga sedang berbunga....
    Saat berbunga yg pertama 100% rontok.....
    Nah skr yg ke 2...
    Mohon bantuanya agar tak rontok lg....
    Kira2 pupuk ap yg harus dipakai dan bagainama cara mengurangi serangan lalat hijau yg sering nempel di bunga lengkeng tersebut......
    Saya menanam lengkeng diamound river berumur 2 thn
    Terimakasih

    ReplyDelete
  25. Mas punya saya juga sedang berbunga....
    Saat berbunga yg pertama 100% rontok.....
    Nah skr yg ke 2...
    Mohon bantuanya agar tak rontok lg....
    Kira2 pupuk ap yg harus dipakai dan bagainama cara mengurangi serangan lalat hijau yg sering nempel di bunga lengkeng tersebut......
    Saya menanam lengkeng diamound river berumur 2 thn
    Terimakasih

    19 Jan 2014 11:30:06

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Febry : lalat hijau gak perlu di halau, pengalaman di kebun dia lebih membantu penyerbukan kok dari pada membuat onar di bunga lengkeng.
      untuk hasil spt diatas, bisa disemprotkan Stimulans produk dari Amazing Grow secara rutin (2-3 kali aplikasi) pas musim hujan gini....

      Delete
    2. mas hervin utk daerah jombang stimulans udah ada belum,..

      Delete
    3. @farkhan cak :belum ada... beli aja online di www.amazinggrow.com

      Delete
  26. Mas hervin buah lengkeng saya slalu rontok sebelum masak dan daging buahnya tipis. Apa solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Abank : sepertinya jenis pinpong ya... (hanya menebak)
      pupuknya dong diperhatikan saat buah pentil hingga besar....(kandungan Ca, Mg dll juga diperhatikan)

      Delete
  27. beli dimana tonicnya itu pak, namanya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di www.amazinggrow.com
      tonic yang dimaksud sekarang sudah disempurnakan dalam bentuk bubuk, dengan merek Stimulans

      Delete
  28. mas Hervin, lengkeng pingpong saya skrg lagi lebat berbunga, tapi banyak rontok pas penyerbukan oleh lebah/tawon/laler. klo liat penjelasan diatas, mas Hervin semprot di bunganya langsung, klo liat didetail produk stimulan disemprot dibuah. yg bagus/benar yg mana?atau keduanya bisa?
    btw bukunya digramedia sudah ada?
    matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnomo : memang saat bunga mekar, tidak semua bunga pasti jadi mas, wajar kl ada yang rontok akibat penyerbukan oleh lebah dkk. percobaan saya pas musim hujan, stimulans saya semprotkan di bunga nya langsung dengan kabut tipis... banyak "ahli pertanian" yang menertawakan ini he he he, bahkan dianggap hal ngawur saat bunga mekar kok disemprot.... tapi yang penting hasil akhirnya wkkkk....
      selamat mencoba

      Delete
    2. benar mas, daripada rontok diguyur hujan, mending kita coba usaha agar tidak rontok. makasih ilmune.

      Delete
  29. stimulans nya brapa-an harganya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di www.amazinggrow.com

      Delete
  30. mas Hervin, jual bibit lengkeng pingpong?suwun

    ReplyDelete
  31. mas harvin, saya punya pohon lengkeng lokal tidak tau dari jenis apa soalnya waktu beli tanah sudah ada pohon lengkeng tersebut... kira kira umurnya lima tahunan.
    dulu pernah saya induksi dengan booster, tapi cuman keluar bunga sedikit yang akhirnya rontok semua
    trus sekitar dua bulan yang lalu kembali saya induksi dengan booster..... sebulan kemudian keluar bunga secara serempak di seluruh tajuknya.....tapi begitu bunga mulai mekar..... kembali terjadi rontok secara terus menerus, padahal tidak sedang turun hujan
    kira kira disebabkan oleh apa ini mas..... apa mungkin seluruh bunga adalah bunga jantan yang konon tidak bisa jadi buah..... trus harus gimana ini mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @heni yuniarti : persis pengalaman pohon di rumah saudara saya dulu, dengan dosis 1/2 paket, sekali siram untuk tanaman lengkeng lokal usia 5 tahun lebih keluar bunga serempak (yang lebih banyak dari daunnya) untuk pertama kalinya. namun demikian rontok semua alias tidak ada yang jadi pentil buah. sayang waktu itu saya cuma lihat dari fotonya. tapi feeling saya sih mungkin bunga nya tidak sempurna, maksud saya mungkin cuma bunga jantan atau betina saja yang muncul. untuk memastikan hal tersebut HARUS dipastikan melihatnya saat berbunga.
      sebagai informasi, dari beberapa kasus membuahkan lengkeng lokal, hanya sekali itu saja saya mengalami kasus gagal buah (meskipun bunga sangat lebat).

      Delete
  32. mas hervin@ kasih solusi untuk sy dong, pohon lengkeng sy sdh lumayan besar tp knp sampe skrg blm berbuah apa solusix, kt org lenkeng jantan, di kasih apa spy bs berbuah atau dr tmn2 yg lain ada masukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudhi : coba aja di induksi / diaplikasi dengan Lengkeng Booster mas... ada saya ulas di blog ini juga

      Delete
  33. Assalamu alaikum mas hermin saya ter tarik dgn produk amazing gro memang josss saya udah terapkan boster dan mulai muncul bunga yang ingin saya tayakan bisakah Ga3 dan stimulan diterapkan bersama terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Arif : walaikum salam wr wb.... bisa mas keduanya diaplikasikan bersama sama, sekalian kerja nya

      Delete
  34. Mas ,kl klengkeng jenis itoh,new kristal,dll yang perlu boster apa cocok di tanam di pot drum,apa mas herfin menyediakan bibitnya juga,kl boleh pas ke malang tak mampir mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja, tapi pertumbuhan lebih bagus di tanah lepas. ada bibit asalcangkok di rumah...

      Delete
  35. saya baru beli bibit tanaman klengkeng yang sudah berbunga, saya tanam dalam pot uk diameter 69cm, awal-awalnya tumbuh subur bunga mulai mekar, tapi seminggu kemudian bunganya mulai rontok, apakah bunga pertama tersebut harus dibuang atau bagaimana, mohon petunjuknya, terima kasih.

    ReplyDelete
  36. @achyar safari : bunga rontok pada lengkeng biasa, artinya tidak semua bunga akan jadi buah. yang jadi masalah jika semua bunga rontok alias tidakjadi bakal buah sama sekali, bisa karena pemupukan yang kurang, penyerbukan yang tidak sempurna serta guyuran hujan pada saat bunga mekar.

    ReplyDelete
  37. Assalammualaikum..Pak Erwin..pohon lengkeng saya sekarang lagi berbunga dan kendala sekarang lagi musim hujan dan banyak di hinggapi lalat hijau sehingga byk bunga yg rontok saya jadi bingung apa penyebabnya apa lalat atau air hujan....habis kalau memang air hujan bagaimana kalau dipasang jaring paranet diatas pohon agar guyuran hujan tdk terlalu deras....

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam Wr.Wb. untuk lalat hijau, sepengamatan saya sih tidak mengganggu di bunga lengkeng, dia malah membantu penyerbukan setelah saya amati. air hujan juga bisa menyebabkan kerontokan, jika penyerbukan belum sempurna dan gempuran air hujan yang deras bisa menyebabkan bunga rontok. namun yang perlu di perhatikan bahwa tidak semua bunga akan jadi buah, artinya bunga lengkeng memang banyak yang nampak rontok meskipun di musim panas.
      pemasangan jaring paranet bisa membantu sih, cuma masalahnya jika sinar matahari terik, paranet akan menghalangi proses fotosintesis tanaman

      Delete
  38. Met malam pak saya edy alamat gempol. Saya ingin berkunjung ke rumah bapak. Apa btul di daerah malang pak. Saat ini buah klengkeng saya semua berbunga tp di terjang hujan dan sebagian rontok. Kalau boleh saya hari minggu ini ketempat bpk. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @edytop : betul didareah malang, tepatnya di tlogomas

      Delete
  39. Pak kelengkeng saya sdh hampir 5 tahun dan pertama diawal 2016 sdh berbungga cm disatu tangkai,dan gagal kayak layu,dan sekarang diakhir tahun 2016 ke awal 2017 ini,berbungga kembali dan hampir setiap tangkai bungga sdh mau timbul bungga,,apakah ini pertanda pembelajaran buah atau memang jadwal kelengkeng berbuah,tp yg saya amati banyak semut di kelopak bungganya,apakah semut itu hama atau justru membantu penyerbukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sadhu Khant : selamat deh, mudah-mudahan bakal bunga yang ini jadi beneran. oh ya jangan lupa pemberian tambahan pupuknya, usahakan yang kandungan N rendah nammun tinggi K nya.
      semut bisa jadi membantu ato mengganggu. jika di sekitar bunga tidak ada "kutu putih" berarti memang si semut datang karena manisnya bunga kelengkeng (tidak mengganggu), jika sebaliknya berarti dia mendatangi kutu putih tsb yg konon mengeluarkan cairan yg manis dan disukai semut.... kurang lebih begitu sepengetahuan saya

      Delete

Comment