Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

17 Aug 2010

Membuahkan Tabulampot Jambu Air ( III )

Mengobati rasa penasaran tentang membuahkan tabulampot jambu air, Senen 16 Agustus 2010 kemarin saya sempatkan mengambil foto terhadap tabulampot yang diperlakukan pemotongan akar dan di kocor pupuk + asam amino.

Dari pengamatan, tingkat kerontokan bakal bunga hingga bunga mekar sampai menjadi pentil buah, ternyata sangat kecil sekali alias masih normal (tidak lebih dari 10 %).

rontokkah aku ?? Alhamdulillah tidak...

Pada masa pembesaran buah ini,
karena tanaman berada dalam pot, jangan sampai telat untuk menyiram air (setiap hari). Buah pentil akan berguguran jika kita lalai hal tersebut.
Berikan pupuk dengan kandungan K yang dominan pada masa ini.

Pemberian pupuk tersebut biasa saya lakukan dengan mengocor larutan pupuk yang terdiri dari 12 gram pupuk berkandungan NPK 15:10:32 plus mikro, kedalam 10 liter air, dan diberikan ke tanaman 1 minggu 2 kali.
Untuk pot ukuran diameter 40 cm pada gambar diatas, saya berikan larutan pupuk 1,5 liter setiap kali aplikasi.

jangan sampai telat penyiraman
masa pembesaran
Hal lain yang perlu diperhatikan pada masa ini adalah : pembungkusan terhadap buah pentil dan pengendalian hama penyakit
Pembungkusan buah dilakukan sedini mungkin agar buah terhindar dari serangan lalat buah sehingga tidak busuk dan mulus. Penjarangan dan seleksi buah juga bisa dilakukan untuk mendapatkan buah masak yang berkualitas.

bungkus buah pentil dari serangan lalat buah
sekali lagi, jangan pernah telat siram / kekeringan
Sering kali daun jambu air terkena serangan kutu putih dan Aphid, jika daun kurang sehat, peranan dia sebagai alat fotosintesis juga terganggu, sehingga pasokan energi untuk pembesaran buah juga kurang maksimal. Pengendalian hama penyakit ini bisa disemprot dengan campuran larutan sabun cuci cair ditambah sedikit insektisida. Pemberian pestisida organik lebih dianjurkan dalam hal ini, mengingat buah akan kita konsumsi sendiri.

semoga bermanfaat
( tamat....)

130 comments:

  1. Wah senang sekali baca tulisannya mas hervin mantap..numpang tanya nih mas. Perlakuan pangkas akar kan dilakukakn sblm si jambu ngembang, gimana kalo sudah berbunga sangat2 lebat tapi belum sempat dipangkas nih akarnya kira2 setahunan..apa yg hrs sy lakukan agar bunga tidak rontok? Ini adalah pertama kali jambuku berbunga sedemikan lebat, sebelumnya sgt jarang & selalu rontok..umurnya 3 thnan. mohon saran

    ReplyDelete
  2. Pangkas akar disini bertujuan untuk merangsang keluarnya bunga (pada tabulampot jambu yang sudah lama mogok untuk berbunga),
    kalo kasus nya Anda kan sudah berbunga lebat, jadi belum perlu dipangkas akarnya, ntar malah stress n rontok. so pemupukannya aja yang diperhatikan selama berbunga hingga jadi buah siap panen. berikan unsur k yang dominan agar buah optimal dan manis.
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Makasih mas..jan lengkap dan uapiik tenan..nambah ilmu baca blog jenengan....

    ReplyDelete
  4. @Ari : semoga bermanfaat bagi kita semua

    ReplyDelete
  5. saya juga pnya jambu di pot dah setaun blm buah

    ReplyDelete
  6. om hervin, pupuk NPK 15:10:32 plus mikro yang biasa di pakai merek apa? biasanya kan di sarankan yang PK nya tinggi. tapi saya cari di pasaran surabaya kok sulit

    ReplyDelete
  7. @rizky : bener mas PK tinggi bagus untuk masa pembuahan, merk biasanya MKP, sayang dia tidak ada unsur mikro dan MgO nya yang ternyata bisa mencegah kerontokan buah. NPK 15:10:32 saya biasa gunakan amazing grow yang pembuahan..

    ReplyDelete
  8. saya punya jambu air di pot yang mogok berbunga selain pemangkasan akar apa perlu adanya pergantian media tanah dan pupuk apa yang harus saya gunakan. selain mogok berbunga tanaman yang saya milik juga sering pada daun muda diserang oleh semut yang akibatnya daun menjadi mengecil bagaimana cara membasminya ?

    ReplyDelete
  9. biasanya jambu air yg dipot kan akan penuh dengan akar, media akan keliatan lebih dikit jadinya, dgn pemangkasan akar kita cukup menambahkan media baru saja....pemupukan bisa dilihat di tulisan diatas. untuk hama semut yg bikin daun jadi keriput dan kerdil, jika serangan parah pemangkasan daun yg terserang adalah pilihan yg bijak, dgn tujuan agar tumbuh tunas baaru yg lebih sehat.

    ReplyDelete
  10. salam kenal...
    makasih ya mas artikelnya bermanfaat banget.
    saya mo tanya jambu saya baru aja turun cangkok dan udah pada muncul tunas-tunas baru. apa gk pa2 klo saya rangsang untuk berbuah ya mas.. trims.

    ReplyDelete
  11. kayaknya biar dia tumbuh sehat dulu, soalnya belum lama turun dari cangkokan kan....

    ReplyDelete
  12. Salam kenal. Senang deh baca artikelnya. Saya pengen belajar melakukan penyambungan batang (okulasi)yang benar. Saya pernah coba me-okulasi sendiri, tapi kok batang atasnya selalu layu dan mati. Gimana caranya agar sambungan itu kokoh dan menyatu hingga akhirnya tumbuh tunas daun yang baru. Terima kasih atas masukannya.

    ReplyDelete
  13. @Novia : salam kenal kembali...kalau yang dimaksud penyambungan batang, kayaknya bukan okulasi deh....kl okulasi kita cuma mengelupas kulit batang lalu menempelkan mata tunas tanaman yg mau diperbanyak. mungkin yg anda maksud sambung pucuk.
    kl emang benar sambung pucuk, yg perlu diperhatikan adalah sungkung dgn plastik es mambo, usahakan jgn sampai kena percikan air pada lokasi sambungan, dan tempatkan di tempat teduh dulu. dan jangan lupa...banyak berlatih dan mencoba..

    ReplyDelete
  14. Mas, di daerah saya tuh kan sulit banget mencari pupuk yg kandungan PK nya dominan, nah kira-kira klo saya racik sendiri pupuknya pake urea, TSP dan KCL nya dominan khasiatnya sama gak ya mas ama Pupuk NPK yang udah ada di pasaran. makasih mas sarannya. oh iya pupuknya mo diplikasikan untuk tabulampot..

    ReplyDelete
  15. Iyut : hemm gitu ya...kl menurut saya penggunaan KCL perlu dihindari. soalnya chloride yang terkandung dalam kcl akan menjadi racun bagi tanah dan tentu saja tanaman....apalagi di aplikasikan di pot...media bisa keras dll dll

    ReplyDelete
  16. mas herfin, apa aplikasi diatas bisa diterapkan untuk jeruk bali. sya ada satu ditanam di pot, sudah berbunga. trims ya mas

    ReplyDelete
  17. btuh saran nih mas.. apa asam amino diatas bisa digantikan dengan telur mungkin, kan telur juga mengandung asam amino, hehe kira2...atau dengan kulit pisang gmana mas..

    ReplyDelete
  18. @untuk jeruk penerapan pada jeruk bali terus terang saya belum pernah coba, tapi kl khusus jeruk bisa dimainkan dengan stress air saja, pemupukan bisa sama....

    @ asam amimino jika diganti dgn telur he he he belum pernah coba juga, tapi kayaknya emang masuk akal juga, cuma setahu saya orang lebih suka menggunakan minyak ikan yang banyak di jual di apotik2.....

    ReplyDelete
  19. mas herfin tau gk teknik kombinasi tanaman buah 3 in 1 ??? tolong jelasin dong mas, apa pake teknik okulasi atau sambung pucuk. domo

    ReplyDelete
  20. @domo : kalo bikinnya dari kecil teknik okulasi bisa dilakukan, tapi kl menurut saya teknik sambung pucuk lebih mudah dan praktis. pilih beberapa cabang (3 cabang) sambung masing2 dgn varietas yang lain. seperti gambar diatas, sebenarnya terdiri dari lebih dari 4 varietas jambu air, sayang lupa kasih nama, buahnya juga beda2 saat foto diambil....

    ReplyDelete
  21. mas saya mo nanya, akhir-akhir ini knapa ya phon jambu saya daunnya sering ada semut merahnya, apa karena sering saya siramin sama air ikan ya? penanggulangannya gimana ya mas? mkasih ya mas

    ReplyDelete
  22. semut merah ya..., biasanya sih semut hitam biasa, dan itupun biasanya dia mendatangi cairan yang ditinggalkan kutu putih yang disukai semut oleh karena berasa manis. coba cek adakah cairan tsb. kl tidak ada coba perhatikan apakah di media ada sarang semut (koloninya), bisa juga semut merah tsb naik ke daun karena media tersiram air ikan.
    kl tidak banyak penanggulangan bisa secara manual dihilangkan daun yang menjadi tempatnya bergerombol....

    ReplyDelete
  23. Peni said..
    Mas Hervin Jambu citra saya kok ujung daunnya pada kering kekurangan apa ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  24. @Peni : mungkin pernah telat siram ya...kl tidak
    coba perbaiki juga unsur mikro nya, pemberian pupuk kandang yang cukup kayaknya bisa mengurangi gejala diatas

    ReplyDelete
  25. Peni said..
    Iya Mas Hervin saya coba untuk menambah unsur mikronya, daun-daun yang baru udah normal lagi & tambah subur....matur nuwun

    ReplyDelete
  26. @Peni : syukurlah kl begitu, semoga cepet subur dan berbuah ....

    ReplyDelete
  27. mas...aq punya tabulampot jambu air madura..tapi kok rasa buahnya agak sepet ya..ndak spt rasa buah induknya...tq mas..

    *Uniek-Mataram*

    ReplyDelete
  28. @uniek : wah kok bisa, kl perbanyakan dgn cangkok bisa dipastikan 100 % meniru indukannya lho....
    ato mungkin panennya belum tua banget...jambu camplong madura kl udah tua berwarna putih bening dan mengkilap, renyah dan manis,...coba perhatikan pemupukaannya juga, saat buah pentil hingga panen, berikan pupuk K dominan untuk memaniskan buahnya.

    ReplyDelete
  29. kalo boleh tau merek pupuknya apa mas yg K dominan..tq mas..

    *uniek*

    ReplyDelete
  30. @ uniek : bisa kasih MKP, ZK dkk

    ReplyDelete
  31. Mas Hervin, beli asam amino biasanya dimana ya mas? Di toko farmasi, chemical ato di toko pupuk ? Thnks. Iwan

    ReplyDelete
  32. @iwan : coba cek di www.amazinggrow.com mas

    ReplyDelete
  33. Salam mas..
    buth saran mas, jambu cngkokan sya udah skitar 7 blanan. udah prnah sya bongkar media n pangkas akar. tapi smpe skarang blum ada tnda2 berbuah ya mas ?? apa perlu pangkas daun ya karena kliatan sangat rimbun dan banyak tunasnya.. banyak semut kecilnya yg sering membuat daun-daun pada kering ujungnya..makasih ya mas..

    ReplyDelete
  34. Pada prinsipnya merangsang berbuah jambu air dalam pot adalah stress akar (dgn asumsi tanaman sudah benar2 sehat dan siap berbuah).
    stress akar bisa dengan pemotongan spt teknik diatas maupun dgn stress air (tidak disiram beberapa waktu), jgn lupa nutrisi setelah itu...
    semut2 pada daun dikarenakan lebih adanya "sesuatu" yang berasa manis yang dihasilkan oleh "hewan/serangga" yang bersarang didaun, so semprot aja pake obat....

    ReplyDelete
  35. Untuk budidaya tambulapot, ukuran pot yang dianjurkan berapa? dan berapa komposisi untuk tanah dan pupuknya? Trimakasih...

    ReplyDelete
  36. @dan : ukuran pot disesuaikan dgn besar tanaman, misal utk batang seukuran telunjuk jari bisa digunakan pot diameter 40 cm, utk batang seukuran jempo kaki orang dewasa bisa di pot 60 cm dll.
    media bisa digunakan pupuk kandang, sekam arang, dan tanah dgn perbandingan 1:1:1, dan tidak baku, yang terpenting media bersifat porous (air mudah merembes ke bawah), anda bisa memainkan ke tiga campuran tadi untuk mendapatkan media yang porous

    ReplyDelete
  37. salam kenal mas,,,saya hobi baru...ud coba tanam berbagai tabulampot,,,,mangga namdokmai/gincu,,jambu air citra/delima,,,lengkeng pingpong,,,sawo manila...mangga namdokmai dan jambu delima berbuah lebat tapi dlm 1 bln rontok habis,,,trus semua media media pot (pot rata2 sdh berumur diatas 3 thn,,saya cuma melanjutkan hobi mertua,,yg udah lama pot tidak diurus,,,media saya ganti dgn pemangkasan akar dgn campuran kompos sawit,sekam,pupuk kandang sapi,,(1-1-1)..daun tua pangkas habis,,,udh sebulan daun muda byk dan cabng bagus,,,mau nanya kira2 berapa lama akan berbunga? pupuk yg sesuai diberikan dan stress air udah dilakukan,,,tapi terlihat media padat air susah mengalir,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemangkasan habis lebih cenderung untuk memunculkan tunas / cabang baru (kecuali utk tanaman tertentu spt anggur, dll)
      kl air susah mengalir berarti media harus diganti....

      Delete
    2. Maaf mas kalo pemangkasan habis tuh daunnya + cabangya yg dipangkas n disisain berapa daun y? ap nanti tidak mati tabulampotnya? mohon dibalas, makasih

      Delete
    3. @ichpan M : kl untuk jambu air spt diatas bisa di sisain 3-5 lembar daun di ujung, Insya Allah untuk jambu air tidak mati kok pohonnya, dia terkenal bandel

      Delete
  38. Mas mau tanya bisul daun pada daun jambu biji itu hama mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fadhil : iya, itu ulah dari lalat (gak tau namanya) yang menyuntikan telurnya ke daun..... buang saja lalu bakar daun yg terserang

      Delete
  39. mas salam kenal. Mau tanya kenapa Pada tangkai putik dan putik sering layu. Biasanya pada putik yg belum mekar. Ad tanda bintik2 hitam pada tangkai atau putiknya. Kemudian rontok. Hama apa yg memamakannya mas. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonymous : salam kenal kembali, kl itu sering terjadi pada putik di bunga yg belum mekar, mungkin akibat ulah ulat kecil dari telur yang di masukkan oleh semacam lalat...... beberapa kasus di rumah memang menjadikan bunga gagal dalam penyerbukan, dan biasanya juga bentuk bunga yg demikian kurang sempurna...

      Delete
  40. Mas, jambu air aku, daun mudanya kok dimakan ulat ya? apa aman pake pestisida. makasih ya mas...

    ReplyDelete
  41. @M Yahdi : kl memang susah dikendalikan dgn manual bisa pake pestisida, yang penting jauh dari jangkauan anak2 dan sedang tidak ada buah yang mau dipanen....

    ReplyDelete
  42. salam kenal pak, ada info untuk tempat beli bibit buah2an yg lumayan lengkap koleksinya di daerah sekitar nganjuk-kediri. Terimakasih.

    ReplyDelete
  43. lam kenal mas hervin saya dari balikpapan kaltim mo nanya tuk jambu black kingkong tabulampot asal okulasi kira2 brapa lama baru berbuah dan bagaimana cici2 buah untuk black kingkong yang asli. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk bibit okulasi (jambu air) kurang lebih paling cepat 1 tahun mulai belajar berbuah, itu juga tergantung perawatan dan kondisi tanaman.

      untuk bentuk buah yg asli sendiri, maaf saya masih belum bisa memastikan.

      Delete
  44. mas, mau tanya...pemupukan untuk jambu air itu intervalnya kapan???seminggu sekali ato gmn??karena tanamannya baru saya pindahin ke pot udah semingguan...mohon pencerahannya....

    salam ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya lebih suka memupuk dengan dosis kecil, tapi rutin. seperti seminggu sekali dengan dosis 5 gram per liter diulang 7 hari lagi dst.

      Delete
    2. dosis 5 gram untuk jenis pupuk NPK atau campuran???

      makasi mas hervin

      Delete
  45. Mas Hervin Ysh,
    Menemukan blog ini rasanya seperti keberuntungan. Disaat saya mencari tahu ttg pembuahan cangkokan jambu air hijau warisan nenek saya. Di dalam pot drum sudah 6 (enam) tahun lebih, namun sampai saat ini belum juga memunculkan bunga. Kenapa ya Mas?

    Salam,
    Sumeru

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba perhatikan tempat tumbuhnya, dia suka dengan panas matahari minimal 4 jam.
      berikutnya perhatikan juga media dan pemupukannya, jika akar di drum sudah banyak bisa di bongkar dan di pangkas sebagian akarnya spt pada ulasan di topik ini (sebelumnya)
      media gunakan campuran pupuk kandang, tanah dan sekam (arang), pemupukan berikan rutin minimal seminggu sekali (1/2 sendok makan)

      selamat mencoba

      Delete
    2. tanaman jambu saya dalam pot besar juga jarang berbunga kalau berbunga hanya 2-3 saja. Tanaman jambu saya sudah lebih dari 5 tahun. Kenapa bunganya hanya sedikit ya ? mohon pencerahan pa Hervin

      Delete
    3. kuantitas bunga spt ditentukan oleh sehat/tidak nya tanaman, berikutnya oleh pasokan nutrisi saat dia beranjak berbunga.......
      coba perhatikan mana yang perlu di benahi, apakah nutrisinya sudah mencukupi, atau tanaman belum sehat dan segar betul....

      untuk merangsang pembungaan dsb, bisa di ikuti cara artikel diatas

      Delete
  46. mas hervin yg baik hati
    media tanam tuk jambu air dalam pot drum saya sudah 1 th dan agak mengeras kalau disiram selang 2jam air br hbs meresap dlm media,apakah media tanam yg seperti ini sudah harus diganti? dan untuk aplikasi pupuk yg baik berapa gram/brp liter air untuk 1 tanamandan baiknya per minggu atau bulan....trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pertanda media tidak porous, so kudu diganti dan bisa dilakukan pemangkasan akar.... sekedar info : pupuk yang kurang bagus juga bisa menyebabkan media mengeras
      gunakan pupuk secara bijak... dosis bisa diberi 5 gram per liter

      Delete
  47. Mas, saya punya tambulampot jambu air. Pada waktu beli sudah berbuah, setelah itu buah tidak muncul lagi, sempet muncul tapi rontok saat kena hujan. Saat ini saya hanya kasih pupuk NPK dan sedikit KCL. Apa yang harus saya lakukan ya MAs.
    Selain itu saya punya jambu kristal dan jeruk limau, dimana penanaman dalam pot hampir bersamaan dengan jambu air. Anehnya tiba tiba jambu kristal saya rontok semua daunya kemudian disusul daun jeruk limau juga rontok abis.. Saya coba bongkar sepertinya akarnya masih bagus, Apa yang harus saya lakukan? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba beri pupuk kandang agar media lebih bagus... oh ya sekedar saran utk tabulampot hindari pemakaian KCL, dlm jangka waktu tertentu Cl bersifat racun dan tidak bagus di media. alternatif bisa di ambilkan K dari Kno ato MKP dan DKP

      rontok daun jika akar tidak masalah kemungkinan besar dia pernah sekali telat siram / kekeringan....coba perhatikan mana yang memungkinkan...

      Delete
  48. Pak Hervin, berdasarkan artikel lalu, saya coba pemangkasan akar pada Jambu Air Madu Deli yg sudah berukuran telunjuk. Media tanam saya tambahkan Kotoran sapi, kambing : Sekam Padi : tanah sebanding 2 : 2 : 1 kemudian 4 hari setelahnya saya berikan NPK 15:15:15 dan sedikit pupuk mikro. juga tak lupa sedikit pemangkasan pada cabang sekunder yg panjang2 dan tunas2 air.
    sudah 2 minggu berjalan, terlihat telah tumbuh tunas2 baru jg tunas air baru. apalagi yg harus saya lakukan sebagai tahapan selanjutnya untuk membuahkan tabulampot saya? terimas kasih mas Hervin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @guna-guna : sekedar koreksi :pemangkasan akar di lakukan jika akar tanaman sudah memenuhi pot. prinsipnya pangkas akar yg saya maksud adalah untuk membikin tanaman sedikit stress sehingga memaksa dia menuju ke arah generatif.

      yang sudah anda lakukan biarkan saja dulu. tunggu tanaman sehat dan siap, baru mainkan pupuknya minim N dan asam amino.stress air bisa dilakukan beberapa saat/hari jika tanaman sudah sehat

      Delete
  49. Bang Hervin,pohon jambu air citra saya kok pada daunnya warnanya kok kusam dan kelihatannya ada hama seperti serbuk warna coklat dipermukaan daun,apakah hama itu yg membuat daun menjadi berwarna kusam dan apa obatnya tuk membasminya......trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus s : keliatannya daun terserang sejenis kutu thrips dan aphids..
      kl jumlah nya sedikit basmi manual aja, artinya daun yang terkena di pangkas lalu di bakar.

      Delete
  50. mohon penjelasannya Pak, saya menanam BIJI jambu air di tong sekitar 3 tahun lalu, saat ini pohonnya bagus pertumbuhannya dan sering saya pangkas supaya tidak meninggi dan 1 bulan sekali saya taburi pupuk (dalam butiran warna biru agak jauh dari batangnya, saat ini akarnya sudah banyak apakah perlu saya buang akarnya sebagian ? dan kira2 ka[an berbuahnya karena saya menanammya dari biji, terima kasih atas saran dan penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jambu air dari biji, kemungkinan besar kualitas buahnya akan menyimpang dari indukannnya.... tapi tidak ada salahnya ditunggu buahnya dulu saja...
      jika akar sudah penuh bisa di kurangi seperti cara diatas... jgn lupa setelah tanaman kembali sehat, beri asam amino spt ylasan diatas.....

      seandainya kualitas buah kurang bagus, jangan di tebang atau dimatikan pohonnya. ada cara menyiasatinya, yaitu disambung sisip dengan jenis jambu air yang kualitasnya lebih bagus.

      Delete
  51. bang hervin kenapa jambu air saya kok pada rontok daun mudanya apa penyebabnya? mohon petunjuknya untuk mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun muda rontok ?? hmmm ada gejala layu dulu tidak ya.... kl daun tua trus menguning lalu rontok, biasanya ada pernah telat siram dll, kl daun muda rontohk ada kehitaman biasanya ada serangan semacam serangga (spt walang sangit)
      ini pernah saya jumpai pada tanaman di kebun, ada serangan walang sangit yang bikin daun muda menghitam, menggulung dan rontok.... solusi nya di semprot pestisida sistemik

      Delete
  52. Mas... Sy punya jambu deli, waktu berbunga sy semprot pake pupuk grow more yg dilarutkan dg 1 ltr air. Tapi koq bunganya rontok ya mas. Jeruk nipis sy jg gt. Pentil jeruk nya jd kering dan rontok Stlh sy semprot pake pupuk grow more. Knp ya mas. Apa sy salah pupuk? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. @novi rima : kl semua rontok (jambu n jeruk) saya curiga itu over dosis mbak.... pupuk yang disemprotkan biasanya digunakan dalam dosis kecil (berkisar 1-2 gram per liter air). satu lagi, pastikan bahwa kandungan pupuk yang disemprot pada tanaman yang sedang bunga / buah memiliki kandungan NPK yang N nya lebih rendah dari K.

      Delete
  53. mas saya ingin bertanya, bagaimana caranya mengatasi semut di buah jambu...
    karena saya menanam jambu ar madu di tabulampot, gara2 semut buah nya pecah2 kemudian di dalam buah tersebut semut nya bersarang...
    mohon solusi nya mas.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @muhammad siddik : semut bersarang dan bergerombol di jambu air biasanya ada hewan yang mengeluarkan cairan (mestinya berasa manis,), terlebih dimusim hujan spt bulan Nov-des ini dia senang bersarang di bagian bawah jambu air.... tapi buah pecah2 bukan karena ulah semut ini lho... lebih karena kurang unsur K serta akibat perubahan panas kering dimedia yg ekstrim.... cara menghalaunya bisa di kasih kapur semut di sekitar tanaman,

      Delete
  54. ouh gtu ya mas...
    mas saya mau tanya lagi neh... kurang unsur K tu... maksd nya apa mas??
    mksd nya pupuk apa yang mengandung unsur K, karena saya awal2 menanam menggunakan taik kambing, dan sampe skrg (9 bulan) belum pernah lagi memberikan taik kambing...

    ReplyDelete
  55. @M Siddik : unsur K yang dimaksud adalah unsur kallium dalam pupuk, untuk hasil yang maksimal sebaiknya penambahan unsur K diambilkan dari pupuk kimia. untuk memaniskan buah, serta kelenturan buah saat masa pembesaran unsur tsb sangat diperlukan tanaman

    ReplyDelete
  56. Mas. Daun jambu ujungnya menghitam hangus kalau dibiarkan lama menggulung ke dalam. Apa ya penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @satria baja : biasanya ada serangan semacam walang sangit dan ulat....semprot dengan insektisida secara rutin aja

      Delete
  57. mas hervin, jambu maduku berbuah tok cuma 3 buah...gimana caranya biar buahnya lebat ya mas?..tolong sarannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbuah tiga maksudnya dari bunga lumayan banyak cuma jadi buah 3 atau memang dari awal berbunga dan berbuah cuma 3 ya ?
      kalau opsi yang pertama yang terjadi, berarti banyak yang gugur alias rontok, penyebabnya banyak faktor, antara lain pernah telat siram (kekeringan), atau asupan nutrisi yang kurang.
      jika opsi yang kedua yang terjadi, mungkin saja dia lagi belajar berbunga/berbuah, tapi jenis madu deli ini genjah banget kok, mudah berbuah, tinggal kesehata tanaman dijaga. jangan lupa pemberian pupuk kandang dan kimia secara berkala

      Delete
  58. Salam kenal Mas Hervin... Mas saya mau nanya.... gimana yaa cara ngilangin kutu putih pada batang jambu madu.... soalnya makin lama kok makin banyak yakh..... (posisi skrg jambunya lagi berbunga)... Mohon sarannya tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kemabali mas,
      kalau mau instant bisa pakai pestisida di campur sabun cair (cuci piring), usahakan saat semprot jangan kena bunga nya (terutama bunga yang lagi mekar). tapi kalau susah semprot bisa di kuaskan ke batang saja secara manual.
      kalau ingin aman bisa pakai larutan air + sabun cuci saja
      selamat mencoba

      Delete
  59. Salam kenal mas......
    pohon jambu madu saya banyak banget kutu putih di balik daunnya dan sampai menghitam balik daunnya trsebut. gimana mengatasinya.
    dan bunganya yang belum mekar banyak yg rontok lebih 50%.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cici dian : wah itu agak ribet kalau udah ada jelaga hitamnya, biasanya kalau cuma kutu putih bisa di semport air sabun cuci piring, syukur2 ditambahi sedikit insectisida. coba pending dulu aja untuk berbunga, bisa di buang manual daun2 yang terkena jelaga, pastikan tanaman sekitarnya juga di sterilkan dari jelaga.

      Delete
  60. Salam kenal Mas Hervin,

    Tambulampot Jambu air citra saya berasal dari cangkok dan sdh berumur 2 tahunan namun sampai saat ini belum berbuah dimana percabanganya sangan bayak sampai suatu ketika saya pangkas ujung tunasnya di semua pucuk dan saya kasih pupuk P dan K tinggi, eh kok malah tumbu tunah disetiap bagiannya,

    Untuk itu mohon petunjuknya apa yang harus saya lakukan dan pupuk yang saya punya NPK 5-30-30 dan KNO3

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dito : salam kenal kembali
      kebetulan yang saya bikin percobaan di tulisan ini juga jambu citra (yang disambung juga di beberapa cabang jenis lain)
      oh ya, untuk merangsang buah nya jangan dibarengi dengan pemangkasan cabang, soalnya dapat dipastikan yang keluar cabang ato tunas baru.
      bila perlu kurangi daun (dirempesi), tanpa harus ada pemangkasan. pupuk yang bisa digunakan yang pertama. KNO3 nya bisa di tunda dulu

      Delete
  61. salam kenal dri herwanto samarinda, mohon bantuan saran, kenapa pohon rambutan saya daunnya pada kering terutama ujung daun, apa sebabnya, bagaimana menaggulanginya, rambutan rapiah ditanam di tanah umur kira2 5 th

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Her wanto : salam kenal kembali
      coba ingat2 apakah dalam waktu dekat diberikan pupuk kandang (secara berlebih)
      pemberian pupuk kandang yg belum matang / dalam jumlah berlebih bisa berefek pada ujung dan pinggir daun kering.....

      coba di analisa dulu

      Delete
  62. Salam kenal mas dari Aris banjarnegara, aku lg coba budidaya jambu citra mas, tp kok jambu citra saya daunnya pada rontok dan itu menyerang pada jambu yg sebaris dekat pohon.. dan yg lainnya tumbuh normal.. tolong sarannya mas..tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aris : coba cek media tanam / tanah di sekitarnya mas, apa mungkin yg sebaris tsb kena pupuk kandang yg berlebih / belum matang atau sebab lain seperti terkena bahan kimia dll.

      Delete
  63. mas saya punya beberapa tabulampot yaitu jambu air, jambu biji, mangga, delima, alpukat, lengkeng dan nangka.knapa ya daun jambu air saya banyak dihinggapi semut hitam kecil jadi daunnya keriting dan kerdil. selama ini saya menyiram tanaman pake air pam apakah pengaruh terhadap kualitas buah? padahal bibit jambu bijinya besar dan rasanya manis tapi sekarang buahnya agak asem dan ukurannya kecil. beberapa bulan ini pohon mangga saya daun mudanya ada bercak coklat dan mengering kaya terbakar sinar matahari, saya sudah beli insektisida decis tapi cara penggunaannya bagaimana, campuran airnya brapa.cara penyemprotannya habis nyiram tanaman atau jangan kena air? kalo mangga mahatir, kiojay sama yuwen berapa lama berbuahnya dari bayi okulasi? saya tunggu ya jawabannya terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lela : semut hitam kecil yang anda maksud sering kali datang karena ada kutu di situ, pada dasarnya si kutu mengeluarkan semacam cairan yang manis, dan semut datang karenanya. jadi langkah pertama hilangkan kutu tersebut, anda bisa pakai decis yang sudah dibeli, dosisnya sih sesuai kemasan, atau bila ragu 2 ml per liter air. penyemprotan dilakukan pagi hari sekitar jam 8-9 yang mana belum panas betul sinar mataharinya.
      selamat mencoba

      Delete
  64. Salam kenal mas harvin
    Sy baru belajar tabulampot, sdh ada jambu air kancing, mangga, dan kelengkeng puangrhai dari bibit sambung yg sy beli di tukang tanaman. Media yg sy gunakan pupuk kandang dan pupuk organik diatas pecahan bata merah dalam pot ukuran 60cm. Ketiga tabulampot sy letakkan di atas dak rumah dengan sinar matahari sepanjang hari... Bagaimana penyiraman dan pemupukan yg baik terhadap tanaman saya? Kira2 tambulapot apa yg sesuai dengan penempatan sy itu, krn sy berencana utk menambah jenis tanaman buah yang lain.
    Terima kasih atas masukannya mas...
    Doni - bandar lampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @doni : penyiraman jika kondisi panas minimal sehari sekali, jika ekstrim malah bisa pagi dan sore, tergantung cuaca. untuk pemupukan bisa diberikan NPK dosis kecil tapi rutin, misal 1 pot diberikan NPK 1 sendok makan (ditanam) dan diulang 1 bulan kemudian.
      untuk jenis tabulampot yang cocok di dak atas bisa di pilih : jambu air, mangga, sawo, lengkeng, jeruk jerukan dll.

      selamat mencoba

      Delete
  65. Moga jambuku segera berbuah. Aamiin.

    ReplyDelete
  66. Salam kenal pk hervin,,sy ingin menanyakan beberapa hal mengenai jambu air,,
    1.sya memiliki jmbu air yg sy tnam d tanah,,untuk mbuahkn apkh perlu aplikasi pemotongan akar?jika tidak aplikasi apakah yg dpt sya lakukan untuk membuahkannya?
    2. Posisi saat ini tajuk sgat rimbun dn banyk tunas air,,mgkin krena musim hujan,,apkh sebaiknya sy biarkan dlu atw sy pgkas ddaunnya pk,,krrna sinar matahari tdk bs msuk,,
    3. Apabila sya ingin mencangkok jambu air dgn besar batang kr2 sbesar jempol tangan kr2 bidang yg d kerok butuh brp cm y pk,,
    umur tanaman krg lbh sdh 3-4thn besar btg utama seukuran betis org dewasa,,trimakasih sbelumnya ats waktunya pk hervin,,salam

    ReplyDelete
  67. @jhe magno : salam kenal kembali mas
    1. untuk ditanah perlakuan seperti tsb tidak perlu (tidak bisa) dilakukan, sebagai gantinya bisa dgn cara stress air atau kerat / cekik dgn kawan pangkal batang 15 cm dari tanah, tentu saja kondisi tanaman sedang tidak ada pupus / tidak di musim hujan
    2. musim hujan salah satu penyebab banyaknya tunas air he he he, jarangi tunas air terutama yang di dalam tajuk, agar matahari bisa masuk dan aerasi bagus
    3. bisa dibikin 5-20 cm an

    selamat mencoba
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  68. Trimakasih pk hervin ats jawabannya,,untuk tnaman trsebut(jambu air)karna dahulu tdk terawat,,tingginya mencapai 3mtr lebih pk,,dn saat ini sy cangkok cukup banyak cabang pak,,untuk sdikit mengurangi tingginy,,bbrp sdh turun cangkok,
    1.untuk aplikasi cangkok yg banyak apkh aman untuk tanaman pak?atw ad pembatasan?
    2. Lalu jika batang sbesar pergelangan tangan apkh msh bs d cangkok pak,?,sbenarnya sy agk eman kalau hanya sy buang,batang trsebut adlh batang utama d pucuk pohon yg msh bs sya raih,cbg d atasny yg lbh kcil sdh tdk teraih.
    3. Oh y pk,,saat ini karna begitu rimbunnya daun,banyak ulat yg pesta d pohon trsbut,,misalkn sy hilangkan habis daunnya dgn dsisakn sdikit daun d pucuk apkh aman pak?saat in kondisi pucuk daun hijau menuju hijau tua,tp dpenuhi tunas air.kondisi sy ckup sibuk dn tdk punya wktu untuk beli alat semprot insektisida,,ad wkt cm d pagi hari/sore hari,toko blm buka/sudah tutup.
    4. Pagkas daun pd jambu air sebaiknya bagaimana y pk,,apakh ad perbedaan jika d sisakan sdkit tangkai daun?sperti pd kasus srikaya jumbo yg bpk tulis,,trdpat perbedaan tunas yg tumbuh(tunas cabang dn tunas mbawa bunga),trhadap perlakuan pgkas yg berbeda.sy biasa mbuang daun dgn tangan aja pak,,
    wah mf nggih pk hervin,,in jd kyak jalan tol,,trimakasih untuk waktunya nggih pak,,salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @jhe magno :
      1. untuk tanaman jambu air lumayan bandel, apalagi dimusim hujan gini, jadi sebanyak2 di congkok juga gak masalah
      2.bisa saja, asal media cangkok proporsional aja
      3.sebaiknya sisakan daun secara proporsional juga, dia ibaratnya kan jadi dapur alat masak nya... be wise
      4.pangkas pada jambu air beda tujuan dgn di srikaya, kl di srikaya sekaligus memunculkan buah, kl dijambu air pemangkasan selain untuk membentuk percabangan juga mengurangi daun atau dahan agar aerasi dan sinar matahari masuk ke pohon optimal dan yg penting tidak merangsang pembentukan bunga. pada beberapa kasus pembuangan daun tua pada cabang yg tua di jambu air juga bisa merangsang keluarnya bunga, cuma kudu diikuti treatment dan timing yg tepat....

      Delete
  69. Mhon maaf p hervin,,yg d mksud timing yg tepat itu yg bagaimana nggih pak?mohon penjelasannya,,trimakasih,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. timing yg tepat maksud saya adalah "saat yang tepat"

      Delete
  70. Salam p hervin,,ad yg mau sy tanyakan lg pk,, jika cangkokan berasal dr tunas air,nantinya produktif atw ndak y pk,,kmarin sya iseng2 cangkok tunas air(krna banyak tumbuh dn telanjur besar),,hasilnya ternyata akar tumbuh subur,,tp sy msh ragu apkh nanti akan jdi pohon yg produktif atw gag pk,,mgkin pk hervin punya saran untuk sya,,trimakasih atas waktu dn perhatiannya pk,,
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa produktif kok, jangan takut....

      Delete
  71. Assalamualaikum mas hervin. saya sudah coba semprot pake decis 1x tapi semutnya masih banyak datang terus. tabulampot jambu air saya sdh lbh 1thn belum berbuah. saya lagi nyoba pake minyak ikan dan vetcin tp blm juga ada tanda berbuah. daunnya jg saya pangkas. kadang saya jg pake mol tape gantian sm minyak ikan. apa karna musim hujan dan akarnya udah penuh. yg ada cuma pucuk daun.kalo jambu berbuah biasanya bln apa? trus mangga saya batang bawahnya udah 3cm batang atasnya 2cm apa bisa dibuahkan? daun mangga kering terbakar terlihat bercak kuning dalemnya. sdh disemprot pake decis jg tp masih kering kbakar malah lbh parah. apa yg harus saya perbuat. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lela : walaikum salam wr wb.
      kutu putihnya sudah hilang belum ??
      kutu putih punya lapisan lilin di kulit luarnya, coba semprot decis yg kemarin dan dicampur dengan larutan sabun cuci piring cair. sabun ini bertujuan agar lapisan lilin di kutu tsb bisa luntur.

      untu mangga coba cek medianya, bisa jadi terbakarnya karena over dosis pupuk (termasuk pupuk kandang),

      Delete
  72. Ms hervin,,sy mw bertanya mengenai cangkokan,,kmrin sy turunkan cangkokan 2 buah(termasuk yg cangkok tunas air),,tp ad mslh timbul,,kedua cangkokan ini daunnya berguguran ms,,posisi saat sya turunkn bru tumbuh daun muda,,lalu sy rendam pakai larutan B1 liquinox 15 mnitan,,sy tnam d media kompos+sekam bakar,,lalu sy ptong beberapa daunnya sktr stengah bagian dr daun,,akar sdh cukup banyak ms saat sya turunkn,,apkh ad yg salah dgn perlakuan sya ms,,atw memang ad pakem2 tertentu dlm proses pencangkokan?mohon panduannya mas,,trimakasih ats jawabannya mas,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun gugur gak masalah, itu pertanda bagus, adaptasi namanya. kunci nya adalah tanaman hasil cangkokan setelah turun jangan di letakkan di tempat panas langsung, tempatkan di bawah naungan. daun beberapa bisa di hilangkan. Jika memungkinkan setelah disiram jenuh, hasil cangkokan disungkup plastik besar bersama polibagnya, tidak perlu di buka/disiram selama 2-3 minggu dari situ kemungkinan besar akan tumbuh dan hidup.

      Delete
  73. Mas saya mau tanya. Klo yg dimaksud npk 2:2:1 dan 1:2:2 itu ap ya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksukdnya NPK 2:2:1 adalah kandungan N=2, kandungan P=2 dan kandungan K=1
      kalau NPK 1:2:2 >>> N=1; P=2 dan K=2
      semua dalam prosentase
      jadi misalnya, NPK 2:2:1 N=2%;P=2%;K=1% dan sisanya (95% nya) adalah zat pembawa, bisa perekat dsb.

      kurang lebih seperti itu

      Delete
    2. Oh bgitu,,baik pk,,nanti biar sy sungkup pk untuk cangkokn berikutnya,,cangkokan kmrrn sudah sy taruh d bwh naungan pk,,tp blm sy sgkup, kondisi cangkokan yg gugur daunnya sudah mulai muncul tunas pk,,kr2 kpn saat yg tepat untuk d pindah k lahan terbuka y pk,,?suwun

      Delete
  74. Salam sejahtera Mas Hervin, saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan :
    1. Untuk pupuk seperti NPK, lebih bagus di tanam ke media tanam lalu di siram, atau di larutkan di air panas, campur air dingin, lalu disiram ke media tanam?
    2. Saya membeli Pupuk Organik Cair merek NASA, tertera dicairkan lalu di semprotkan ke seluruh bagian tanaman, menurut Mas Hervin lebih baik di semprotkan keseluruh bagian tanaman atau disemprot ke media tanam saja ya?
    Terima kasih Mas Hervin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dennis Liu :
      1, kl yang dimaksud NPK granul (mutiara), sebaiknya di tanam aja di sekitar perakaran, tapi dosisnya jgn berlebih. Prinsipnya dikit tapi rutin aja
      2. nah kl itu sesuai di anjurannya saja, sampai saat ini saya belum pernah pakai pupuk yang anda sebutkan.

      Delete
    2. Terima kasih atas reply dari mas hervin, mau tanya pak, saya ada cangkok jambu air, setelah turun ke pot, 3 hari kemudian daun jadi layu dan gugur semua sehingga tidak tersisa 1 daun pun, mohon petunjuknya, terima kasih

      Delete
    3. @denis : lain kali kalau ada turun cangkok lagi, coba agak kurangi jumlah daun nya, letakkan di tempat yang tidak langsung kena matahari.
      yang sudah terjadi coba sungkup plastik (besar) semua tanaman sampai tunas tumbuh kembali, tujuannya untuk mengurangi penguapan agar tanaman tidak mudah layu dan mati

      Delete
  75. Slam knl mas reply, sy minta bantuan mslh pemecahan kasus tnmn jambu air sy, knp koq selesai diberi pupuk npk, daun jambu sy mjadi layu dan kering, apa mungkin krn kelebihan pupuk dan bgaimana mengatasi hal tsb. Trims mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lanang raywinaya : jika tanaman nya di pot, kemungkinan besar over dosis pupuk. solusinya kl pupuk tsb bisa diambil, ambil saja, selanjutnya siram dengan air sampai jenuh, bila perlu ulangi beberapa kali agar larutan pupuk tercuci

      Delete
    2. Assalamualaikum.
      Sy pny masalah yg sama juga. Daun jambunya kering dan mulai rontok krn overdosis pupuk. Tp masih rutin sy siram pagi dan sore. Kira2 pohonnya bs bertahan nggak ya mas? Apa daunnya mau tumbuh lagi? Apa nggak apa2 tanahnya jadi lembek krn sering disiram buat cuci bekas pupuknya?

      Delete
    3. @luna adadilangit : walaikum salam,
      Insya Allah masih bisa tumbuh lagi, jambu air termasuk tanaman yang bandel kok. tanah lembek tidak masalah asal juga terkena sinar matahari yang cukup

      Delete
    4. Alhamdulillah..jd semangat lagi. Jazakallahu khairan y mas.

      Delete
    5. Salam mas. Semua daun jambu madu sy sdh kering. Kemarin sy pangkas semua bagian cabangnya ktn udah terasa kering dan ringan. Jadi phn jambunya gundul sekarang. Apa pohonnya udah mati ya krn cabang2 terasa kering, waktu sy gerus sedikit kulitnya coklat warnanya kecuali batang utama masih ada hijaunya kalo digerus. Mas apa solusinya ya biar daunnya tumbuh lagi. Terima kasih

      Delete
    6. @Luna : kalau masih ada hijau di batang coba sungkup dengan plastik dan semua tanaman (utk mengurangi penguapan) dan taruh di tempat agak ternaungi. karena ini over dosis pupuk, bila perlu bongkar media dan ganti media sekaligus lakukan penyungkupan. (jika memungkinkan lho)

      Delete
    7. Mas hervin, saya ini pemula banget dengan urusan tanam menanam dalam pot, jd bnyk istilah teknis sy nggak nyambung..setelah membaca pengalaman orang2 disini sy br nyadar sepertinya perlakuan sy ke phn jambu madunya sdkt asal.
      Waktu pertamakali beli kondisinya sehat..dngn tinggi sktr 1 m dipot 40-50 cm (nggak ngukur hehe)..siram pagi sore (vol air nggak pernah ditakar) dngn ember gagang paling gede. 3 kali berturut sukses berbunga dan berbuah biarpun ada hama2 semut dan serangga merah yg suka gulung daun itu, nggak pernah disemprot pestisida..sy akalin dengan membuang daun2 yng bolong dan digulung hama.
      Nggak lama setelahnya,tiap disiram air tergenang dipot, sy akalin dgn membuka jalan dilubang2 yg tersumbat dan ditusuk2 tanahnya dengan supaya nggak padat (wallahu'alam nggak terpikiran apa sampai melukai akar atau tidak)
      Puncaknya pas akhir ramadhan kemaren krn sibuk siramnya cm sehari sekali diwaktu2 sempat kadang siang jam 10an -12 kadang sore dan malam. Keadaan pohon sedang berbuah dan buahnya kecil2 banget tp manis..kalo lama nggak dipetik kirain nunggu agak besar, buahnya busuk sedikit.
      Nggak lama ternyata daunnya jadi kecil dan hijaunya tuh agak kuning(keliatan pucat). makanya, sy berilah 3-4 sdt pupuk biru mutiara itu langsung ditaburi dimedianya lalu disiram air. Beberapa hari kemudian mulailah daunnya kering.
      Maaf curhatnya kepanjangan.
      Kira2 apa benar penyebabnya krn overdosis pupuk (sesekali pernah dipupuki dengan interval waktu yg lama 1-2 minggu dosisnya 1 sdt dilarutkan) atau akarnya rusak/busuk krn air menggenang?
      Terus terang sy nggak berani utak atik tanaman dan potnya lagi.
      Tlg tanggapannya mas atas keamatiran sy hehe..

      Delete
    8. @Luna : saya simpulkan aja gini : untuk mdh emang gampang sekali berbuah dan buahnya banyak, untuk jangka panjang buah bisa dijarangi, agar next musim tanaman tidak merana. jambu air perlu siraman air rutin, bisa 2 kali sehari tergantung cuaca. jika air siraman tidak cepat tuntas hilang, artinya media perlu di ganti atau pengurangan akar secara berkala. untuk pupuk bisa diberikan sedikit, tapi rutin, terutama dipot dan pupuk kimia. contoh : sekali pemberian 1 sendok pupuk diberikan 2 minggu sekali (tergantung besar pot juga)
      tambahkan media dan pupuk kandang secara berkala pada pot.

      Delete
    9. Insyaallah tipsnya bakal diterapkan kalo beli lagi nanti (rada kapok) atau kalo yg ini selamat.
      Untuk pot 40-50 cm kira brp liter vol air yg hrs disiram?
      Bagaimana dengan cabang2 diujungnya yg udah kering itu apa boleh dipangkas l
      Terima kasih...jazakallahu khairan.

      Delete
    10. Satu lagi ya mas hehe..
      Dari pengalamannya mas untuk kasus sperti sy kira2 butuh berapa lama daunnya tumbuh lagi ya?
      Biar ada harapan dikit hehe...

      Delete
  76. salam kenal mas Hervin,mohon pencerahanya,saya punya jambu jamaika yang batang bawahnya berdiameter 5cm dan sempat berbunga 2 kali,dalam sekali berbunga kurang lebih ada 50 biji,tapi setelah pterjadi penyerbukan kenapa bakal buahnya satu persatu rontok dan pada akhirnya habis tak tersisa......, catatan mas Hervin,sesaat sebelum berbunga sudah saya dahului menggunakan Multi KP dengan dosis 15gr per/5 liter air,posisi pohon saya tanam ditanah,dan saya juga tidak pernah telat menyiram,mohon bantuanya mas,atas perhatianya saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Pupuk yang telah diberikan memang bagus untuk merangsang bunga dan memaniskan buah, feeling saya sih unsur makro dan mikro lainnya sepertinya perlu diberikan sebelumnya. maksud saya pastikan saat tanaman di pacu untuk berbunga dia dalam kondisi prima, kebutuhan unsur mikro dan makro terpenuhi.
      coba berikan pupuk kandang, sebagai bahan organik, pupuk yang mengandung Ca, Mgo dan unsur mikro lainnya dulu, baru itu sikat dengan pupuk multi KP nya lagi...

      Delete
  77. Salam kenal mas Hervin....sy mau konsultasi ttg Tabulampot Jambu Madu, usia 1.5 thn rada malas berbuah. Sdh pernah buah sekali, bbrp rumpol dan sempat dipanen dgn buah yg besar dan manis, tetapi setelah itu mogok berbuah. Sdh sy beri semprot growmore 6-30-30 tp blm jg berhasil. Pohon dan daunnya sehat/subur, tdk terlalu timbun krn sdh sy pangkas. Mohon sarannya mas, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @farhan : lain kali kalau mau membuahkan jangan main pangkas, soalnya si MDH ini walaupun genjah, tapi saat dipangkas dia konsentrasi ke pembentukan cabang di bekas pangkasan, solusinya coba beri / siram asam amino. bisa dari produk jadi ataupun bikin sendiri dari air bekas cucian daging/ikan. kombinasi dengan stress air. oh ya, buang tunas air yang tumbuh di dalam tajuk agar sirkulasi udara dan matahari lancar.

      Delete

Comment