Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

12 Nov 2013

Membungakan Tanaman Jeruk Yuk....

Membahas masalah Jeruk, jadi teringat pengalaman sekitar tahun 2010 lalu.  Sebuah pengalaman yang akhirnya membuat mata terbuka dan menambah wawasan terutama tentang menanam jeruk di dalam pot.
Pengalaman apakah itu ??.... Begini kurang lebih ceritanya :

Saat melihat jenis jeruk yang berdaun kecil dan buahnya lumayan lebat di salah seorang kenalan, tertariklah saya untuk memboyong beberapa polybag ke rumah.  Karena terlalu bersemangat memeliharanya, hampir setiap hari selalu di siram dengan giat, dan seminggu sekali di pupuk.  Namun apa yang terjadi ??... Sementara kepunyaan teman yang umur sebaya sudah tumbuh buah bergelayutan, pohon dirumah hanya tumbuh rimbun dan berdaun lebat .

berbuah lebat di pot

Kebetulan suatu hari ada yang berkunjung ke kebun dan secara spontan saya pun bertanya kepadanya tentang masalah diatas.  Hemm
jawaban yang sangat simple dan menyadarkan saya betapa tiap tanaman memiliki cara yang berbeda dalam merangsang untuk berbuah.  "Coba distress air Mas, jangan disiram terlalu banyak", begitulah kira-kira inti dari jawabannya.  Sebuah pengalaman yang berharga, dan semakin yakin dengan falsafah orang-orang Tua kita : "Banyak Teman Banyak Rejeki".

salah satu jeruk yang genjah berbuah, tongheng 

Tanpa panjang lebar berikut tips dan cara membuahkannya (terutama di dalam Pot) :


      • Gunakan media tanam campuran tanah, pupuk kandang dan sekam (sekam arang maupun sekam mentah) dengan perbandingan kurang lebih 1:1:2 (sekam yang lebih dominan).

media dominan sekam

      • Pilih pot yang sesuai dengan ukuran tanaman, jeruk lebih suka ditanam di pot yang berukuran memanjang.
      • Tempatkan  tanaman di tempat yang mendapat sinar matahari cukup (5-6 jam sehari)
      • Berikan pupuk secara rutin agar tanaman tumbuh bagus.  Lakukan pemupukan 1-2 minggu sekali, siram secukupnya (tergantung cuaca)
      • Disaat tanaman sudah sehat dan siap dibuahkan, ditandai dgn pupus muda yang sudah tidak muncul lagi, lakukan stress air (tidak disiram beberapa waktu) hingga tanaman nampak sedikit layu.  Kemudian berikan siraman dengan air pupuk dengan kandungan P dan K dominan secara merata, Insya Allah beberapa hari kemudian akan muncul bakal bunga.
beberapa hari pasca stress air

      • Disaat bunga mulai muncul, berikan pupuk NPK (dominan K) seminggu sekali dengan dosis 2-3 gram per liter, jangan lupa pada fase ini usahakan tanaman tidak telat siram.
perlu ekstra nutrisi, dan jangan telat siram

    pentil mulai terbentuk, pupuk secara rutin
      • Lakukan pengendalian hama (biasanya ulat dan kutu hitam kecil-kecil) secara bijak.

Untuk tanaman di tanah, kurang lebih sama perlakuannya.  Tanaman yang sehat, sedikit stress air akan merangsang mengeluarkan buah.

Semoga bermanfaat....

96 comments:

  1. Ulasan yang menarik, sangat bermanfaat bagi pecinta tanaman buah..
    Kalau di daerah Kediri/Nganjuk beli bibit jeruk tong heng dimana ya?
    Salam kenal, Satria

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Satria, thanks telah mampir, semoga bermanfaat tulisan ini
      wah kl di daerah nganjuk/kediri saya kurang tahu ya yg jual....

      Delete
  2. penjelasan ini yg saya tunggu2,.. Sekarang brtmbah lg wawasan saya mengenai trik membuahkan jeruk.. Mksih mas Hervin... Moga brmanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rohidin : sama-sama mas, semoga bermanfaat

      Delete
    2. Mas hervin dimana saya bisa dapet bibit jeruk tong heng, saya tinggal di klaten, muter2 blom juga ketemu, mohon infonya terima kasih atau email ke saya wirawinata1980@yahoo.com

      Delete
    3. @wira winata : coba contact aja langsung ke 081 333 895 230 (dini) bisa di kirim kok dari malang

      Delete
    4. Mas Hervin, untuk budidaya jeruk manis selayaknya ukuran jarak tanam berapa kali berapa mas...dan untuk lahan gambut perlu perlakuan khusus khan?

      Delete
    5. @Johnson Stindjak : untuk jarak tanam minimal 4 meter mas, untuk lahan gambut maaf saya belum ada pengalaman. mungkin ada pembaca yang pernah ngalami dan tau tips nya ....

      Delete
  3. Sekalian saya mau brtanya mas, kalau menghadapi cuaca saat ini yg hujan terus, bagaimana menginduksi bunga jeruk agar bisa keluar kaya kjadian d atas mas Hervin, jeruk mandarin saya keluar tunas baru terus. Pdhl d pupuk mkp terus, apa emang kalau lg musim hujan jeruk gk bakal bsa di induksi pmbungaan'y krn media'y trlalu becek oleh air hujan, atau mungkin ada trik lain dari mas Hervin menyiasati'y ?
    Mohon pencerahan'y.. Mas.. Sekian trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rohidin : kl pendapat saya, saat hujan begini, tanaman biarkan ke fase vegetatif dulu. biarkan dia mengeluarkan cabang/ranting baru, nantinya kan semakin rimbun.
      namun kl memang harus membuahkan, bisa di tutup mulsa hitam perak di sekitar perakarannya, (di pot lebih mudah dilakukan)...
      beberapa jenis jeruk, jenis tongheng misalnya, pengalaman di rumah meskipun dia hujan tetap aja bandel mengeluarkan bunga....

      Delete
  4. Mas hervin dimana saya bisa dapet bibit jeruk tong heng, saya tinggal di klaten, muter2 blom juga ketemu, mohon infonya terima kasih atau email ke saya wirawinata1980@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wira winata : kl mau beli online coba contact aja di no 081 333 895 230 (dini) tanaman ada di malang. dikebun kita...

      Delete
  5. Terima kasih Pak Hervin atas sarannya, beberapa informasi dari blog Bapak telah saya terapkan... seperti pada Srikaya NV dan Alhamdulillah telah berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mansur M : alhamdulillah pak...semoga bermanfaat

      Delete
  6. siiipp... Makasih mas Hervin atas pencerahan'y... Semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  7. Mas Hervin, saya seminggu yang lalu beli jeruk tongheng dari on line... Sekarang daunnya satu per satu rontok, sebaiknya diberi apa ya biar tumbuh tunas2nya? Seharusnya kalau baru seminggu begitu, ditaruh di bawah matahari atau teduh? Kapan bisa dipindah di bawah matahari? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mbuh ah : daun rotok pertanda bagus, berarti dia ada kans untuk keluar tunas baru (lagi beradaptasi sih menurutku).
      pake media tanam yg porous dan ringan (sekam dominan) tempatkan di tempat teduh, trus bisa di berikan siraman B1 ato amino untuk merangsang akar baru

      Delete
  8. Mas hervin Matur suwun kemaren saya dapet bibitnya jeruk tongheng dari Mbak Dini malang, pas dikirim ke klaten lewat tiki daunya pada rontok krn 3 hari dlm kardus, untuk merangsang pertumbuhan batang Dan daun kira2 di kasih pupuk apa? saya ada npk, kno3, mkp mana Yg cocok, Dan kmren saya beli online lg dari tulung agung tapi kenapa ya pas saya terima kok daunya besar2, kata nursery nya tar klo di pindah dlm pot daunya jadi kecil, saya takutnya bukan tong heng, saya tlp nursery nya buat pastiin lagi gak salah ambil bibit Dan dia bilang yakin skli klo itu tong heng, bibit dari okulasi, dari batang induk tumbuh tunas cabang dan agak berduri setinggi 60cm. Tapi cuman satu cabang Dan masih muda Dan daunya lebar2. Mas hervin kpn saya bisa potong cabangnya supaya bisa bercabang lagi mengingat cabang msh hijau banget, Dan saya muter ke nursery solo saya dapat 1 pohon tongheng lagi tapi daunya kecil2 tapi dah berbunga, mohon saranya cara memelihara supaya daunya lebat Dan bercabang banyak. Mksih

    ReplyDelete
  9. Daun rontok pasca kirim pertanda bagus.. dia lagi adaptasi. Ntar keluar tunas baru. Yg gawat jk daun kering tapi gak rontok.
    Utk perawatan pasca kirim tanam pd pot. Media jeruk suka porous, banyakin sekamnya. Taruh tempat ternaungi dulu. Jgn dipupuk dulu. Tunggu 2-3 minggu.

    ReplyDelete
  10. Ulasan yg menarik. Di rumah ada 5 tabulampot jeruk. Ada 4 yg mogok berbunga- berbuah. Pekarangan rumah saya memang nggak full sun, tapi sinar matahari msh tetap ada. Biasanya sih berbuah, tp tahun ini lg pd ngambek. Ada saran? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @endah murniyati : coba perhatikan media nya mbak. jika perlu ganti yg baru, tambahi kompos dan sekam (jeruk suka sekam) pupuk secara teratur dan bijak.
      full sun sangat disukai tanaman ini.

      Delete
  11. Mas hervin gimana agar jeruk tongheng saya cepat mengeluarkan cabang baru, saya udah lakukan pemangkasan tapi blom juga kluar cabang. Mas hervin kenapa kemaren pas saya tanam jeruk tong heng pucuk Nya jadi layu Dan kering, daunnya layu tapi tak rontok, batang tumbuh dari tunas okulasi Dan masih hijau mohon saranya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wira Winata : pemangkasan jangan dilakukan saat musim hujan begini mas, takutnya kena busuk batang / fungi trus merembet ke batang utama.
      pucuk layu karena penyakit di musim hujan mas...sayang saya nama penyebabnya lupa...ini sering terjadi di musim hujan...so cegah dengan penyemprotan fungi secara berkala, di selingi insect juga selang seling...

      Delete
  12. wah ada tutorial yg sangat bermanfaat nih ,kebetulan akhir november sy beli jeruk shantang madu secara online.setelah esoknya smpai kerumah langsung sya pruning kira2x 30 %(ada yg pucuk dipotong ,ada yg 1/2 daun dipotong ) sambil di spray air.kira2x 4 hari(karna gak ada waktu lowong) stlahnya bru sy tempatkan di polybag 30 cm dgn metan tanah-pukan-kompos-sekam bakar &mentah sambil disiram liquinos B1. Skarang tunas baru sudah bnyak bermunculan bahkan daunnya lebih lebar sebelumnya.Menurut mas hervin apakah sudah bisa dibuahkan mengingat batang bawah sebesar jari tengah orang dewasa dan tinggi sekitar 70 cm . mohon petunjuknya mas ...thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajm : batang sebesar jari tengah orang dewasa sudah siap kok dibuahkan. Asal tanaman sehat, daun/pupus muda tidak nampak bisa dilakukan trik diatas... selamat mencoba

      Delete
  13. Alhamdulillah.. Jeruk siem saya akhir'y keluar bunga'y jg mas Hervin... Setelah mengikuti cara yg d terangkan d atas, pas keluar bunga saya stop pake MKP, kemudian saya gunakan KNO3... Dan saya ingin bertanya lg sama mas Hervin.. Pemakaian pupuk KNO3 itu diaplikasikan'y dari mulai berbunga sampe berbentuk pentil, apa dari mulai berbunga sampe buah siap di panen.. ?
    Di tgg pencerahan'y mas Hervin.. Mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rohidin : Alhamdulillah, ikut senang mendengarnya....
      untuk masa berbuah bisa diberikan selang-seling antara KNO3 dan MKP. Unsur K tinggi salah satunya bisa menjadikan buah lebih manis, usahakan pada tanaman yg sedang berbuah pasokan N tidak terlalu tinggi, sebab bisa mempengaruhi kualitas buah (kurang bagus), makanya spt sy sarankan, pemberian KNO diselingi dgn MKP,

      Delete
  14. Saya liat pentil (calon buah) di foto diatas semua berwarna hijau segar, yg punya saya ada yg hijau dan agak banyak yg pucat kekuning-kuningan mas Hervin... Biasanya yg pucat agak kuning akan cepat rontok. Kekurangan unsur hara apa ya mas Hervin.... Apa pengaruh dari kurang Magnesium atau dari kurang'y sinar mataharikah ? Emang cuacanya hujan terus mas Hervin... Saya minta saran dan solusi'y mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang agak pucat kekuningan memang cenderung buah tidak sempurna dan biasanya akan rontok. sepengetahuan saya bisa disebabkan banyak nya air (hujan) yang terjadi saat ini, selain itu kemungkinan besar kurang unsur MgO dan Ca juga bisa berpengaruh demikian. oh ya,.. saat buah terbentuk usahakan pemberian pupuk N nya lebih dikit aja dari pada K nya... kebanyakan unsur N di fase ini bisa mengurangi kualitas buah (rontok, cepat busuk dll)

      Delete
  15. apa jeruk ini dapat ditanam didataran rendah misal di surabaya or sidoarjo

    ReplyDelete
  16. @arif wibisono : bisa banget.... pilih varietas yang adaptif di dataran rendah. hindari varietas dataran tinggi seperti batu 55 dika di tanam di surabaya dsktnya

    ReplyDelete
  17. Berikan pupuk secara rutin agar tanaman tumbuh bagus. Lakukan pemupukan 1-2 minggu sekali, siram secukupnya (tergantung cuaca )
    pak, mau tanya jenis pupuk untuk pohon jeruk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @muhammad salmin : bisa digunakan pupuki NPK, untuk kandungan NPK nya sendiri tergantung fasenya, artinya jika dia sedang berbuah, berikan kandungan N yang tidak tinggi dari P dan K, (minimal berimbang antara N P dan K). jika dia dalam masa pertumbuhan, bisa diberikan NPK yang kandungan N nya lebih besar, agar pembentukan cabang, daun dan tajuk lebih bagus.....

      Delete
  18. terimakasih informasinya mas Hervin. makanya kok jeruk lemon cui dirumah habis buah sekali ga berbuah-buah lagi, ternyata kerajinan disiram :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnomo : semoga bermanfaat tulisan ini mas,,

      Delete
  19. Minta masukan Pa Hervin.
    Saya tanam di pot cangkok an jeruk nipis. Sudah 3 thn tidak pernah keluar bunga. (Induk nya berbuah sepanjang waktu).
    Pohon sehat, sinar matahari cukup, siram 2hari sekali (kalau tidak hujan). Saya pernah coba mengurangi daunnya (Dahan kecil dibuang), pernah juga di stress air (2x) masih belum berbunga.
    Saya juga tanam jeruk baby pacitan dgn media yang sama, buahnya banyak dan besar2

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat tanaman sudah sehat dan sedang tidak ada pupus muda, lakukan stress air lagi, setelah itu siram dengan puppuk berkadar K tinggi....oh ya perhatikan medianya di pot juga... lebih banyak sekam lebih disukai jeruk

      Delete
  20. pa itu bisa d lakukan untuk semua jenis jeruk dan yg d tananm d kebu om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada prinsipnya semua jenis jeruk bisa dilakukan teknik diatas, termasuk yang dikebun. tapi emang di pot lebih mudah pengkondisiannya

      Delete
  21. Mf nch om agak nyimpang d atas om nyebuti yg gawat itu daun g rontok tp kuning..
    Tanaman jeruk saya tu yg daun kuning g pernah tumbuh tunas lama2 daun rontok akhirnya pohon mati.. itu serangan hama ato kurang pupuk om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun gak rontok dan kuning, biasanya ada masalah di perakaran, untuk jenis juga bisa kena serangan virus atau hama
      sepertinya dalam kondisi ini mending cabut dan bakar saja

      Delete
  22. mas caranya membasmi kutu hitam yang didaun jeruk pake pestisida merk apa ya
    makasi sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bisa pake Decis atau Lannate

      Delete
  23. Pupuk dengan kadar K tinggi apa bisa menggunakan KCL mas
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arif : kl ditanah bisa digunakan, tapi kl di pot saya kurang merekomendasikan. lama2 media jadi padat krn chloor (CL) nya

      Delete
  24. Tanya m.hervin.selang seling mkp &kno3 pada saat tanaman BERBUAH,nah pertanyaannya“Pada saat jeruk lagi BERBUNGA pupuknya apa kno3 diselang seling mkp jg pa mas hervin”.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, itu kasusnya pembaca yg memiliki hanya KNo dan MKP... bisa diselang-seling

      Delete
  25. sore Mas Hervin, saya hendra, kebetulan di rumah saya baru membeli pohon jeruk lemon, buahnya sudah keluar dan bunganya juga sudah keluar, nah saya bingung harus di beri pupuk apa mengingat saya pendatang baru di dunia pertanian, ada teman saya yg bekerja di toko pertanian menyarankan saya memakai growmore yaitu semacam perangsang buah, menurut mas Hervin bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tubagus hendra kusumah : selamat pagi mas Hendra
      tidak usah dibikin pusing mas, INTINYA saat tanaman buah berbunga dan berbuah, berikan pupuk NPK yang kandungan N nya lebih rendah dari K. perkara merk terserah.... gampangannya di kemasan pupuk yang ditawarkan lihat kandungan NPK nya, contoh : NPK 16:16:16, artinya N=16%, P=16% dan K=16%. dst.... mudah kan....
      selamat mencoba

      Delete
  26. Selamat tahun baru mas, pohon lemon saya berbuah banyak, tapi beberapa buah bentuknya seperti jambu. Apa karena berdekatan dengan pohon jambu kristal yang kebetulan bunganya bersamaan ? Photo saya akan kirim ke mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @leonie : sepertinya tidak ada pengaruh dengan kedekatannya dengan pohon jambu kristal

      Delete
  27. Salam, Mas Hervin. Sy tinggal di Sumenep Madura dan pingen nanam jeruk di pot. Kira2 jenis jeruk apa yg cocok, mudah berbuah, manis dan klo sdh tua berwarna kuning, merah atau pink? Trim infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @m Johan80 : bisa dicoba jenis trigas, tejakula, tongheng atau manse atau jenis santang, terbukti bagus di pot. cuma untuk warna kuning kl di dataran rendah seperti sumenep kayaknya kurang bisa maksimal

      Delete
  28. Salam mas Hervin. Saya pendatang baru di dunia tanaman. Saya punya tanaman jeruk purut di pot diameter 30cm, tinggi 1.5m lebih, kena sinar matahari tapi belum berbuah.
    Ranting2 kering sudah dibuang tapi daunnya jarang2. Cenderung banyak ranting yg bercabang dan belum kering sih. Apa ranting yg tak berdaun ini dibuang saja?
    Tiap pagi disiram & mulai muncul 1-2 kelompok daun muda.
    Bagaimana treatmen yg baik supaya bisa berbuah mas? Trims atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Heris Malik : jika ranting yang tidak berdaun tersebut sekiranya jelek atau kurang bagus buat percabangan bisa di pangkas mas, tapi kalau bagus buat percabangan biarkan saja. Oh ya, cek media tanamnya, usahakan porous (tidak banyak menyiimpan air). untuk membuahkan cukup lakukan stress air beberapa waktu hingga tanaman agak layu, lalu siram dengan larutan pupuk yang berkadar K tinggi. Sebelum itu pastikan tanaman sehat dan daun sudah mencukupi.
      satu lagi, bukannya jeruk purut lebih cenderung diambil daunnya... he he he
      selamat mencoba

      Delete
  29. terima kasih mas hervin, jeruk primong saya sudah mulai berbunga setelah ikut tips dari mas hervin. saya dirumah juga menanam jeruk santang, tapi dari biji, kira2 berapa lama bisa berbuah ? atau ada treatment khususkah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ali Mujianto : senang mendengarnya mas, untuk santang dari biji, coba besarkan dan rawat dulu saja. kalau sudah bagus baru bisa dilakukan perangsangan berbunga. bisa juga entres dari biji tsb di sisipkan pada tanaman jeruk lain yang sudah besar, Insya allah pertunbuhannya lebih ngebut....

      Delete
  30. Halo, mas Hervin. Saya beli online tanaman jeruk Sunkist sudah 3 minggu ditanam di tanah (bukan pot). Tinggi tanaman kira-kira 60cm. Tanaman tidak layu, tidak tumbuh tunas baru tapi juga tidak muncul bunga. Apakah hal ini normal? Apa mungkin masih masa adaptasi? Kalau distres air, harus berapa hari ya, mas Hervin?
    Salam, Heni di Depok

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anyonymous : masih normal mas, tanaman masih adaptasi pasca perjalanan jauh he he he ... beri perhatian khusus, nanti setelah adaptasi dgn lingkungan baru dia akan tumbuh tunas dan cabang baru. jaga kelembaban media, jangan terlalu basah. jangan lakukan stress air dulu, takutnya bener2 stress berkelanjutan nantinya... 1-1,5 bulan setelah itu biasanya akan mulai tumbuh tunas baru
      selamat mencoba

      Delete
  31. mas saya mau tanya,berapa
    tuhun tumbuh besarnya pohon jeruk purut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pohon jeruk purut asal pemupukan rutin bisa tumbuh relatif cepat. gak sampai setahun sudah besar kok, tapi juga tergantung dari besar kecilnya bibit yang kita tanam

      Delete
  32. pagi mas...saya punya tanaman jeruk lemoncui dalam pot...seger dan berbuah dan bunga banyak...tapi masih keluar pucuk mudanya mas plus bunganya terus bemunculan..apakah hrs dipangkas sebagian bungannya supaya jeruknya bisa besar...maap newbie. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pagi juga, untuk jeruk lemon cui, karakter buah emang tidak bisa jumbo. dari sononya emang kecil2. penjarangan hanya bisa meningkatkan besar buah dikit saja.
      dia berbuah susul menyusul, jadi nikmati saja. yang penting berikan nutrisi (pupuk) yang memadai.

      Delete
  33. Mas jeruk keprok batu 55 qw sdg berbunga n sbgian dah pentil...trus mo diksh pupuk kndang (ayam)... apkh kira2 berpngaruh pada pd bunga n pntil tsb...trus bgm cara mngatasi jmur brwna coklat yg ad pd ranting n dahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ogie : pupuk kandang lebih tepatnya diberikan saat tanaman dalam keadaan tanpa bunga dan buah. jadi tunda dulu, biarkan pupuk kandang matang (menyerupai tanah dan tidak berbau), setelah panen buah baru berikan di sekitar perakaran.
      untuk jamur coklat cara efektif pangkas saja, namun kalau jumlahnya banyak (dominan) bisa disemprotkan fungisida. cari fungi sida yg cair, dia lebih coospleng

      Delete
  34. Halo mas hervin sya desy, sya mau tanya. Kmren sya beli bibit jeruk siam yg sdh berbuah. Waktu mau memindahkan kedalam pot sya baru perhatikan kl terdapat lubang sebesar -+ 0.5 cm pd batang utama. Lubang tsb terlihat rapi dn masih segar, saat sya semprot dg air keluar semut merah dan telurnya. Yg mau sya tanyakan apkh lubang tsb disebabkan krena hewan tertentu atau sengaja dbuat olh penjual dgn mksd tertentu. Dan apkh akan berpengaruh pd tanaman? Untuk saat ini lubang tsb saya semprot dg air smp semua semut keluar dn saya ikat dgn kain. Mohon infonya, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Desy : halo juga Desy...
      sepertinya lubang tsb dibuat oleh hewan tertentu he he... bisa disebabkan pengerek batang, dia berupa ulat yang masuk ke dalam ranting/dahan tanaman dan membikin lubang tempat dia bersarang di dalam dahan tsb. cirinya di bekas lubang ada semacam kotoran bekas serbuk kayu yg sudah dihancurkan. jika ini yang menyerang, dalam hitungan hari tanaman akan terlihat layu (pada cabang yg terserang), dan akhirnya kering dan mati di cabang tsb.
      mudah2 an saja bukan ini yang menyerang.
      coba semprot terus lubang yg keluar semutnya, semoga dia cuma lubang sbg sarang semut saja.

      Delete
  35. pagi bang hervin, mau tanya mas,saya 3 minggu yang lalu tanam jeruk nipis dan jeruk keprok,pertanyaannya kapan tanaman jeruk nipis dan keprok mulai pemupukan dan berapa dosis pemupukan per pohonnya ( tanaman ditanam ditanah kebun bukan pot ).kalau dipupuk NPK berimbang gimana Mas?
    ditempat saya pupuk NPK yg dominan P & Knya lebih tinggi jarang nygn jual,apabila untuk memenuhi kandungan P & K tinggi kita pupu pakai NPK berimbang + TSP + KCL apa boleh dan apa bisa diaplikasikan untuk pemupukan dan berapa dosis per pohonnya soalnya tanaman jeruk keprok saya sudah ada yg mulai berbunga, Mohon pencerahannya bang Hervin,suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus s: 2-4 minggu pasca tanam, jika tanaman sudah beradaptasi, bisa kita kasih pupuk mas. Untuk permulaan bisa dikasih NPK berimbang, aplikasinya kl kasus anda bisa dibuat 3 lubang di sekitar perakaran (30-50 cm dr batang), setiap lubang berikan NPK tadi 1 sendok teh. bisa diulangi sebulan kemudian.
      untuk mendapatkan K tinggi, jika memang didaerah anda susah nyarinya, bisa alternatif pemberian KNo3 atau ZK misalnya. untuk unsur P bisa di penuhi dari npk berimbang tadi. tinggal mainkan K tinggi saat berbuah dgn cara yg saya sebutkan barusan.
      selamat mencoba

      Delete
  36. Bakal buah jeruk saya lebat, tapi pada rontok 😭 apa krna musim hujan x ya, gmna ya biar gk rontok,, tolong di bantu,, pleasss,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @na risna : coba saat perawatan tanaman musim depan berikan nutrisi yang memadai, biasanya gampang rontok pasokan unsur Ca nya tidak mencukupi.
      bisa diberikan kapur pertanian 1 sendok makan tiap 3-4 bulan sekali jika tanaman di pot

      Delete
  37. Bagaimana cara menambah skam pd tanaman jeruk di pot? Jeruk buah ku blm tua tp sudah pecah di pohon itu karena spa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih karena perubahan ekstrim kering - basah pada media / tanah tempat dia tumbuh.... misal : pas kondisi tanah kering dan panas, tiba2 pasokan air melimpah / hujan deras.
      sebab lain bisa karena pasokan unsur / nutrisi nya kurang, terutama unsur Ca, Mgo serta unsur mikro

      Delete
    2. oh ya cara menambah sekam bisa dilakukan saat penggantian media atau saat penambahan media. jgn lupa campur juga dengan tanah dan pupuk kandang untuk hasil yang maksimal

      Delete
  38. Banyak pengetahuann yang saya peroleh di blog ini maupun buku tulisan mas Hervin, karena melihat manfaatnya mohon ijin artikel-artikel disini untuk saya share di blog saya, trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yonas : monggo silahkan, semoga bermanfaat

      Delete
  39. Terima kasih mas Hervin semoga kebaikan mas Hervin mendapat balasan dari yang maha kuasa, amin.

    ReplyDelete
  40. Mas hervin sy mau tanya ni dua bulan lalu sy di kasih bibit jerukcui dlm keadaan udh berbungan pas sy tukar ke pot malah bungax pada rontok semua setelah itu sy pangkas batang sm daunx skrng udh tumbuh tunas daun lagi banyak tp jerukx blm berbunga sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @michael : tunggu aja dulu, nanti kl sudah daun sehat dan hijau tua, mainkan teknik stress air sperti diatas

      Delete
  41. Mas Hervin, pohon jeruk saya sedang berbuah, tp sayang buahnya selalu pecah di pohon ketika masih kecil dan hijau. Jd ga pernah bisa besar dan matang. Bagaimana cara penanggulangannya ya Mas? Sebelumnya malah buahnya mengeras dan kulitnya berwarna kecoklatan. Mohon petunjuk dan sarannya. Terima kasih. Winda

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Winda Irawan : sepertinya tanaman jeruk Anda kurang asupan nutrisi mbak (baca : pupuk), baik itu pupuk organik maupun kimia. coba sebelum musim buah berikan pupuk NPK dan secara berkala tambahkan pupuk kandang yang sudah matang. (dengan dosis tergantung tanaman di tanah atau pot).
      trus pada saat buah pentil terbentuk secara berkala tambahkan pupuk KNO3, agar buah manis.
      selamat mencoba

      Delete
  42. Hi mas Her..
    Pentil mulai terbentuk..
    Pupuk apa yg bagus mas, sekali berapa minggu beri pupuknya, dan penyiraman tanaman apakah tetap 2 x sehari mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cho cho : beri pupuk NPK, minimal kandungannya seimbang antara N P dan K, jangan berikan pupuk kandungan N tinggi saat tanaman sedang ada buah nya, pupuk kandungan K tinggi malah lebih bagus.

      selamat mencoba

      Delete
  43. Envy bgt ngeliat pohon2nya mas hervin.. saya beli pohon jeruk lemon cui dlm keadaan sdh berbuah, setelah 1 minggu di rumah muncul bunga lagi, skrg sdh jd pentil buah, tp kenapa buah yg dr awal saya beli sdh ada itu tdk mengalami perubahan ya mas alias tdk masak2. Saya baru aja beli rosasol merah, apa bisa dikasih itu biar buahnya cepat masak? Mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nurul : perlu di pahami buah jeruk dari bunga ke masak perlu waktu lama... kurang lebih 6 bulan... so sabar ya mbak he he he

      Delete
  44. saya punya tabulampot jeruk tingginya sudah 1meter dengan cabang rimbun, dulu kata penjualnya jenis santang madu.
    sudah pernah satu kali stress air tapi gagal, malah muncul tunas-tunas baru.
    gimana tipsnya untuk jeruk santang pak,
    terus kalau pakai zpt paklobutrazol itu buahnya aman dikonsumsi gak ya pak?
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iwan : coba lagi stress air, pastikan saat perlakuan tsb kondisi tanaman sudah prima, sedang tidak ada pupus muda. bila perlu pasca stress air berikan pupuk PK tinggi.
      paklo sifatnya hanya merubah fase ditanaman, dalam dosis yg dianjurkan aman kok buahnya di konsumsi...

      Delete
  45. Mas hervin mohon dibantu..saya tanam jeruk lemon (bukan dipot) setelah beli dari penjual saya tanam tumbuh subur dan berbunga dan berbuah..setelah itu saya beri pupuk buah..trus malah layu daunya..ditambah lagi dihantam hujan terus...sekarang layu semua daunya...gimana mengatasinya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba semprot dengan fungisida mas, sebab lain bisa jadi pemberian pupuk yang over dosis, kl perkara pupuk OD, sebisa mungkin buang secara manual...

      Delete
  46. Makasih infonya mas ssmoga bermanfaat

    ReplyDelete
  47. Mas Harvin, mau nanya yaa. Saya punya tambulapot jeruk sunkist, rutin memberi pupuk kandang setiap sebulan sekali berdasarkan saran ahli kebun di tmpt sy membelinya. Kondisi skrg berbuah enam buah belum matang, tapi daunnya banyak yg rontok....kl yg daun tua dan kering sih wajar tp daun kecil & muda jg ada yg rontok. Disiram setiap hari rontok. Dicoba stress air (siram 2x seminggu) jg masih pada rontok daunnya. Jadi bingung yg tadinya daunnya rimbun skrg byk yg gugur.
    1. Solusi kasus sy gmn ya mas Harvin
    2. Kl harus pakai pupuk NPK , pk NPK seimbang 16 boleh dipakai?
    3. Ada bbrp ranting yg kering dan kayaknya mati neh, apa harus dipangkas?
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yusuf : pupuk kandang bagus mas, tapi jangan berlebih. usahakan yang sudah matang juga. pemberian cukup 6 bulan sekali, jangan tiap bulan. over dosis pupuk kandang ditandai dengan pinggir daun yang kering seperti terbakar, dan bisa jadi rontok (terutama pupuk kandang yang belum matang benar).

      solusinya, kurangi frekuensi pemberian pupuk kandang, jadi 6 bulan sekali misalnya.
      pemakain pupuk npk seimbang boleh, dosis kecil tapi rutin, misal 1 sendok teh diulang 2 minggu lagi dst.
      batang yg kering perlu di pangkas mas.

      semoga membantu

      Delete
  48. Terima kasih mas Hervin atas respon dan solusinya, saya akan kurangi frekuensi pemberian pupuk kandang jadi 6 bulan sekali, dan akan memberi pupuk npk seimbang dosis kecil tapi rutin.

    Oh ya mas, nanya lagi yaa:
    1. Tentang penyiramannya jadinya bagaimana. Apakah setiap hari sekali, stress air (seminggu 1-2 kali), atau lihat kondisi (media tanam masih basah/lembab jangan disiram) ?

    2. Daun rontok pada jeruk apakah bisa juga disebabkan karena kurang mendapat sinar matahari? Tambulapot sekarang posisi kena matahari dari pagi sampai siang saja, jadi tidak full 100%. Kalau faktor ini ngaruh, saya mungkin akan pindahkan ke atas carport aja (dengan resiko jadi jarang menyiram karena repot hehehehe).

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yusuf : penyiraman tergantung cuaca, kalau panas bisa sehari sekali bahkan lebih (2 x), sebaliknya kl media masih lembab / basah tidak perlu disiram;
      jika kondisi kurang sinar matahari biasanya tanaman cenderung meninggi / ngelacir (mencari sinar), daun juga agak kurang sehat dan kurang hijau cerah. jarang sekali daun rontok disebabkan karena kurang sinar

      Delete
  49. Assalamu'alaikum mas Hervin
    Nompang tanya Mas. Pada waktu jeruk memasuki fase generatif dianjurkan untuk diberi pupuk MKP baik dengan cara kocor maupun penyemprotan. Pabrik pupuk merekomendasikan hanya 3 kali dengan interval 1 minggu. Pertanyaannya apakah tidak boleh lebih dari itu. Terimakasih Mas.

    ReplyDelete

Comment