Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

11 Mar 2009

JAMBU BOL JAMAIKA

masak pohon
Setelah penantian sekian lama, akhirnya jambu bol jamaika koleksi di kebun berbuah juga.  Senang sekali rasanya !! Memang membuahkan jambu jenis ini gampang-gampang susah.  Berdasarkan informasi dari rekan-rekan, bila tanaman ini ditanam ditanah akan lebih susah dibuahkan jika dibandingkan ditanam di pot (dibikin tabulampot).  Dengan media tanam di pot, perlakuan akan lebih mudah dalam perangsangan pembuahan, tapi berkat usaha dan uji coba beberapa perlakuan, akhirnya tanaman di tanah juga berhasil berbuah.

Berikut perlakuan yang saya lakukan :
Tunggu sampai tanaman tidak memiliki pupus daun muda, setelah itu lakukan permangkasan terhadap daun-daun tua (sekitar 50 %).  Lakukan seditkit stress air, berikutnya tambahkan pupuk dengan kadar P dan K yang tinggi (sebaiknya pupuk dilarutkan dalam air dan lalu disiramkan).  Pemberian hormon perangsang bunga juga bisa dilakukan.
Satu lagi yang tak kalah penting, buat sayatan terhadap kulit batang selebar kira-kira 1/2 - 1 cm pada pangkal batang secara melingkar.  Sayatan dilakukan pada pangkal batang kira-kira 5 - 10 cm dari dasar tanah. 
Kira-kira cara itulah yang saya lakukan sehingga jambu bol jamaika di tanah bisa berbuah.

Cara pengembangbiakkan tanaman ini biasa dilakukan dengan sambung pucuk ataupun tempel mata tuna dengan batang bawah jambu bol dari biji.  Kata orang sih jambu bol jamaika ini susah / tidak bisa dicangkok. Pembuktian yang saya lakukan memang demikian keliatannya, dari beberapa usaha cangkok yang saya lakukan hanya 1 yang berhasil keluar akar (itupun dengan jangka waktu yang relatif lama ; 2 bulan lebih; dan sampai hari ini belum saya turunkan ).  Jadi belum tahu keberhasilannya juga.
Barangkali ada rekan yang tau solusinya ???...


Buah muda banyak bermunculan, lakukan seleksi buah, buang buah yang tidak normal


Buah setengah tua berwarna merah tua dan harus dibungkus


buah tua berwarna kehitaman













Buah matang yang dibelah, daging bertekstur lembut

86 comments:

  1. rasa jambu jamaika manis gak sich ?
    jd penasaran, neh...... !!!

    ReplyDelete
  2. rasa tergantung pada musimnya, kl dia buah pas musim hujan, biasanya akan berasa sedikit hambar (anyep =basa jawa), tapi jika di musim kemarau dan pemupukannya bagus, akan terasa renyah, segar dan manis...

    ReplyDelete
  3. Saya lg menanam jambu bol jamaika dari biji, sudah dua bulan sejak biji saya tebar di pot sudah tumbuh 5 daun. Apa yang saya harus lakukan agar tanaman cepat tumbuh & berbuah ?

    ReplyDelete
  4. berapa bulan bisa berbuah jambu bol jamaika hasil bibit grafting

    ReplyDelete
  5. @Teguh : coba pemupukan intensif dulu mas Teguh...jgn lupa tempatkan dia di panas matahari full....berikan pupuk kandang dan npk berimbang dosis 1 sendok makan 1 bulan sekali utk tanaman di pot

    @Duta Tabulampot : tanaman bisa dipacu berbuah kurang lebih jika ukuran diameter batang sebesar 1 jempol kaki orang dewasa.

    ReplyDelete
  6. Ass.Wr.Wb
    Mas Hervin yth.
    saya punya pohon jambu bol Yamaika dan telah belajar berbunga.(umur kira2 5 thn)
    tetapi semua bunga rontok.
    Apakah hrs menanam 2 pohon.
    mohon advis nya.
    Terima kasih.
    wass.
    Prayitno dulman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba perhatikan batang utamanya, biasanya kalau batang ada keluar air kemungkinan dalam batang tsb ada binatang yang harus segera di basmi. caranya dengan malubangi batang yang keluar air tsb lalu disemprot dengan pembasmi serangga. Di pohon jambu bol jamaika saya jg pernah spt itu lalu saya semprot dengan obat nyamuk cair.

      Delete
  7. Wasll.
    Coba tambahkan pupuk yg ada kandungan mgo dan ca pak. Kapur dolomit bisa digunakan sbg alternatif jika zusah cari pupuk tsb. Perhatikan kg penyiraman saat pohon berbunga, jgn terlalu basah banget medianya. Selamat mencoba..

    ReplyDelete
  8. Bagaimana kalau saya di Malaysia ingin membeli bibit ini? Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. Ass.Wr.Wb.
    Mas Hervin Yth.
    Terima kasih atas saranya mengenai cara pemupukannya dan alhamdulillah telah berhasil walaupun masih ada bunga yg rontok, tetapi beberapa dapat menjadi buah.
    Sayang saya tidak mendokumentasinya sehingga tidak ada fotonya.
    Buahnya klo sudah masak memang berwarna merah kehitam2an.
    Daging buah terasa lembut tetapi kurang manis,mungkin karena musim hujan.
    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih .
    Wassalam.
    Prayitno Dulman

    ReplyDelete
  10. @ Prayitno Dulman
    Walaikum salam...
    wah ikut senang saya mendengarnya pak....sayang ya masih ada yg rontok...tapi selama itu gak sampai lebih dari 60 % masih bagus lah...
    pemangkasan beberapa daun saat bunga mau mekar bisa jadi pertimbangan pak..agar cahaya matahari bisa masuk ...sbb ini pohon terkenal rimbun sekali daunnya...betul nggak...??
    rasa buah saat hujan emang kurang manis pak, tapi kl kemarau bisa di suplai pupuk kandungan K tinggi, agar buah lebih manis...

    wassalam..

    ReplyDelete
  11. Ofin tristanto25 Sep 2010 11:57:00

    di mana bisa dapatkan bibitnya....pak?????

    ReplyDelete
  12. @ofin : di nursery dan penjual tanaman buah banyak tersedia kok

    ReplyDelete
  13. kl jambu yang ini menarik sekali segarr ,punyakku di solo blm berbuah br 1th dari okulasi tempel tinggi 1,5m.Sabar lestariana

    ReplyDelete
  14. @Sabar : semoga cepat berbuah Pak

    ReplyDelete
  15. pohon jambu jaimaika saya berdekatan dengan pohon makota dewa dan sdh 5 th baru satu kali berbunga dan rontok bagaimana ya bisa tolong saya trims banget

    ReplyDelete
  16. @anonymous : kl jarak nya terlalu dekat coba salah satu agak mengalah pak, coba saat bunga muncul berikan pupuk yang berkandungan P K tinggi, pemberian kapur dolomit (kandungannya ca dan Mg) juga bisa dicoba untuk mencegah rontok bunga....

    ReplyDelete
  17. Mas Hervin, saya punya jambu bol jamaika di tanam dlm pot. Sdh pernah berbuah. Sdh hampir 2 thn tidak mau berbuah lagi, bahkan daunnya tidak lagi rimbun seperti semula. Apakah yang sebaikmya saya lakukan? Apakah perlu memangkas akar seperti yg disarankan untuk membuahkan jambu air dalam pot ? Tks.
    Ikhdan.

    ReplyDelete
  18. @Ikhdan : coba perhatikan besarnya pot mas, kl emang sudah perlu di repoting kayaknya harus diganti ke pot yang lebih gede (seukuran drum) tapi kl potnya memang sudah gede coba perhatikan pemupukannya.....perhatikan juga medianya, apakah media di pot sudah penuh dgn akar tanaman. kalau emang udah penuh dgn akar pemangkasan akar bisa dilakukan saat repoting...smg bermanfaat

    ReplyDelete
  19. ass.mklm, saya mu tanya,phn jambu bol sy dah berunur 5thn lebihn daunnya rindang baru berbuah 2x, bagaimana cara memupukny supaya berbuah lebat, nama produk pupuk
    apa ya bagus, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  20. @narazati : coba ikuti langkah diatas supaya berbuah setiap musim...pupuk bisa menggunakan pembuahan punya Amazing Grow coba cek di http://www.amazinggrow.com/
    selamat mencoba

    ReplyDelete
  21. Mas Hervin, saya punya pohon jambu bol sebanyak 75 pohon umur-/+ 1,5thn.Sekarang daunnya agak lebat dan mulai berkembang.Pertanyaan saya apakah harus saya pangkas tangkai dan daunnya agar tidak terlalu rimbun dan cara pemangkasan bagaimana terima kasih.

    ReplyDelete
  22. Marshelo : pemangkasan tangkai daun dapat dilakukan jika dirasa terlalu rimbun, selain sinar matahari agar bisa masuk (juga mencegah kelembaban), agar banyak serangga berdatangan utk membantu penyerbukan....cara pemangkasan cukup potong tunas2 air, ataupun tajuk yang kurang penting yang menghalangi bunga dari sinar..good luck

    ReplyDelete
  23. mas Hervin, saya mempunyai pohon jambu jamaika kira2 berumur 4 thn dan sudah beberapa kali berbuah, akan tetapi sekarang daunnya hanpir sebagian berlubang yg disebabkan oleh sejenis ulat yg didalam kepongpong, kira2 obat apa yg bagus untuk menghilangkan hama tsb. mohon pencerahannya. terima kasih

    ReplyDelete
  24. @Agus : saya bisa bayangkan mas, pernah lihat serangan yang kayak gitu......mengerikan he he he ....coba kurangi/buang daun yang sudah parah terserang, selanjutnya semprot dgn pestisida yg bersifat contact jika masih ada ulat di daun, selingi pestisida yang bersifat sistemik juga secara berkala (2 minggu sekali), utk merk nya di toko2 pertanian sudah pasti ada kok....

    ReplyDelete
  25. cak ..punyaku dah 3 thn an,,,batang sebesar lengan org dewasa ,belum berbuah.apa musti di kerat jg batangnya ? ....kerat seperti dicangkok ya ?
    dan terakhir ini saya lihat daun nya banyak benjolan kaya mlembung2 gitu .boleh tau cara penangulangannya ?
    suwun cak

    ReplyDelete
  26. @teddy : sebesar lengan udah bisa di buahkan bro, kl ditanah emang rada 'bandel' spt pohon diatas, tapi teknik pengeratan bisa di terapkan. lebar 1 cm aja (persis spt cara cangkok, tapi jgn dikerok)
    daun melembung biasa terjadi pada jambu ini, kl parah pangkas dan buang aja, kl dikit semprot pake pestisida sistemik dan contact bergantian, jgn lupa utk memutus siklus si ulat tadi, taburkan furadan pada sekeliling tajuk tanaman....

    ReplyDelete
  27. Om Hervin, untuk Jambu Jamaika umur berapa tahun ya.. bisa dipaksakan berbuah....

    ReplyDelete
  28. kl ditanan di pot dan ukuran batang bagian bawah sudah mencapai sebesar lengan anak kecil kayaknya bisa di beri pelajaran untuk berbuah...asal kondisi tanaman sudah sehat dgn daun hijau mengkilap...

    ReplyDelete
  29. mas...saya punya tanaman jambu jamaika dalam pot yang baru berumur 3 tahun..apakah boleh memangkas batang utamanya yang terus tumbuh ke atas supaya pohonnya tidak bertambah tinggi..trims..

    ReplyDelete
  30. mas..saya punya pohon jambu jamaika dalam pot umur sekitar 3 tahun..apakah boleh memangkas batangnya yang terus tumbuh keatas supaya pohon tidak bertambah tinggi..trims

    ReplyDelete
  31. bisa kok, batang utama dipotong agar tanaman tidak tinggi. tanaman diatas juga pernah saya potong agar tidak terlalu tinggi, yg nantinya akan diikuti tunas baru kesamping yg menjadian tanaman bercabang lumayan banyak dan keliatan rimbun.

    ReplyDelete
  32. trims mas jawabannya...maaf mo nanya lg neh...sy kan dpt pohon jambu ini dari nanam bijinya...kpn ya kira2 bisa berbuah?..trims mas..sblmnya minta maaf kl nanti banyak nanya..

    *Uniek-Mataram*

    ReplyDelete
  33. @ Unik : masalah kapan berbuah kayaknya relatif ya...tapi patokannya kl batang utama udah berdiameter minimal 5 cm (di pot) bisa untuk dipaksa belajar berbuah

    ReplyDelete
  34. Ass. Mas Hervin kami ada jambu jamaica di halaman rumah, sudah 3 kali berbunga lebat tetapi hanya beberapa yg jadi buah, malah terakhir berbunga dan rontok semua. Mungkin karena pada batangnya pohon kami banyak sekali di serang penggerek batang.Bagaimana cara mengatasi hama penggerek tersebut agar pohon kami berbuah kembali

    ReplyDelete
  35. wassl. pengerek batang memang seringkali menyerang jambu bol jamaica ini, coba pada batang yang terluka (tempat masuk si ulat) bersihkan lubangnya, setelah keliatan lubang, suntik dengan larutan pestisida (sesuai dosis). cara ini terkesan ribet, tapi sangat efektif membunuh si ulat.
    oh ya saat bunga banyak bermunculan, pasok dgn nutrisi ditambah pupuk yang ada MgO nya, insya allah bisa mengurangi kerontokan bunga

    ReplyDelete
  36. Mas uku punya pohon jambu , orang bilang jambu 'dersono'. umur 4 tahun dari sambung susuan , kok belum berbuah ya? Apa betul jambu 'dersono' bunganya merah , bau bunganya wangi sampai radius 10 meter
    Kussuma , mojokerto

    ReplyDelete
  37. @Kusumma : jambu dersono memang berwarna merah bunganya tentang harum tidaknya, ini yang saya kurang faham, maklum dirumah tidak ada, yg ada jambu bol jamaica yang memiliki warna bunga yang sama dgn dersono, ...bau bunga si jamaica ini sendiri menurut saya biasa2 saja, alias tidak terlalu wangi...

    ReplyDelete
  38. Jambu bol ini bisa diserang hama ulat bulu ga?

    ReplyDelete
  39. @wahyudin : sepanjang pengamatan pohon dirumah, jarang sekali hama ulat bulu menyerang, yang paling banyak adalah hama ulat pengerek batang dan beberapa lalat buah yang menyerang buah nya

    ReplyDelete
  40. saya ada 2 pohon jambu bol yang ditanam ditanah..
    dan keduanya berbuah lebat...
    penanganannya cuma dikasih pupuk guano dan kandang..

    ReplyDelete
  41. waaaahhh menarik perhatian .. cari bibit nya dimana yaaa..??
    ariefantinur@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  42. some one : kalau memang pohon sudah berbuah sekalil, utk berikutnya dia akan gampang sekali berbuah, yang menjadi masalah jika dia pertama kali mau berbuah.....
    tanaman diatas hampir tidak pernah putus berbuah saat ini, selalu disusul bunga terus...

    ReplyDelete
  43. Sangat menarik mas hervin pembahasan jambu bol jamaikanya, terutama hama pengerek batang, bisa di coba juga cara mengatasi hama penggerek batang yaitu dengan kapur ajaib, tadinya iseng-iseng tapi ternyata ampuh juga. caranya kapur ajaib di bubukan dikasih air dan disemprotkan atau disuntikan kedalam lubang ulat biasanya berair, nah agar lubang tidak kemasukan udara, sumbat lubang tersebut dengan kapur ajaib tadi.
    salam kenal dari anakciremai, oh iya yang butuh bibit jambu bol bisa kontek saya. he..

    ReplyDelete
  44. dirumah ada janmbu bol diusia 7th lebih baru berbuah skarg usia 10th diameter 15cm-an.gimana ya supaya buahny lebat..krn tiap berbuah hanya sedikit sekali +-15bh saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba berikan pupuk kandang yg sudah matang di sekitar perakaran, rajin pangkas, terutama cabang2 yang di dalam tajuk agar sinar matahari masuk ke percabangan, jgn lupa nutrisi dari pupuk kimia secara rutin, Insya Allah akana berbuah lebat.

      Delete
  45. halo mas hervin, saya punya phn jambu jamaika setaun bs berbuah smpe 3x, tp syg bunganya lbh dr 50% yg rontok. mohon solusinya< klo harus dipupuk, apa? klo bs yg anorganik. trims atas adv

    ReplyDelete
    Replies
    1. @someone : betul sekali, jika sudah berbuah jambu ini bisa terus-terusan spt kasus punya anda 3 kali setahun.
      bunga rontok bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya kurangnya pasokan nutrisi. coba saat bunga mulai muncul berikan pupuk PK tinggi dan unsur mikro komplit, pemberian MgO disini juga sangat penting (sebab MgO kl boleh saya analogkan, salah satu fungsinya sebagai pemicu agar pupuk PK tsb dapat diserap tanaman lebih efektif).

      jika misalkan tingkat kerontokan masih tinggi, nanti bisa di aplikasikan "jurus pamugkas", yaitu penyemprotan nutrisi pada bunga nya . namun dgn cara diatas sy rasa sudah mampu mengurangi kerontokan.

      selamat mencoba

      Delete
  46. Apakah ada penanganan khusus untuk buah yang masih berada dibatang ?
    apakah buah2 ini sering di serang lalat buah, sepeti yg ering terjadi pada buah belimbing. Bgaimana cara penangulan lalat buah ini ?
    terima kasih sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. penanganan khusus utk buah biasa aja, selain dijarangi, saat dia sebesar telor ayam bisa dibungkus, ini lebih kearah untuk melindungi dia serangan hama ulat, burung dan tentusaja lalat buah.
      selain buah dibungkus, serangan lalat buah bisa dikendalikan dengan membuat jebakan. cara praktisnya ambil bottol plastik bekas minuman, buat beberapa lubang diambeter 1/2 cm disekeliling botol, lalu ditengah2 botol bisa digantungkan bulatan kapas yang telah di tetesi dgn eugenol (banyak di jual di toko2 pertanian). jangan lupa di bawah botol dikasih sedikit air + minyak goreng, lalu gantungkan bolot di sekitar tanaman. Insya Allah populasi lalat terkendali...

      Delete
  47. pak Hervin,mau tanya jambu jamaika saya baru berbuah pertama kali...tapi di batang2 dekat jambunya banyak sekali semut hitam...kadang2 ada gumpalan putih...bagaimana cara menghilangkan semut tsb ya pak? oya di batang utama..pAS DIATAS tanah..ada seperti keluar cairan 4 sisi...itu kah hama pengerek batang? terima kasih atas jawaban bapak.

    ReplyDelete
  48. Pak Hervin,bagaimana menghilangkan semut hitam pd batang dekat calon buah2 yg masih kecil pd jambu jamaika? dan ada juga gumpalan putih pd batangnya.
    Apakah batang Utama (tepat diatas tanah )keluar cairan pd 4 sisi merupakan hama pengerek batang? trims atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semut hitam ada karena "mendatangi" cairan yang dihasilkan kutu putih ato emang dia bersarang di situ,
      coba semprot dengan larutan sabun cuci piring, bila perlu dicampur dgn sedikit pestisida

      tepat sekali, cairan yg keluar dari batang yg lubang merupakan ulah pengerek batang.....

      Delete
  49. Pak Hervin, pohon jambu bol yg ditanam di tanah apakah akarnya nanti akan merusak bangunan ?karna lahan didepan rumah saya kecil dan saya mau tanam pohon ini.
    Terima kasih.
    Iqbal - Bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya jambu bol (batang bawah dari biji) perakaran lebih ke akar tunjang yg menghunjam ke bawah, akar serabut nya spt nya tidak sampai merusak bangunan jika sudah besar

      Delete
  50. Kalau bibit dari biji bisa buah brp th Cak? rencana buat tabulampot. habis aku psn di trit sebelah gak ada yg grafting/okulasi, barangkali Cak herv ada info?
    EkoP

    ReplyDelete
  51. @EkoP : daari biji jika perawatan bagus di pot bisa 2 tahun belajar berbuah

    ReplyDelete
  52. mas hervin, aku punya pohonnya udah sekitar 30 cm tingginya. tadinya aku gabung dalam 1 pot besar jambu jamika & jambu air citra. setelah aku baca artikel mas hervin aku jadi semangat untuk berkebun alhasil aku pisah antara jambu air & jamu jamaika tapi setelah berapa minggu jambu jamika daunnya mulai rontok dan tidak berdaun sampai sekarang sedangkan jambu air menjadi lebat daunnya. kira2 bisa gak jambu jamikanya berdaun lagi, perawatan apa aja yang harus dilakukan ya mas? thanks ya mas
    tety

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tety : wah gitu ya.... saat pemisahan kira2 akar jambu jamaika ada yang kepotong tidak ?? jgn 2 dia stress karena itu.., kl batang masih hijau dan tidak kering, coba siram perakaran dgn penumbuh akar dan fungisida aja dulu, taruh di tempat yg tidak terkena matahari langsung dulu untuk sementara waktu....

      Delete
  53. Siang Bos,
    Tanya, kenapa daun jambu jamaika saya banyak yang meguning dan terus rontok. Awal nya di tanam di Pot dan sudah berbuah, sekarang dipindah ke halaman dan sudah 4 bulan. Dua minggu yang lalau saya kasih pupuk Urea kemudian muncul daun baru banyak sekali tapi sekarang pada rontok. Mohon advise nya.
    Terima kasih
    Ade

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Ade :
      kl daun kuning lalu rontok dimulai dari bawah, itu pertanda normal, tapi jika dari atas ke bawah biasanya sih ada masalah di perakaran dan sekitarnya. selama batang masih hijau dan tidak kering coba gelontor dgn air bersih (dgn asumsi dia OD pupuk atau kekurangan air)

      tapi jika point yang ke dua yg terjadi, cek kesehatan perakaran, mungkin pemberian pupuk kandang atau penyakit busuk akar serta pengerek batang yang menyerang

      Delete
  54. Salam kenal pak....
    Sy menanam pohon jambu jamaika sdh sekitar 5th. Sdh mulai berbunga beberapa kali, cantik sekali.. Namun sayang, selalu gagal. Bunga/pentilnya mengecil/peyot, jadi kering dan menghitam kemudian rontok... Kenapa ya? Bunganya selalu diserbu semut halus/kecil.. Daunnya pun diserang serangga warna putih dan banyak daum yang berlubang. Apa daunnya harus sy buang?
    Daun seperti apa yang harus sy buang?
    Mohon jawabannya segera, krn sy sekeluarga dan banyak tetangga yg menanti pohon ini berbuah...
    Terima kasih banyak pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @vicrie : coba kurangi daun secara berkala, terutama yg didalam tajuk. Tujuannya agar cahaya matahari bisa masuk, mengurangi tingkat kelembaban serta serangga yg membantu penyerbukan mudah mencapai bunga. Hal ini jg mengurangi tingkat serangan kutu putih. Daun yg. Sekarang terserang bisa dibuang saja. Trus saat tanaman mulai berbunga berikan asupan nutrisi /pupuk yg mencukupi, terutama yang kandungan P K nya > dari N. Pemberian MgO jg sangat dianjurkan pd saat tsb.
      selamat mencoba

      Delete
  55. Met sore mas hervin...
    Di blkng rumah ada 1 pohon jambu bol saya kurang begitu paham jambu jamaika atau bukan namanya soalnya bibit dari biji umur kira2 2taunan apakah dah bisa untuk di buahkan kira2 pupuk apa yg cocok untuk pembuahan atau bisa ga pake kelengkeng boster?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @moycs : jambu bol jamaika memiliki ciri utama bunga berwarna merah muda (meskipun bol / darsono kadang juga ada), trus warna buah bisa merah kehitaman.
      jika di tanam ditanah dia siap dibuahkan jika diameter batang kira2 8-10 cm, utk pemupukan tidak perlu dberi lengkeng booster, cukup perangsangan dgn P dan K tinggi saja.

      Delete
  56. salam kenal mas..
    sayatanam pohon jambu jamaika dalam pot kira2 1 tahun yg lalu kata yg jual hasil dr mencangkok.. awalnya biasa ja sehat dan berdaun banyak tp akhir2 ini keliatan loyo dan daunnya menguning diikuti kerontokan sebenarnya apa yg terjadi dan apa yg hrs saya lakukann.. dan brp lama seharusnya jambu jamaika mulai berbuah... trim's atas waktunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dira : coba amati, apakah baru2 ini diberikan pupuk kandang yang berlebih (dan belum matang/difermentasi) ??
      apakah media juga terlalu lembab (baca : basah) sehingga akar menjadi busuk ??

      jika hal pertama yang terjadi, buang pupuk kandang yg ada sebagian, berikan asam amino untuk menyehatkan kembali.

      jika hal kedua yg terjadi, berikan (kocorkan) fungisida yang sudah dicampur dgn air di sekitar perakaran,

      selamat mencoba

      Delete
  57. Pohon jambu yamaika saya pertamakali berbuah buahnya sangat bagus/besar dan mulus kulitnya, tetapi pada pembuahan berikutnya buahnya banyak yg rontok dan yg tertinggal buahnya pecah pecah/merekah sehingga sebelum besarnya maximal rontok.
    Mungkin ada advis untuk mengatasinya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya setelah buah pertama, jumlah buah akan semakin meningkat di musim berikutnya, karena pasokan nutrisi yang kurang (Ca, Mgo dkk) dan mungkin perubahan kelembaban tanah (kering basah oleh air) yang ekstrim, mengakibatkan buah banyak yang pecah,
      solusinya menurut saya : berikan pasokan nutrisi yang cukup, terutama unsur makro dan semi (Ca dan Mgo), lalu lakukan penjarangan buah, supaya buah gak berdempetan dan bisa tumbuh besar dgn maksimal....

      selamat mencoba

      Delete
  58. Asslkm.Mas Hervin ane mau tanya?jambu bol ane terserang hama ulat yang mempunyai rumah. warna rumahnya itam batang jambu,.mereka menyerang daun-daun hingga bolong-bolong,..ane minta tolong,adakah cara untuk membasminya,soalnya sekarang sudah hampir 100% daunnya habis di makan hamanya.

    Regards,
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba semprotkan pestisida yang kontak dan sitemik secara bergantian mas... anda bisa menapatkannya di toko/kios pertanian, bilang aja yang bersifat kontak dan sistemik (2 jenis) biasanya mereka sudah faham

      Delete
  59. Asslkm, Mas Hervine mau tanya jambu bol sy umurnya sd 2-3 th, tingginya 2 mtr, tapi belum berbuah juga padahal sd saya lukai batang bawah dan pangkas daunya, terakhir saya kasih NPK, kira 2 ada yg salah gak ya atau perlu dikasih pupuk perangsang juga.
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ade : walaikum salam mas Ade
      coba rangsang dengan pupuk PK tinggi (N rendah) saat aplikasi, bila perlu berikan juga asam amino agar proses penyerapan pupuk lebih optimal.

      pengeratan kulit batang (saya kurang merekomendasikan kl di sebut pelukaan) dilakukan dgn cara mengupas kulit batang (spt mencangkok) dilakukan sekitar 5 cm dari dasar tanah dgn lebar keratan 2-3 cm an.

      selamat mencoba

      Delete
  60. Boleh disebut nama pupuknya mas? terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di liat di link amazinggrow.com mas
      ada pembuahan ato dekape

      Delete
  61. pohon jambu jamaika saya dah umur setahun, sudah beberapa kali berbunga tapi rontok terus. dah pake pupuk juga. tapi yang gak bisa ngilangin sampe sekarang adalah hama yang nempel pada daun hingga bolong-bolong.
    Pakai pembasmi hama apa ya untuk menghilangkan hama itu.
    makasih pak Hervin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Erstiadi : bisa di semprotkan pestisida yang bersifat sistemik (dan biasanya di selingi yg bersifat kontak seminggu sekali)
      namun kalau serangan sudah parah sebaiknya sebagian besar daun yang sudah bolong di buang / pangkas saja, ntar kalau ada daun muda secepatnya di semprot obat dgn dosis 1/2 dari anjuran untuk pencegahan

      Delete
  62. Assalamualaikum, mas Hervin saya punya pengalaman membungakan jambu bol Jamaika dengan memberi air rendaman kulit bawang merah yang saya rendam semalaman dan ini sebenarnya pengalaman Ayuk saya yang membungakan tanaman belimbingnya agar lebih lebat. Sebenarnya cuma coba2 tapi hasilnya sangat menggembirakan, jambu bol saya yang berumur 5 th jadi penuh bunga. Tentu saja membuat saya bahagia. Syamsul Sihab (Palembang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @syamsul : informasi yang menarik dan bermanfaat Pak Syamsul..terimakasih

      Delete
  63. Assalamu'alaikum wr.wb..
    Salam kenal Pak Hervin, saya Ulfah dari Semarang. Berbagai tulisan tentang pengalaman bapak di blok ini, membuat saya tertarik untuk membacanya..
    Ada yang saya ingin tanyakan tentang jambu air ini, apakah bunganya berwarna merah?
    oh iya, bila dibolehkan, apa facebook bapak, terima kasih banyak sebelumnya, semoga bapak tetap bersemangat untuk berbagi ilmu dengan yang lain
    wassalamu'alaikum wr.wb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ulfah :
      walaikum salam , sebenarnya jambu ini berbeda dgn jambu air, dia masuk kategori jambu bol,
      betul sekali warna buga nya ungu kemerahan.
      facebook bisa di search aja : "herfin sasono" bu...

      Delete
  64. Pak Hervin, salam kenal saya bukan petani yg baik, suka nanam buah2an tapi merawatnya kurang bisa optimal krn saya kerja dari pagi kadang pulang malam.....segala jenis pestisida saya sama sekali tak mengenal, tanaman saya tumbuh alami berbagai buah dan sayur sementara ini tak ada masalah.
    Cuman akhir2 ini saya punya tanaman jambu bol yg tingginya lebih kurang sdh 5 meter, daunnya bolong2 tapi setiap yg jauh tdk saya ketemukan ulatnya, batang pohon yg kira2 berdiameter 10 cm seperti terkelupas tapi tidak ada lubangnya.
    mohon kiranya bapak bisa memberikan info cara sederhana untuk menyelamatkan pohon saya .....walaupun daun sdh berganti yg muda tapi saya tetap kuatir dgn batangnya yg sangat merana ..... terimakasih ....salam buat semua pecinta tanaman ....Dewi elisa jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun bolong bisa karena ulat atau belalang, kalau ulat biasanya dia lubang nya serentak dan banyak (daun tinggal keliahatan tulangnya yang keliahatan mengering)
      kalau lubang nya di pinggir daun dia lebih mengarah ke serangan belalang...nah mana tuh yang lebih keliatan....
      pencegahan bisa di semprotkan insectisida.
      tentang batang yang mengelupas, jika dia kulit tua tidak masalah dan tidak mengganggu pertumbuhan tanaman, tapi jika diselingi dengan serangan pengerek batang (ditandai dgn batang yang ada lubangnya dan ada bekas seperti kotoran di lubang, serta lubang bekas ulat mengeluarkan semacam lendir/cairan) itu sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman

      Delete
  65. maaf pak saya mau tanya.
    tadi saya beli pohon jambu jamaika kawinan dari tukang pohon keliling bagaimana cara penanaman yang baik apakah pakai polibet atau di tanah saja. mohon penjelasanya ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bisman tanjung : jika lahan memungkinkan lebih bagus di tanam di tanah pak, usahakan terkena sinar matahari (tidak ternaungi), namun jika lahan terbatas, bisa di tanam di pot besar atau potongan drum bekas

      Delete

Comment