Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

17 Feb 2009

Pineapple Cherry Guava

Pertengahan tahun 2008 lalu, saya membeli dari kenalan bibit buah yang diberi nama Pineapple Chery Guava.  Bibit dari hasil okulasi dengan ketinggian 30 cm waktu itu saya tanam di pot dengan perawatan intensif oleh karena rasa penasaran akan buah tersebut.  
Secara fisik tanaman ini memiliki bentuk daun, bunga, dan buah seperti jambu biji (Guava), dengan ukuran buah yang relatif kecil dari jambu biji.

dompolan buah tanaman dewasa, terus menerus

Sesuai dengan nama yang disematkan pada tanaman ini : Pineapple Cherry Guava, bisa diterjemahkan "pineapple = karena warna buah kuning dan rasanya manis campur asam seperti nanas (pineapple), "cherry" = karena buah berukuran kecil seperti cherry, dan "guava" = karena bentuk fisik buah dan daun merupakan jenis jambu biji.

Dengan perawatan intensif, tanaman ini mampu berbuah secara terus menerus tanpa mengenal musim.  Perbanyakan dapat dilakukan dengan cara okulasi dengan batang bawah yang dipakai adalah jambu biji.  Cangkok juga dapat dilakukan pada tanaman ini jika besar batang sudah memungkinkan untuk di cangkok (karena tanaman ini cenderung gelacir dan memiliki batang yang kecil jika umur tanaman belum tua).

sosok tanaman muda di pot
Penyakit dan serangga
yang menyerang tanaman ini hampir sama dengan yang menyerang tanaman jambu biji. Daun muda sering dimakan ulat dan belalang, kutu putih yang menyerang dibawah daun, dan lalat buah yang menyerang buah. Buah kecil sebaiknya di bungkus agar aman dari serangan lalat buah.

Buah yang sudah matang akan berwarna kuning dan empuk, sedang buah muda berwarna hijau dan sangat keras. Buah yang sudah matang jika dibelah akan berwarna kuning, dengan biji yang relatif banyak namun kecil dan bisa ditelan.  Tekstur buah matang agak liat, berasa campuran antara manis dan masam namun menyegarkan.

Penampilan buah yang terus menerus tanpa mengenal musim menjadikan tanaman ini bagus bila dijadikan tabulampot ataupun tanaman koleksi........ Anda tertarik .......???!!

bentuk daun sama persis dengan jambu biji
bunga mekas susul menyusul

buah seukuran cherry

buahy matang kuning menggoda

daging buah sudah matang
Semoga bermanfaat...

9 comments:

  1. pak, perawatan insentifnya seperti apa? bisa dipaparkan? terima kasih.

    ReplyDelete
  2. to ninno : intensif disini dalam artian pemupukan yang rutin, (3-4 minggu sekali satu sendok makan), pemangkasan terhadap cabang yang kurang bagus, peyemprotan pupuk daun setiap 2 minggu sekali, penanggulangan yang cepat jika terserang hama dan penyakit dsb.
    dengan perlakuan itu tanaman akan mampu berbuah secara terus menerus.

    ReplyDelete
  3. saya punya tanamannya....saya dapatkan bibitnya dari kota sumedang namun disana dikenal dengan sebutan "jambu piit"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl rasanya seperti nanas dan bijinya kecil2 dgn daging buah berwarna kuning mungkin sama jenisnya

      Delete
  4. kok penampilan cherry guava saya daunnya mirip Beach Cherry cak ? opo krn iseh nom godonge ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @inorick : he he he lain mas bro....cherry guava (CG) emang daun lebih tebel, sekilas mirip BC, CG ada yang merah dan kuning.
      tapi ini tulisan diatas PCG, daun lebih mirip jambu biji namun bentuk agak meruncing dan kecil....buah lebih lebat dan hanya 1 jenis, buah matang berwarna kuning dan berasa nanas, biji lebih kecl dari CG

      Delete
  5. Soree,,
    Pak saya punya guava cherry
    Tapi g pernah berbuah
    Sudah 2th saya rawat
    Cuma berbunga, mekar, kering lalu rontok,,
    Gmana caranya ya supaya bunganya bisa jadi buah ???
    terima kasih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi, saat tanaman sedang ada bakal bunga, pastikan : tidak pernah telat air / siram, berikan pupuk NPK dengan kandungan K tinggi (N rendah). Jika masih bandel berikan Mgo dan Ca atau gampangnya beli aja kapur pertanian (dolomit) lalu benamkan sekitar setengah genggam di sekitar perakaran.



      selamat mencoba

      Delete

Comment