Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

17 Jan 2013

Memangkas Ekstrim Lengkeng Yuk...

Lama rasanya tidak ada tulisan yang baru dalam blog ini.  Sebelumnya perkenankan saya mengucapkan selamat Tahun Baru 2013 kepada para pecinta ayo berkebun, semoga di tahun 2013 ini semangat kerja semakin meningkat,  kemudahan dan kelancaran dalam urusan kita semua dilancarkan Allah SWT, Amieeen.

Pada kesempatan posting perdana di tahun 2013 ini saya akan mengajak para pembaca untuk sedikit menyinggung tentang Pemangkasan Ekstrim Pada Tanaman Lengkeng.

Penampakan terkini
Pada mulanya lengkeng Itoh yang saya tanam di awal 2005 silam terlihat tinggi dengan tajuk yang kurang beraturan.  Beberapa kali saya di buat "pusing" saat membungkus buah yang siap di santap si "codot" dan kelelawar.   Pada buah paling ujung (atas) dan di tengah-tengah tajuk, rasanya malas sekali untuk membungkus buahnya.  Padahal dapat dipastikan untuk lengkeng itoh di kebun tlogomas ini Tidak dibungkus = Tidak panen, alias pasti di makan kelelawar.

Tujuan utama dari pemangkasan ekstrim ini sebenarnya lebih ke arah "menjaga agar tanaman tetap pendek". Dengan alasan agar pemeliharaan lebih mudah termasuk pengendalian hama yang sering menyerang daun dan batang, serta tentu saja memudahkan saat proses pembungkusan buah tadi.

Tujuan lainnya adalah lebih meremajakan tajuk tanaman dan membuat tajuk lebih kompak.  Bahkan setelah keluar tajuk baru saya diharuskan untuk mengurangi beberapa bagian agar aerasi dalam tajuk bagus, serta sinar matahari lebih bisa masuk ke dalam tajuk.

Bagi sebagian orang, dirasa sayang sekali pemangkasan ekstrim ini,  Kebanyakan dari mereka berfikiran kenapa tidak di cangkok atau di perbanyak dengan sambung susu saja, kan lebih bisa menghasilkan ??
Anggapan itu tentu saja tidak ada salahnya alias benar, namun karena keterbatasan waktu dan tenaga serta sosok tanaman yang saya rasa kurang begitu prima, langkah pangkas ekstrim pun akhirnya jalan yang saya tempuh.

Bila Anda mau memperbanyak, baik dengan cara cangkok maupun sambung susu, bisa dilakukan setelah beberapa bulan pemangkasan ini.  Kok bisa ?? Iya, bisa sekali, karena setelah pemangkasan ekstrim ini (sekitar kurang lebih 6 bulan pasca pangkas ekstrim) akan muncul tunas cabang baru yang lebih rimbun dan lebih kompak dengan batang yang sehat.  Bahkan beberapa cabang harus dibuang karena begitu banyaknya cabang baru yang muncul dan saling berdesakan.

Kapan sebaiknya pemangkasan ekstrim ini dilakukan ??
Menurut saya pribadi saat yang tepat melakukannya adalah pada musim penghujan (seperti sekarang ini).  Memang saat pemangkasan hingga tumbuh tunas baru yang memakan waktu 6 bulanan tanaman tidak bisa berproduksi.  Namun demi tujuan yang lebih baik hal ini patut dipertimbangkan.

Berikut adalah tahap dan perkembangan tanaman serta sedikit trik saat melakukan pangkas ekstrim :
  • Pastikan tanaman yang akan di "hajar" sudah tinggi dan tajuk agak jelek agar tidak ada rasa menyesal


sosok tanaman sebelum di hajar total....
  • Gunakan gergaji yang tajam untuk memotong cabang yang besar agar bekas potongan rapi dan tidak terbelah.

tidak takut memangkas batang yang besar
  • Pastikan saat pemangkasan sedang musim hujan, atau minimal tanaman tidak telat air
pasca pemangkasan, lebih pendek sebenarnya lebih bagus
  • Berikan pupuk NPK Berimbang atau yang N nya lebih tinggi beberapa hari pasca pemangkasan

seminggu pasca

seminggu pasca

3 minggu pasca

3 minggu pasca

  • Lakukan pencegahan terhadap hama ulat yang menyerang daun muda dengan menyemprotkan pestisida sistemik dan kontak secara bergantian (seminggu sekali) setelah daun muda muncul.

4 minggu pasca

5 minggu pasca

Add caption
  • Bila Perlu berikan penyangga berupa bambu atau sejenisnya di sekeliling tanaman dengan membentuk kotak segi empat untuk menopang cabang yang ada.  Penyangga ini jika kita ingin memperbanyak tanaman dengan cara sambung susu bisa digunakan juga sebagai pengait (cantholan) batang bawah.
6 bulan pasca

dari sisi lain


Seperti yang saya singgung di depan, tanaman dari hasil pangkas ekstrim ini akan memiliki tajuk dan percabangan yang lebih bagus dan rimbun.  Bahkan, sekali lagi, kita dituntut untuk mengurangi percabangan yang ada agar sirkulasi udara di dalam tajuk bagus untuk menghindari kelembaban yang tinggi.

Anda tertarik melakukan.......
Semoga bermanfaat....

83 comments:

  1. info yg sangat bermamfaat,bener2 harus jd raja tega ....hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he tadi nya juga ragu, tapi kl gak nyoba gak akan tahu hasilnya...dan ternyata sekarang pohon di rumah di gitukan mas

      Delete
  2. sangat bermanfaat pak Hervin.. Bravo Ayo Berkebun...salam

    ReplyDelete
  3. terimakasih Om Herf dah nulis lagi.
    pupuk yang Om berikan urea-kah atau NPK atau malah produk AG? trus dosis untuk lengkeng tsb berapa dan diberikan berapa kali? soalnya saya pernah menyelamatkan mangga yang roboh, saya tegakkan lagi setelah saya mutilasi ekstreem dah setahun msih segitu2 aja.Salam.
    EkoP

    ReplyDelete
    Replies
    1. @eko P : he he he tahu sendiri lah kira2 mana yang saya pakai....

      Delete
  4. Wah... akhirnya ada artikel baru lagi setelah lama ditunggu.....
    Mantap pak!!!

    Salam kenal, Pengki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mas Pengki

      Delete
    2. syahruddin R Bagus22 Jan 2013, 10:17:00

      Salam Kenal Pak sy dari lampung. saya jg punya tanaman lengkeng didepan rumah , buahnya jg hbs rontok pak, dari awal sampe skrg yg hampir dipanen pun tetap rontok. Apa memang harus dibungkus ya , pak? dibungkus pake bahan apa ya, pak? TKs








      Delete
    3. @syahruddin R Bagus :
      salam kenal kembali mas, kl boleh tau jenis lengkeng apa ya...
      sebenarnya pembungkusan lengkeng lebih ditujukan pada serangan hama kelelawar, dan ulat yg menyerang buah muda.

      kl memang tetap rontok, mungkin pasokan pupuk ato nutrisinya kurang memadai.....
      untuk pembungkusnya bisa lihat ditulisan blog ini tentang pembungkus buah lengkeng

      Delete
  5. Mas bahas tentang kiojay lagi donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he apa lagi ya yang dibahas tentang kiojay, mungkin soal cara pemanenan dan konsumsi yang pas ya.....
      Insya Allah deh, soalnya sudah ada wacana tapi belum sempat mengabadikan gambarnya....

      Delete
  6. Ok mas saya tunggu ya :D,jujur saya jdi semangat nanam kiojay setelah baca2 disini,,hehehe...makasih mas ilmunya..klo ada mangga lain juga gpp mas dibahas hehe

    ReplyDelete
  7. wah mantab abis mas!artikelnya sangat bermanfaat. kebetulan saya habis pangkas ekstrim lengkeng dirumah. jadi tambah yakin (tega) nih. terimakasih informasinya mas
    sebaiknya berapa lama lengkeng bisa dibuahkan setelah perlakuan pangkas ekstrim mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khaqul iman :
      saat tajuk dan tunas baru sudah mulai warnanya tua dan tanaman sehat bisa di buahkan, untuk waktu relatif sih, tergantung kondisi dan cuaca, tapi kurang lebih sekitar 4 bulanan (plus minus) jika pangkas ekstrim tanpa daun

      Delete
  8. Mas Hervin,Setelah dipangkas ekstrim(kira kira 5 bulan lalu),sekarang daun daun tunas sudah tua warnanya, tapi di ujung tajuk muncul lagi tunas tunas baru.apa pada periode ini tepat di aplikasikan LB mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ adanya tunas baru di ujung adalah saat yang kurang tepat jika tanaman di booster mas, apalagi sudah flush kehijauan....

      Delete
    2. mas hervin Yth : saya berminat utk mengebunkan klengkeng. tapi saya bingung,varietas klengkeng apa yang terbagus utk dikebunkan agar buah klengkengnya nanti tidak kalah dengan klengkeng impor. dan varietas tsb cocok dgn iklim indonesia dataran rendah. mohon masukannya mas. trim's sebelumnya

      Delete
    3. @reci adhyasfiscarina :

      kalau menurut saya pribadi, varietas itoh masih sangat layak di kebunkan sekala luas, varietas berikutnya bisa dipilih kristal

      untuk kualitas rasa ..... lebih fresh dan tidak bisa dibilang kalah dgn impor

      Delete
    4. Mas Hervin Yth : saya beli 10 bibit klengkeng New kristal ( Kristal 2 ) untuk dikebunkan. Tapi saya belum tahu kwalitas buahnya. Sepengetahuan Mas Hervin, apakah memang buahnya berkwalitas super ?.Ditempat saya ( lampung ) belum ada yang menanam New Kristal itu. Makanya saya belum berani beli banyak.Mohon arahannya Mas. O ya Mas, Jeruk Chokun cocok dikebunkan di Indonesia?

      Delete
    5. @Reci Adhya : maaf baru sempat balas

      lengkeng new kristal 2 (dulu di rilis dgn nama Noname /NN) kebetulan saya sempat ngamati. dompolan memang bagus dan banyak, kualitas buah identik dengan kristal pendahulunya, daging buah bening dan kering serta manis. sayang dompolan yang banyak ini menjadikan buah agak berukuran dibawah itoh JIKA perawatan dan pemupukan kurang memadai...

      untuk jeruk sebenarnya banyak pilihan mbak, baik itu di dataran rendah maupun dataran tinggi. sayang informasi tentang si Chokun saya kurang mengikuti...maaf

      Delete
  9. mas Hervin,
    Saya ada pohon lengkeng pingpong, sekarang sudah berbuah namun daging buahnya keras, kira2 salah perlakuan apa? sebagian lagi sampai merkah kulit buahnya. gimana cara mengatasinya agar tidak terulang dilain waktu.
    Oiya, fungsi lengkeng di brungkus pas berbuah apa ya?
    Matur suwun petunjukknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnomo : jika buah masih mentah memang keras mas, tapi jika kasusnya buah pecah dan mengeras (saya kira ini yang Anda alami), sepertinya dia kurang pasokan nutrisi, terutama Ca dan K... coba nanti di musim buah mendatang saat buah pentil terbentuk di beri nutrisi yang ada kandungan yg saya sebut diatas.

      kebanyakan jenis pingpong harus dibungkus saat buah dewasa, tujuan utamanya untk menghalau daari hama kelelawar

      Delete
    2. Matur Suwun informasinya, Mas Hervin, sesuatu banget.
      Kemarin soalnya ga tahu masa panen dari pentil ke panen brapa lama dan cuman dikasih NPK aja perjumat.
      Klo pernah denger dikasih GA3, itu apa ya?semacam stimulan?ada merek yg bisa direkomendasikan?
      Matur suwun lagi

      Delete
    3. @Purnomo : kurang lebih butuh 4 bulan dari pentil ke panen, atau kl buah sudah mulai empuk dan kulit kecoklatan berarti siap di petik.....

      GA3 atau giberelin acid merupakan salah satu hormon pertumbuhan tanaman, pada kasus buah termasuk lengkeng dia bisa memperkecil biji jika di aplikasi pada saat pentil buah terbentuk (di semprot dan dikocor), kalau Stimulan adalah salah satu produk Amazing Grow untuk membantu (salah satunya) mengurangi kerontokan buah....

      semoga bermanfaat

      Delete
  10. mas Hervin
    saya pemula banget nih...
    saya punya lahan 3 x 10M disamping rumah, rencananya akan saya tanamin kelengkeng dan durian, idealnya jarak tanam antar pohon brp meter ya ?
    dan juga saya menginginkan pohon itu tidak tinggi namun nantinya bisa berbuah, apa yg harus saya lakukan di awal pertumbuhan pohon tersebut dan bagaimana caranya

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yudo : jarak tanam utk lengkeng minimal 6 mtr, utk durian sama juga
      agar tidak tinggi lengkeng bisa di pruning semenjak dini (termasuk pangkas ekstrim di ulasan diatas)
      kl utk durian pilih jenis yg montong dan sejenisnya aja yang pendek sudah berbuah

      Delete
  11. mas hervin untuk lengkeng new kristal kalo mau dibuahkan apa perlu perlakuan lengkeng booster? atau termasuk lengkeng yg mudah berbuah seperti pingpong dan DR? mana yang lebih bagus antara lengkeng kristal dan itoh? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khaqul iman : setahu saya sih yang sering disebut new kristal atau pun kristal sendiri itu tetap perlu lengkeng booster untuk membuahkan (pengalaman di rumah demikian).

      Mengenai mana yg lebih bagus antara kristal dan itoh, menurut saya pribadi keduanya sama-sama bagus dan prospek untuk di kebunkan,
      kristal dan new kristal dgn dompolan yang oke dan tingkat kemanisan yang oke juga sangat berprospek (meski ukuran buah agak lebih kecil sedikit dari itoh). Di sisi lain itoh yang sudah terbukti banyak dikebunkan juga memiliki produktivitas yang oke, dompolan bagus serta kualitas buah yang prima.

      Delete
  12. info yang sangat bermanfaat. terima kasiiihhh






    www.bisnisfacebooker.com/?id=Lanange_Jagad

    ReplyDelete
  13. Mas Hervin, ada cara-caranya cangkok lengkeng?klo ada videonya mas Hervin mencangko lebih yahuud :) saya dua kali buat cangkokan gagal terus, sudah lama ga keular akarnya. Khan daripada dipangkas, saya cangkok dulu diberikan ke tetangga untuk penghijauan komplek. Jenis lengkeng:pingpong
    Matur suwun ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @purnomo : dulu sebenarnya ada slide sederhana tentang cangkok di blog ini, cuma saya lupa di mana linknya, file nya juga gak ketemu he he he

      sekedar info : untuk jenis pingpong dia setahu saya agak susah untuk di cangkok, terlebih yang jenis thailand, kl vietnam masih bisa tapi lebih agak susah bila dibandingkan dgn jambu air misalnya....

      Delete
  14. Terima kasih mas Herfin
    Pas bener masuk musim hujan nih
    Akhir bulan Insya Allah dilakukan pemangkasan...
    Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bambang Pur : semoga bermanfaat Pak tulisan ini.....Selamat berkebun

      Delete
  15. Mas Herfin, jenis lengkeng yang menarik untuk ditanam di halaman rumah, daerah Kepanjen, Malang, itu jenis apa ? Pinginnya sih yang daging tebal, kering, dan gembel. Syukur-syukur tanpa perlakuan, sehingga mudah perawatannya. NPK biasa seperti untuk padi, tebu, itu sih banyak di toko-toko pertanian. Tapi kalao dituntut harus NPK khusus itu yang agak susah belinya dan mahal pula harganya. Bagaimana dengan jenis Moya, Kaisar, Jendral, WF26, Hawai. Mohon Pencerahan. Terimakasih Maturnuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yono panjen
      Dari yg anda sebutkan, dan yang tanpa perlakuan booster sy merekomendasikan jenis kaisar. Buahnya gembel manis kering dan lumayan tebal. Satu lagi bisa dipilih jenis lengkeng lokal asli malang.. yaitu mutiara poncokusumo

      Delete
  16. mas hervin yg ga' pelit ilmu,mau nanya pohon jambu kristal dan jambu air citra punyaku hbs saya pupuk, stlh 3hari saya pangkas,apakah berpengaruh dg pertumbuhan tanamannya dan tumbuhnya tunas baru soalnya sdh 1 th ga' berbunga dan media tanam sdh padat apakah medianya ini jg mempengaruhi sulitnya berbunga........trim 's

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus s : nah sudah keliatan tuh masalahnya ada di media.
      coba ganti dgn yang bagus, campuran kompos, sekam, pupuk kandang dan tanah. cari yang mudah tersedia.

      khusus jambu biji jika di tanam ditanah, dia suka banget akan air, tapi tidak tergenang lho...

      Delete
  17. mas hervin,salam kenal.saya mau nanya ,saya baru saja beli okulasi kelengkeng.yang sudah sepasang dalam 1pohon.awalnya daun kelengkeng sya tumbuh subur dan daunnya terlihat hijau segar,tapi 1 bulan kemudian,ujung daun menjadi kering seperti terbakar.saya coba atasi dengan pemberian pupuk kandang kambing tapi belum berhasil.kelengkeng saya jenis pingpong.mohon bantuannya mas.makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sari chotimah : salam kenal kembali mbak
      untuk jenis pingpong dia suka media yang porous mbak. bisa dicampur dengan sedikit pasir. pinggir daun gosong bisa juga karena over dosis pupuk kandang. terlebih yang belum masak bener.
      coba perhatikan mana yang ada

      Delete
  18. Assalamu'alaikum wr. wb.
    Saya beberapa tahun terakhir ini mengebunkan kelengkeng mutiara, dan terutama itoh di daerah Poncokusumo. Alhamdulillah hasilnya tidak kalah dengan kelengkeng Bangkok. Memang harus diperlakukan dengan pupuk khusus.
    Wassalam,
    M. Julius St

    ReplyDelete
    Replies
    1. @M Julius St. : Walaikum salam wr wb,
      wah kalau nggak salah ini Bapak yang pernah main ke telaga warna dulu ya, dan kalau tidak salah juga teman nya Ibu.
      siip Pak Julius.... semoga poncokusumo jadi salah satu sentra lengkeng indonesia

      Delete
    2. Alhamdulillah, betul, saya pernah dolan ke rumah mas Hervin. Saya sekarang sedang membangun masyarakat kelengkeng di Ponckusumo. kelengkeng yang dikembangkan adalah kelengkeng MUTIARA, karena kelengkeng ini asli Poncokusumo yang buahnya lebih berkualitas daripada kelengkeng Bangkok. Konon menurut ceritera teman yang pernah akan belajar kelengkeng di Thailand, ternyata kelengkeng Bangkok itu bibit awalnya dari Tumpang.
      Sekarang ini kelengkeng Mutiara banyak yang ditebangi karena dianggap tidak produktif dan mengganggu rumah.
      Saya upload gambar perbandingan buah kelengkeng dari Putuk Poncokusumo, Ngadireso Poncokusumo dan Kelengkeng Bangkok di youtube:
      http://youtu.be/n1IYUi1RIag
      Semoga bermanfaat.

      Delete
    3. Wah senang sekali kembali ketemu di dunia maya Pak.... kapan nih main2 lagi ke telaga warna.
      Setuju sekali pak, selain dompolan buah yang tidak kalah dari itoh, yang saya amati lengkeng mutiara poncokusumo memiliki keunggulan di "tajuk yang tidak memanjang" seperti lengkeng thailand pada umumnya, jadinya dia memiliki sosok pohon yang pendek tapi rimbun, sehingga menurut saya mudah untuk perawatan dan pembungkusan buahnya.
      satu lagi... mutiara dengan SEDIKIT sentuhan lengkeng booster akan menghasilkan bunga yang luar biasa

      Delete
    4. Betul, saya dulu pernah ke Telaga Warna dan ketemu dengan sampeyan, Saya sudah upload gambar perbandingan kelengkeng Putuk, Ngadireso dan Bangkok melalui youtube di http://youtu.be/n1IYUi1RIag.
      Semoga bermanfaat.

      Delete
  19. mohon masukannya pak hervin...
    saya baru saja melakukan pangkas ekstrem setelah baca2 artikel disini, pohon lengkeng saya berasal dari biji dan telah berumur 9 tahun dgn tinggi lbh krg 5M, diameter batang utama 15cm. pertumbuhan tdk beraturan. Maklum sebelum tahu LB pohon tdk pernah dipupuk.

    awal bulan ini baru saja panen setelah diberi LB, padahal sebelumnya tdk pernah berbuah sama sekali. 2minggu sebelum panen dahan utama patah karena tdk kuat menahan buah yg cukup byk.

    Akhirnya setelah panen, saya lakukan pangkas ekstrem dari ketinggian 5M, sekarang tinggal 2 M.

    Yang mau saya tanyakan NPK berimbang itu berapa dosisnya, bagaimana aplikasinya (misal pupuk N 1/4 kg, P 1/4 kg, K 1/4 kg diaduk dalam 10 ltr air dan disiramkan 1x seminggu selama 3 bulan)

    mohon penjelasannya pak, karena saya sdh konsul dgn AG tapi blm dijwb mgk krn sibuk sedangkan pohon sdh sy pangkas 2 minggu takut ntar telat pupuknya malah gak tumbuh tunas baru (kebetulan skrg lg musim hujan) makanya sy mau beli NPK biasa di Padang saja.

    Trims pak hervin atas kesediaannya menjawab pertanyaan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wanbul blog : maaf sebelumnya mas baru sempat baca dan balas sekarang.....kata kunci nya "tidak ada kata terlambat"... itu dulu yg kita pegang
      yang saya maksud npk berimbang adalah Kompoisis dari N;P;K dalam pupuk majemuk NPK adalah seimbang atau sama besar. contoh : NPK 20:20:20 satu lagi NPK 16:16:16. jadi ketiga unsur tsb dalam satu jenis pupuk majemuk dan kita tinggal ambil sekian gram dari mereka dan diaplikasikan ke tanaman (sesuai dosis anjuran.

      Delete
  20. Pak Hervin, senang sekali baca blog anda.
    saya jadi kepingin berkebun jg nih...

    ReplyDelete
  21. Pak Hervin, senang sekali baca blognya.
    saya punya bibit jeruk nipis sudah ditanam di tanah, setelah beberapa hari muncul ulat banyak di daunnya dan karena daunnya masih muda-muda jadi habis semua dimakan ulat. apa tanaman saya masih bisa hidup..?
    ditunggu balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bunda Dzaky : masih bisa hidup kok bu, tapi jangan sampai kekeringan / telat air aja....
      tanamana jeruk memang disukai ulat, terlebih jika daunnya masih muda bu... so sering2 aja di tengok kl tanaman lagi mengeluarkan daun muda.. jika keliatan daun agak bolong/ rusak, berarti wajib di cari tersangkanya saat itu....dan laporkan ke KPK segera he he he

      Delete
  22. pak hervin, saya baru pindahin kelengkeng kristal dg ukuran sekita 3 meter, sblmnya sdh disiapkan dg potong akar dan dikarung plastik ditanah asalnya , didiamkan beberapa bulan, pertanyaan saya apakah di tempat skr, ( tanah baru selesai diurug ) , nggak apa2 karungnya dilepas dan di sekelingnya saya beri kompos trubus campur media tanam trubus, sdh cukup begitu atau harus diberi apa lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuncinya : asal tanaman tersebut sudah sembuh dari masa stress dan terlihat sehat bisa di tanam di tempat yang baru dengan karung di lepas. pemberian kompos dan pupuk kandang bisa dilakukan asal sudah kondisi matang (pupuk kandangnya).
      jika lokasi baru full sun (panas sepanjang siang), untuk adaptasi bisa diberikan shading paranet jika diperlukan.

      selamat mencoba

      Delete
  23. trims info-infonya sangat membantu mas.lanjut

    ReplyDelete
  24. mas hervin, mau nanya dong, saya punya bibit chokanan umur 7 bulanan, dan batanganya sudah terlanjur tinggi skitar 120 cm tanpa percabangan. apabila saya pangkas habis sekitar 50 cm dari tanah apakah tanaman tersebut akan mati? soalnya daunnya pasti habis semua.. terimakasih pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hendri : Insya Allah tidak mati jika pemangkasan di musim hujan / banyak air mas. kuncinya pemangkasan dilakukan tepat diatas ruas pergantian tunas (pada mangga lebih jelas terlihat, di pohon lengkeng tidak keliahatan). dengan harapan akan keluar tunas di bawah cabang yg dipotong.
      meski daun habis tidak ada masalah kuncinya jgn telat air ...

      Delete
    2. ok... trims atas jawabannya... sangat membatu saya..

      Delete
    3. ok.. trims atas jawabannya.. sangat membantu saya

      Delete
    4. sore mas Hervin.. saya punya pohon jeruk keprok, koq daunya menguning dan menggulung keriting trus rontok? sepertinya terkena cvpd.. cara mengatasinya bagaimana ya mas? trims..

      Delete
    5. @hendri : maaf pak untuk jeruk saya kurang begitu faham, tapi hasil diskusi dgn teman2 rasanya untuk serangan virus itu memang cara terbaik tanaman harus dibongkar / dimusnahkan.... dengar2 sih susah di tangani, takutnya malah menyebar ke temannya.

      Delete
  25. met pagi mas Hermin, tanya dooong..., sy punya tanah 2.270 meter di Tangerang kalu sy tanam lengkeng jenis lengkeng apa yang cocok ya......, buat persiapan pensiun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahmad : selamat pagi Pak, ada 2 pilihan Pak untuk jenisnya, pertama yang jenis tidak ada perlakuan booster, yang kedua yang kudu di booster untuk membuahkan.
      saran saya sih yang pertama bisa ditanam 1-2 batang sebagai bandingan, selebihnya yang jenis kedua. Itoh, kristal 2 bisa jadi pilihan untuk jenis yang kedua ini.
      bisa juga di selingi tanaman durian jenis musangking beberapa pohon (just my idea)
      selamat berkebun

      Delete
  26. Salam mas Hervin,sy mau bertanya apakah Lengkeng new kristal cocok ditanam di kota Medan yg beriklim panas sebagai tabulampot ?,apakah perlu perlakuan khusus?trmkasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @annisah : lengkeng yang anda maksud perlu induksi lengkeng booster untuk membuahkannya mbak, dgn kata lain perlu perlakuan khusus. di daerah Medah bisa saja dia tumbuh.

      Delete
  27. Mas kelengkeng yang saya tanam daunnya seperti kering gosong knp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hamim :
      prediksi pertama : jika daun gosong / kering di tengah daun (bukan di tepi) lebih karena kebanyakan / over dosis Pupuk Kandang, bisa jadi pupuk kandang yang belum matang
      prediksi kedua : jika daun gosong / kering di UJUNG dan sebagian di tepinya, lebih kearah serangan ulat yang menyerang tulang daun. serangan ini terjadi saat daun masih muda, seiring bertambahnya usia daun ujungnya jadi kering hitam.

      Delete
  28. Pak.knapa ya pohon kelengkeng saya selalu tumbuh daunnya terus..pdhl waktu saya beli 8 bln yg lalu kondisinya sudah berbungah dan berbuah bahkan setelah saya pindahkan dr pot saya tanam di pekarangan rumah 3 bulan sudah saya panen dg cara saya pangkas..1 bulan berikutnya mulai saya beri pupuk kandang dan NPK 12 11 20...tp sampai saat ini belum juga tumbuh bungah..dan hanya tumbuh tunas daunnya saja...mohon saran & solusi dr Bpk..terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fitri Laut : lebih jelas lagi sebenarnya jika anda sebutkan jenis lengkengnya.
      TApi feeling / tebakan saya jenisnya Diamond River. lengkeng ini jika ditanam di tanah (terlebih jika dekat dengan air / lembab tanahnya) akan cenderung tumbuh cabang dan tunas baru.
      kalau bener tebakan saya jenis Diamond River ini, coba lakukan hal berikut agar dia berbuah :
      - tunggu sebagian cabang daunnya sudah tua / tidak ada pupus muda
      - lakukan pengeratan seperti mencangkok pada batang utama dengan posisi 10-15 cm dari tanah. lebar keratan cukup 1-2 cm saja.
      - Langkah no 2 diatas bisa anda ganti dengan cara melilitkan kawat / mencekik pada batang utama tsb

      selamat mencoba

      Delete
  29. Selamat malam mas hervin..mf sy mau bertanya..sy pnya kelengkeng baru berumur setahun dan skg sudah berbunga baru pertama kali ini..nah pertanyaan sy apakah lebih baik sy pangkas bunganya agar si tanaman lebih fokus ke pertumbuhan..mengingat si pohon masih berumur setahun..? Oya mas apakah pohon umur setahun sdh bs dilakukan pemangkasan cabang..? Makasih atas penjelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. NYIMAK..
      Kebetulan saya baru nanam 3 hari yg lalu dari beli bibit klengkeng hasil okulasi..
      (posisi Ponorogo)

      Delete
    2. @anyone : selama kondisi tanaman sudah sehat (kokoh, tajuk kompak dan rimbun) bisa saja di buahkan. Tapi memang sebaiknya di buang dulu bunganya untuk pembentukan tajuk dan cabang baru. pemangkasan bisa dilakukan sejak dini, bahkan saat pohon belum genap setahun. lakukan pemangkasan pada batang yang sudah kecoklatan dan berkayu, Insya Allah tumbuh cabang baru di sekitarnya.

      Delete
  30. info mantap pak,terimakasih,,,sayapun lagi pusing menghadapi remahan lengkeng diteras sisa si codot,,,sementara yang ujung2 susah membungkusnya,,,kalo musim penghujan gini kan musim berbuah ya pak,,,insyaalloh panen beberapa minggu lagi,,,habis panen baiknya dipangkas ato nunggu kapan lagi tu pak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bundaneehal : habis panen langsung pangkas aja, biar sekali kerja... akan cepat keluar tunas kok di musim hujan gini

      Delete
  31. Pak Hervin, kalau ujung daun muda kelengkeng kristal II banyak yang kering penyebabnya apa ya Pak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wawan : akibat serangan ulat yang menyerang tulang daun (bagian tengah) sudah saya ulas di blog ini kok coba cek di :
      http://ayoberkebun-hervin.blogspot.co.id/2008/09/penyakit-daun-pada-lengkeng-jenis-itoh.html

      Delete
  32. Sangat membantu , karena saya suka sekali pohon klengkeng , sekeliling rumah saya tanami jenis klengkeng AROMA DURIAN , KRISTAL , MATA LADA , PUANG RAY , JENDERAL DAN HAWAI..SEMUA BERBUAH..tinggal di pruning saja biar gak terlalu tinggi..karena pada berbuah maka banyak yg pesan bibit ..sekarang semua warga pada ngikut.

    ReplyDelete
  33. Halo Pak Hervin,

    Saya sangat pemula di bidang perkebunan. Jadi ceritanya saya dapat bibit kelengkeng diamond river dari mertua (beliau membelinya di tukang taman).

    Kemudian, saya tanam di halaman rumah saya kemarin, kemudian yang saya tanyakan:

    1. Tinggi bibit ini sekitar 1 meter, apakah masih lama untuk berbunga? sebab saya melihat di forum tanaman, ada yang tanaman kelengkengnya masih kecil tetapi sudah berbunga.

    2. Saya ada pupuk NPK, kira-kira kapan saya beri pupuk NPK nya? Sekarang ini belum ada tunas baru yang berwarna hijau muda, hanya ada tunas kecil tetapi lama karena warnanya sudah hijau gelap.

    3. Karena di tanam di halaman rumah, dan kebetulan halaman saya tidak terlalu besar, apakah boleh dipangkas ke arah samping supaya tidak tinggi tetapi rimbun ke samping..

    Jika ada email, bisa saya minta agar saya bisa mengirimkan fotonya ke pak Hervin.


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Arya :
      1. asal tanaman sudah sehat, segar dan cukup sinar tinggi semeter bisa berbuah kok, jangan lupa pemupukannya. oh ya saya sarankan agar cepat dan berbuah kontinyu sebaiknya jenis diamond river ditanam di pot besar saja, jangan langsung di tanah.... (apalagi kondisi halaman sempit)
      2. pemberian NPK bisa di berikan dosis rendah tapi rutin (misal 1 sendok makan, di ulangi 4 minggu sekali
      3. bisa juga, gak masalah. lebih bagus bentuk percabangan dulu baru dibuahkan.

      email : herifnsasono@gmail.com

      Delete
  34. Mas numpang tanya, untuk Jenis klengkeng kristal 1, apakah bisa berbuah natural tanpa Booster.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nuqi : sepertinya susah tanpa booster mas, pernah kasus karena aperubahan suhu ekstirm panas - dingin di siang dan malam, jenis itoh dirumah berbunga, tapi juga beberapa dompol dan bunganya kurang bagus alias gagal jadi buah. saya rasa kristal 1 juga se-tipe dgn itoh.

      Delete

Comment