Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

17 Dec 2013

Menikmati Mangga Fallan

Seperti pada tulisan terdahulu, mangga Falan sering di sebut dengan MAPADA (Mangga Panen Muda), dengan ciri khas daging renyah, tanpa rasa masam meskipun di nikmati saat biji buah belum terbentuk sempurna.
Ciri khas lain mangga ini adalah buah muda yang sering kali pecah menjelang tua.  Namun Alhamdulillah berkat pemberian nutrisi (Ca, Mgo dan pupuk lainnya) bisa signifikan untuk menguranginya.

buah kuning keputihan...
Tapi bukan itu yang akan saya bahas dalam kesempatan ini.  Kalau Fallan enak (baca : tidak masam) di nikmati saat buah masih muda, lalu bagaimana jika kita menikmati buahnya saat sudah tua ??


Bermula saat akan melakukan pruning total pada tanaman di rumah, saya petiklah beberapa buah yang sudah tua (tapi belum masak) di pohon.  Beberapa buah pun terkumpul.  Karena saat itu konsentrasi pada pembentukan tajuk tanaman, maka beberapa buah tadi pun saya abaikan.  Mungkin sudah bosen dengan rasa mangga ini yang datar tiada masam ataupun manisnya, sekali lagi membuat buah yang sudah terpetik saya abaikan.


belahan buah tua yang sudah didiamkan 3 hari lebih


memelihara buah tua di pohon, butuh nutrisi tepat
Saat beberapa hari buah di taruh di suhu ruangan, kulit mulai agak keriput dan daging buahpun mulai agak lembek.  Iseng-iseng satu buah saya iris dan mencoba untuk menikmatinya.
Subhanallah....ternyata lain banget rasanya.  Daging buah renyah tidak lembek, rasa manis muncul. Beda saat buah dimakan muda.  Akhirnya buah yang tersisapun tidak saya sia-siakan.... ludes di iris-iris hingga biji nya kelihatan kulitnya.... 

ukuran buah tidak terlalu besar, tapi genjah banget


selamat dari pecah buah berkat nutrisi yang memadai
Jadi jika Anda ingin cara lain menikmati MAPADA Falan ini, maka tunggu tua dikit, lalu simpan di suhu ruangan beberapa hari lagi.  Dijamin ketagihan.....

Semoga Bermanfaat...

10 comments:

  1. wah enak nih kalo punya lahan berlebih :(

    enak ya kayaknya mangganya

    ReplyDelete
  2. mas hervin kok lama ngak posting kemana ya?

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. @tree handayani : kl mau dikirim dari malang bisa contact di 081 333 895 230 (Dini)

      Delete
  4. Pak saya mau tanya , kenapa mangga mangga saya merunduk semua ya ? Padahal saya taro di pot saya kasihan liat nya kalo buruk solusi nya gimana ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. merunduk gimana ya ?
      karena tidak kuat menyangga daun / percabangan atau memang lokasinya kurang panas ?
      coba cek dulu kemungkinannya, kalau perlu lakukan pemangkasan untuk pembentukan tajuk yang lebih bagus....

      Delete
    2. Yaa... sampe ke lantai mas padahal saya taro diatas (siang panas banget di jakarta) emang saya gak pangkas tapi kio jay yang baru kecil pun ikutan merunduk

      Delete
  5. Mas Hervin mau tnya, kenapa buah mangga blm seberapah tua sdh pecah? Terimaksih

    ReplyDelete
  6. @ranu : ciri mangga fallan / thunder ini memang mudah pecah saat buah muda.... yang jelas ini memang dari sononya, tapi beberapa upaya seperti pemberian pupuk Ca disaat perawatan tanaman sampai masa dia berbuah terbukti mampu memperkecil kasus tersebut.

    ReplyDelete

Comment