Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

28 Aug 2008

Ayo Berkebun

ayoberkebun

Berkebun …. Wow… ini suatu kegiatan yang menyenangkan. Daripada melihat halaman rumah kosong, kering kerontang, tidak ada hijau dedaunan, alangkah indahnya bila ditumbuhi pepohonan. Udara akan terasa segar, sejuk dan menyehatkan dengan banyak tanaman disekitar rumah kita. Suasana tempat tinggal pun tampak lebih segar, selain itu rumah kita menjadi indah dan sejuk.
Uppsss.... bagaimana bila tidak punya lahan disekitar rumah untuk ditanami ????

Jangan berkecil hati, jikalau lahan di depan rumah kita sudah tidak ada lagi lahan terbuka karena untuk perluasan rumah dan lain sebagainya, kita masih bisa tanam pohon di pot. Pohon-pohon yang kita tanam nantinya akan menghasilkan oksigen (O2) yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Aneka tanaman dapat kita tanam disekitar rumah kita, mulai tanaman buah, tanaman hias dan bunga, tanaman obat (apotek hidup) dan lainnya.
Tanaman buah, wuih..... alangkah senangnya bila kita bisa memetik dan menikmati langsung dari halaman rumah.

Lihat Mereka ......

panen lengkeng

Betapa riangnya memetik buah lengkeng dari kebun keluarga. Walau sebenarnya buah yang mereka petik masih belum masak benar (setengah matang). Tapi apa jawab mereka sewaktu saya kasih tahu bahwa lengkeng tersebut masih bisa besar lagi dan matang. "Biar begini tapi enak dan manis Om", itulah jawaban lugu mereka............Memang, rasanya enak, manis dan segar seperti pembelaan mereka.....Tapi yang jelas mereka enjoy, itu yang membuat saya dan mereka puas..
Berbagai macam tanaman bunga dan buah kami tanam di "kebun" belakang rumah induk kami, ada bunga kamboja jepang (adenium), bunga anggrek, bunga lili,dll. Ada juga tanaman buah seperti Lengkeng dataran rendah (pingpong, diamond river, itoh, kristalin, aroma durian dll), beach cherry, jambu biji, belimbing, mangga, jambu air, sawo jumbo, srikaya jumbo dll.

7 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Pak herfin kira-kira berkebun apa yang prospeknya bagus sampai 5 th kedepan?

    ReplyDelete
  3. @hendry, utk 5 tahun ke depan bisa dipertimbangkan tanaman durian, lengkeng dan jambu biji sukun kristal serta srikaya NV

    ReplyDelete
  4. om hervin.. itu lengkeng dataran rendah bisa berbuah sejak penanaman di usia berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Adi : lamanya tergantung besar bibit yang ditanam Mas, tapi rata2 di usia 1-2 tahun dia sudah layak diajari berbuah...

      Delete
  5. treatment untuk lengkeng diamond apa ya?
    saya sudah beli hasil okulasi 2 bulan yang lalu, tanam di belakang rumah dengan tanah campuran ada kompos juga.. tapi tunas baru belum2 muncul juga, apa memang lengkeng susah untuk bertumbuh? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aspiandi : treatment sebenarnya sederhana, yg perlu di perhatikan tanaman harus kena full sun, penyiraman rutin, serta pemupukan berkala.
      kalau syarat diatas sudah terpenuhi dan tanaman masih stagnant, coba cek perarakan tanaman, bongkar bila perlu, tanah yang padat, liat dll bisa mengakibatkan pertumbuhan akar terganggu yang berakibat pada pertubuhan tanaman juga.

      selamat mencoba

      Delete

Comment