Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

4 Sep 2008

Tanaman Buah ( I )

Jambu air Red Rose Apple. Bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas dapat menanamnya dalam pot atau drum. Perawatan dan Pemupukan intensif kunci agar tanaman ini cepat berbuah. Pemberian Pupuk NPK 16:16:16 (1 bulan sekali 1 sendok makan) dan pemberian pupuk kandang 2 bulan sekali akan memacu pertumbuhan tanaman ini. Untuk merangsang berbunga (saat musim) dapat diberikan pupuk berkadar P tinggi seberti MKP (Mono Kalium Phospat), pupuk ini juga akan membuat rasa manis pada buah oleh karena kandungan K nya juga tinggi. Rasa buah jenis jambu air ini Lumayan manis, dengan biji relatif kecil. Jangan lupa pemangkasan tajuk perlu dilakukan pada saat perangsangan bakal bunga. Oh ya, ada beberapa saran juga dari rekan, jika masih sulit untuk berbunga berikan minyak ikan sebanyak kurang lebih 2 kapsul dengan cara dicampur dengan air lalu siramkan ke media.


Lengkeng Diamond River, ini merupakan lengkeng dataran rendah, artinya dapat berbuah di daerah rendah dari permukaan air laut (daerah panas) seperti Surabaya, Probolinggo, Pasuruan, Jakarta dsb. Tanaman ini relatif gampang perawatannya, dengan pemupukan teratur tanaman dapat berbuah 3 kali dalam setahun. Pemberian pupuk dengan NPK berimbang, pemberian pupuk kandang secara berkala, dan penyiraman secara rutin akan membuat tanaman ini tumbuh subur. Pemberian Pupuk dengan kadar P tinggi seperti MKP (Mono Kalium Phospat) akan memacu tanaman mengeluarkan bunga. Selanjutnya perawatan biasa sampai terbentuk pentil buah. Sayang buah dari diamond river ini becek dan berair, artinya bila kita mengupas buah matang tangan akan basah oleh air dari daging buah. Walau demikian buah nya memiliki aroma harum dan berasa manis, sehingga layak untuk dikoleksi. Tanaman ini dapat ditanam di Pot dan di tanah langsung. Bibit tanaman bisa dari sambung susu, sambung pucuk (grafting) ataupun cangkok, sedang dari bibit dari biji memerlukan waktu lama untuk berbuah.

Jambu Biji Sukun Merah, tanaman ini terbilang masih sangat terbatas di kalangan hobiis di Jawa timur. Sosok tanaman tidak berbeda jauh dengan jambu biji lainnya, hanya karakter daun yang agak besar dan ujung daun tidak meruncing yang membedakan dengan jambu biji lainnya. Dan yang sangat istimewa, jambu ini mempunyai biji yang relatif sedikit (nyaris tidak ada, kalaupun ada biji tidak sempurna). Perawatan tanaman ini tidak begitu rumit, seperti halnya tanaman buah pada umumnya. Kendala yang sering muncul pada tanaman ini adalah sering rontoknya bakal buah (pentil) yang telah terbentuk, tetapi dengan pemberian pupuk yang berkadar Ca (kalsium) seperti CNo ataupun Kapur Dolomit akan mengatasi kendala tersebut. Bibit yang beredar dipasaran berasal dari okulasi (tempel mata tunas), bibit berasal dari Jawa Barat

Beach Cherry, Tanaman ini berasal dari Australia, namun dapat tumbuh subur di Indonesia, rasa buah seperti jambu air, warna buah matang merah menyala dengan besar seukuran kelereng. Beach Cherry tepat dijadikan Tabulampot dan hiasan di teras rumah, oleh karena tanaman ini rimbun dan perdu dengan buah yang banyak dan berwarna merah menyala. Sayang biji buah juga relatif besar sehingga daging buah tidak begitu tebal. Pengembang biakan tanaman ini dapat dari biji atau pun sambung susu. Untuk sambung susu, batang bawahnya bisa digunakan pohon dewadaru. Bibit dari biji dapat berbuah setelah kurang lebih 2-3 tahun.

Srikaya Jumbo Australia, sesuai namanya tanaman ini konon berasal dari Australia dan dapat tumbuh subur di Indonesia. Rasa Buah relatif Manis, (kalo menurut saya sih tergantung juga dari pupuknya). Pada dasarnya tanaman ini sama dengan srikaya yang ada di tanah air. Yang membedakan pada sosok tanaman yang kokoh, dengan ukuran daun lebih besar, dan tentu saja buah yang lebih besar dari buah lokal. Berat 1 buahnya bisa mencapai kurang lebih 0,5 kg. Tanaman ini agak tumbuh ngelacir (menjulang keatas) sehingga pemangkasan rutin perlu dilakukan. Buah pentil harus segera di bungkus agar buah tidak terkena hama sehingga kita dapat memanennya dengan kondisi mulus. Pengembangbiakka tanaman ini bisa dengan cangkok, sambung susu dan sambung pucuk. Untuk sambung pucuk dan susu disarankan menggunakan batang bawah dari buah si nona (orang jawa bilang Mulwo).

15 comments:

  1. Jambu air Red Rose Apple...wah..saya penggemar jambu air pak...bisa beli bibitnya??sama Beach Cherry juga oak.. harganya jg?/...mohon reply ke email...

    sundayn16ht@yahoo.com
    http://dragononmalang.blog.friendster.com

    ReplyDelete
  2. Mohon informasi nya Pak, dimana bisa beli pupuk MKP nya ?

    ReplyDelete
  3. Pupuk MKP banyak tersedia di kios2 pupuk pak, aslinya mkp pupuk impor,dan dikemas oleh SAPROTAN UTAMA Semarang, harga saat ini kisaran 33 - 35 ribu per kg. Kalau kurang jelas email saja langsung ke saya herfins@plasa.com

    ReplyDelete
  4. saya tertarik untuk menanam cherry, bisa minta info beli bibitnya dimana,dan cara penanamannya??
    terima kasih bisa kabarin lewat e mail saya di graffer_14@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. Mohon infonya, apakah tanaman lengkeng itu berumah dua, jadi harus ada jantan betina agar bisa berbuah? ada penjual bibit yang bilang, ia punya bibit lengkeng yang tidak berumah dua, apa benar ada?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. to anonymouse : memang lengkeng pada jaman dahulu ada asumsi kl pengin berbuah harus tanam 2 pohon. Tapi sekarang itu tidak lagi pak/bu... ada lengkeng jenis baru yang berumah dua, dan mampu berbuah di daerah panas juga (lebih terkenal dgn jenis lengkeng dataran rendah)
    sekedar menyebut jenisnya, dia ada jenis diamond river, pingpong, itoh, aroma durian, puang rai dll

    ReplyDelete
  7. kl bakal buah sering rontok dan busuk kenapa ya pak? sy tdk ingin memakai pupuk kimia. mhn infonya.

    ReplyDelete
  8. to bunda2bunga : beri aja pupuk kandang yang banyak bu, saya juga pernah dengar ada pupuk yang berbahan bakteri pengurai N P dan K, lebih terkenal dengan pupuk hayati....

    ReplyDelete
  9. sy tanam jambu sukun merah tapi bakal buah tidak pernah jadi (rontok) dengan ciri khas bakal buah dan tangkai buahnya selalu mengering. mohon info penanganan lebih lanjut agar buah tidak rontok lagi, thx.

    ReplyDelete
  10. @.. jambu sukun merah memang terkenal gampang rontok saat bakal buah sudah terbentuk.....coba cek ulasan saya di blog ini tentang jambu sukun merah......pada intinya pemberian pupuk yang tepat dgn unsur lengkap termasuk MgO dan hormon giberelin acid merupakan solusinya.. percobaan terakhir dgn penambahan klorofil dgn cara di semprotkan saat bunga muncul juga sangat signifikan hasilnya terbukti 1 pohon beberapa waktu lalu bisa panen lebih dari 50 buah

    ReplyDelete
  11. jambu sukun merah sy belum pernah berbuah mas, baru2 ini sy perhatikan disela2 daun seperti ada kuncup2 yg mau tumbuh, apa itu calon bunga ya mas??

    ReplyDelete
  12. @ anonymous : coba rangsang bunga dng pemangkasan cabang, tunas baru yang keluaar dari bekas potongan biasanya akan membawa bakal bunga.
    kasus anda keliatannya itu calon bunga..

    ReplyDelete
  13. Maaf mohon info... utk beli bibit kelengkeng bisa???

    dengan daerah tanam yang agak panas,,,apakah cocok?

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agen loket : bisa
      coba contact ke 081333895230 (dini) saja,
      untuk jenis lengkeng saat ini bisa kok di daerah panas

      Delete

Comment