Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

10 Feb 2009

Lengkeng Pingpong Thailand VS Vietnam

Lengkeng Pingpong merupakan salah satu jenis lengkeng dataran rendah yang telah populer di tanah air. Sesuai namanya, lengkeng pingpong bisa menghasilkan buah seukuran bola pingpong, dengan catatan harus dengan perawatan dan pemupukan intensif dan bener-bener ditanam di dataran rendah. Informasi yang saya peroleh dari rekan-rekan hobiis, pingpong yang ditanam didataran menengah,(diatas 400 dpl) akan memiliki ukuran buah yang kurang maksimal jika dibandingkan ditanam didaerah dataran rendah (dibawah 300 dpl).

Pingpong memiliki karakteristik
yang berbeda dengan lengkeng jenis lain. Daun yang lebih kecil dan menggulung merupakan ciri khas lengkeng pingpong. Tajuk yang bersifat ngelacir dan percabangan yang sedikit juga merupakan ciri khasnya.

Oleh karena buah terletak pada setiap cabang, maka produktivitas pingpong juga tergantung pada banyak sedikitnya percabangan. Jika menghendaki buah yang lebat, pemangkasan tajuk secara rutin mutlak diperlukan semenjak dini.
Terdapat 2 jenis pingpong di pasaran yang saya ketahui selama ini, pingpong jenis Thailand dan pinpong jenis Vietnam. Lho ???? Apa bedanya ya......



Pingpong Vietnam


Pingpong Thailand

Karena sama-sama berlabel nama pingpong, sebenarnya kedua jenis ini relatif sama. Perbedaan mendasar terletak pada : bentuk daun dan karakter batang.

Pingpong Vietnam :
  • Memiliki ukuran daun yang agak besar / lebar dari pingpong Thailand.
  • Batang kokoh, sehingga tidak perlu ditopang ajir / penyangga bila ditanam di pot / lahan
  • Buah manis, aroma harum dan sedikit lebih banyak kadar airnya
Pingpong Thailand :
  • Ukuran daun lebih sempit dan agak kecil
  • Batang cenderung ngelacir dan kurang kokoh, sehingga perlu ditopang penyangga / ajir
  • Buah manis, aroma khas dan kadar air lebih sedikit (kering)
Itulah perbedaan utama yang ada pada 2 jenis pingpong tersebut, namun keduanya bila dilakukan perawatan intensif serta pemangkasan sejak dini, produktivitas tidak kalah dengan jenis Diamond River. Walaupun ukuran biji relatif agak besar juga, namun Lengkeng pingpong layak untuk dikebunkan dan dijadikan alternatif lain disamping jenis lengkeng yang telah ada dipasaran. Sebagai informasi, hingga saat ini pasokan lengkeng jenis pingpong di pasar swalayan masih sangat-sangat terbatas dan boleh dibilang belum ada, oleh karena belum banyak yang mengebunkan pingpong secara besar.
Para pekebun cenderung melihat pingpong kurang produktif. Namun pendapat itu tidak sepenuhnya betul. Dengan melihat karakter Pingpong Vietnam yang telah saya amati dan telah melihat contoh indukan koleksi milik kenalan, jenis ini layak untuk dikebunkan skala produksi.
Perbanyakan Pingpong Vietnam dapat dilakukan dari biji (3-4 tahun baru mulai produksi), sambung susu, okulasi dan Cangkok. Tidak seperti jenis Thailand, jenis Vietnam ini relatif mudah untuk di cangkok.
Anda berminat mengebunkan..........
Pingpong Vietnam

Pingpong Thailand



Ditanam di Pot

78 comments:

  1. Pak Hervin, slogan blog bapak memang benar, walau tidak mentereng, namun content nya sgt bermanfaat sekali untuk para hobbiis...

    Perkenalkan nama saya yoyo. Saya lagi minat di dunia pertanian. Saat ini saya sedang belajar tambulapot lengkeng pinpong. Di rumah saya memiliki 3 pohon lengkeng pingpong berusia 7 bulan. 2 pohon sy beli di rumah trubus, dan 1 pohon lagi sy beli di pak isto, penangkar lengkeng di prambanan.

    Dalam tips yg bapak sampaikan untuk memacu produktifitas lengkeng pingpong harus dilakukan pemangkasan tajuk rutin sejak dini. Nah yang ingin saya tanyakan: memangkas tajuk yang benar itu yang bagaimana ya? bisa tolong dijelaskan secara teknis.....

    Atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam
    Yoyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, nama sy eddy di kendari..mau tny : apakah benar bhw syarat lengkeng agar berbuah harus ditanam 1 pasang (pny sy hny 1 pohon bibit diamond river). Mohon penjelasannya...thanks

      Delete
    2. @Eddy : untuk lengkeng seperti punya Anda (Diamond River) tidak perlu menanam lebih dari 1 untuk bisa berbuah... dia sudah bisa melakukan penyerbukan silang dalam 1 pohon...

      Delete
  2. syukurlah kl dirasa bermanfaat mas yoyo....

    wah anda beruntung memiliki bibit dari bp isto, indukan pingpong beliau di belakang rumah memang istimewa mas he he he

    secara teknis pemangkasan tajuk dilakukan pada batang yang sudah kelihatan berkayu, jangan batang yang masih hijau. gunakan gunting tanaman yang tajam agar luka potongan rapi. seminggu sebelum pemangkasan lakukan pemupukan pada tanaman.

    selamat berkebun mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas hervin, saya komang dari bali, mohon info, kalau di bali apa ada sub agent untuk bibit lengkeng pingpong unggul yang aseli? saya ragu juga beli bibit di dagang bibit buah dikota saya. mohon infonya. kalau beli di pak isto/pak budi takut kelamaan dijalan ntar bisa bisa kering. kalau harga dan ongkirnya brapa ya kira2 untuk yang 40cm an? thx.

      Delete
    2. @komang di bali :
      maaf mas, untuk seputaran Bali saya masih belum faham, kl boleh tau tinggal di kota mana memangnya ya ??
      sepengalaman saya, selama packing bagus, tanaman masih sehat dan bisa ditanam meski pengiriman lebih 3 hari.

      Delete
    3. thax infonya, saya dari kota negara, kabupaten jembrana, bagian barat bali, dari banyuwangi nyebrang nyampe gilimanuk (bali), dari gilimanuk ke kota negara jaraknya 30 km. ya, banyak sih bibit yang dijual disini,katanya dari jawa, cuman saya agak ragu tentang keasliannya, apalagi kan gak ada lebelnya / sertifikasinya. klw gak terlalu lama nyampenya mungkin saya nyari, mohon info lebih lanjut mas. terimakasih.

      Delete
  3. Terima kasih atas jawabannya Pak Hervin....
    Nanti kalo saya tanya2 lagi jgn kapok ya.

    Trims
    Yoyo

    ReplyDelete
  4. sama sama mas.... any time...

    ReplyDelete
  5. Pak Hervin, maaf tanya kembali,
    masih seputar pemangkasan lengkeng pingpong.
    untuk yang dipangkas itu tajuk utama ya? dan tajuk utama itu yang paling atas? dipotong dari pangkal tajuk atau setengahnya saja pak?

    dan untuk pemupukan seminggu sebelum dilakukan pemangkasan, pupuk yang digunakan apa pak?

    terima kasih atas perhatian dan jawabannya.....

    Yoyo

    ReplyDelete
  6. kl cabangnya belum ada tentu yg dipangkas tajuk utama mas, berikutnya cabang2 yang lain. Praktisnya jika tanaman ngelacir 1 tajuk, pangkas dan sisakan 50-60 cm, dari pangkasan nantinya akan muncul cabang baru (2 - 3 cabang), pangkas kembali cabang baru tersebut setelah memenuhi syarat. demikian seterusnya

    mudah kan, tapi jangan lupa pemberian pupuk juga harus diimbangi. gunakan pupuk npk berimbang saja.

    ReplyDelete
  7. Mas daun lengkeng pingpong yg aq kok seperti garing2 gt ya....apa memang sprt itu? tq

    ReplyDelete
  8. daun lengkeng pingpong berkarakter agak kaku (namun tidak garing) dan melengkung kedalam mas...jika dia kena serangan penyakit (cabuk putih kecil di bawah daun) daun akan semakin keliatan kaku, coba amati daunnya ada penyakit cabuk putih kecil2 tidak...

    ReplyDelete
  9. Mas hervin saya mau tanya kalau mau beli bibit lengkeng pingpong vietnam di mana ya ? oh ya salam kenal dulu nama saya nasikhudin beralamat di jambak simpang empat pasaman barat sumatera barat.rencana saya ingin membeli 20batang.berapa kira" harganya ?

    ReplyDelete
  10. To Mas Nasikhudin : salam kenal juga mas, untuk bibit anda bisa contact bp budi proyogo di semarang di no 08164251462, bp isto di prambanan jogja karta di no 08121561983

    ReplyDelete
  11. Salam kenal Pak Hervin,,,,mohon informasinya dimana saya bisa membeli bibit lengkeng pingpong yg super....Apakah Pak Hervin bisa memberi referensi penangkar bibit lengkeng pingpong yang betul2 mempunayai bibit berkualitas,,terima kasih pak,,,,,,,dari (nova_nierizal@yahoo.co.id)

    ReplyDelete
  12. contact penangkar pingpong ada diatas komentar anda mas

    ReplyDelete
  13. salam kenal Mas Her...
    syukur sy terasa banyak temen 'senasib'
    terus terang walau tanah kebun-ku tidak berhehtar2
    tp tiap tanaman yg ada buahnya pasti ku tanam...
    dgn 'ketemunya' blog ini... kebun-ku jd makin heterogen 'sagala aya' gitu Mas....
    skali lg htr nuhun..
    (a"efot - lembah galunggung)

    ReplyDelete
  14. salam kenal juga Mas..
    semoga kebunnya menjadi semarak menuju go green...
    semoga bermanfaat blog ini

    ReplyDelete
  15. salam kenal mas Hervin
    mau nanya, lengkeng pingpong saya umur 2 tahun daunnya tiba tiba mengering semua dari bawah sampai atas.padahal sehari sebelumnya baik2 saja. kira kira apa yang salah ya. terimakasih

    ReplyDelete
  16. to Boedi :
    ditanamnya di tanah or dipot mas ?? setahu saya jika pingpong mengalami seperti itu, ada yang tidak beres di perakarannya.... daun satu persatu kuning (dari bawah ke atas) dan rontok...
    coba cek perakaran mas, bisa jadi dia busuk ato kena fungi akibat media yang terlalu lembab....

    ReplyDelete
  17. Mas Hervin yth
    Salam kenal ya
    Kalo lengkeng biasa bagaimana ya mas
    Di kebun saya ada sepasang pohon lengkeng, sudah 10 tahun, namun tidak pernah berbuah
    Dulu saya beli dari tukang tanaman buah di Cibeunying Bandung
    Terima kasih
    Salam
    Bambang Pur, Bandung

    ReplyDelete
  18. Mas Hervin yth
    Salam kenal ya mas
    Kalau melon biasa bagaimana ya mas
    Saya punya sepasang melon sudah 10 tahun namun tidak kunjung keluar buahnya
    Dulu saya beli di penjual tanaman buah di taman Cibeunying, Bandung
    Barang kali ada informasi cara mem-buah-kan sepasang pohon lengkeng saya yang mogok tersebut?. Mhn bantu dan informasinya ya mas
    Terima kasih
    Salam
    Bambang Pur, Bandung

    ReplyDelete
  19. to bambang :lengkeng yang anda maksud mungkin jenis lokal mas, tapi sekarang jangan khawatir, dengan aplikasi booster dan paduan pupuk yang tepat, lengkeng akan mampu berbunga, coba cek artikel lain di blog ini untuk lebih detailnya. ato bisa kunjungi blog nya Pupuk AG yang link nya ada di blog ini..
    salam

    ReplyDelete
  20. Pak Hervin,
    salam kenal.
    Ada yang bilang kalau lengkeng adalah tanaman dengan penyebukan silang, yang artinya harus ada 2 lengkeng sejenis yang berada di satu area agar bisa berbuah.
    Mohon tanggapanya.

    Valen

    ReplyDelete
  21. @Valen :
    untuk varietas yang muncul saat ini, menurut pengamatan saya sudah berumah 1, artinya dalam satu bunga sudah ada bunga jantan dan betina, jadi tidak perlu penyerbukan silang antara 2 pohon...

    ReplyDelete
  22. mas, klo misalx dibawah daun lengkeng muncul bercak2/serbuk putih, bagaimana cara mngatasix ? mohon "pencerahannya" ...

    ReplyDelete
  23. bercak / serbuk putih di bawah daun jika serangan parah bisa dirontokin daunnya aja yang terkena, lalu di bakar.
    kalau masih belum parah bisa disemprotkan pestisida yang dicampur dengan larutaan sabun cair...
    selamat mencoba....

    ReplyDelete
  24. mas,selain dengan menggunakan booster untuk memicu pembungaan, acuan untuk pemupukan lengkeng sudah ada standartnya tidak?misalkan sudah bisa minta informasinya takaran/dosisnya berapa?trimakasih (salam,ardiana)

    ReplyDelete
  25. @ardiana : booster menurut saya paling bijak digunakan untuk lengkeng yg susah berbuah atau belum berbuah sama sekali spt itoh, srichompu dll, untuk jenis dataran rendah saya rasa tidak perlu (diamond, pingpong, puangrai, dkk).
    utk yg jenis terakhir ini, kita main dgn stress air dan pemupukan PK tinggi. untuk dosis kita menyesuaikan dengan umur dan besar tanaman.

    ReplyDelete
  26. Di malang, lengkeng pingpong bisa dibeli dimana ya?

    ReplyDelete
  27. pak hervin, salam kenal dari saya. saya sangat bangga sekali punya saudara seperti pak hervi, karna blongnya sangat bermanfaat sekali. sunnguh luar biasa pak.
    saya mau tanya pak hervin. dimana cari bibit lengkeng pingpong yang bukan dari generatif? kalo bisa bibit dari hasil perbanyakan vegetatif? terimakasih pak hervin.
    mohon jawabannya.

    ReplyDelete
  28. @Nurul : terima kasih pak, semoga bermanfaat
    untuk bibit pingpong yg vegetatif (kebanyakan di bikin dari sambung pucuk dan sambung susu ataupun okulasi, bisa di dapat di Bp. Isto di Prambanan, Bp. Budi Prayogo dan Bp Prakoso utk wilayah semarang.

    ReplyDelete
  29. Kalau utuk wilayah pekanbaru bagaimana pak? karna saya berdomisili di pekanbaru.

    ReplyDelete
  30. @Nurul: Pak isto sering kirim ke luar pulau kok,

    ReplyDelete
  31. wah layak di koleksi nih pingpong vietnam...

    ReplyDelete
  32. salam kenal ya pak hervin....
    mau sdikit bertanya nih, kalo perbedaan secara umum lengkeng pingpong dengan lengkeng kristal apa aja ya pa???

    ReplyDelete
  33. @irmanuari : perbedaan fisik bisa dilihat dari bentuk daun, tajuk dan besar buah. daun pingpong cenderung mengecil dan lebih melengkung ke dalam, buahnya lebih besar dari kristal, meskipun bijinya juga ikut besar, tajuk pingpong cenderung lebih ngelacir dgn sedikit percabagan (jika tanpa pemangkasan)....

    ReplyDelete
  34. pa Hervin .. mau tanya lengkeng pimpong baru tanam daunnya jadi layu , apa karena faktor pengiriman selama 4 hari . langkah apa yang harus su lakukan ? terima kasih

    ReplyDelete
  35. pengiriman 4 hari (biasanya media juga dikurangi) memang menjadikan tanaman sedikit stress, harus cepat ditanam (saya sarankan di pot aja dulu), siram dgn zpt penumbuh akar, teduhkan dulu (tidak terkena matahari langsung) kira2 1 mingguan,
    untuk menghindari busuk akar, pemberian fungi dgn jalan dikocorkan juga perlu di pertiimbangkan

    ReplyDelete
  36. Salam kenal pak Her,saya punya pohon klengkeng bibit dr biji import umur dah kr2 4 thn,pohonnya subur tp blm berbuah gmn crnya biar cepat berbuah mohon dibagikan ilmunya mksh. Trs saya mo bl bibit klengkeng,saya tinggal di banyumanik semarang siapa yg bs saya hub ya Her?

    ReplyDelete
  37. @Mia : salam kenal kembali
    kebanyakan lengkeng dari biji (import) bersosok batang kekar, meninggi dengan daun warna hijau pekat serta dgn ukuran daun yang agak besar. Sepanjang yg saya tahu jenis ini susah untuk berbuah alami, namun secara teori bisa di rangsang dengan Lengkeng Booster untuk membuahkan.
    Tapi sebelumnya mohon maaf, terus terang saya belum ada pengalaman / uji coba sendiri utk jenis ini. (karena tidak punya lengkeng besar yg berasal dari biji)
    kl untuk wilayah semarang utk beli bibit lengkeng bisa hubungi Bpk Prakoso atau Budi Prayogo, keduanya memiliki bibit lengkeng yang unggul.

    ReplyDelete
  38. salam kenal mas hervin
    saya syaifuddin di malang,blog sampeyan sangat bermanfaat, dan saya banyak belajar dr blog sampeyan. maaf mau tanya, kalo mau beli lengkeng pingpong di tempat mas hervin apa bisa. saya baru mau coba budidaya tabulampot lengkeng. n harganya berpa?
    mohon jawabannya, terimakasih

    ReplyDelete
  39. @m Sayifuddi : slm kenal kembali
    main-main aja kerumah mas (hari sabtu n minggu / libur)....

    ReplyDelete
  40. mas hervin...blog ini sangat bermanfaat bagi pecinta tanaman buah,
    saya mau nanya mas, kalo bibit lengkeng yg baru ditanam. perlu berapa lama di tutupi dr sinar matahari langsung (apalagi kalo lagi musim panas), trus penyiramannya harus berapa kali sehari????

    ReplyDelete
  41. @Riandy : syukurlah kl banyak manfaatnya mas....
    tergantung tanamnya dimana mas, kl di pot bisa di sembunyikan 1 minggu dulu di geser ke tempat agak teduh, kl di tanah emang agak susah,
    tapi itu semua juga tergantung sama kondisi bibitnya, udah sehat ato belum,
    penyiraman menyesuaikan kondisi panas, bisa 2-3 kali sehari, khusus yg ditanah, bibit akan maksimal pertumbuhannnya jika pasokan air tidak telat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas nanya lagi nih,
      ciri lengkeng yg udah sehat itu gimana??? apa yg udah mulai tumbuh pucuk baru atau gimana???
      untuk pemangkasan, kira2 tanaman umur berapa dn tinggi berapa bisa di pangkas, dan caranya gimana???
      terimaksih

      Delete
    2. udah sehat dalam arti tanaman berdaun hijau segar, tegak dan pertumbuhan sempurna (bentuk daun serta warna normal) pertumbuhan tunas baru juga normal dan tidak mudah layu jika kena panas langsung.
      Pemangkasa untuk pembentukan tajuk / percabangan baru sebaiknya dilakukan pada batang yang sudah berkayu ato gampangnya sudah berwarna kecoklatan (umur relatif), utk bibit bisa dilakukan pada ketinggian 50 cm dari tanah pada batang yg dimaksud diatas.
      utk ilustrasi bisa anda lihat di topik membentuk tajuk lengkeng pingpong.....

      Delete
    3. mas hervin...nanya lagi nih..
      kalo penggunaan pupuk organik, waktunya setiap berapa bulan sekali, trus berapa banyak???

      Delete
    4. @Riandy : kl pupuk organik berupa pupuk kandang yg sudah matang bisa diberikan setiap 6 bulan sekali, dosis kl di pot bisa 3 kg, kl di tanah bisa 20 kg an (1 karung), selain menjaga kesuburan tanah pupuk tsb bisa memaksimalkan penyerapan pupuk kimia oleh tanaman,....

      Delete
    5. MAs hervin...
      kalo pemberian pupuknya setiap sebulan atau dua bulan sekali, dengan dosis 6 kg, bisa gak mas??
      ket: tanaman lengkeng saya baru berumur 2,5 bulan.
      saya mengunakan pupuk organik dr hasil pengolahan biota laut.
      mohon advisenya mas. trims

      Delete
    6. hemm kl tanaman masih imut (2,5 bulan) sepertinya dosis bisa agak kecilan lagi, terlebih jika di tanam di pot.
      bisa diberikan 2-3 kg per 3 bulan sekali....

      Delete
    7. mas hervin..nanya lagi nih..
      kalo pola pemangkasan 1:3:9 maksudnya gimana sih?
      trims

      Delete
    8. maksudnya 1 cabang setelah dipangkas keluar 3 cabang baru, dari masing2 cabang baru dipangkas keluar lagi 3 cabang baru jadi total cabang 9

      Delete
  42. saya kok ngak pernah melihat jenis pingpong diperjual belikan di pasar/super market..? kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena : pekebun jenis pingpong masih sedikit, produktivitas pingpong masih kalah dgn jenis lain, dan yg terakhir beberapa pekebun hasil nya sudah habis diserbu pelanggan yg datang di kebun...

      Delete
  43. matur sembah nuwun mas... saya di lawang, boleh tahu nomer hp/alamatnya mas hervin... saya nyoba nyari di page ini kok gak ketemu... (atau saya yang kurang teliti???)... matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rizky : alamat ada di jl telaga warna blok b no 24 a tlogomas malang mas,, he he sorry no hp emang sengaja gak ditampilkan

      Delete
  44. Maaf pak numpang nanya, saya punya pohon lengkeng cuma buahnya, bijinya besar sedangkan daging buahnya tipis dan tidak mengkal. Gimana caranya agar bijinya kecil dan buahnya tebal dan mengkal?

    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @apoed : biji besar biasanya memang karakter dari jenis lengkeng itu sendiri (spt pingpong misalnya)
      bisa dicoba sih cara ini, saat buah terbentuk seukuran kacang hijau, bisa di semprot pake GA3 sesuai dosis, coba dilakukan 3-4 kali selang seminggu, bila perlu di siramkan juga di perakaran

      pada jenis diamond river ini terbukti bisa membuat biji kecil dan buah tidak becek....

      Delete
  45. saya mau menanyakan, apakah lengken pingpong bisa tumbuh dan berbuah di kota bandung (ketinggian 700-an meter)
    salam Gosbam

    ReplyDelete
    Replies
    1. pingpong bisa saja kok berbuah di ketinggial 700 dpl

      Delete
  46. Wahyudi surabaya16 Oct 2012 14:21:00

    Maz Hervin bagaimana cara membuahkan kelengkeng itoh , saya punya 2 pohon tdk pernah berbuah sdh mau 7 thn maz , di kasi pupuk apa ya , pupuk AG berbentuk cair atau padat maz ?
    soal na susah kalao di bw pergi naik pesawat maz
    thanks maz

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wahyudi : itoh kudu di induksi Lengkeng Booster untuk membuahkannya, pake LB di AG ada yg cair dan bubuk. coba cek di web nya http://www.amazinggrow.com/
      mungkin bisa di kirim via paket ke alamat...

      salam

      Delete
  47. nyambung mas hervin, saya komang dari bali, gmn udah tergambar jarak malang dengan bali (kota negara) kan gak jauh jauh amat. kalau ambil 2(dua) pohon plus ongkirnya kira kira berapa mas nyampe ketempat saya? gmn prosedurnya? mohon infonya. sekaligus kalau jambu kristalnya bibitnya mas punya? tlg infokan juga ya? thx. salam dari bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Komang : nah ini dia saya tidak hapal banget dgn bali, (tmsk kota negara),
      trus ekspedisi yang bisa cepat ke sana juga saya kurang informasi sekali......coba ntar kita cari tahu

      Delete
  48. Slmt malam dan salam kenal mas hervin, saya dwi dri malang. Kalau utk bibit lengkeng putih di area mlg bisa saya dptkan dimana ya mas? Mohon infonya dan trima kasih ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dwi : salam kenal kembali.... yang dimaksud lengkeng putih apa yg varian aroma durian / satu jari / hawae ...

      Delete
  49. Pak Hervin,salam kenal, saya bu widhi dr Solo. Salut atas blog Anda. Saya mau tanya, pohon lengkeng saya hasil cangkokan dr indukan yg msh muda/blm berbuah. Pd awal penanaman (di tanah), terkena penyakit serbuk putih di daun, shg krg subur, daun kaku, agak kerdil, dan batang utamanya tdk tegak lurus/lengkung. saya coba pangkas batang & rontokkan daun. serbuk putih hilang. kemudian muncul cabang pd batang utama 15 cm di atas tanah, bentuknya tegak lurus ke atas, pertumbuhannya cepat & subur, mengalahkan batang utamanya yg masih agak kerdil & berdaun kaku. bahkan skg seolah2 cabang itulah batang utamanya. saat ketinggian 1,5 m, saya pangkas tajuknya, dan dg cepat tumbuh percabangan yg subur. skg umur tanaman sekitar 2 th. pertanyaan saya, cabang yg tegak lurus itu jika dipertahankan apakah akan produktif, mengingat itu bukan batang utama? apakah scr keseluruhan pohon tsb layak dipertahankan/ditunggu hasil buahnya, atau dimusnahkan saja diganti pohon yg baru yg lbh pasti hasilnya? terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Widhi : salam kenal kembali ibu.....
      kalau ibu bisa memastikan itu pohon berasal dari cangkok, saran saya batang yang tegak lurus tersebut patut di pertahankan, bahkan jika perlu batang yang duluan (melengkung) bisa di pangkas agar pertumbuhan terkonsentrasi ke batang yang tegak tadi.

      sayang sekali di sini tidak disebutkan jenis lengkeng apa yang kita bicarakan ini, jadi belum ada saran apakah perlu di pertahankan atau di musnahkan he he he.

      tapi setidaknya bisa dipelihara saja ibu, agar menjadikan halaman hijau serta udara segar, perkara nanti jenis lengkeng yang susah berbuah, Insya Allah bisa dibuahkan dengan menggunakan lengkeng booster....


      salam
      herfin

      Delete
  50. terima kasih responnya yg cepat & informatif, pak. jenis lengkengnya pingpong. kalau memang prediksinya tanaman tsb krg produktif, saya ingin menggantinya dg tanaman yg lbh produktif, karena lahan saya sempit & ingin ada 1 pohon yg bisa menaungi, tp sekaligus produktif. salam, bu widhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bu Widhi : he he kebetulan aja lagi online Bu,
      sebenarnya lengkeng pingpong juga bisa produktif kok, dia suka media yang agak berpasir, terkena sinar matahari cukup (4-6 jam sehari), pemangkasan untuk pembentukan tajuk serta pemupukan yang memadai. Namun menurut saya jenis pingpong ini memiliki karakter buah yang berbiji besar, dompolan yang gampang rontok. sekali lagi ini pendapat pribadi, terlepas dari itu kalau perawatan bagus dia sangat eksoktik jika di tanam dan berbuah di halaman depan rumah

      Delete
    2. terima kasih sarannya, pak. sukses selalu untuk Anda

      Delete
    3. Sama-sama Bu...thanks

      Delete
  51. Salam Kenal Mas Hervin Saya Aksin Dari Bojonegoro. Akhir2 Ini Saya Hoby Sama Tumbuhan Jenis Lengkeng, Nah Sayangnya Saya Belinya DiPasaran Mas, Katanya Sih Bibitnya Dari Malang,, Yang Saya Tanyakan Kalau Orang Bojonegoro Beli Bibit Lengkeng Di Mas Herwin Ada Apa Ndak Ya Mas..?? Maksud Saya Yang Beli Dimas Herwin Terus Dijual Lagi Gitu Mas.. Kalau Seumpama Ada Tolong Infokan Nomer Sekaligus Namanya Mas.. Saya Aksin Dari Bojonegoro Terima Kasih Mas..

    ReplyDelete
  52. @Aksin : untuk jenis lengkeng tertentu memang mudah di kenali dari bentuk daun mas, seperti pingpong, diamond, aroma durian
    jadi beli di pasaran pun tidak masalah
    seingat saya belum ada orang Bojonegoro yang beli bibit di saya dan kemudian di jual lagi mas

    ReplyDelete
  53. Salam kenal mas hervin..saya safri dr bengkulu,blog nya sangat informatif,ats penjelasan mas hervin diatas sya jd tau kalw lengkeng yg sya tanam dipekrangn rumah pimpong viet. Thanks

    ReplyDelete

Comment