Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

19 Dec 2009

Mencegah Rontok Bunga Srikaya Jumbo

Dipostingan terdahulu telah saya ulas bagaimana cara membuahkan Srikaya Jumbo.
Perontokan daun dan pemangkasan akan memacu keluarnya tunas baru yang akan membawa bakal bunga. Namun masalah timbul setelah calon bunga bermunculan, banyak bunga srikaya mekar, kering dan kemudian rontok, seperti keluhan salah satu rekan dekat saya.
Rasa penasaran yang muncul, membuat saya melakukan percobaan dan pengamatan terhadap salah satu pohon srikaya dalam pot ukuran 60 cm, sekaligus untuk menjawab keluhan rekan tadi.

bunga bermunculan setelah perontokan
bunga mekar kering lalu rontok

Penjelasan berikut semoga dapat menjawab keluhan rekan saya, ataupun para pecinta tanaman srikaya :
  • Saat bunga muncul, berikan pupuk NPK dengan kandungan K yang lebih tinggi, dalam hal ini saya memakai pupuk dengan kandungan N 15%, P 10%, K 32%. Saat masa pembuahan pupuk P dan K mutlak diperlukan agar buah terbentuk sempurna.
1 sendok makan untuk 1 pot 60 cm
  • Gunakan juga pupuk yang mengandung unsur mikro seperti Mn, Zn, Cu, Bo, Fe dll. Kebetulan kandungan unsur mikro ini sudah tersedia pada NPK AG Blue yang saya gunakan.
perlu pasokan P dan K serta unsur mikro

  • Tak lupa saya berikan juga pupuk tunggal yang hanya mengandung MgO (Mangnesium Oksida) 16 %. Unsur Mg sangat mempengaruhi pembentukan klorofil tanaman, sehingga fotosintesis berjalan optimal. Selain itu Mg juga berfungsi sebagai katalisator penyerapan unsur P dan K
  • Pemberian pupuk diatas bisa ditabur atau dikocorkan kedalam pot setelah dilarutkan kedalam air dengan dosis 1 sendok teh Mg dan 1 sendok makan NPK yg mengandung unsur mikro diatas ke dalam 3-5 liter air. Karena sifatnya yang mudah larut air, pemberian pupuk ke tanaman bisa ditaburkan juga, setelah itu baru di siram air.
taburka pupuk, setelah itu siram dengan air
  • Ulangi aplikasi 2 minggu kemudian dengan dosis yang sama
Dengan perlakuan seperti diatas, buah pentil dalam pot ukuran 60 cm muncul sekitar 50 buah.

kerontokan bisa diatasi, pentil buah terbentuk

dalam 1 ketiak daun bisa bertahan 2 pentil buah
lakukan penjarangan dan seleksi buah
Lakukan seleksi dan penjarangan terhadap buah, buang pentil yang tidak normal, pertahan kan buah pentil yang berada pada batang yang lebih besar dan berbentuk normal.

hasil penjarangan tahap 1

Jangan lupa bungkus sedini mungkin buah pentil agar terhindar dari serangan ulat.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat !

66 comments:

  1. Thx u mas....mdh3an srikaya aq bisa berbuah n bunganya gak rontok lagi...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mas. Sesuai dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini. Artikel yang bagus, sukses selalu ya.

    ReplyDelete
  3. wah banyak bener buahnya mas, luar biasa. Btw, pohonnya dah segede apa ya ?

    ReplyDelete
  4. sama-sama mas..... semoga tidak rontok lagi...

    terima kasih juga Mas Rudy....itu buah harus saya jarangi dulu, soalnya pohon cuma sebesar jempol kaki (liat di foto pas naburin pupuk)....

    ReplyDelete
  5. saya mau coba nih. udah berkali2 keluar bunganya tapi rontok melulu.
    Mudah2an dengan cara ini berhasil. Terimakasih infonya yaaa

    ReplyDelete
  6. yulisa : semoga berhasil.....

    ReplyDelete
  7. Om Hervin, saya Ery.. (sabun2004 dari forum tanaman).. thanks bgt tentang ulasan pohon srikaya nya.. ada rencana mo bikin tambulampot srikaya dan delima..

    ReplyDelete
  8. Ery : sama-sama bro... semoga berhasil...kl ada masalah dll pm aja he he he

    ReplyDelete
  9. Siang mas, moga kabar baik..
    Rencana pangkas2 daun srijum yg dulu belum terlaksana krn asik ngamati dahan muntirnya dan kesibukan lain. Akhirnya malah sy tunda krn hari2 skrg si srijum mulai bnyak bunga lg dan besar2. Sebagian masih juga terlihat mengering dan rontok. Tritmen yg sudah per 2 mgu adalah 3 sdm NPK-15-10-32 plus mikro, 3 sdt Mgo-16. Selain itu pada aplik yg trakhir sy tambah dgn 3 sdt Instant CaO-15.5-0-0-26.5.
    Sekedar apdit saja, mungkin ada advis ubah dosis. Thanks,
    /LENQkenq

    ReplyDelete
  10. siang juga Pak... wah ternyata dah berbunga ya tanpa pemangkasan...hemmm tingkat kerontokan / kering bunga berapa % ya ? coba aplikasikan tiap minggu aja pak, dgn dosis 1/2 dari yg diterapkan hingga pentil buah terbentuk.
    trus kl masih rontok juga coba perhatikan : adakah serangga / lebah dkk yang membantu penyerbukan ??
    ini ternyata juga sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan pembentukan bakal buah...
    teknik pemotongan separo terhadap bunga yg masih kuncup (teknik bp edy susanto tebuwulung nursery) juga bisa diterapkan.

    ReplyDelete
  11. eh kelupaan... kl kita dah kasih npk spt diatas, trus ditambahkan caO kl dihitung2 kebanyakan unsur N nya, yang mana N berlebihan kurang bagus di saat tanaman dalam fase Generatif (pembuahan)... so mungkin alternatif nya kasih caO tapi npk nya diganti MKP saja yang kandungannya cuma P dan K.
    ato ca nya diambilkan dari kapur dolomit (yg kandungannya cuma ca dan Mg)...apalagi kl tanaman di tanah, dolomit cocok utk di aplikasikan....tambah bingung ya ....he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum. Malam pak hervin, bole dijelaskan pak merek N 15%, P 10%, K 32% nya apa ya namanya? Kl saya punya Growmore 6-30-30 atonik dan dolomit bisa kah sbagai gantinya? Bagaimana dosis pe ggunaannya masing2 ya... nuhun :)

      Delete
    2. @Nurmariza : banyak dipasaran sih, kebetulan saya pake Amazing Grow pembuahan, bisa digunakan pupuk yang Anda punya, dosis nya sesuai anjuran di kemasan utk dolomit 1 gengam tangan aja cukup, untuk atonik bisa dibaca sesuai anjuran (yg ini saya sangat jarang pake sampai sekarang)

      Delete
  12. Thanks mas..
    Nah itu dia yang bikin gimeng bin possang, jurus potong separo itu sudah berkali sy aplik sejak belum kenal jurus MgO. Tiap bunga yg sy potong separo sy tandai tangkainya spy mudah dikenali kalau jadi buah. Eh, nggletek sama saja, garing dan rontok semua, hehe.. Jurus lain yg jg pernah adalah kilik2 bunga pake kuas lembut. Mungkin pada wahing semua, hasilnya ya sami rawon..
    Faktor lebah/serangga, kok ndak pernah sy lihat. Coba besok sy amati lagi mas..
    Faktor N dalam CaO itu masuk akal. Oke sy skip saja krn sy jg punya Ca dari Gro***re dgn P-24, Ca-36 plus S,Cu,B,Zn dan Fe. Mg sudah dari MgO, artinya tinggal K yg kurang, bisa dari KCl.
    Oke sy coba pola mingguan mulai hari minggu. Thanks mas, salam..

    ReplyDelete
  13. Wah iya mas, sudah sy amat2in dua kali pagi sy ndak nemu seekor lebah atau serangga lain yang mengunjungi bunga srikaya saya. Beda dengan lengkeng yang sempat saya potret adegan kunjungan lebah item.. Terus kumaha dong..

    ReplyDelete
  14. he he he ni yang jadi pusing.... mgkn bisa di coba gini pak, pasokan pupuk spt yg saya sarankan, potong pucuk bunga sebagian sebelum mekar biar masa mekarnya lebih cepat / lama, agak kurangi daun2 di dalam tajuk supaya hembusan angin masuk, dengan harapan penyerbukan bantuan angin....namun hal ini tentu saja dgn catatan bunga hampir mekar serentak ato tanaman lebih dari 1 dan hidup berdampingan....he he susah ya....soalnya di rumah everything is sae-sae kemawon nih

    ReplyDelete
  15. Selamat bro, wajah baru blog ini oke banget. Tetap banyak ide buat menulis dan sukses selalu..

    ReplyDelete
  16. saya sangat tertarik dengan tabulampot lengkeng tanpa biji.
    bagaimana cara pesan bibit, dan berapa harganya.

    ReplyDelete
  17. mas.... aku kemaren nyari di toko pertanian... kok ga punya npk ag blue... dan mgo ya.... nyarinya dimana ya... ada yang bisa bantu... aku di bogor... thanks before...

    ReplyDelete
  18. coba cek di wib amazing grow saja..http://www.amazinggrow.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Hervin kalo pake pupuk majemuk " urea, sp36 dan kcl " gimana cara meramunya ? Matur nuwun... salam Bambang Cianjur.

      Delete
    2. @bambang, hemm maaf saya tidak handal dalam meramu pupuk tsb, ada hitung2an kandungannya.
      secara gampang jika kita campur 5 gr urea, 10 gr sp36 dan 10 gr kcl bisa digunakan untuk tanaman yang sudah / saat masa berbuah /berbunga

      Delete
  19. pak hervin, terima kasih sharingnya, perlu saya coba untuk sarikaya dan jambu sukun merah saya yang suka rontok juga. oh ya...saya suka ngasih pupuk alami seperti pupuk kandang(tai kambing kering), dan daun bambu kering) apa kedua bahan ini mengandung unsur N yang tinggi ?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. bisa saya coba nih. thanks ya pak.
    tanaman saya selama ini dikasih pupuk kandang (tai kambing kering) dan daun bambu kering pak, apakah kedua bahan ini mengandung unsur N yang tinggi, bisa ndak tercukupinya unsur yang dibutuhkan untuk proses pembuahan ini dengan pupuk alami tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Syauqy Naji, pupuk kandang sangat sangat dianjurkan disamping menambah unsur hara jg berfungsi sebagai storage utk unsur hara itu sendiri karena pupuk kandang dan daun2nan kering seperti daun bambu banyak mengandung unsur carbon sebagai pengikat unsur hara s3hingga puouk kimia yg kita berikan tdk larut turun terbawa air dan terikat oleh unsur carbon. pengalaman sy pd percobaan terkontrol dan treatment yg sama pd tanaman pepaya sangat nyata perbedaanya..... yg di beri kombinasi pupuk kandang dan pupuk kimia pertumbuhan dan produktifitas sangat berbeda 1:3 di kombinasi dg pupuk mikro tentunya... karena semua tanaman butuh jg unsur hara mikro ibaratnya fiitamin lah....tetap s3mangat... hidup taniii.... hehehe

      Delete
  21. @syauqi naji : sebenarnya pupuk kandang yang anda berikan bagus sekali untuk media tanam dan pertumbuhan tanaman, tapi sayang unsur yang terkandung di dalamnya masih belum mencukupi utk tanaman diatas.
    kl boleh saya logikakan secara sederhana begini : kalau kita bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah / media tanam, pemberian pupuk kandang dan bahan organik lainnya adalah SANGAT TEPAT, tapi jika kita bermaksud memberikan nutrisi untuk tanaman (baik dalam rangka membuahkan maupun memacu pertumbuhan), maka Pupuk Kimia lah yang COCOK....pemberian keduanya secara bijaksana Insya Allah akan menjadikan tanaman tumbuh subur....

    ReplyDelete
  22. mau nambahin . penagalaman saya. pertama kita pangkas semua daun dan ujung tajuk.kedua kasih NPK dengan kadar P Tinggi. ketiga ketika bunga muncul, tunas pada tajuk dipotong lagi supaya nutrisi konsen ke bunga dengan begitu banyak bunga yang setelah mekar jadi bakal buah.ke empat jika bakal buah jadi kasih pupuk lagi NPK dengan Kadar K Tinggi. selamat mencoba ....tips dari kota magetan

    ReplyDelete
  23. maturnuwun Gan... Sangat bermanfaat infonya..

    ReplyDelete
  24. Terima kasih sharingnya pak Hervin..
    saya punya koleksi tanaman tersebut sekitar agustus 2009, skrg sdh 3 th lebih umurnya dan baru menikmati buahnya 3 biji. saya sdh coba semua prosedurnya tp ternyata bunga rontok trus. saya amati ternyata tidak ada hewan yg bantu penyerbukannya. saya akhirnya cari info lg di mbah google, dan dpt cara tuk bantu penyerbukannya. saya sdh terapkan 2 minggu, minggu pertama gagal dan minggu kedua coba trus akhirnya berhasil. dari semua yg dibantu bisa jd bakal buah..
    selamat mencoba tips ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo , apa boleh saran nya dibagikan agar kami juga boleh mencoba ? terimakasih

      Silayana

      Delete
    2. Selamat malam pa Hervin,, yg mau saya tanyakan tidak ada hubungannya dengan srijum.Saya dah lama bingung lihat pohon sirsak dikebun saya. Beberapa tahun yl ada juga tanaman sirsak dikebun, berbunga dan berbuah tidak berhenti. Sekarang ada 3 tanaman sirsak, yg 2 pohonnya besar , subur, daunnya besar2, tp bunganya hanya beberapa. Yang satu bunganya banyak sekali, sampai2 dalam 1 cabang ada lebih dari 5 bunga dan hampir setiaphari ada bunga yg matang, tapi tidak ada satupun yg jadi buah. Mohon diberitahu, apakah pupuk yg harus diberikan sama dengan srijum? kata beberapa kawan, harus ada semutnya. Semut banyak sekali yg mengerubungi calon bunganya. tp tetap saja tidak jadi buah. tolong dong pak Hervin, gimana nih. terima kasih

      Delete
    3. @Farras : betul sekali mas, Alloh menciptakan kumbang, tawon dll salah satu tujuannya untuk membantu penyerbukan srikaya ini. Agak bermasalah jika ciptaan Nya ini jarang/tidak ada di sekitar tanaman kita. so tips penyerbukan manual yang Anda dapatkan memang jadi salah solusinya. monggo di share di sini supaya bisa berbagi....

      Delete
    4. @Abida : selamat siang....
      jika tanaman dalam kondisi sedang berbunga atau berbuah usahakan berikan pupuk NPK yang N nya rendah atau Tinggi unsur K nya. penaburan dolomit (kapur pertanian) setahun sekali (1 kg utk 1 tanaman besar misalnya) juga bisa membantu mengurangi kerontokan bunga dan buah.
      kandungan Ca dan sedikit Mgo di dolomit diperlukan tanaman untuk tumbuh sehat dan kokoh sehingga bunga rontok bisa di minimalkan.

      selamat mencoba

      Delete
  25. top markotop artikelnya

    ReplyDelete
  26. pak semua aplikasi diatas sudah saya terapkan tapi cuma 3 bh saja bunga yang jadi pentil dan menjadi buah mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 buah dari berapa bunga ya.... selain faktor diatas keberadaan serangga dalam membantu penyerbukan juga berpengaruh

      Delete
  27. Mas saya sudah terapkan aplikasi diatas dg bunga yg lumayan banyak, namun kog masih saja bunga menghitam fan rontok? Apa karena tiap hari disiram? Padahal penyiraman hanya di sore hari saja tiap hari karena cuaca saat ini panas. Mhn sarannya mas. Thsnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandungan pupuk yang diberikan ?? usahakan N rendah, ada unsur mikro dan MgO nya....
      penyiraman secukupnya....
      disebelah tanaman bisa di letakkan tanaman sejenis (srikaya) dgn tujuan membantu penyerbukan silang

      Delete
  28. Saya pake AG pembuahan dg dosis 2 sendok makan+Mgo 1 sendok makan namun kog masih menghitam dan rontok? Bunganya memang banyak namun kog masih hitam dan rontok juga? Aplikasi saya berikan seminggu sekali dan telah berjalan 1,5 bulan ini. Apa ada yg salah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kasus terjadi demikian meski pemupukan sudah bagus, ternyata banyak terjadi di daerah panas (dataran rendah) dengan penyiraman air menggunakan air PAM yang ada kandungan kaporitnya.
      tetepi kabar gembiranya, setelah tanaman berumur (batang sudah mulai besar), akan muncul bunga dan buah (dgn pemangkasan cabang tentunya). ini pengamatan saya di daerah seperti Surabaya yg notabene jenis NV ini susah sekali untuk menjadi buah...

      so jangan putus asa....keep spirit

      Delete
    2. Mas, sy juga mempunyai masalah yg sama, yaitu bunga menghitam. Saat ini sy menggunakan pupuk cair Magic Grow dari green world. Apakah ada solusi lain ?
      Tanaman saya berumur 1 tahun ditanam di pot ukr. 50 ltr. Thks

      Delete
    3. tunggu tanaman sehat n tua dulu.... berikan pupuk rutin (sedikit / dosis kecil, tapi sering)

      Delete
  29. permasalahan yg sama,..,tp nyari pupuk di trubus malah disaranin pake pupuk pn. sm yara mila...kira2 bagus ga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya tidak tahu kandungan pupuk yang anda maksud, jadi kurang bisa kasih komentar.... intinya pake kandungan pupuk PK tinggi, plus mgo, plus micro ...

      Delete
  30. Jalo pohon ditanem ditanah gmn? Bukan dipot...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kevin jaya : kalau ditanah relatif lebih mudah. selain pupuk diatas bisa juga ditambahkan kapur pertanian 1-2 genggam orang dewasa per tanaman.

      Delete
    2. mas hervin, saya penggemar berat blog ini, buku terbitan mas hervin juga sudah jadi koleksi saya (nggak ngrayu lho mas he he he..), klo untuk mencegah rontok srijum hanya menggunakan MKP dan kapur dolomite apa bisa efektif untuk mencegah kerontokan srijum ya? klo bisa berapa dosisnya? karena ditempat saya kedua pupuk itu yang mudah didapatkan. Tks

      Delete
    3. @Yonas Pramono : senang rasanya punya penggemar he he he... semoga bermanfaat deh bukunya. Kapur dolomit bisa digunakan kok untuk membantu mencegah kerontokan, kandungan Ca dan Mgo (meskipun kecil) bisa membantu mengatasi masalah tsb. kombinasi dengan MKP juga ciamik.
      dosis dolomit bisa diberikan 1 genggam untuk tanaman diameter 4-7 cm, kalau tanaman nya agak besar bisa ditingkatkan. untuk MKP bisa diberikan seminggu sekali dengan dosis 1 sendok makan dilarutkan dalam 3-5 liter air lalau di kocorkan di perakaran. oh ya pastikan asupan NPK seimbangnya juga sudah dilakukan sebelum itu.

      Delete
    4. Sipp,Mas Hervin.Terima kasih atas pencerahannya, segera saya coba karena saya baru saja beli kapur dolomit.Tks

      Delete
  31. Terima kasih mas infonya, ini yg saya cari, secara srikaya NV sy bunganya rontok terus padahal penasaran tiap hari ditengokin ternyata ga ada yg tersisa, begitu bunga mekar langsung menghitam dan rontok. sy kasih pupuk kandang apa bisa berpengaruh ato ga ya. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iim dahiman : pupuk kandang bisa juga diberikan, tapi usahakan yang sudah matang atau sudah lama (menyerupai tanah dan tidak berbau).
      tapi saran saya pupuk kimia juga diimbangi.

      Delete
  32. ok mas, sabtu besok saya mau coba aplikasiin AG pembuahan yg sudah saya beli,sy sudah beli AG pertumbuhan, AG pembuahan, MgO 16%, AG amino, DeKaPe, karena selain srikaya NV,kebetulan saya juga ada jambu biji merah sukun, jambu air madu deli (masih kecil), jeruk lemon (masih kecil) dan jeruk chokun (beli sudah berbuah). secara umum sepertinya sudah dibahas semua di blog mas ini,terima kasih.

    ReplyDelete
  33. Pembuahan berhasil jika benang sari ketemu dengan putik bunga. Dulu saya mengalami hal yang sama, hampir seluruh bunga rontok, termasuk meski sudah saya potong separuh seperti yang banyak disarankan di internet.Setelah saya amati, tidak ada serangga yang membantu penyerbukan alami. Berbeda dengan bunga jambu citra saya yang tumbuh tidak jauh dari pohon srikaya. Mungkin karena benang sari dan putik tertutup oleh selubung bunga yang cukup panjang dan menutup benangsari dan putik sehingga serangga enggan mampir. Oleh karena itu, satu-satunya cara adalah penyerbukan manual. Rada repot, tapi asyik juga melakukan kawin paksa, apalagi saat melihat putik buah bergayutan di ranting

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ supriyono : nice sharing....
      cara lain, tanam tanaman sejenis lebih dari 2, supaya mengundang serangga untuk datang sehingga membantu penyerbukan.
      namun tetap jangan lupakan nutrisinya

      Delete
  34. Mas, mau tanya, knp srikaya jumbo ku daunya layu, Batang keriput dan tunas gk tumbuh mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek perakaran, biasanya ada masalah di perakarannya, media bisa jd padat kurang porous....

      Delete
  35. Bentuk bunga srikaya jumbo saya kok melebar ke samping berbentuk segitiga tidak memanjang seperti punya pak hervin. Bunganya banyak tapi tdk pernah jadi buah. Apa betul ini srikaya jumbo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Iwan : sebenarnya bisa (lebih mudah) di identifikasi melalui bentuk daun kok, dia berdaun lebih lebar n besar, tajuk cenderung ngelacir / memanjang dengan sosok tanaman yang kokoh

      Delete
  36. mas srikaya jumbo saya bentuknya gak ideal, gak besar".. saya media pot. itu bagaimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rangga : coba perhatikan media tanahnya, trus pemberian pupuknya memadai tidak..

      Delete
  37. Mau nanya nih Pak, brrti itu yang dipakai cm MgO + NPK AG blue saja tnpa NPK yg N 15% P 10% K 32% atau gmn?mohon kesediaannya untuk mnjwb prtnyaan saya terimakasih.

    ReplyDelete

Comment

Powered By Blogger