Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

12 May 2009

Vermillion Cherry

Sosok buah yang satu ini tidak jauh beda dengan buah dewa daru yang terkenal di Kota Malang Jawa Timur (Gunung Kawi).  Dari karakter dan bentuk daun, bentuk buah Varmilliont Cherry memang sekilas mirip dengan buah Dewa Daru.  Perbedaan baru nampak bila kita coba petik buah matang dengan warna merah tua dan mencicipinya.  
Rasa segar perpaduan masam manis dan ada aroma seperti jambu mente / jambu monyet menjadikan ciri khas rasa Varmillion cherry ini.  Berbeda dengan buah dewa daru yang didominasi oleh rasa masam.

buah matang merah menggoda
Varmillion Cherry dapat tumbuh subur didataran
rendah maupun menengah.  Degan tidak mengenal musim, buah akan muncul susul menyusul tanpa henti jika dirawat dengan intensif.


karakter daun mirip dewa daru
Seperti Beach Cherry, pengembang biakkan tanaman ini dapat dilakukan dengan biji, dan sambung susu.  Bibit dari biji memerlukan waktu yang agak lama untuk tumbuh dan berbuah. Sebagai solusinya dapat dilakukan dengan cara sambung susu dengan menggunakan bawah dewa daru. Cara sambung susu dapat dilihat pada postingan terdahulu di topik sambung susu beach cherry.
Sosok buah matang yang merah tua menggoda menjadikan tanaman ini baik dijadikan salah satu tabulampot koleksi....

buah belum matang

berbuah terus menerus tanpa kenal musim

biji buah relatif kecil
Semoga bermanfaat...

44 comments:

  1. bibitnya bisa beli dimana pak?
    thanks

    ReplyDelete
  2. kebetulan saya ada bibitnya pak kalau berminat silahkan,

    ReplyDelete
  3. saya ada email ke yahoo Bapak kemarin

    ReplyDelete
  4. Halo pak Hervin .... menarik juga ya Vermillion Cherry ini ...masih punya bibitnya pak? Saya tinggal di Balikpapan ...mm kira2 bisa tumbuh di suasana equatorial gitu gak ya?

    ReplyDelete
  5. Halo juga pak .... memang sekilas kayak buah dewa daru ini vermilliont pak, baik bentuk buah maupun daunnya, tapi rasanya yang menurut saya agak eksotik..... bibit sambung susu masih tersedia pak, insya allah bisa juga tumbuh di daerah balik papan, lumayan bandel kok tanaman ini....

    ReplyDelete
  6. Menarik tanaman ini. mohon info dimana saya bisa memperoleh bibitnya saya ada didaerah bekasi jabar. terima kasih

    ReplyDelete
  7. saya ada bibit dr sambung susu mas.bs contak di 08123385161

    ReplyDelete
  8. Pak Hervin beli bibitnya harga berapa kalau kirim ke semarang jadi total berapa harganya ; kalau buah cherry yang benar - benar bulat itu namanya cherry jenis apa ya pak kalau itu ounya bibitnya nggak pak skalian harganya berapa ??
    bisa di email ke saya pak di oranjie@yahoo.com

    saya tunggu kabarnya
    terima kasih
    hendra

    ReplyDelete
  9. harga bibitnya berapa saya ada di jakarta iswandi_l@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. selamat malam Pak Hervin,

    saya aditya (kpu32) warga baru FT kaskus
    di rumah saya ada taneman dewandaru, yg saya mau tanyakan : bisa/tidak sih buah dewandaru dimakan?

    setelah baca2 di sini, ternyata bisa sambung dg vermillion cherry ya Pak, smoga ntar suatu saat saya bs dpt pohonnya jd bs sambung susu dg dewandaru.

    terimakasih

    ReplyDelete
  11. @Aditya : dewa daru buahnya bisa dimakan mas, tapi rasanya agak sedikit masam jika dibandingkan vermy...., karena lebih "eksotik" maka vermi lebih banyak diperbanyak, dan salah satu cara cepatnya lewat sambung susu, dgn menggunakan batang bawah dewadaru asal biji....

    salam

    ReplyDelete
  12. pak sy sdh pernah nyari bibit ini disby tapi gak ada.susah pak.kalo bpk punya kalo dikirim ke sby brp harganya ? email sy clarrisse_renaldi@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. coba kontak ibu dini aja langsung di 081333895230

    ReplyDelete
  14. boleh share perawatan intensif nya apa aja?
    thank you

    ReplyDelete
  15. ricky : selain harus kena panas, pemangkasan rutin akan mampu merangsang keluarnya bunga pada tanaman ini, jangan lupa beri pasokan nutrisi yang memadai untuk itu.....

    ReplyDelete
  16. hari ini saya baru pindahkan dari pot kecil (6liter) ke pot ukuran sedang (40cm). apakah sudah boleh langsung diberikan nutrisi yg saya baca dari blog ini. (di siram dgn PK)..??
    bagaimana baik nya?

    ReplyDelete
  17. asal saat pemindahan bola akar tidak terkoyak bisa di berikan nutrisinya. ingat kunci sukses nya juga di pemangkasan pada batang yg sudah berkayu dgn warna kecoklatan

    ReplyDelete
  18. Hai Pak Hervin,
    masih punya vermillion cherry nya? sambung susu ataupun cangkokan...?
    berapa lama yah untuk berbuah kalo bibit dari pak Hervin?

    ReplyDelete
  19. @joe : masih ada beberapa bibit sambung susu....karena entres atas dari indukan yang sudah sering berbuah, bibit akan mudah / cepat sekali berbuah dgn teknik sambung susu.....(kurang lebih 1 bulan dgn perawatan rutin sudah mampu berbunga)

    ReplyDelete
  20. Pak, bisa saya pesan?
    bagaimana cara pesannya?
    berikut biaya kirim yah pak.
    saya ada di jakarta, bisa pm ke yichai@yahoo.com

    trima kasih

    ReplyDelete
  21. @joe : barang terkirim hari ini.....thanks

    ReplyDelete
  22. Waktunya menanti kedatangan pesanan dgn H2C (harap harap cemas) buat nambah koleksi di rmh...
    Smoga gak stress dgn perjalanan jauh..
    Terima kasih yah pak Hervin.

    ReplyDelete
  23. Akhirnya yg ditunggu2x sampai juga, smua dalam kondisi baik, koleksi tambulampot nya bertambah lagi, ini semua berkat pak Hervin yg bersedia membagi koleksinya. kalo dilihat dari pohonnya, memang benar dalam waktu kurang 1 bulan dgn perawatan rutin tentu sudah mampu berbunga.

    ReplyDelete
  24. @ joe : oke siip deh.....semoga tumbuh subur disana..

    ReplyDelete
  25. di jakarta beach cherry bisa berbuah gak?

    ReplyDelete
  26. @pat : sangat bisa sekali...

    ReplyDelete
  27. Mas bibitnya masih ada? harganya berapa? kalau kirim ke Depok jabar? ada hp yg bisa dihubungi. Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Mas bibit vermiliont cerry dimana ya belinya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl di daerah malang bisa mampir ke rumah, banyak bibit asal sambung susu

      Delete
  29. Mas beli bibit vermillion cerrynya dikirim ke pekanbaru bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kontak aja ama Dini di 081333895230,
      kapan hari bisa kok kirim ke luar pulau

      Delete
  30. Halo pak,
    Mau tanya,dimana ya saya bisa dpt bibit cherry manis(prunus avium)??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sinyo : untuk jenis prunus avium kebanyakan tumbuh di iklim yang subtropis, so sptnya di Indonesia setahu saya belum ada yg menyediakan bibitnya....

      Delete
  31. mas hervin
    saya punya tanaman ini ,sudah ada di pot kira kira 5 tahun yg lalu,sempat sih berbuah,memang enak banget buahnya,maknyuuss.tapi ya cuma sekali kalinya berbuah.yah salah saya juga sih,ga fokus mengurusnya,kemarin tanamannya saya pindahkan ke media tanam yang baru,dengan komposisi media tanam sekam, pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1:1: 1/2.sebelumya saya pangkas exstrim seluruh daun.o ya sebelum di tanam pada bagian bawah tanah saya taburkan 2sm furadan.yang mau saya tanyakan kapan saat yang tepat untuk melakukan pencangkokan,
    saya ingin memperbanyak dengan cara cangkok,soalnya batang dan rantingnya banyak sekali.
    mohon infonya ya mas,tanaman ini pemberian almarhum ayah saya,saya ingin merawatnya sepenuh hati,sebagai ungkapan rasa sayang saya kepada almarhum.
    ( duhhh kok mendadak jadi sensi begini )
    o ya jawabannya juga bisa di kirim ke no hp saya 081398440425
    terima kasih banyak ya mas,mohon maaf jika merepotkan
    ( ivo susilawati )

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ivo : untuk dicangkok coba tunggu tanaman sehat dulu mbak, kan baru ganti media. biarkan tunas baru muncul, setelah nampak sehat baru bisa dicangkok, pilih batang / cabang yang menjulang keatas sebagai bahan cangko.
      oh ya,jka cabang terlalu banyak, bisa dilakukan pemangkasan untuk merangsang dia berbuah

      Delete
  32. mas hervin gmana caranya bedain pohon vermiliant cherry dan lolita cherry?bisa diliat dari bentuk daunnya gak?makasih
    (saya welly di jateng)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Welly : saya sendiri belum punya lolita cherry mas, jadi kurang bisa komentar banyak...tapi sekilas dari foto yang saya lihat memang mirip sekali... beda di warna buah matang sih katanya.... lolita 'katanya' agak kehitaman kl matang

      Delete
  33. malam pak Saya mau nanya, harga bibitnya berapa dan bagamana pembeliannya, saya tinggal dibekasi. Terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @irfan augusta : bisa cek di kotak sebelah kanan atas di blog ini

      Delete
  34. kira2 vermillion cherry rasanya cenderung manis/ cenderung asam om hervin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @muh muldi : di tempat saya sih cenderung manis

      Delete
  35. oya om hervin , yang membedakan vermilion cherry dengan suriname cherry apanya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya suriname cherry = dewa daru di negri kita, secara karakterisktik daun dan buah identik dgn vermy, hanya rasa yang membedakan. kira2 seperti itu

      Delete

Comment