Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

25 May 2009

Jambu (Biji) Sukun Merah Susah Berbuah ???

Jambu biji sukun merah saya kok tidak pernah jadi ya buahnya, setiap keluar pentil selalu saja rontok !!! Kenapa ya ? 
Itulah pertanyaan yang sering saya dapatkan dari rekan dan kenalan yang mencoba menanam jambu biji sukun merah.

 
Daging buah merah, relatif tanpa biji

Sebenarnya pertanyaan itulah yang saya alami
pertama kali menanam jambu jenis ini. Tanaman ini sebenarnya mudah untuk keluar bunga, seperti pada umumnya jambu biji lainnya.  Satu tangkai bahkan bisa keluar sekitar 4-8 bakal bunga.  Namun begitu buah pentil terbentuk, satu persatu akan berguguran, bahkan sampai tak tersisa.  Tidak seperti pada jenis jambu biji getas merah misalnya, pentil buah bisa bertahan menjadi buah matang hampir 95 %.
Bakal bunga mudah & terus menerus keluar

Pada awalnya saya kira tanaman terlalu kebanyakan air dan kekurangan pupuk dengan kandungan Ca.  Pemberian Ca saya lakukan dengan memberikan pupuk CNo (kandungan nya N dan Ca yg banyak tersedia di pasaran).  Namun pemberian tambahan Ca ini tetap tidak mampu mencegah kerontokan masal pada buah pentil.  Dari 12 buah pentil cuma bertahan maksimal 2 buah hingga bisa panen.
Pentil buah rawan rontok.....

Akhirnya lewat diskusi dengan seorang kolega, ketemulah resep jitu dan sudah saya buktikan untuk membuahkan jambu biji sukun merah hingga matang di pohon.

Berikut kurang lebih kiat-katnya :
  • Berikan pemupukan berimbang terhadap tanaman yg siap di buahkan, penambahan pupuk kandang yang sudah masak akan sangat membantu.
  • Lakukan pemangkasan pada ujung daun jambu ini untuk merangsang munculnya bunga, pemberian pupuk dengan kandungan P & K yang lebih tinggi dapat di lakukan 1 minggu sebelum pemangkasan
.
Mg mampu mencegah kerontokan
  • Disinilah letak kuncinnya : disaat pemberian pupuk diatas, tambahkan juga Asam amino (berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar agar tanaman mampu menyerap hara secara maksimal) dan pupuk mikro dengan kandungan Mg.  Mg di sini salah satunya berfungsi mencegah kerontokan pada bunga dan bakal buah. 
  • Bunga yang muncul (biasanya jumlahnya lumayan banyak) biarkan sampai berbunga hingga terbentuk pentil buah
.
1-2 minggu lagi panen......
  • Setelah pentil buah terbentuk, lakukan seleksi buah, buang buah yang tidak normal, sisakan buah yang bagus dan mulus.  (Jarang-jarang ada pembuangan buah pada jambu merah, soalnya sebelum di buang sudah rontok sendiri he he he)
  • Buah seukuran kelereng harus cepat-cepat dibungkus untuk menghindari lalat buah.
  • Sambil menunggu buah matang, lakukan pengontrolan terhadap penyakit (ulat daun dan cabuk putih)
Buah masak pohon..Mak nyuussss..

Dengan perlakuan kurang lebih seperti diatas kini saya bisa memanen buah jambu biji sukun merah hingga masak pohon.  Semoga bermanfaat......

38 comments:

  1. Asam amino yang ditambahkan pada saat pemupukan tersebut belinya dimana, Pak? Ditoko pertanian atau toko bahan kimia?

    ReplyDelete
  2. Pak Ahmad : kesimpulan utk membuahkan jambu sukun merah ini ternyata gini pak (sekaligus melengkapi blog diatas), aplikasi asam amino, pupuk NPK (p dan k yg dominan dari n) dan GA3. hasil ujicoba terakhir kemarin, jika saat bunga muncul serentak dan kita telat 1 kali saja aplikasi, banyak yang gagal alias rontok. Intinya aplikasi harus rutin (dalam hal ini saya lakukan 1 minggu sekali) sampai pentil terbentuk sebesar telur puyuh. saat buah sebesar itu aplikasi diatas jika di stop ternyata buah masih bisa jadi / tidak rontok. namun jika bunga susul menyusul mau tidak mau kita juga harus rutin.
    untuk formulanya nanti saya kirim dari malang pak.

    ReplyDelete
  3. Kalau nggak keberatan, formula / takaran pupuknya sekalian dishare disini aja Pak, gak usah repot-repot dikirim. Soalnya dirumah saya juga punya satu pohon jambu sukun merah di pot yang masih belum berbuah. Mengenai asam amino dan GA3 tersebut belinya dimana Pak?

    ReplyDelete
  4. @ Pak Ahmad : jadi saat aplikasi saya sediakan air sekitar 1 bak (8 liter), saya kasih 2 sd makan pupuk, 1/4 sd makan Mgo, 1/2 tutup (12,5 ml) asam amino, sekitar 1 biji jagung GA3, aduk sampai merata lalu kocorkan ke perakaran jambu sukun Pak.
    GA3 berbentuk tablet, 1 tablet biasa digunakan untuk 100 liter air.
    Asam amino dan GA3 coba cek di http://pupukag.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Terima kasih Pak atas infonya. Akan saya praktekkan di rumah, semoga berhasil.

    ReplyDelete
  6. mas, aku pnnya bibit jambu biji setinggi 1 meter dan aku tenama sejak 4 bulan. Tapi hingga sekarang ketinggianya tetap. Kutanam di tanah belakan rumah dengan kondisi tanah sekitar bekas Tempat Pembuangan Smpah. Pernah aku kasih urea, tapi ga maks. Apa mungkin faktor sinar matahari penyebabnya?Soalnya aku tanah ditepi pagar bambu, ternaungi pohon kedndong. thanks. wait for reply

    ReplyDelete
  7. to aa : ini jambu perlu panas matahari full mas, dia kurang optimal jika tempat tumbuhnya ternaungi oleh tanaman yang lebih tinggi. jangan lupa pemangkasan rutin pada cabang yang sudah berkayu (warna coklat) utk merangsang keluarnya bunga.

    ReplyDelete
  8. salam kenal...
    mo nanya mas, kira2 klo bibit dari biji berbuahnya butuh waktu berapa lama ya mas..trims

    ReplyDelete
  9. kira2 butuh waktu berapa lama kang setelah aplikasi diatas sukun merah akan memunculkan bunga..ditunggu ya mas jawabannya.

    ReplyDelete
  10. @iyut : dari bibit okulasi untuk berbuah kurang lebih 8 bulan sudah bisa belajar berbuah ..

    @ anonymous : calon bunga muncul kurang lebih 1 bulan pasca pemangkasan......

    ReplyDelete
  11. ane butuh pencerahannya nih cak,skn merah dirumah pada ketiak daunnya muncul seperti calon bunga tpi masih kecil, apa itu benar calon bunga ya ? soale ane tunggu2 udah skitar 1 bulan kq kagak ada perubahan sama sekali... bingung nih, tlong dong cak gmana rangsangnya supaya cepat keluar itu bunga, maklum udah gk sabar..hehehe..sukron
    @ujang

    ReplyDelete
  12. @ujang : di ketiak daun jika itu ada beberapa pentil kecil, bisa dipastikan dia bakal bunga. perangsangan bunga bisa dilakukan dengan pemangkasan cabang, nanti akan keluar daun baru yang biasanya diikuti oleh calon bunga....jgn lupa pemupukannya spt diatas biar bunga jadi pentil buah

    ReplyDelete
  13. Mohon saran - bagaimana menghilangkan insekta putih sebesar telur cecak yg bekerumun dibawah hampir semua daun jambu sukun?
    tks
    Syarif Hidayat

    ReplyDelete
  14. @Syarif : kl jumlah masih sedikit bisa dibuang daunnya secara manual dan dibakar,
    cara lain bisa disemprotkan pestisida yang di campur dengan larutan sabun cuci cair....
    selamat mencoba

    ReplyDelete
  15. kalu lagi berbunga boleh gak disemprotkan pestisida yang di campur dengan larutan sabun cuci cair pak??thanks..

    ReplyDelete
  16. @jika penyemprotan terpaksa dilakukan saat berbunga, pastikan dosis dari pestisida yg dicampur larutan sabun tadi dalam dosis yang agak kecil.
    Kebanyakan pakar memang tidak menganjurkan penyemprotan pada bunga yang sedang mekar, namun percobaan saya berkali2 penyemprotan bunga mekar pada jambu sukun merah ini dgn formula tertentu malah mampu mengurangi tingkat kerontokan bakal buah ini.

    ReplyDelete
  17. Jambu sukun saya rajin berbunga, tapi hanya 1 atau 2 saja yang jadi pentil buah sedangkan bunga lainnya mengering.... kira-kira kenapa ya pak? apakah ada solusinya? thanks sebelumnya pak

    ReplyDelete
  18. @Ari : kelemahan jambu sukun ini memang bunga dan pentil nya sering rontok, bisa ditambahkan unsur MgO dalam pemupukannya, penyemprotan dengan Giberelin Acid ternyata juga sangat berpengaruh dalam hal ini.

    ReplyDelete
  19. mas hervin,,,,tolong info tempat penjualan bibit jambu sukun merah ini, saya tertarik untuk membudidayakan jambu tersebut. terima kasih

    ReplyDelete
  20. @Rian : boleh tahu lokasi anda mas,

    ReplyDelete
  21. pulau sumatera, tepatnya di aceh mas...

    ReplyDelete
  22. @ Rian : upss.... jauh juga ya, sebenarnya jambu ini banyak dijual bibitnya di nursery2 terkenal, coba cari aja di sekitar jakarta (paling dekat), he he he ..untk wilayah sumatra saya tidak ada informasi....mungkin di sekitar medan ada yang jual....
    selamat berburu...

    ReplyDelete
  23. @hervin: oke deh mas,,,,klo gitu saya berburu di daerah SUMUT dulu,,,mkasih mas sebelumnya

    ReplyDelete
  24. mas sya mo tanya larutan 8 liter yg udh dicampur pupuk diatas apa untuk sekali aplikasi atau dibagi lagi @icha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ich : sekali aplikasi, utk pohon dgn batang sebesar lengan orang dewasa

      Delete
  25. mas Hervin Yth. Pohon jambu sukun merah saya ditanam diruang terbuka sudah 4 bulan, dibulan ke2 tanaman saya kulitnya terkelupas (hilang) kira2 10 cm dari tanah (seperti disunat)tetapi pertumbuhan normal bahkan terkesan cepat dibandingkan tanaman duren ataupun lengkeng yang sama waktu tanamnya. Selanjutnya di bulan ke 4 pohon jambuku meranggas kering hingga tak satupun daun yang selamat. Apakah pengaruh kulit pohon yang hilang, atau ada penyakit lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulit batang yg terkelupas langsung tidak langsung akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman, karena transportasi makanan akan terganggu.
      kalau pohon kering SEMUA, biasanya ada masalah di perakaran, atau pas luka dikulit yg terkelupas tadi terkena serangan penyakit dsb....

      btw ikut berduka ...but keep spirit berkebun

      Delete
  26. mas Hervin Yth.mau nanya mas brp liter campuran air dan pupuk dlm 1x aplikasi utk 1 pohon.tanaman jambu saya jg sering rontok bunga di tanam dlm pot drum

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus s : untuk drum bisa diaplikasikan 2-3 liter untuk disiram kan mas... dan jangan lupa dari beberapa kali percobaan ternyata pemberian Ga3 baik itu di siram maupun di semprot kan pada bunga dan daun terbukti manjur. aplikasi minimal tiap minggu sekali hingga buah pentil terbentuk seukuran bola pingpong

      Delete
  27. mas hervin Yth.Asam amino dan Mgo utk pemupukan belinya dimana?soalnya kmrn saya beli ditoko pertanian tidak ada,apa solusi penggantinya atau bahan yg mengandung byk asam amino dan Mgo,apa bisa diganti asam cuka atau vetsin utk gantinya asam amino( asam cuka dan vetsin jg mengandung asam amino)mohon penjelasannya,terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus : amino dan mgo bisa di pesan di www.amazinggrow.com

      pengganti amino lebih baik dari air cucian daging, kl vetsin sy belum pernah coba. trus kunci utama lagi untuk menjadikan jambu ini semprotkan GA3 secara rutin tiap minggu ke bakal bunga dan daun hingga pentil buah seukuran bola bekel, setelah itu dia sudah tidak rawan rontok lagi kok....

      Delete
  28. mas Hervin Yth. saya mau tanya ni kalo di wilaah Bali dimanan saya bisa dapat bibit jambu sukun merah atau kristal merah, tlng ifo alamatnya kalo ada, Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas Gd Wirya, untuk daerah Bali saya masih belum tahu di mana ada jual bibit buah yang anda maksud

      Delete
  29. jambu memang nikmat, dimakan langsung atau dibuat jus jambu juga enak,, kaya manfaat lagi :)

    ReplyDelete
  30. Mas sesudah pemagkasan tanahnya dibiarkan kering/disiram setiap hari

    ReplyDelete
  31. Pingin Nyoba Om..
    Lokasi Sya d kebumen jateng om.. yg jual bibit skala kecil dmn y om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kl bibit di daerah kebumen saya kok kurang paham ya mas

      Delete
  32. Wah, trims banyak artikelnya...sangat bermanfaat...kemaren beli bibit banyak, dapat bonus jambu sukun merah 2 batang...begitu tahu sulit berbuah, jadi ragu mau nanamnya...tapi sekarang insyaallah berani. bismillah...moga berjodoh sama jambu sukun ini. aamiin.

    ReplyDelete

Comment