Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

23 Nov 2009

Lebih Jauh Tentang Lengkeng Booster

Di postingan terdahulu dengan topik membuahkan lengkeng itoh telah saya ulas mengenai paket Lengkeng Booster. Postingan ini akan lebih detail mengulas lebih dalam sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang saya terima baik melalui email, sms ataupun telpon dari rekan-rekan penghobi tanaman lengkeng.

(demi menjaga etika, mohon maaf gambar paket LB kami tiadakan)

Paket Lengkeng Booster (LB) terdiri dari 3 macam, yaitu :
  1. Seperempat (1/4) ltr Asam Amino Plus atau yang dikenal dengan Profesor Ajaib.
  2. Satu kg NPK dengan kandungan 15:10:32 (yang berarti kandungan N 15%, P 10% dan K 32%) serta beberapa unsur mikro termasuk MgO, TE dll.
  3. Satu liter Booster yang merupakan pupuk cair mikro dan makro dengan kandungan NPK : 4% : 6% : 8% ; serta unsur mikro EDTA. Booster inilah yang juga mengandung potasium chlorat, yang dikenal sebagai bahan peledak (salah satu bahan pembuat kembang api).
Secara singkat, berikut fungsi dari ke 3 item diatas :
  • Asam amino, secara garis besarnya asam amino berfungsi untuk memacu pertumbuhan akar. Dengan pertumbuhan akar yang bagus penyerapan unsur hara dalam tanah oleh tanaman akan berlangsung optimal, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan subur.
  • Pupuk NPK dengan formula khusus ini , merupakan makanan yang diperlukan tanaman lengkeng dalam rangka pertumbuhan seperti pembentukan tajuk dan tunas baru. Dengan kandungan unsur mikro yang lumayan lengkap, nutrisi tanaman tersedia dalam pupuk ini.
  • Berikutnya adalah Booster, inilah bagian terakhir yang penting dalam menentukan pembentukan buah pada lengkeng. Boster pada prinsipnya berfungsi untuk mengalihkan / memati surikan pertumbuhan lengkeng yang telah subur dari vase Vegetatif (pembentukan cabang, tunas dan daun baru) ke dalam vase Generatif (pembentukan bunga sebagai bakal buah). Jadi setelah tanaman dBulleted Listapat asupan nutrisi yang memadai, maka akan "digiring" oleh Booster ini untuk pembentukan bunga sebagai bakal buah.

30-40 hari setelah aplikasi muncul bakal bunga

Bagaimana Aplikasinya ?
Sekedar mengingatkan pada ulasan terdahulu (membuahkan lengkeng itoh), satu paket LB dapat diaplikasikan untuk tanaman itoh dengan umur 3 tahun dari bibit (diameter sebesar lengan orang dewasa) sebanyak 4-6 pohon. Disebutkan pada ulasan terdahulu, pemberian dilakukan sebanyak 4 kali jeda 1 minggu. Ternyata aplikasi dengan cara ini akan menghasilkan pemunculan bunga pada lengkeng yang kurang serempak (susul menyusul). Bahkan pada pemangkasan tangkai buah yang sudah matang, akan keluar tunas yang akan membawa bakal bunga. Jadi pada tanaman lengkeng akan terdapat buah dalam berbagai ukuran (buah besar, buah sedang, buah pentil dan bunga). Kalau diterapkan dalam skala produksi tentu saja cara ini kurang tepat, namun akan bagus bila diterapkan pada tanaman koleksi di rumah.
aplikasi di pot perhatikan dosisnya

Untuk skala produksi, aplikasi paket LB sebaiknya diberikan sekali saja. Lebih jelasnya, jika 1 paket kita aplikasikan untuk 4 tanaman, campur ketiga macam paket jadi satu, dalam 1 ltr air, bagi ke dalam 4 bagian, masing-masing bagian (1/4 ltr larutan pekat) campur kembali dengan 15-25 liter air, lalu siramkan disekeliling tajuk lengkeng yang dimaksud sekaligus. Perhatikan jika waktu aplikasi kondisi tanah kering sekali, sebaiknya siram / basahi dulu sekeliling tajuk dengan air. Empat puluh hari setelah aplikasi bakal bunga akan bermunculan secara kompak.
Bedasar pengalaman, tanaman dengan umur 3 th dari bibit, dapat menghasilkan 30-45 kg per pohon (panen pertama), untuk panen berikutnya kan semakin meningkat sesuai jumlah tajuk baru yg terbentuk (buah akan muncul disetiap tajuk/pucuk)

Jadi sekali lagi, jika di aplikasikan di kebun skala produksi akan lebih baik jika memakai cara diatas. Namun bila anda aplikasikan pada tanaman koleksi pilihan pertama patut dicoba.

buah muncul di setiap tajuk

Kapan waktu tepat untuk aplikasi ???
Pemilihan waktu aplikasi patut kita perhatikan. Sebagai gambaran, jika kita menghendaki hari ini kita petik lengkeng, maka hitung mundur kurang lebih 5 bulan dari hari ini, itulah waktu kita aplikasi. Jadi musim panen bisa kita atur.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah : yang pertama, waktu aplikasi perhatikan kondisi tanaman. Tanaman dengan kondisi pucuk daun muda yang dominan belum waktunya diaplikasi, tunggu hingga daun muda menuju kearah tua. Setelah daun pucuk muda tidak ada (sudah menuju tua) baru aplikasi paket LB.
Yang kedua, ingat musim hujan. Ingat, kurang lebih 40 hari setelah aplikasi bakal bunga akan muncul, dan kurang lebih 1 bulan setelah bakal bunga muncul, bunga akan mekar. Nah pada saat bunga mekar, dan musim hujan tiba, dapat dipastikan banyak bunga akan rontok dan tidak menjadi bakal buah.
satu dompol 6-8 ons

Untuk lengkeng jenis apa saja ya paket LB ini ??
Paket LB sebenarnya bisa diaplikasikan untuk segala jenis lengkeng, baik lokal, dari biji maupun introduksi...
Sekedar informasi, yang layak diaplikasi seperti jenis : Itoh, Bikyu, Sricomphu, Virni, Kristal, Due, Puang thong, Lokal yg bertahun-tahun tidak berbuah. Atau pada jenis yang pada umumnya susah berbuah di Indonesia.

Sedang untuk jenis seperti Diamond River, Pingpong, Kristalin Aroma durian, Puang Rai, yang terkenal dengan lengkeng dataran rendah yang mudah berbuah tidak perlu. Akan tetapi jika anda menghendaki mereka berbuah dapat diaplikasikan LB, tapi ingat karena harga yang lumayan mahal, beri aplikasi sedikit saja. Toh tanpa LB pun mereka rajin berbuah....
Semoga bermanfaat

48 comments:

  1. saya beli tanah kebun didataran rendah kira2 7-10 m dpl dan ada tanaman klengkengnya 10 bh. tetapi kata orang sekitar kebun, pohon kelengkengnya belum pernah berbuah padahal tingginya sudah 3-4 m. jenis klengkengnya saya tidak tahu. kalaupun itu klengkeng lokal apakah dengan pupuk klengkeng boster bisa membuahkan pohon tsb? dimana bisa mendapat pupuk boster didaerah sekitar pekalongan?

    ReplyDelete
  2. saya beli tanah kebun di dataran rendah 7-10m dpl dan ada pohon klengkengnya 10 bh. tapi kata orang sekitar kebun, pohon klengkengnya belum pernah berbuah padahal tinggi pohonnya sdh 3-4 m. jenis klengkeng saya tidak tahu kalaupun itu jenis klengkeng lokal apakah dengan pupuk klengkeng boster ini bisa membuahkan pohon klengkeng ini? dimana bisa saya dapat pupuk boster ini didaerah sekitar pekalongan dan semarang?

    ReplyDelete
  3. beberapa bulan lalu saya coba aplikasi lb untuk lengkeng lokal di daerah madura (pamekasan/daerah panas), lengkeng dah 10 tahun lebih umurnya dan belum pernah buah. kabar terakhir 2 minggu lalu sudah panen buahnya.... saya rasa satu dari pengalaman diatas mampu menjawab keraguan anda mas....
    untuk daerah pekalongan dan semarang saya kurang faham mas, coba aja kontak dini di no 081333895230

    ReplyDelete
  4. dimana bisa beli LB mengingat di Palu sulawesi tengah formula yg spt bpk sebutkan itu susah dapatnya......

    sip : Robert

    ReplyDelete
  5. @ bp Robert
    memang pak paket LB masih belum ada di daerah sulawesi, kl bapak berminat coba contact ibu dini di 081333895230
    thanks

    ReplyDelete
  6. wawan salatiga22 Mar 2011 12:35:00

    kalo yang diaplikasikan cuma Booster saja gimana?

    ReplyDelete
  7. @ wawan : sebenarnya faktor utama yang menjadikan lengkeng ke arah fase generatif (pembuahan) adalah induksi dari booster itu, tapi ke 2 unsur lainnya juga sangat menunjang dalam proses itu, bisa saya analogkan : seandainya kita masak sayur tanpa ada tambahan penyedap rasa dan garam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cuma pake booster saja bisa keluar bunga. bibit itoh usia 3 tahun ditanam di tanah. aplikasi 2 kali masing2 +_65 ml. stlh 1 bulan bunga keluar. nutrisi tambahan cuma npk mutiara. lumayan ngirit mas, he2

      Delete
    2. saya juga pernah coba,
      dan hasilnya lain bila diikuti pupuk and amino...gak percaya ?? coba aja sendiri,,,,,

      ati-ati dgn pasokan npk berimbang, N yg berlebihan disaat buah, menjadikan kualitas buah kurang prima....

      Delete
  8. Saya punya tabulampot lengkeng diameter batang sebesar 4 Cm Tinggi sekitar 2 M Umur 2 Tahun.. ditanam dalam Drum Diameter 60 Cm.. Lengkeng Jenis Diamond River belum pernah berbuah. Saya Di Tangerang Banten yang panas. Pertanyaan Saya : Bisa Tidak Lengkeng saya diberi Boster lengkeng ? dan apakah berbuah ? Dosis yang tepat untuk tanaman sebesar itu berapa ?

    ReplyDelete
  9. @ some one : harusnya untuk jenis diamond river gampang berbuah, apalagi dia ditanam di pot / drum, lebih gampang pengkondisiannya. bisa di coba lakukan stress air (tidak disiram beberapa waktu hingga tanaman agak layu) dgn posisi sedang tidak ada daun mudanya, lalu kocor dgn pupuk kandungan P K dominan, insya allah akan berbunga utk jenis DR. tapi kalaupun masih mau aplikasi lengkeng booster, gunakan dodiss kecil banget utk jenis DR ini. sekitar 1/4 bagian dosis untuk jenis itoh.

    ReplyDelete
  10. saya punya pingpong di pot, pengen saya boster supaya bisa liat buahnya, hehe.. kira kalau pake lengkeng boster yang sachetan harus di bagi brapa lg ya mas biar pas dosisnya..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl utk pingpong sepertinya gak perlu booster kok.....coba rangsang dgn Pupuk PK tingga aja

      kl emang mau coba sachet, coba kasih 1/4 bagian pada 2 liter air, kocor di pot, ulangi 1 minggu kemudian (saat gak ada pupus muda)

      Delete
  11. Lengkeng booster ada yang paket ekonomis g pak?? yang sachetan misalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada paket ekonomis kok, sachet juga ada, coba kunjungi web nya Amazing Grow, link ada di bagian kiri blog ini

      Delete
  12. Saya mempunyai pohon lengkeng umur 3 tahun, pernah berbuah sekali, tapi buahnya hanya 12 buah yang tumbuh di 2 dompol dengan daging buah yang sangat tipis. Untuk informasi, saya tinggal di Lhokseumawe, Aceh. Saya ingin mengaplikasikan LB untuk tanaman lengkeng saya, dimana bisa saya dapatkan?

    ReplyDelete
  13. @someone : kl boleh tau jenis lengkeng apa ya ??,
    coba kunjungi web Amazing Grow di www.amazinggrow.com untuk informasinya....

    ReplyDelete
  14. Ciri-ciri dari daunnya kemungkinan lengkeng jenis itoh. saat sekarang udah ada tumbuh bunga di 4 cabang, setelah saya tambah pupuk kandang, memangkas sebagian daun dan saya lilitkan kawat di pangkal cabang, tapi bunganya sedikit.

    ReplyDelete
  15. @someone : jika itu jenis itoh, sepertinya sulit sekali berbunga jika tanpa perlakukan lengkeng booster, dan salah satu ciri varietas itoh daging buah juga tidak tipis kok.

    ReplyDelete
  16. Pak hervin di mna dpt paket Lb kalo di Lombok NTB

    ReplyDelete
  17. untuk LB di Lombok NTB belum ada, coba pesen ke www.amazinggrow.com aja, biar dikirim

    ReplyDelete
  18. Saya sudah menggunakan LB pada lengkeng saya yang berumur kira-kira 3 tahun yang ditanam di tanah. Seminggu setelah perlakuan, banyak tumbuh tunas-tunas baru, hingga sekarang (sekitar 1 bulan setelah perlakuan) bunga belum muncul juga. Kira-kira berapa lama setelah pemberian LB lengkeng berbunga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi LB yang sesuai rambu-rambu, akan memunculkan bunga berkisar 27-40 hari.

      kegagalan aplikasi LB lebih sering karena :
      -dosis kurang tepat
      -pada saat aplikasi tanaman masih ada pupus muda
      -pasca aplikasi kena guyur hujan sehingga larutan terbuang

      semoga bermanfaat...

      Delete
  19. Dear Mas Hervin,
    saya ada lengkeng pingpong (sepertinya cangkokan) umur 2-3 tahunan, diameter batang +- 4cm. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Jika Pingpong, produktif, kenapa bunganya baru sekali muncul, itupun kena hujan jadi rontok
    2. sudah saya kocor pupuk PK tinggi, belum ada perkembangan, yg terlihat vase vegetatifnya lebih dominan. dosisnya bagaimana untuk kondisi tanaman umur ini?
    3. Jika pake pupuk LB, bagaimana dosisnya? ini dikocor atau semprot ke daun?
    Terimakasih petunjukknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear mas Purnomo :

      pingpong memang terkenal gampang berbuah tanpa perlakuan, sayang sekali tajuk yang sedikit n cenderung ngelacir dan biji yang relatif besar menjadi sedikit kekurangan varietas ini.
      1. saya pribadi kurang sependapat jika pingpong dikatakan produktivitas nya bagus, yang setuju jika dia memang gampang dan mudah berbunga. untuk meningkatkan produktivitas perlu pemangkasan dan pembentukan cabang agar rimbun (masih kalah dgn jenis DR dan itoh misalnya)
      2. PK tinggi bersifat merangsang, faktor lain kondisi tanaman (harus sehat dan tidak ada pupus muda saat aplikasi PK), kondisi media serta tempat tanam (suka full sun). jika menggunakan DKP dosis bisa dikasih 5 gram per liter air, kita gunakan 3 liter air untuk dikocorkan, diulang 10 hari kemudian
      3. Pingpong sebenarnya tidak perlu di LB, tapi kl pun mau bisa digunakan 150 ml LB dicampur 3-4 liter air di kocorkan di pangkal batang hingga air meresap ke perakaran.

      Delete
    2. Dear mas Hervin,
      1. saran nomor satu sudah dilaksanakan, melihat&membaca dari blog ini juga dan kaskus mas Hervin, hasilnya pohon percabangannya banyak dan rimbun
      2. Alhamdulillah tanaman full-sun, media tanah kebetulan untuk tabulampot dirumah bagus. pupus muda ditandai warna merah dibatang dan daun bukan?
      3. lagi nunggu LB nich, telat di jasa kurirnya.
      Matur suwun sharing ilmunya.

      Delete
  20. salam mas hervin,
    dirumah saya ada lengkeng. batang lebih besar dari lengan orang dewasa.saya tertarik aplikasi lengkeng booster,tapi masih ada ada daun yang masih muda lebih dr 10%. batang jg terlalu rimbun.pertanyaan saya :
    1.kapan sebaiknya pemangkasan dilakukan. setelah ato sebelum aplikasi LB.
    2.pupuk apa yang tepet diberikan pada fase ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khaqul iman :
      1. pemangkasan dapat dilakukan sebelum aplikasi LB, cuma harus menunggu lebih lama lagi waktunya sampai cabang baru terbentuk hingga daun beranjak hijau tua. beberapa waktu lalu saya juga pernah melakukan eksperimen, pangkas langsung aplikasi LB, hasilnya tetap keluar bunga, cuma cara ini kurang saya rekomendasikan, karena jumlah penampang daun (sbg alat fotosintesis) berkurang sehingga pasokan makanan gak imbang.
      2. pada saat pemangkasan ini sebaiknya diberikan pupuk NPK berimbang saja.

      Delete
  21. Saya punya lengkeng diamon river umur sekitar 3 tahun tinggi sdh mencapai 2M lebih saya tanam ditanah tadinya daunya sangat subur tetapi tidak keluar bunga padahal dulu waktu beli buahnya lebat. kemudian saya coba aplikasi lengkeng boster sesuai takaran dan petunjuk. hasilnya pohon lengkeng saya setelah 1 bulan daunya rontok semua sampai sampai pupus yang baru muncul langsung kering dan rontok. Mohon solusinya.

    Salam

    albert

    ReplyDelete
    Replies
    1. @albertus : lengkeng diamond river setahu saya dlm kurun waktu tertentu jika ditanam di tanah dia akan lebih ke arah vegetatif terus (baca : agak pelit buahnya), terlebih jika dia ditanam di tanah yg dekat air....tapi beberapa teknik bisa diterapkan utk membuahkannya
      Jenis DR sebetulnya tidak perlu di booster untuk membuahkannya. tapi jikapun perlu dosisnya sangat sedikit sekali. setahu saya dosis yg tertera di LB untuk jenis lengkeng2 yang memang perlu di Booster (itoh, kristal, due, NN, srichompu dkk)

      kembali ke kasus anda, coba gelontor (siram) air dengan jenuh, beberapa kali (3-4 kali) tunggu hingga tanaman keluar pupus barunya....(jangan di beri pupuk apapun dulu, kecuali semacam asam amino )

      selamat mencoba

      Delete
    2. Pak Hervin:
      Terimakasih atas tanggapan dan solusinya mudah-mudahan pohon lengkeng saya bisa pulih

      albertus

      Delete
  22. mas hervin apakah tanaman obat yg mas hervin pakai selalu dari produk amazing grow?
    soalnya ini sy baru mau coba n pesan semua produk amazing grow utk sy aplikasikan ke tanaman sy, soalnya didaerah tuban jarang yg jual tanaman obat spt itu.
    -mb endang dituban -

    ReplyDelete
  23. mas hervin aplikasi LB pada tanaman lengkeng lokal hanya untuk 1x panen aja?
    maksudnya setelah panen lengkeng tidak d kasih LB apakah masih mau berbuah ato kembali seperti awal sebagai pohon perindang?

    makasih... salam dr jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman saya LB untuk lengkeng yang susah berbuah secara alami, selalu diaplikasikan jika menghendaki tanaman keluar bunga, jadi tidak hanya 1 kali saja

      Delete
  24. Punya lengkeng lokal umur 25tahun udah d boosting dg nf aplikasi suntik dpt 15 hari keluar tunas baru,terus kapan keluar bunganya?mohonpendapatnya.terima kasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, saya kebetulan belum ada pengalaman dengan teknik suntik, jadi belum bisa komentar....tapi aplikasi booster jika berhasil paling cepat 27 hari sudah nampak bakal bunga, biasanya plus minus 35 hari-an

      Delete
  25. Mas hervin,lengkeng lpkal saya udah d boosting setelah 28hari seperti bakal bunga muncul d setiap tajuk tapi setelah beberapa hari hanya daun saja yg muncul dosis sesuai anjuran.mohon sarannya.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya mendingan di email aja jika ada fotonya mas,
      tapi sekedar info, bakal bunga akan muncul pasca antara 30-40 hari,
      jika dalam jangka waktu lebih dari 40 hari tidak ada muncul bunga ada indikasi aplikasi gagal

      Delete
  26. Pak Hervin,brp hrg 1paket LB,1 pkt un brpa pohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jenis itoh umur 3-4 tahun saya biasa pake utk 4 pohon (1 paket full)

      Delete
  27. Pemberian aplikasi itu setelah atau sebelum pemangkasan pak hervin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi di dilakukan setelah tanaman sehat dan sedang tidak ada pupus muda (setelah beberapa bulan pasca pemangkasan berat)

      Delete
  28. Di lampung yang jual dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Filipo Ika : Maaf di Lampung sy kurang tahu mas,
      kl mau online bisa kunjungi www.amazinggrow.com
      cp Dini

      Delete
  29. pak hervin ..saya px kelengkeng 15 tahun lbh umurx tp bibit tmbuh dr biji...susah ya klo berbuah katax..saya mw tx sulusix gmna..sya pgen bli pket Lb..di madura kamal daerah saya it di madura pket lb ad apa tdk ???...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anjani : saya pernah nyoba di daerah Sampang, lengkeng lokal dari biji umur 10 tahun lebih gak pernah buah, saya booster alhamdulillah berbuah sampai panen....
      untuk booster coba beli online aja, di www.amazinggrow.com
      ato kontak langsung ke 081 333 895 230 (dini)

      selamat mencoba

      Delete
  30. Lengkeng sy pernah kasih LB dan berbuah byak. Tp setelah itu tidak pernah di kasih LB sampai sekarang jadi g berbuah lagi malah daunnya menjadi semin lebat. Apakah mesti diberi LB lagi biar berbuah?

    ReplyDelete

Comment