Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

8 Dec 2009

Membentuk Tajuk Lengkeng Pingpong

Lengkeng jenis Pingpong merupakan salah satu lengkeng dataran rendah yang genjah. Dengan ukuran buah yang relatif besar dan rajin berbuah tanpa perlakuan khusus, lengkeng ini begitu banyak diminati para hobiis tanaman buah.

tajuk ngelacir keatas ciri khas pingpong

Sayang, produktivitas Pingpong terbilang relatif rendah. Musababnya lengkeng ini sedikit sekali percabangannya, oleh karena tajuk bersifat ngelacir.
Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan pembentukan tajuk / percabangan pada saat tanaman masih usia dini. Pembentukan tajuk / percabangan pada Pingpong ada 3 cara, pertama pemangkasan, kedua penarikan ujung, ketiga pengeratan pada batang.
Pada kesempatan kali ini akan coba saya uraikan dengan cara pemangkasan.
  • Lakukan pemangkasan pada saat tanaman / bibit masih kecil (1 mtr)
  • Pilih batang yang akan dipangkas yang sudah berwarna agak kecoklatan, jangan batang yang terlalu muda (masih berwarna merah). Biasanya jika kita pilih batang ini, bagian ujung yang terbuang lumayan panjang, dan terkesan sayang untuk dipangkas. Namun itu tidak perlu dikhawatirkan demi tujuan utama kita.
pilih batang yang berwarna kecoklatan
  • Pangkas daun (sisakan sedikit tangkainya) pada ujung batang yang telah kita pangkas. Sisa tangkai akan kering dan rontok dengan sendirinya beberapa hari kemudian dan dari sini akan muncul tunas baru.
pangkas daun di ujung, sisakan sedikit tangkainya
  • Berikan pupuk NPK berimbang 3-4 hari sebelum melakukan pemangkasan
cabang baru bermunculan setelah 12 hari pemangkasan

21 hari setelah pemangkasan

Dengan percabangan yang kompak, diharapkan Lengkeng Pingpong akan memunculkan dompolan buah yang lumayan....
Semoga bermanfaat........

49 comments:

  1. wah, salut dengan update terus fotonya mas, jadi kita bisa tahu langsung perkembangan yang diuji coba dalam setiap artikel mas.

    Bravo...Bravo...keep posting and updating mas. Sangat membantu saya.

    Thanks berat for sharing

    ReplyDelete
  2. thanks mas rudy. itu foto memang 1 tanaman yg sama. makanya kadang sy harus tunggu agak lama utk posting di blog ini. smg bermanfaat bg kita semua

    ReplyDelete
  3. Pa Hervin, saya beli lengkeng pingpong asal sambung susu dan disimpan di pot teras rumah. Setelah dirawat beberapa minggu, bukan muncul tunas di ketiak batang, tetapi kenapa malah timbul tunas di bawah sambungannya? Mohon sarannya,tqs

    ReplyDelete
  4. itulah ciri dari bibit sambung pucuk, dan sambung susu pak. dia akan sering muncul tunas baru dari batang bawah aslinya. kita harus rajin2 memangkas nya setiap dia muncul.
    selanjutnya lakukan pemupukan dan bentuk tajuknya seperti tulisan diatas...

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Pak Hervin,
    boleh saya ikut nanya?
    membuahkan lengkeng pingpong perlu perlakuan khusus atau tidak terutama di tabulampot?

    apa bener ini bisa berbuah didataran rendah?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
  6. @ Hulaimy : salam kenal kembali....lengkeng pingpong termasuk jenis dataran rendah dan mudah berbuah tanpa perlakuan khusus spt itoh dll. Dia bisa ditanam di pot juga.

    ReplyDelete
  7. Pak Hervin,
    Saya punya tanaman lengkeng pingpong di depan rumah. Umurnya mungkin kurang dari satu tahun. Ada hal yang ingin saya tanyakan, daun lengkeng ini kalo udah tua kenapa berbintik kuning ya ? apa ini efek dari kelebihan pupuk ? FYI, saya sering menaburkan guano sekitar sebulan sekali dan pupuk NPK berimbang setiap seminggu. Apa yang harus saya lakukan

    Salam
    Reedkoor

    ReplyDelete
  8. Reedkor : bintik kuning di daun tua bisa karena kutu putih (yg ukuruan kecil), perakaran yg kurang bagus (biasa kl media nya bersifat lengket dan lembab) dsb. namun jika tidak banyak (dalam jumlah normal) kayaknya itu gejala alami pak, (daun gugur karena tua). selama dia ditanam ditanah langsung (bukan di pot), kelebihan pupuk tidak akan begitu berpengaruh terhadap tanaman, sebab tanaman mempunyai kapasitas tertentu dalam mengambil makanan yang ada....

    ReplyDelete
  9. mas hervin..
    saya mo minta pndapat nih.. kira2 klo untuk tanaman produksi lengkeng jenis apa yg cocok ya?? apa pingpong ini bagus ya?? khususnya untuk daerah Kaltim.. terima kasih banyak atas infonya ya.

    ReplyDelete
  10. @andi : kl menurut saya sih hingga saat ini lengkeng yang bagus di produksi adalah jenis itoh, kristal, meskipun harus pake booster tapi produktivitas keduanya lumayan oke..
    kl pingpong produktivitas masih kalah di banding keduanya. oleh karena pasokan di pasaran terbatas (berkaitan juga dengan produktivitas dan jumlah pekebung), jenis pingpong masih terbilang mahal dan memiliki nilai ekonomis yang lumayan

    ReplyDelete
  11. Salam kenal Pak Hervin,ikutan nanya nih, Lengkeng pingpong itu apakah bunganya ada yg jantan aja,ato betina atau dua2nya? bgmn kita bs mengetahuinya? (sy baru punya pohonnya setinggi 1m lebih),trims atas infonya

    ReplyDelete
  12. @dallas : salam kenal kembali
    setahuku lengkeng pingpong termasuk berbunga sempurna, jadi ada jantan dan betina dalam 1 bunga....bunga jantan spt nya ada diatas kelopak bunga (beberapa jumlahnya) sedang si betina berada di bawah, jika penyerbukan sempurna, pada lokasi betina akan ada benjolan (biasanya 2) ...

    ReplyDelete
  13. @dallas, di halaman depan rumah saya juga nanam 2 jenis lengkeng di dekat pagar (jarak tidak lebih dari 50 cm dgn pagar), sampai saat ini juga tidak bermasalah dgn pagarnya, cuma kedepan perkembangan tanaman juga kurang bagus...
    kl bibit dari okulasi, sambung pucuk, sambung susu batang bawah dari biji, jadi perakaran nya tunjang,utk jenis lengkeng dan rambutan perakaran nya lebih menghunjam ke dalam....

    ReplyDelete
  14. trims infonya, pak. Jd sebaiknya sy geser sedikit ya? , mumpung msh kecil..:)

    ReplyDelete
  15. mas minta pendapatnya donk..
    kalo untuk lahan 10 x 20 M2 kira2 brapa lengeng yg bisa ditanam ya? kalo tanahnya rawa cocok gk di tanam lengkeng.. makasih mas.

    ReplyDelete
  16. mas mau tanya... saya pernah pangkas lengkeng pingpong terus muncul 3 tunas baru, tetapi kok setelah tunas itu daunya menua gak mau tumbuh daun mudanya lagi ya mas??? padahal pucuk daunya juga gak kering..

    ReplyDelete
  17. Mas Hervin : perbandingan tajuk baru... sampai berbunga berapa % ya.. karena setelah belajar berbungga tanaman kelengkeng saya banyak sekali tajuk barunya Mas.. Terimakasih pencerahannya

    ReplyDelete
  18. @anonymous : tunas yang baru muncul gak mau tumbuh ?? coba perhatikan media, penyinaran matahari dan pemupukan,
    untuk jenis pingpong, kayaknya dia suka media yang agak berpasir, sinar matahari yang full juga disukai si pingpong ini, trus yang terakhir tentu saja pemberian nutrisi yang memadai...

    ReplyDelete
  19. @anonymous : (sory karena yang koment gak ada sebut nama)
    sebenarnya bunga lengkeng berada pada setiap ujung dahan, jadi semakin rimbun dahan / tajuk nya, maka masing -masing dari dia juga akan membawa bunga....

    ReplyDelete
  20. Terima Kasih Mas... pencerahannya (Purnomo) mudah2 cepet berbunga dan berbuah pohon kelengkeng saya, sekalian mau tanya lagi ukuran pot yang tepat untuk tanaman tabulampot berapa ya, lalu berapa bulan sekali pemangkasan akar nya ya Mas, maturnuwon..
    (purnomo/sentul-bogor)

    ReplyDelete
  21. @Purnomo : ukuran pot sebaiknya menyesuaikan besar tanaman, kl tanaman masih kecil misalnya, bisa di gunakan pot ukuran 30-40 cm, dan secara bertahap kita ganti pot dgn ukuran yg gede jika tanaman beranjak gede.
    pemangkasan akar utk tabulampot lengkeng sebenarnya gak begitu perlu di lakukan, namun jika disaat pemindahan pot ke ukuran yang lebih besar, pemangkasan akar2 yang kurang sehat bisa juga dilakukan (utk hal ini bisa sampai 1 th lebih).....

    ReplyDelete
  22. Pak Hervin, di rumah saya ada pohon lengkeng, sudah besar kira2 sudah setinggi rumah, tapi sampai sekarang fungsinya hanya sebagai pohon peneduh saja, tidak pernah berbuah.. agar bisa berbuah apa yg harus dilakukan pak? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  23. @ferre : sebenarnya pingpong bisa berbuah tanpa perlakuan sperti jenis itoh, krital dll.
    sepanjang pengalaman saya, asal dia terkena sinar matahari full, dan ditanam di dataran rendah dia akan berbuah alami. apalagi pengamatan saya selama beberapa bulan belakangan, dimana2 pingpong berbunga serentak.
    coba kl syarat tumbuh tsb diatas sudah terpenuhi tinggal rangsang dengan pupuk PK seperti MKP dan sejenisnya saat kondisi tanaman memasuki fase generatif (tidak ada pupus muda)
    selamat mencoba....

    ReplyDelete
  24. pak Hervin, lengkeng ini sendiri saya tidak tau jenisnya, info yg saya dapatkan dari orangtua kalau pohon itu berasal dari biji yang ditebar dan tumbuh dengan sendirinya. tidak pernah ada perlakuan khusus seperti dikasi pupuk dll. Apa ini penyebabnya ya?
    oya, pohon lengkeng ini pernah berbunga, tapi tidak pernah menjadi buah. Apa ini termasuk lengkeng lokal yang mesti ada pasangannya baru bisa terjadi penyerbukan sampai menjadi buah?
    Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  25. @ferre : kl mencermati informasi yg anda dapatkan, sepertinya harus dibuahkan dengan induksi lengkeng booster mas, sepengalaman saya meskipun tidak berpasangan (hanya satu pohon) dengan induksi LB bisa berbunga dan berbuah....beberapa percobaan sudah membuktikan...
    salam

    ReplyDelete
  26. coba nanti saya aplikasikan memakai lengkeng booster yang ada dijual merek *G,.. semoga bisa berbunga dan berbuah ya..

    ReplyDelete
  27. @ferre : selamat mencoba.....

    ReplyDelete
  28. Pak Hervin, mohon pencerahannya, saat ini pohon lengkeng di rumah sedang muncul daun2 muda, sedangkan untuk pengaplikasian lengkeng booster katanya mesti nunggu tidak ada daun2 muda/tunggu daun2 tsb menjadi tua dulu, alasannya kenapa ya pak?
    saya lihat daun2 muda ini tumbuh terus, yang satu belum sempat tua yg lain sudah muncul daun baru lagi, dan ini banyak banget secara pohonnya lebat.. mohon pencerahan bos, kalo diaplikasikan LG saat masih ada daun2 muda ini efeknya bagaimana ke pohon..

    ReplyDelete
  29. @ferre : pengalaman di lapangan menunjukkan jika aplikasi lengkeng booster saat ada daun muda, efek booster tidak ada, karena tanaman sedang dalam fase vegetatif / pertumbuhan, pada kasus ini yang keluar hanyalah daun-daun baru saja, tanpa diikuti bunga. pada tanaman sedang tidak ada pupus muda (memasuki fase generatif) induksi lengkeng booster nantinya akan menumbuhkan tunas baru yang diikuti bakal bunga.......
    memang pada kondisi hujan begini, tanaman akan cenderung selalu tumbuh-dan tumbuh daun barunya,
    nanti pada saatnya tanaman juga akan serempak tidak mengeluarkan pupus muda,
    jika kondisi spt anda ceritakan di paksa, efeknya : hanya pada daun yang tidak berpupus yang memunculkan bunga, yang sedang pupus muda akan semakin banyak daunnya....so coba pertimbangkan penjelasan diatas...
    salam

    ReplyDelete
  30. Mas Hervin saya sudah coba pada pohon Lengkeng Pingpong saya dan sukses, tapi saya juga punya Lengkeng Puang Ray, apa juga bisa diaplikasikan?

    ReplyDelete
  31. Mas Hervin, saya sudah coba teknik dan trik penumbuhan tajuk baru untuk Lengkeng Pingpong dan hasilnya sangat memuaskan, tapi saya mau coba pada jenis lain apa juga sama, misalnya Puang Ray.

    ReplyDelete
  32. @bsujatmiko :
    pada dasarnya teknik pemangkasan ini bisa dilakukan juga pada lengkeng jenis lain,
    selamat mencoba

    ReplyDelete
  33. Mas hervin klo pemangkasan itu bkn hanya pohon lengkeng az kan...soalnya aq punya sawo manila..jelek banget bentuknya kuruss hehe ..mohon solusinya ...makasih

    ReplyDelete
  34. bisa aja kok di lakukan pada tanaman lain termasuk sawo manila....
    jgn lupa pemupukan sblm pemangkasan ya...

    ReplyDelete
  35. sudah sy coba pak, kebetulan sy pny pingpong vietnam yg daunx agak lebar, sdh seminggu ini calon tunas yg baru mulai intip2 keluar, sekitar 1/2 cm, ada 8 calon.thanks infonya...
    rahma-malang

    ReplyDelete
  36. @rahma : bagus lah kl begitu....selamat menikmati tunas baru...

    ReplyDelete
  37. mas. klo dngan teknik pengeratan kulit, apa sma dngan cara kita mncangkok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak berbeda, pada pengeratan disini lebar keratan gak selebar cangkok (1 cm sudah cukup), dgn tidak mengerik kambium spt pada teknik mencangkok

      Delete
  38. Mas Hervin,
    Terima kasih buat ilmunya. Saya punya lengkeng yang saya beli 1 tahun lalu. Kata yang jual lengkeng kaisar. Apakah lengkeng kaisar bisa berbuah di dalam pot hanya dengan pemupukan dan penyiraman saja tanpa perlu perlakuan khusus?

    ReplyDelete
  39. sorry belum bisa komment banyak tentang jenis kaisar, tapi pengalaman teman disurabaya yg pernah saya datangi terbukti berbunga di pot 40 cm. dengan sedikit sentuhan booster, buah juga akan lebih semarak

    ReplyDelete
  40. Salam kenal mas hervin,
    saya rahmat,
    saya sering membaca dan saya suka dengan posting2 anda.

    Saya mau tanya seputar lengkeng pingpong,
    disini saya punya bibit lengkeng pingpong asal sambung susuan tapi ukuran batang bawahnya lebih kecil dari batang atasnya.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah pada pertumbuhannya nanti, batang bawah yang ukurannya lebih kecil ini akan mampu mengejar pertumbuhan dan ukuran batang atasnya hingga ukuran keduanya menjadi sama besar dan seimbang?

    Apabila mas hervin dihadapkan pada keadaan seperti ini, bagaimakah cara mas hervin mengatasinya, apabila mas punya tipsnya, tolong bagikan dengan saya dong.!
    Apabila jawaban mas terlalu panjang untuk ditulis di komen disini, mas bisa kirim jawabanya via email ke ;

    i_am3@live.com

    terimakasih!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rahmat : sambung susu dgn batang bawah yg lebih kecil terjadi karena biasanya saat "pembuatannya" kondisi batang atas masih muda dan dalam masa pertumbuhan yg bagus.
      Menurut saya perlu waktu lama utk batang bawah mengejar pertumbuhan batang atas. namun coba saat di tanam, berikan penyangga / ajir untuk mengikat batang utama supaya tegak.
      cara ekstrik, tambahkan sambungan susu pada batang atas bibit, dalam arti nantinya akan ada 2 kaki yang menopang batang atas, tentu saja sambung susuan yg baru ini usahakan batang bawah dan atas relatif sama ukurannya.

      selamat mencoba

      Delete
  41. Salam mas hervin,
    saya mau tanya lagi,
    saya sudah membaca tips membentuk tajuk sirkaya jumbo pada postingan anda.
    Ketika saya melihat gambar yang mas cantumkan di postingan tersebut, ternyata sedikit berbeda dengan gambar yang mas cantumkan pada postingan membentuk tajuk lengkeng pingpong ini. Dimana pada sirkaya jumbo pembentukan tajuk dilakukan dengan memangkas pucuk dan seluruh daun beserta tangkainya sedangkan pada lengkeng pingpong daun dan tangkainya tidak dihabiskan semuanya.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah perlakuan ppembentukan tajuk seperti yang mas lakukan pada sirkaya jumbo dapat dan aman juga dilakukan pada lengkeng pingpong? (pembentukan tajuknya dilakukan dengan menghabiskan seluruh danu tapi hanya menyisakan sedikit tangkainya)

    mohon jawabanya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada pemangkasan srikaya jumbo pemangkasan pucuk di tujukan agar tanaman tidak tumbuh memanjang (dipucuknya), tapi lebih konsentrasi ke pembentukan cabang baru (yg membawa bakal bunga) pada lokasi daun yang dirontokkan.
      Menjawab pertanyaan Anda, pemangkasan serupa bisa dilakukan dan aman bila diterapkan pada lengkeng dengan satu syarat : tanaman tidak boleh telat air, atau dilakukan pas musim penghujan.
      Semoga bermanfaat

      Delete
  42. Terimakasih atas jawabanya mas,
    saya sangat terbantu.

    Sedikit riquest, kalau ada kesempatan tolong dong postingin tutorial/cara melakukan sabung susuan/sisipan pada bibit lengkeng hasil perbanyakan vegetatif (hingga menghasilkan bibit dengan kaki banyak)

    Salam
    rahmat.

    ReplyDelete
  43. ijin tanya mas yg dimaksud booster itu apa ya soalnya pemula dalam bercocok klengkeng,trims atas bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. booster yg dimaksud adalah semacam pupuk khusus untuk membungakan lengkeng, dia berbahan aktif KCLO 3 dngan tanbahan unsur mikro dan mikro dan dikombinasi dgn asam amino serta pupuk NPK dgn tinggi kandungan K nya

      Delete
  44. salam kenal mas hervin, saya andar dari medan. saya baru beli bibit lengkeng pingpong hasil cangkok. dmn beli booster lengkeng di medan. pohon lengkeng saya tanam di pot. pupuk apa yg harus saya persiapkan dan interval pemberian pupuk brp minggu sekali. makasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @andar : salam kenal kembali mas
      kalau untuk jenis pinpong tidak usah di booster mas....
      kalau beli booster bisa kunjungi web nya www.amazinggrow.com , bisa dikirim dari malang.
      pupuk untuk tanaman Anda bisa diberikan NPK (lebih baik yg ada unsur mikronya juga) berikan 2 minggu sekali rutin

      Delete

Comment