Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

29 Jan 2013

Jeruk Nipis (yang) Jumbo


“Kalau jeruk nipisnya sebesar itu, terus mangkok sotonya seberapa ??!! “

daging buah tanpa biji, dgn kadar air cukup banyak (model : Ain)
Pertanyaan ini yang spontan terlontar begitu beberapa orang melihat potongan buah jeruk nipis yang saya sodorkan.  Ya dialah jeruk Nipis Jumbo, buah jeruk nipis yang ukurannya menyamai kepala bayi.

Sepintas melihat besar buah kita tidak menyangka kalau dia masuk kategori jeruk nipis, jeruk pamelo atau jeruk bali (nama yang popular saat saya masih kecil pada buah ini) mungkin yang akan kita kira.
Namun begitu melihat daging buah, kadar air dan rasa yang kecut alias masam, maka baru percaya kalau ini adalah jeruk nipis (yang berukuran jumbo).
sosok tanaman beberapa minggu pasca  pembuatan
Rasa kecut / masam nya, identik sekali dengan jeruk nipis yang biasa buat campuran makan soto ataupun yang biasa dibuat wedang jeruk di warung-warung.  Begitupun dengan aroma buah dan daunnya, persis sekali, yang membedakan dengan jeruk nipis lokal pada umumnya adalah ukuran buah yang lebih besar, sosok daun yang juga lebih lebar dan besar. 

buah muda, ukuran sudah luar biasa, 10 x lebih dari jeruk nipis biasa
Satu lagi keunggulan jeruk ini, dagingnya benar-benar dapat dikatakan tanpa biji. Kulit yang agak tebal menjadikan jeruk ini tahan simpan lebih dari 5 hari pasca petik pohon.

Sosok Jeruk Nipis Jumbo ini secara fisik memang lebih bongsor dari pada jeruk nipis lokal biasanya.  Dengan ukuran daun yang lebih besar, dia dapat tumbuh sehat dan subur di dataran rendah maupun di dataran tinggi, termasuk sosok tanaman di kebun rumah yang berketinggian 590 dpl.

bentuk lonjong,  ukuran daun lebih gede (buah masih muda)
Dari bibit Okulasi ataupun sambung sisip, jika perawatan bagus, tanaman akan belajar berbunga sekitar 8-9 bulan kemudian.  Jangan lupa lakukan pemangkasan tajuk / cabang yang ngelacir agar tajuk kelihatan kompak dan bagus.
Seperti kebanyakan pohon jeruk pada umumnya, sedikit perlakuan stress air pada tanaman yang cukup sehat dan berumur akan merangsang tanaman ini berbunga.  Pada saat bunga mulai muncul pasokan nutrisi haruslah di imbangi agar buah maksimal.

penanaman di tanah lebih optimal
Hama yang menyerang jeruk ini kebanyakan ulat hijau dan belang (ulat khas yang menyerang daun jeruk) yang menyerang daun muda.  Terlebih di musim hujan seperti ini, populasi ulat akan semakin meningkat, untuk itu penyemprotan berkala dengan pestisida sistemik maupun kontak sangat dianjurkan untuk mencegah ulat tumbuh dewasa dan membesar.  Satu ulat dewasa yg besar mampu menggerogoti beberapa daun dalam satu hari.
chip budding, salah satu teknik perbanyakan nya
Jika kita menghindari penggunaan pestisida, bisa berburu secara manual ulat yang ada.  Maksudnya kita ambil satu persatu ulat yang menyerang daun dan kita musnahkan dengan cara dibakar ataupun di pendam.

Bagi penikmat hidangan soto, bersiap-siaplah menghadapi mangkok yang berukuran jumbo......

Semoga bermanfaat....

23 comments:

  1. waw mantaf mas bro jerukx.. dimalang udah ready stock gk ya? #icha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @icha : tinggal nyari sotonya aja ya wkkk....
      ada tuh beberapa bibit nya

      Delete
    2. waoowww...jeruk nipis yang luar biasa....dimana bisa dapatkan bibitnya, mas? berapa harga bibitnya? suwun

      Delete
    3. luaarrrr biasa...jeruk nipis jumbonya....kebetulan saya adalah penggemar berat jeruk nipis.....dimana bisa dapatkan bibitnya,mas? berapa harga bibitnya?suwun #budhi

      Delete
    4. @ budhi : contact aja di 081 333 895 230 (dini) mas...

      Delete
  2. hehe.. klo untuk tabulampot bisa gk ya mas? @icha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @icha : bukan sekedar bisa, malah sangat bisa he he he , di pot pengkondisian stress air (cara utk merangsang pembungaan tanaman jeruk) lebih mudah.

      Delete
  3. yg jumbo selalu menggoda..muantap jos gandos hehe.. btw bisa dijelaskan teknik chip budding seperti gambar paling bawah mas ? - salam, bari

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bari : he he he emang pak yang jumbo itu bikin gemes ....
      ada tuh sudah di ulas tentang chip budding, di http://ayoberkebun-hervin.blogspot.com/2011/08/okulasi-jeruk-yuk.html

      Delete
  4. Cara merangsang pembungaan'y sama gk dgn jeruk yg lain mas Hervin ?

    ReplyDelete
  5. @Rohidin : sama saja cara merangsang pembungaannya mas, cukup stress air beberapa waktu

    ReplyDelete
  6. Saya baru mulai cocok tanam nih mz..newbie banget. Kalau saya mau tanam bibit ini (ke kontak yang diberikan mz Hervin di atas - Dini) akan ada cara tanamnya kah? Seperti baiknya penyiraman dan pemupukannya bagaimana. Terima kasih sebelumnya. Oya, daunnya juga bisa dipakai sebagai bumbu seperti daun jeruk nipis yang biasa itu ya? Hanya yang ini, seperti buahnya, ukurannya jumbo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arimbi : kl untkk teknik penanaman dan pemupukan serta penyiraman tdk susah alias gampang kok, yg penting campuran media tanam agak porous / lbh banyak sekamnya, peyiraman rutin tiap hari sekali (jika kemarau), pemupukan npk 1 sendok makan interval 2 minggu sekali tanaman sudah tumbuh bagus Insyaallah...

      Delete
  7. mas,maksutnya stress air tu gimana ya ?saat ini saya punya okulasi jeruk nipis dan udah berbuah meski baru 2.mohon infonya dong untuk merangsang pembungaan.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stress air maksudnya tdk disiram beberapa hari. Ada tuh di tulisan terbaru ttg merangsang pembungaan

      Delete
  8. berapa harga bibitnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bibit antara 30 - 65 ribu. Tgtg besar kecil tanaman

      Delete
  9. mas, saya punya mirip ini, kata mang yang jual "jeruk batu manis", besar dan bentuknya mirip ini. cuma manis saya punya. beli sudah berbuah beberapa buah, apa tetep dipupuk dg npk ya mas?atur nuwun mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang ini benar-benar masam, seperti jeruk nipis biasa rasanya.....
      saat buah pemupukan tetap dilakukan sepanjang dia belum panen (1 minggu sebelum panen)

      Delete
  10. Tertarik dgn yg ukuran jumbo, boleh tanya mas.... di surabaya atau di jember apa ada bibitnya? Tolong no contactnya ya. Kalau dr daerah lain apa gak susah kirim bibitnya? Takit mati di perjalanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tony liu : untuk pengiriman antar kota selama ini tidak masalah, alias tanaman masih sehat mas....(3-4 hari masih bisa kok)
      coba contact di 081 333 895 230 (dini ) untuk pemesanan bibitnya

      Delete
  11. Mas Herfin, kalau buah jeruk nipisnya hanya 4, gimana pemupukannya mas supaya keluar banyak bunga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lakukan stress air dan pupuk PK tinggi untuk membungakan jeruk... ada dibagian lain ditulisan blog ini

      Delete

Comment