Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

31 May 2013

Jeruk Sunkist Variegata


Berbicara tentang Tanaman dan Buah Jeruk memang tidak ada habisnya.  Begitu banyaknya Varietas dan jenis jeruk yang ada di dunia ini.  Sungguh Allah dengan segala kebesaranNya telah menciptakan beraneka ragam jenis jeruk untuk dinikmati dan di syukuri oleh manusia.  Allahhu Akbar ..!!!!


Kulit tipis, daging berair, ukuran lumayan besar utk ukuran di pot 40

Salah satu keunikan jenis jeruk yang kali ini saya singgung adalah Jeruk Sunkist Variegata.
Ya... dengan daun yang berwarna belang hijau dan putih (ciri khas mengapa tanaman di sebut Variegata) menjadikan tanaman ini cantik dan sedap dipandang mata.
Tidak cukup dengan daun yang belang, buahnya pun ikut-ikutan belang, antara warna hijau dan putih yang tertata rapi yang sekali lagi sangat elok dan cantik.

Dompolan oke

Bagi penggemar tabulampot (tanaman buah dalam pot), si "sunkist belang" ini rasanya cocok dijadikan koleksi.  Selain perawatan yang tidak terlalu rumit, dia mudah dan rajin berbuah.  Beberapa hama yang menyerang seperti ulat pada umumnya yang menyerang tanaman jeruk, dapat di halau secara manual ataupun di semprot pestisida.

Stress Air memacu tanaman jeruk berbunga


setelah di iris kemudian di "sesep"


Si belang yang menarik

Membuahkan si "sunkist belang" ini pun juga tergolong tidak susah. Selama tanaman dalam kondisi sehat, perlakuan stress air (tidak di siram beberapa waktu) akan memacu tanaman ini memunculkan bunga.

Lantas bagai mana rasanya ??....
Dengan ukuran buah sebesar jeruk siam / keprok pada umumnya (tanaman di pot ukuran 40), buah yang siap petik ditandai dengan warna yang cerah dan jika di pencet akan sedikit lunak (empuk).
Beberapa kali petik dari pohon, untuk sekedar mengetahui waktu yang pas matangnya dan rasanya, sementara dapat saya simpulkan :

  • Jeruk ini memiliki kadar air yang lumayan banyak, dengan jumlah biji yang normal.
  • Rasanya, menurut pendapat pribadi saya, masam manis menyegarkan dengan dominasi lebih ke rasa asam, sehingga cocok di buat es jeruk dengan ditambahkan sedikit madu atau gula.
  • Bagi Anda yang tidak senang rasa masam, lebih cocok jika di peras dan di saring airnya dari pada langsung di iris dan di nikmati.
So... bagi Anda yang berkeinginan memenuhi vitamin C dari kebun / halaman rumah sendiri, tidak salah jika menanam si belang yang genjah ini...

Semoga bermanfaat....

17 comments:

  1. Assalamualaikum mas Hervin..
    Saya lg hoby tabulampot neh mas, kebetulan punya jeruk sunkis, untuk membungakan jeruk trsebut stress air brp hari mas, 3 apa 4 hari, dan setelah itu di kasih pupuk P dan K tinggi kan ? Yg bingung dosis'y brp ? Dan setelah berbuah sebesar kelereng harus di pupuk kandang apa NPK ? krn biasanya buah jeruk buahnya sering susul menyusul antara buah yg dah tua dan yg baru pentil... Takut buah yg msh pentil gak kbagian unsur hara yg lengkap.. Krn abis ma buah yg dah tua...
    Saya harapkan jawbanya..
    Wslm mas hervin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam....
      untuk stress air tergantung cuaca mas, bisa 1-4 hari, tergantung panas/tidaknya cuaca yang ada.
      untuk pemupukan susulan bisa digunakan NPK aja, untuk pupuk kandang bisa diberikan setiap 3-4 bulan sekali (utk hasil yang maksimal)

      Delete
  2. Terimakasih atas penjelasan'y mas Hervin...
    Semoga bermanfaat bagi saya... Wslm..

    ReplyDelete
  3. Mantaapp... varietas yg unik..
    Kira-kira brp minggu bunga jeruk keluar stlh stress air dan di pupuk npk p & k yg tinggi mas hervin ?
    Dan apa mesti di siram basah terus sehari 2 kali setelah stress air ?
    Matur nuwun...
    by: @koplok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @koplok : di rumah biasanya berselang 2-3 minggu akan mulai keluar bakal bunga. selanjutnya penyiraman seperti biasa tergantung cuaca, yang penting saat bunga sd pentil buah jangan pernah telat siram....telat dikit rontok tu bunga he he he

      Delete
  4. salam pak Hervin ..jeruk saya juga telah berbuah 2 pcs doank... supaya banyak buahnya di kasih apa...???trus kalau musim hujan begini sebaiknya gimna perawatannya...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bug : supaya buah banyak pertama tanaman harus sehat...pemupukan juga harus rutin... nah setelah tanaman sehat dan kekar, baru cara diatas di lakukan..
      untuk musim hujan sebaiknya dasar pot di ganjal, agar air cepat tuntas keluar di pot....pemupukan seperti biasa aja di musim ini

      Delete
  5. Ass. Pak Hervin, supaya buah bs berukuran besar bgmn caranya.. Jeruk peras buah terus tp kecil2. Trm kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Maela : wasalam, bisa dilakukan seleksi buah / penjarangan, buang buah yg kurang sempurna saat kecil (terutama yang dompolannya banyak), berikan pupuk / nutrisi yang memadai saat berbuah hingga panen.

      Delete
  6. Dirumah, gak sengaja menjalani proses stress air dan pupuk. Awalnya hopeless dikira tanamannya gak bisa hidup(Krn daunnya habis) begitu disiram air dan pupuk NPK mutiara 3 ht kemudian tumbuh tunas baru. Sy kira hanya daun, ternyata putik bunga yg banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali,,,, stress air sangat mempengaruhi tanaman jeruk untuk berbuah..

      Delete
  7. Yg paling bagus dan hasik buahnya max. lbh baik d tanam di pot/d lahan tanah lngsung ya pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @jo anita : kalau perawatan dan pemupukan bagus, di tanah lebih maksimal.

      Delete

Comment