Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

22 Mar 2016

Membuahkan Lengkeng dengan Booster Yuk.... ( III - Tamat )


Mengobati rasa penasaran beberapa pembaca akan hasil membuahkan lengkeng dengan booster pada tulisan terdahulu ( bab 1 dan  bab 2 ), berikut sedikit ulasan mengenai hasil akhir dari proses yang saya lakukan di Bulan Juli 2015 lalu.

salah satu dompolan buah muda
Sedikit flash back,
yang saya ulas berikut adalah hasil lanjutan dari upaya pem-boosteran lengkeng di daerah Pandaan milik big-boss tempat saya bekerja.  Yang mana saat itu saya dihadapkan pada kondisi tanaman yang "sedang" ada pupus mudanya di pohon dengan mecapai kurang lebih 65%.  Teknik yang saya gunakan adalah pangkas dulu cabang yang sedang "flush", kemudian hajar dengan lengkeng booster.

persiapan paket lengkeng booster untuk di siram ke tanaman

Paket lengkeng booster yang terdiri dari tiga bagian, yaitu : pupuk NPK tinggi K plus unsur mikro, asam amino dan tentu saja booster lengkeng saya campur dengan air secara merata sesuai dosis.
Teknik aplikasi yang saya gunakan pun masih standar, yaitu dengan menyiram larutan campuran  ketiga bahan diatas melingkar ke tanaman sejauh / sebatas dibawah tajuk tanaman terluar.  Jika perlu dibuat parit kecil melingkar di posisi tadi agar larutan tidak lari / luber kemana-mana.

bagian tajuk terluar tanaman, tepat dibawah daun tanaman

 Setelah semua proses diatas selesai, kita bisa tutup kembali lubang parit sekeliling tajuk terluar tanaman dengan tanah.  Sebisa mungkin kondisikan pasca aplikasi paket lengkeng booster tanaman tidak disiram terlalu jenuh, karena dikhawatirkan larutan akan tercuci dan terbuang jauh ke dalam tanah.  Untuk itu pesan saya, harus kita pilih timing / saat yang tepat untuk aplikasi lengkeng booster ini. Sebisa mungkin hindari saat musim hujan.

Saat aplikasi, I do it my self

Pada kasus ini, karena taman di lengkapi dengan penyiraman otomatis (baca ; sprinkle), sayapun berpesan pada tukan kebun disana untuk sementara matikan sprinkle yang mengarah pada tanaman yang baru saja dipalikasi booster untuk 1-2 hari.


pentil buah mulai terbentu, pasokan nutrisi tidak boleh telat

Selepas aplikasi paket lengkeng booster pada beberapa tanaman diatas, saya pun tidak pernah datang kembali untuk menjenguknya.  Pemantauan hanya melalui pesan dengan rekan yang bertugas disana serta update foto tanamannya.
Singkat cerita, bunga bermunculan hingga mekar hingga terbentuk pentil buah dan seterusnya.
Tak lupa saat pentil buah mulai terbentuk, saya selalu sarankan pemeberian nutrisi yang cukup.  Pupuk NPK tinggi K rendah N serta TE dan mikro lainnya menjadi rekomendasi saya.  Pemberian saya sarankan seminggu sekali dengan dosis 5 gram pupuk per liter air dengan tiap-tiap tanaman mendapat minimal 20 liter larutan siram.

Bagaimana perkembangan nya hingga buah mulai membesar ?... berikut foto lewat sosial media yang saya terima dari kebun di seputaran pandaan tersebut


salah satu sosok tanaman yang mendapat perlakuan

salah satu pohon "korban" lengkeng booster

beranjak besar

dompolan "setengah" matang

saatnya di bungkus... sayangnya salah pembungkus

(Saat saya menulis di hari ini, kondisi buah sudah habis di panen...he he he)

Semoga bermanfaat


20 comments:

  1. Baru tau kalo tanaman ternyata bisa di boost juga.

    ReplyDelete
  2. Tutorialnya lengkap banget. Trims infonya.

    ReplyDelete
  3. Detail dan sangat informatif.....jadi semangat lagi tuk bertanam lengkeng...

    ReplyDelete
  4. Kalo boleh tau pupuk dan booster merek apa ya pak? Boleh dibahas juga gak pak detail pembuatan pupuk dan booster seperti apa? Thanks pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iam : yang digunakan di atas pake Amazing Grow, kebetulan paket nya bentuk siap aplikasi, jadi kita kurang faham proses pembuatannya.

      Delete
  5. itu poto2 lengkeng jenis apa masss...

    ReplyDelete
  6. Dosis boster brapa mas klo pohon kelengkeng bsr sgitu? 1/2 apa 1 paket ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Faried Sujianto : saya pake 1 paket mas

      Delete
  7. "Pupuk NPK tinggi K rendah N serta TE dan mikro lainnya menjadi rekomendasi saya."

    yang dimaksud TE itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. trace element, suatu unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dibutuhkan dalam jumlah kecil.
      kira2 gitu singkatnya

      Delete
  8. beli lengkeng booster nya dmn ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek link di sebelah kanan blog ini

      Delete
  9. mau tanya pak, varietas yang bagus untuk budidaya jenis apa ya? yang berdaging tebal, biji relatif kecil dan tidak berair buahnya. mau budidaya di dataran lumayan tinggi >700 mdpl.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di pilih varietas itoh, kristal 2
      semakin tinggi dpl nya semakin bagus sih (karena di dukung perubahan suhu panas dingin yang ekstrim, sangat membantu proses pembungaan tanaman)

      Delete
  10. Pada waktu selesai pemangkasan, apakah langsung di booster apa nunggu beberapa hari dulu Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nuqi Dwi : pada kasus diatas saya langsung aplikasi

      Delete
  11. Mau tanya pak, saya ada pohon lengkeng kurang lebih sudah 2 tahun di tanam blm pernah berbuah sekarang daunnya mlh banyak yg kuning, mau ditebang sayang rasanya, apa yg Harus dilakukan untuk menyelamatkan pohon lengkeng saya
    Cttn: saya tidak mengerti Jenis lengkeng apa itu awam sekali mslah menanam dan berkebun. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aditya nugraha : nah kalau kurang tahu jenisnya agak masalah nih, dari bentuk daun sebenarnya bisa diidentifikasi kok jenisnya.
      daun kuning jika diikuti daun rontok bisa jadi telat siram / kekeringan. tapi kalau tidak diikuti rontok bisa jadi media terlalu jelek / padat, kurang pupuk.

      Delete

Comment