Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

9 Oct 2008

Lengkeng Itoh Sulit Berbuah ???

Memang, sampai saat ini jika Anda memiliki Lengkeng jenis Itoh atau Edaw sulit sekali untuk berbuah. Mungkin para pencinta tanaman jenis ini sangat kecewa, dulu sewaktu tanaman diperkenalkan di Indonesia digembar gemborkan varietas Itoh memiliki keistimewaan dari kualitan buah daripada jenis lainnya. Kenyataannya setelah para penghobi mengkoleksi jenis ini dan memeliharanya selama 3 tahun lebih, buah tak kunjung muncul juga. Dari penjual bibit yang dulu mempromosikan jenis ini juga tidak ada semacam pengawalan terhadap produk yang mereka import. Anehnya konon mereka juga tidak berhasil membuahkan itoh di Indonesia.
di pot 40 hari setelah aplikasi bunga keluar


buah kecil mulai terbentuk



Seiring perkembangan, telah beredar dipasaran suatu formula yang bisa memaksa itoh untuk berbuah. Lewat seorang teman yang menjadi distributor formula ini, saya iseng-iseng melakukan eksperimen terhadap 4 pohon itoh saya. Dan luar biasa, dalam kurun waktu 40 hari setelah aplikasi pertama, keluar bakal bunga disetiap tajuk yang ada. Berita ini tentu saja membuat saya gembira, dan dengan cepat saya berikan informasi kepada teman yang juga mengalami hal serupa.

Apa formula itu ??
Formula ini oleh distributor di beri nama Lengkeng booster, terdiri dari 3 formula yaitu 1 kg pupuk dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi dari N, 1000 ml lengkeng Booster, dan 250 ml Asam Amino. Dari satu paket formula ini dapat diaplikasikan untuk 4 pohon itoh dengan umur kurang lebih 3 tahun dari bibit.
Untuk lebih mudahnya dosis yang diterapkan adalah : bagi ke tiga jenis formula tadi ke dalam 4 bagian (karena kita akan mengaplikasikan 4 kali pada 4 tanaman). Aplikasi I dilakukan dengan mencampur ¼ bagian dari formula tadi dengan 1 liter air (kita namakan aja larutan pekat). Selanjutnya kita mendapatkan 1 liter larutan pekat yang harus di siramkan untuk 4 tanaman, sehingga masing-masing tanaman mendapat jatah ¼ liter. Jatah untuk tiap tanaman ini campur dengan 5-10 liter air lagi lalu siramkan ke sekeliling tanaman itoh (mengikuti lebar tajuk daun). Penambahan air sebagai siraman bisa dilakukan setelah aplikasi jika tanah benar-benar kering.
Aplikasi II lakukan setelah 1 minggu aplikasi I, sampai aplikasi IV. Oh ya… jika tanaman belum dewasa atau belum besar, 1 paket formula bisa di aplikasikan pada 5 atau lebih pohon. Demikian juga jika di aplikasikan pada tambulampot itoh, berikan dosis yang rendah dahulu untuk tambulampot, karena jika dosisnya kebanyakan akan menyebabkan tanaman kering dan mati (yang dialami rekan saya). Namun jika aplikasi dilakukan terhadap pohon yang sudah tua dan besar (lebih 5 tahun), mungkin satu paket formula tadi hanya diaplikasikan untuk 1-2 pohon saja).
Jangan lupa pemberian pupuk dengankadar K tinggi pada saat Itoh sudah mulai pentil, biar buahnya lebih manis, renyah dan mak nyusssss.

1- 2 minggu lagi bisa dipanen

SEBAIKNYA LIHAT JUGA di Lebih jauh tentang LB

43 comments:

  1. Jadi kalau tanpa formula itu, lengkeng tdk bs berbuah ya pak ? saya sdh terlanjur menanam sktr 100 pohon lengkeng dan 40 pohon diantaranya adlh jenis Itoh. trm ksh.

    ReplyDelete
  2. betul pak, setahu saya kebanyakan kolektor dan pekebun itoh di Indonesia pakai aplikasi formula itu. beberapa memang ada yg tanpa perlakuan formula tsb, cuma sifatnya kasuistik (kebetulan / cuma beberapa kasus aja). namun jangan takut pak, secara ekonomis masih bisa tertutupi kok biayanya.

    ReplyDelete
  3. sore pak, dmana bisa didapat formula ajaibnya(butuh info), bisa untuk jambu citra? thx

    ReplyDelete
  4. sore juga pak, untuk mendapatkan formula tersebut anda bisa contact / sms ke no 081 333 895 230; . Kebetulan saya belum pernah nyoba untuk jambu citra, tapi kalau untuk jambu biji (farang, sukun merah dll yg terkenal pelit buahnya) berhasil pak. semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik membaca tulisan ini. Saya juga punya pohon lengkeng yang tingginya 4 meter lebih. Berumur lebih dari 10 tahun. Yang menanam adalah orang tua saya. Kami tidak tahu jenisnya. Sampai saat ini belum pernah berbuah. Mungkinkah dengan formula itu bisa menjadikan pohon lengkeng saya berbuah? Cukupkah hanya menyiramkan formula itu di tanahnya saja, Pak?

    ReplyDelete
  6. Buat bp Kibar, hebatnya formula ini saya kira dapat menjawab keraguan bapak. ternyata lengkeng lokal yang sudah puluhan tahun tidak (belum pernah) berbuah, setelah aplikasi formula ini. Intinya formula ini bisa membuahkan segala jenis lengkeng (baik lokal maupun introduksi yang sulit berbuah), membuahkan lengkeng diluar musim (berbunga 40 hari setelah aplikasi).
    Dengan menyiramkan formula ini di tanah sudah cukup pak, tidak perlu batang dikerok dll. juga tidak mengenal lengkeng lokal jantan dan betina.... semua lengkeng insya allah akan berbuah.....semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Hervin, makasih infonya soal booster buat lengkeng yg sulit berbuah. Kebetulan saya juga baru mulai merawat lengkeng. Saya ada rencana juga nanam leci di pekarangan, tapi takut gak berbuah, karena sebagai sesama tanaman asli daerah subtropis, leci katanya butuh suhu dingin di bulan2 tertentu untuk memicu pembungaan dan berbuah. Nah yg saya tanyakan, apakah ada booster untuk pohon leci supaya berbuah? Atau, apakah booster untuk lengkeng itu juga bisa digunakan untuk pohon leci, mengingat leci dan lengkeng masih satu kerabat? Makasih..

      Delete
    2. @pras :
      sebenarnya perubahan suhu dingin dan panas yg ekstrim adalah kunci berbunganya lengkeng dan leci secara alami....kebetulan ini pernah saya jumpai pada indukan itoh di rumah, sayang bunga yg muncul kurang serempak, jadi peranan booster disini masih lebih efektif.

      tentang booster untuk leci, saya pernah lakukan percobaan, namun gagal, dari situ ditambah informasi dari luaran bahwa booster lengkeng ini tidak bisa digunakan untuk menginduksi leci berbunga.....

      mungkin setelah tanaman leci di pot sehat kembali, insya allah akan saya lakukan semacam uji coba untuk membuat dia berbunga, semoga saja ada hasilnya....

      Delete
  7. Saya tertarik dengan lengkeng booster karena di depan rumah saya da 4 lengkeng lokal yang sudah 15 tahun belum berbuah. Dimana saya bisa membeli formula tersebut?

    ReplyDelete
  8. untuk mendapatkan lengkeng booster coba hub ibu dini di no 081 333 895 230

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum.. Pak u wilayah jateng dimana saya bisa beli Lengkeng Boster dan Berapa Harganya ?

    Terima Kasih

    Wassalam
    Arifin

    ReplyDelete
  10. Walaikum salam....
    coba contact no diatas pak Arifin, Insya Allah nanti akan dikirim kealamat.

    wasalam

    ReplyDelete
  11. Pak saya baru tanam bibit lengkeng kira-2 tingginya masih 50 cm.....berapa lama lagi saya bisa merasakan manisnya buah lengkeng yg saya tanam kalau menggunakan LB, terima kasih

    ReplyDelete
  12. sebenarnya mending tunggu tanaman sehat dan percabangan kompak dulu pak, itu bisa memerlukan waktu minimum 1 s/d 2 tahun....namun jika dipaksa untuk berbuahpun asal sudah keliatan sehat, bisa dilakukan saat tanaman masih 50 cm juga pak....percobaan di rumah tanaman tinggi 50 cm asal okulasi sudah bisa saya buahkan, namun buah hanya 1 dompol saja....

    ReplyDelete
  13. Salam kenal Pak
    Saya tertarik dengan tulisan bapak.
    Saat ini saya mengelola kebun lengkeng sebanyak 9000 pohon dengan varietas itoh dan bikyu.
    Saya juga memakai formula seperti diatas, pada saat umur 1.5 - 2 tahun awal booster memang hasilnya sangat baik, tapi setelah dilakukan booster 2 - 3 kali hasilnya tidak maksimal, malah pohonnya banyak yang merana, selain itu dari tahun ke tahun dosisnya harus tambah, terakhir saya pakai 2.2 liter booster dilarutkan dalam 12 liter untuk tanaman yang telah berusia 5 tahun, itupun juga bunga cuma 40% dari tajuk. Dan akibatnya pohon semakin rusak/ merana.
    Yang mau saya tanyakan:
    1. Sebenarnya cara penentuan dosis booster yang bagus prinsipnya seperti apa agar tanaman tetap sehat.
    2. Keadaan pohon seperti apa yang siap untuk di booster agar hasilnya maksimal.
    Terimakasih.
    M. Chairul Anwar
    Jl. Padi Tengah 2/D.473 Genuk Indah Semarang
    Phone: 081336370302
    Email: bolep_neon@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  14. @ Chairul : hemm sebuah prospek yang bagus Mas Chairul jika 9000 pohon bisa di kembangkan dengan intensif.. dari sekilas cerita anda, tanaman 1,5-2 thn yang sudah dibooster, kayaknya kok terlalu memaksa sekali,,,dan yang bikin saya geleng2 2,2 liter booster untuk tanaman usia 5 tahun hanya keluar 40 % ??? apakah larutan tsb CUMA diaplikasikan pada 1 pohon atau memang ke banyak pohon ?!??
    Beberapa tulisan di blog ini (lanjutan dari judul ini) kiranya perlu Anda baca, barang kali saja bisa menjawab pertanyaan anda.....
    ato bisa di emailkan ke email saya, supaya lebih jelas ngulasnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Hervin, Brapa kali LB diaplikasikan agar Tabulampot Lengkeng umur 3th bisa muncul bunga ..
      Aku pake 1paket Mini LB unt 1 Tabulampot.

      Tks Infonya,

      Ismu Haryono
      Surabaya.

      Delete
    2. @Ismu Haryono :
      paket LB sebenarnya khusus utk jenis lengkeng yang memang perlu di induksi booster untuk berbuah, beberapa jenis spt DR misalnya, sebenarnya gak perlu, tapi kl pun toh diberikan dosis untuk DR cukup 1/4 s.d. 1/8 dari dosis normal.
      aplikasi bisa dilakukan sekali aja dgn dosis sesuai anjuran....(sekali lagi khusus utk lengekeng spt Itoh, kristal, due, srichompu, NN dan sejenisnya)

      Delete
    3. pak saya mempunyai klengkeng bangkok waktu itu saya di tawarkan teman saya tetapi klengkeng itu sudah berbuah kecil-kecil dan kami pun panen tetapi tidk trlalu banyak ,,dan sesudah di panen pohon itu tidak berbuah lagi ,,sudah saya coba berbagai macam pupuk atau produk-produk untuk menumbuhkan buah tetapi smuanya gagal,,ada apa yah pak?

      Delete
  15. Heri Ketapang

    Mau tanya berapa harga bibit lengkeng dan itohnya?tq

    ReplyDelete
  16. saya sudah beli lengkeng booster utk saya aplikasikan ke lengkeng itoh saya, hasilnya...........? tetep bandel nggak mau berbunga apa lagi berbuah ! pengin potong rasanya pd hal umurnya sudah 3 tahun, capek ngeliatnya ! pertanyaan : aplikasi lengkeng booster cukup sekali atau berkali-kali (dalam tenggang waktu) dan kapan aplikasi nya boleh dilakukan ?
    makasih mas Hervin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wira gondex : kegagalan aplikasi lengkeng booster pada itoh mnrt saya ada beberapa faktor, pertama : dosis yang kurang; kedua : saat dan cara aplikasi yang salah (meskipun dosis sudah sesuai)
      yang point kedua misalnya : saat aplikasi tanaman sedang pada fase vegetatif (ada pupus muda tandanya), dan setelah aplikasi terlalu banyak penyiraman bahkan kena hujan misalnya, sehingga larutan booster banyak tercuci air dan terbuang percuma.

      APLIKASI booster berdasar pengalaman saya LEBIH BAIK "sekali" saja pada saat mau memunculkan bunga, sehingga bunga yang keluar lebih serempak. selanjutnya pengulangan aplikasi dilakukan jika kita ingin membuahkan di musim berikutnya.

      semoga bermanfaat

      Delete
  17. Pak Hervin sudah saya aplikasikan kok malah daun mudanya saja yang tumbuh terus nggak mau menghentikan masa vegetatif nya
    Aplikasi yang saya gunakan adalah ke 3 nya apakah cukup lengkeng bosternya saja ya pak? agar mau menghentikan masa vegetatifnya?

    ReplyDelete
  18. @heru sabda : seperti jawaban saya sebelumnya, coba simak lagi tepat komentar diatas koment ada ini....

    aplikasi langsung ke-3 komponen tsb...

    kl boleh tau apakah jenis lengkeng nya ya..... (jangan2 diamond river yang ditanam di tanah ??...)

    ReplyDelete
  19. mas, saya nyoba tanam lengkeng di halaman. jenisnya pingpong, diamond rover dan aroma durian. umur 1,5 tahun udah berbuah lebat. tapi bijinya kegedean dan dagingnya tipis banget.. gimana ngatasinya mas...

    salam dari kalimantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ someone di kalimantan :
      lengkeng pingpong kebanyakan memiliki buah yang ukuran besar TAPI dengan biji yang besar pula, so dagingnya keliatan tipis.
      untuk menyiasatinya bisa di coba di semprot GA3 saat buah seukuran kacang hijau dan diulang 3 kali aplikasi.

      utk diamond river dan aroma durian, anda bisa lakukan hal yang sama

      Delete
  20. Assalamu'alaikum. Mas, brp hrg klengkeng bosternya? Ini pin bb saya 28E371E1
    Maaf jrg buka internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam, coba meluncur ke http://www.amazinggrow.com/p/pesan.html
      atau BB Pin 25A9EE61
      saja mas

      Delete
  21. waduh jualan to???

    lengkeng lokal, tidak mungkin berbuah dengan booster, atau bastard..

    karena hanya punya putik saja atau bunga sari saja... membungakan bisa tapi menjadikan buah mustahil...

    ada-ada saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he sayang anda tidak menyebutkan nama / email...

      memang kalau belum pernah mencoba sendiri membuahkan lengkeng lokal dengan booster kebanyakan akan berpendapat seperti anda.....
      tidak ada yang mustahil selama kita mau belajar dan mencoba mas bro..... kalau masih penasaran dan perlu bukti bisa saya kasih pencerahan .....

      "waduh jualan to ?" maksud anda ???!!!

      kalau di blog ini tidak jualan, tapi kalau pembaca mau beli saya juga berhak kasih informasi donk....namanya juga forum berbagi informasi

      Delete
  22. Salam kenal Mas,

    Saya sangat tertarik dengan tulisannya mas. Saya juga penggemar kelengkeng, dan baru mulai menanam 10 pohon. Ada tips untuk pemeliharaannya mas? Trus kalau booster untuk kopi ada info ga mas?
    Trims infonya,

    Saya Ari dari Denpasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ari : salam kenal kembali mas Ari
      wah lumayan tuh 10 pohon, kl boleh tahu jenis apa ya ?
      oh ya, khusus untuk jenis itoh dkk, sepertinya dia perlu pasokan air yg cukup saat penanaman usia 0-1 tahun.

      sayang sekali mas, saya belum ada pengalaman untuk tanaman kopi, maaf belum bisa kasih info tentang booster kopi....

      salam

      Delete
  23. ada gk c lengkeng generasi 2

    ReplyDelete
  24. Mas hevin...rencana sy pingin nanan lengkeng yg tampa boster klau boleh mohon petunjuk jnis ap yg bgus....rencana nanam 20 pohon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hanif : bisa ditanam jenis aroma durian, pingpong, kaisar, ataupun diamond river...
      untuk mengatasi buah yang becek dan ber air, nanti bisa di akali dgn pemberian hormon tertentu

      Delete
  25. Mas hervin....klau kelengkeng diamond revel gimn,ap harus pkai boster jugak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengkeng DR tidak perlu booster

      Delete
  26. Mas hervin mohon info.. saya. Punya kelengkeng itoh tambulampot... dulu pernah berbunga tapi bunganya rontok semua.
    Jika nantinya kelengkeng saya berbunga kembali.... langkah2 saya harus bagaimana agar bunganya TDK rontok... Dan bisa menjadi buah? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zahra : pengalaman saya sih : berikan pupuk yang memadai beserta unsur mikronya. jika perlu saat bunga dan pentil di semprot dgn stimulans
      percobaan saya di kebun bisa mengurangi kerontokan buah (meskipun musim hujan)

      Delete
  27. Ass.. m'harvin.. kl buah lengkeng yg berair itu t'masuk jenis apa? Bgmn cr agar td berair? Bgmn cr agar bijinya lbh kcl jd daging buah bs lbh tebal? Tq.. nunk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ nunk : wassll. setahu saya jenis lengkeng yang berair (airnya lebih banyak dari jenis lain alias becek) termasuk jenis : Diamond River, Puang Ray dan kristalin, Dari kiri ke kanan kadar airnya lebih banyak.
      untuk menjadikan tidak berair dan biji menyusut bisa di aplikasikan GA3 (giberelin Acid) saat buah seukuran kacang hijau dan diulang saat buah berukuran sebesar biji kacang tanah.
      aplikasi bisa di semprotkan, dan sisanya di kocor

      Delete
  28. trims pak atas infonya....lengkeng saya sudah berbunga lebat banget..tp kok pada kering ya pak bunganya? apa kekurangan air..soalnya skrgkan sdg musim kemarau...sudah saya coba semprot dg stimulans tp ttp byk yg kering & rontok..yg jd bakal buah hanya sedikit..mhn solusinya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya memang kurang air mas, jadi kering bunganya. kl sudah kayak gitu pasti akan rontok / gagal jadi bakal buah

      Delete

Comment