Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

7 Nov 2008

Bikin Pupuk Kandang Sendiri Yuk !

Bagi para pecinta tanaman nama pupuk kandang sudah tak asing lagi. Bahan yang satu ini biasa dipakai campuran media tanam untuk mendapatkan hasil tanaman yang bagus dan prima. Di pasaran telah banyak beredar pupuk kandang yang dikemas dengan ukuran tertentu dan siap digunakan, bagi masyarakat perkotaan hal ini sangat praktis dan tinggal pakai.
Namun apakah pupuk kandang yang dijual di pasaran telah masak / matang atau terfermentasi secara sempurna ? Salah-salah tanaman kesayangan malah merana bahkan mati jika kita beli pupuk kandang dipasaran yang belum jadi beneran.
Terus bila kita memiliki banyak tanaman berarti perlu banyak pupuk kandang yang tentunya akan ada biaya ekstra untuk pembelian pupuk kandang dalam jumlah banyak. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan membikin bahan itu sendiri.

Jika disekitar kita terdapat banyak kotoran ternak seperti sapi, ayam dll kita dapat memanfaatkanya sendiri menjadi pupuk kandang. Tanpa panjang lebar, mari kita bahas bagaimana membikin pupuk kandang yang murah, praktis dan tentunya dalam waktu yang cepat.
Pertama siapkan Fermentator yang berfungsi memfermentasi kotoran hewan atau sampah organik, dalam hal ini saya sering menggunakan SUPER DEGRA. Sekedar catatan, saya menggunakan Super Degra karena harga yang relatif murah, dan dapat memfermentasi kotoran ternak dengan waktu yang relatif singkat (4 hari).

Dosis 1 liter Super Degra, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, digunakan untuk 900 kg pupuk kandang, 75 kg sekam mentah, 25 kg dedak katul sehingga kita dapatkan hasil 1.000 kg pupuk kandang siap pakai. Namun jika Anda susah untuk mendapatkan dedak katul ataupun sekam mentah tidak masalah.
Berikut tahapan yang saya lakukan :


Siapkan kotoran ternak (dalam hal ini saya gunakan pupuk kandang dari sapi), kurang lebih sebanyak 2-3 karung plastik, hamparkan di tanah


Kemudian tambahkan sekam mentah kira-kira 1 ember plastik 5 literan, (saya tidak menggunakan dedak karena susah mendapatkannya he he he ) Aduk kedua bahan tadi secara merata Siapkan Super Degra, masukkan kedalam ember / gembor dengan dosis 2 cc / liter. Untuk bahan diatas saya gunakan satu tutup setara 20 cc. Siramkan larutan pada campuran pupuk kandang dan sekam tadi secara merata, kalau bisa gunakan gembor agar air tersiram secara merata pada pupuk kandang. Gunakan sebagian larutan dulu, Aduk pupuk kandang yang telah disiram air + Super Degra tadi secara merata, dan ulangi penyiraman sisa dari larutan yang ada dan aduk kembali agar merata. Jika adonan masih terlihat kering dapat disiram kembali dengan air biasa Jika adonan sudah jadi, ditandai dengan : bila kita kepalkan dengan tangan tidak keluar air, dan bila hasil kepalan tidak hancur seperti gambar dibawah, maka proses pengadukan telah selesai. Selanjutnya bikin gundukan kembali terhadap adonan yang sudah jadi dan tutup dengan penutup agar proses fermentasi berlangsung sempurna.

Tunggu hingga 4 hari, bila sebelum 4 hari suhu adonan terasa panas, buka penutup namun jangan aduk adonan..


Gambar berikut hasil akhir dari pengolahan pupuk kandang yang diuraikan diatas, pupuk kandang tinggal digunakan sebagai campuran media tanam untuk mendapatkan hasil tanaman yang maksimal.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan pupuk kandang ini adalah :
  • Buat adonan ditempat yang ternaungi, tidak kena sinar matahari langsung ataupun kena hujan.
  • Gunakan penutup adonan bukan dari bahan plastik, Anda bisa gunakan karung goni bekas, karpet bekas, tikar bekas atau sejenisnya, asalkan bukan dari plastik. Hal ini agar sirkulasi udara tidak terhambat sehingga suhu tidak meningkat drastis.

77 comments:

  1. ciamik bos..... (hudi)

    ReplyDelete
  2. super degra itu hanya dipake buat bikin pupuk kandang pa?

    ReplyDelete
  3. tidak juga, intinya super degra adalah fermentator untuk mempercepat penguraian bahan organik oleh micro organisme. dia bisa disemprotkan langsung ke areal tanah (4 hari sebelum tanam).

    ReplyDelete
  4. harga super degra berapa...?

    ReplyDelete
  5. harga eceran 25 ribu per liter pak (update awal april 2009)

    ReplyDelete
  6. beda ga antara super degra dengan IM4?

    ReplyDelete
  7. pada prinsipnya keduanya sama, sebagai composter bahan organik, cuma masing masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. pake super degra karena sy tidak mau ribet dengan penambahan tetes, pengadukan di lagi setelah 4-7 hari dll.

    ReplyDelete
  8. makasih ya atas webnya. saya sngt terbantu atas tulisnnya. smga amal saudara dpt bermanfaat bg orang lain. trus tulis dng ada gambarnya.

    ReplyDelete
  9. saya harapkan juga demikian p nurman,smg bermanfaat utk kita semua

    ReplyDelete
  10. nono
    bisa ga pupuk kandang dicampur kompos,kalau bisa gimana aturan & caranya

    ReplyDelete
  11. bisa ga pupuk kandang dicampur dengan kompos,kalo bisa gimana cara dan aturannya.

    ReplyDelete
  12. bisa pak pupuk kandang dicampur kompos....jika pupuk kandang belum matang / masih baru, jangan langsung diaplikasikan terhadap tanaman. lebih bagus jika pupuk kandang dan kompos dicampur lalu difermentasi dengan fermentator semacam super degra, em 4 dll. perbandingan pencampuran tidak ada aturan baku saat fermentasi. bisa 1:1, 2:1, 1:2 dll.

    ReplyDelete
  13. berapa hari minimal pupuk sudah bisa jadi? dan kira2 dimana super degra bisa dibeli?

    ReplyDelete
  14. makasih infonya, semoga pupuk kandang makin digemari, jadi,... kotoran sapi/ayam bisa sangat bermanfaat utk qt

    ReplyDelete
  15. maksih ilmunya pakde herfin

    ReplyDelete
  16. Pak Hervin, itu kotoran ternaknya bisa pake yang masih baru?

    ReplyDelete
  17. To Masoed : bisa saja pak, asal berani ngaduknya dan tahan baunya lho.....he he he ....

    ReplyDelete
  18. Terimaksih Boss Inpo nya

    Moga Bermanfaat buat kita semua

    ReplyDelete
  19. dimana tempat pembelian super degra

    ReplyDelete
  20. untuk mendapatkan superdegra di daerah jakarta dsktnya coba hub no 081945175999 (bp Win )

    ReplyDelete
  21. Mas Hervin pupuk kandang ini siap pake langsung sbg media tanam ato harus ditambah lagi tanah/sekam untuk dipakai di pot, perbandingan idealnya berapa? Makasih ilmunya mas, moga balasannya melimpah. Mau saya praktekkan. Salam :) bari.

    ReplyDelete
  22. @Bari : Pupuk kandang siap pake Pak, untuk di pot bisa dicampurkan media tanam spt tanah, sekam dll
    perbandingan ideal tidak ada aturan baku, yang penting (kl dipot) media bersifat remah, tidak padat dan tentu saja porous, komposisi bisa anda sesuaikan sendiri, tergantung bahan yang tersedia dan mudah didapat disana...
    sebagai CONTOH saja : tanah : pupuk kandang : sekam (1:1:2)

    ReplyDelete
  23. trims infonya pak,,, superdegra kalo nyari di toko pertanian kira - kira ada?

    ReplyDelete
  24. erick : kayaknya masih jarang tu di jual di kios pertanian, lebih jelasnya coba contact no diatas beberapa komentar ini, dia temen saya yang produksi S degra ini

    ReplyDelete
  25. Pak saya menanam kelengkeng dengan media tanam yang saya beli jadi, koq malah daunnya menguning ya disebabkan apa ya minta pencerahan dong (purnomo)

    ReplyDelete
  26. Pak Kervin saya membeli tanamam kelengkeng berserta media tanamnya.. media tanamnya sepertinya pupuk kandang dan sekam tetapi setelah saya tanam pada drum kenapa pohon kelengkeng saya daunya menguning ya... minta pencerahan dong. terima kasih pak (purnomo)

    ReplyDelete
  27. apakah super degra bisa diganti em 4
    terimakasih infonya

    ReplyDelete
  28. Purnomo : jenis lengkeng nya pingpong ya mas, (just nebak).. coba perhatikan medianya lagi, mungkin ada pupuk kandang yang masih mentah.

    ReplyDelete
  29. @Hengky : bisa saja mas, yang penting fermentator bahan organik, cuma dari pengalaman pribadi, seperti telah saya jelaskan di tulisan diatas, waktu pengerjaan dgn SD ini relatif cepat, dan cukup sekali aduk saat pengerjaan di awal....

    ReplyDelete
  30. knp pupuk kandang yg dijual tu ada yg mentah ada yg tidak ya? apa fungsi masing2. mohon penjelasannya pak. thx.

    ReplyDelete
  31. @nicholas : mentah atau tidaknya pupuk kandang yg banyakdi jual di pasaran tergantung "mental" si penjual itu sendiri....terus terang sebagai pemakai, saya lebih suka yang sudah matang / terfermentasi. dia sangat berfungsi memperbaiki struktur tanah / media tanam, sehingga pertumbuhan tanaman akan maksimal

    ReplyDelete
  32. wah ini yg tak cari2.....ulasan yg bermanfaat cak

    ReplyDelete
  33. cak ....boleh tau,dimana bs beli super degra di daerah saya ?,cari2 jarang ada.
    thanks

    ReplyDelete
  34. Mas Hervin, terima kasih atas pencerahan mengenai pupuk skarang kelengkeng saya sudah banyak pucuk2 mudanya yg tumbuh.. untuk lebih baik perkembangannya berapa kali pemangkasan diperlukan. terim kasih mas..(purnomo)

    ReplyDelete
  35. @teds : coba hub no diatas...

    @purnomo : pemangkasan dilakukan jika sekiranya tajuk belum rimbun (tujuan utamanya utk pembentukan tajuk).....saat pemangkasan lakukan pada batang yang sudah kecoklatan...

    ReplyDelete
  36. Mas bisa minta alamat lengkap tempat jualan super degra untuk daerah jakarta, terima kasih

    ReplyDelete
  37. @MAS HERWIN : KALAU DIWILAYAH JOGJAKARTA. SUPER DEGRA DIJUAL DIMANA. AKU MAU BELI. MAU DICOBA NIH. MOHON KERJASAMANYA.

    ReplyDelete
  38. @MAS HERWIN : KALAU DIWILAYAH JOGJAKARTA. DETAILNYA ??? SUPER DEGRA DIJUAL DIMANA. AKU MAU BELI. MAU DICOBA NIH. MOHON BALASANNYA SECEPAT MUNGKIN. PERLU PENTING. MAKASIH.

    ReplyDelete
  39. @ali dan frans : kl didaerah jogja dan jakarta saya belum tahu mas, coba kontak langsung aja ke bp Winarno di 08161982396 saja...

    ReplyDelete
  40. mas, ciri-ciri ppk kandang udah masak itu apa ya mas? pernah saya coba bikin pake em4 kq malah berair ya mas, apa karna kebanyakan airnya. waktu bikinnya pupuknya saya ikat dalam karung aja. dan gk pernah saya aduk-aduk. trims ya mas.

    ReplyDelete
  41. Cak Hervin, bagusan mana ya kompos fermentasi dengan tai cacing (kascing)? Dibelakang rumah banyak cacing nih, trus gimana aplikasi kascing ini untuk media tambulampot?
    Thanks.

    Nice Blog Cak

    ReplyDelete
  42. @ADM : tai cacing (kascing) bagus juga, dia penuh bahan organik, apalagi pembuatan kascing dengan cara intensif (di bak semen, cacing di beri makanan dari bahan organik sisa2 sampah dapur dll). kalo cacing biasa (cacing tanah) yang hidup di tanah2, cenderung mengeluarkan kotoran yang bersifat cenderung memadat. untuk aplikasi jenis yg terakhir ini harus dicampur dgn media yg bersifat remah spt sekam arang dkk..
    bagusan mana keduanya ? jujur saja perlu di lab kan he he he,.....

    ReplyDelete
  43. untuk di daerah padang ato bengkulu udah ada agennya belum?

    ReplyDelete
  44. boleh beli bibit nya g mas????
    aku pengen banget nih nanam itu juga. bgus2 semua tanaman buah2an nya.,.,

    ReplyDelete
  45. untuk daerah Riau dimana tempat agen penjual bibit nya ya mas???

    ReplyDelete
  46. @arai : wah maaf untuk daerah Riau belum ada info nih saya....

    ReplyDelete
  47. Pak, saya punya lahan kosong di depan rumah yang rencananya mau di bikin taman + tanaman buah, tapi masih proses nyicil beli tanamannya. Sudah ada pohon rambutan Binjai (tinggi 50 cm) dan Jambu bol jamaica (tinggi 30 cm) - saya ga tau umurnya. Awalnya tanaman baik2 saja, sampai 2 minggu yang lalu ada kelebihan pasir Purwakarta (yg warna coklat) saya hamparkan di lahan tersebut. Hari ini saya lihat pucuk kedua pohon tersebut merunduk layu padahal sudah di siram teratur (sore hari saja kalau tidak ada hujan). Yang parah jambu bol jamaica nya, saya gali kembali, ternyata kulit batang pohon yang berada di tanah sudah hilang, juga akar serabutnya tinggal 3 helai lagi menempel di batang utama. Di dalam tanah tersebut ada rayap dan anak2 kaki seribu. Saya bingung di buatnya, awalnya baik2 saja. Apakah karena pengaruh pasir yang saya hamparkan tersebut??? mohon pencerahannya Pak. Saya merasa sedih apalagi jambu jamaica saya tanam mulai dari biji di pot. Saya jadi menyesal, kenapa harus dipindahkan ke tanah ya?? Bagaimana supaya pohon saya selamat Pak?? Makasih..

    ReplyDelete
  48. @Neni :kl di lihat dari cerita anda kayaknya hilangnya kulit batang dan rusaknya akar karena rayap dan kaki seribu. pengaruh pasir yg ditaburkan mungkin saya ada, cuma selama hama tersebut msh ada tentunya juga tetap harus dicari solusinya.
    oke deh, sementara jambu jamaika selamatkan dulu di pot, berikan media yg terbebas dari hama tadi, bila perlu kasih taburan furadan, siramkan fungisida serta penumbuh akar pada medianya. taruh ditempat teduh dulu, pangkas / buang daun yang terlihat kering, pangkas daun nya sisakan sedikit (1-2 cm) tangkai daunnya di ranting.

    semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  49. mas,coba lihat link ini
    http://adruyan.blogspot.com/2011/01/bikin-pupuk-kandangorganik-sendiri.html
    nyontek punya nya mas ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mas, sepertinya persis tulisan diatas.
      tapi biarlah saja, selama digunakan untuk kebaikan kan juga menambah pahala kita he he he .....

      Delete
  50. mas kotoran kambing yg sudah terjemur sekitar 1 bln lebih dan sudah sangat kering,,, apakah itu sdh layak untuk dijadikan campuran media tanam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga, tapi dia susah hancurnya lho....

      Delete
  51. kalau dimedan super degra bisa diperoleh dimana pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @danu : wah maaf kurang tahu ya mas kl di medan...

      Delete
  52. mantaf :thumbup.. postingan 4 tahun lalu masih terus aktif direspon.. panen amal teruuus kang hervin

    ReplyDelete
  53. fungsi sekam untuk apa Mas? perbandingannya secara volume berapa banding berapa? trs kalau tanpa sekam bisa tidak? soalnya biasanya tempat beli sekam sama dg katul. kalau cari katul susah cari sekam ya... susah juga.
    aku pernah nyoba SD untuk buat kompos, tak siramkan ke daun2 kering trus tak bunkkus karung kak gag jadi2 bahkan karungnya anget pun tidak. mengapa ya?
    makasih
    JOKOWI

    ReplyDelete
    Replies
    1. fungsi sekam agar adonan tidak menggumpal, kl pun tanpa sekam masih bisa dilakukan kok, ibaratnya uraian diatas adalah cara ideal yg efektif.

      Delete
  54. Apakah super degra masih diproduksi? Berapa harga sekarang? Di mana bisa didapat di area Bogor?

    Saya lihat di kaskus ada yang jual sebagai solusi wc mampet, tapi tanpa foto dan harga, apakah itu produk yang sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Teguh : masih, harga dan pemesanan coba cek langsung ke no hp Bp Winarno, di 081945175999 or 08161982396

      sepertinya yg untuk wc mampet bukan produk yg sama

      Delete
  55. Tanya satu lagi: Ini super degra apakah bisa menghancurkan kotoran kambing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menghancurkan kotoran kambing bisa di tutup / di pendam dgn tanah agar lebih efektif, tapi prosesnya lebih dari 2 minggu )kurang lebih 4 minggu) dan dijaga agar teetap lembab

      Delete
  56. maaf mas mo tanya. saya hampir sebulan menanam jabon, 3hari sebelum bibit ditanam dilobang saya beri kot.ayam dan mungkin masih mentah serta furadan. apakah jabon saya nantinya tidak bermasalah? dan klo ada gmana cara mengatasinya ya mas? maklum saya baru mencoba berkebun. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja jabonnya tidak kepanasan akarnya akibat kotoran yg msh mentah dan berlebih mas, jika dia kepanasan akan langsung kelihatan pada kondisi tanaman dalam beberapa hari,...

      Delete
  57. pak hervin,klo mencari super degra daerah malang dimana
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @michel owen : coba cari diatas contak person bapak Winarno

      Delete
    2. Kemarin saya beli EM4 hanya 15rb per liter, fungsi dan cara pakainya pun sama persis tanpa menggunakan tetes tebu. Tetes tebu hanya digunakan kalau kita mau memperbanyak EM4, misalnya dari 1 liter menjadi 20 liter.

      Delete
    3. he he he syukurlah kl gitu,
      TAPI apakah anda berani menjamin jika dalam 4 hari pupuk yang di fermentasi sudah bisa digunakan ???

      ... kl yang diatas saya telah membuktikan sendiri

      Delete
  58. apa produk ini bisa diternakkan/diperbanyak,gmn caranya?

    ReplyDelete
  59. maaf mas mau tanya ,di rumah saya ada taman dalam ruangan,dan banyak sekali binatang kaki seribu yg suka berkeliaran di dalam rumah,di lantai,tembok,di kamar mandi,bahkan pernah ada di kursi tamu,saking banyaknya saya sampai susah tidur takut kalau di tempt tidur ada,gimana cara membasminya supaya hilang?pakai obat apatrimakasih mas jawabannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sharing ya mas,
      asalnya kaki seribu itu dari media tanam yg belum matang, mereka mencari makan dari media tsb.
      di atas mas hervin sebutkan pakai furadan utk membasmi hama, ini ampuh utk hama tsb (saya sdh coba) tp harap berhati-hati, 1 butir bis membunuh 1 ekor burung jadi jauhkan dari jangkauan anak-anak dan cuci tangan dan perlengkapan.

      Delete
  60. mas saya mau tnya klo bkin ny dari kotoran kmbing cra ny gmna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahmad afandi : kalau untuk kotoran kambing, sekedar info, dia lama sekali lapuknya.
      yang saya lakukan, kotoran kambing yg kering saya giling dgn mesin penggiling untuk menjadi lembut dahulu, baru di fermentasi spt diatas.

      cara lain, pendam kotoran kambing yang sudah di kasih fermentator spt diatas dalam lubang, usahakan penutupnya tanah, dgn kelembaban yg tinggi dia akan hancur.

      Delete
  61. mas sayA mau tnya klo bkin dari tai kmbing gimna.

    ReplyDelete
  62. jika saya menggunakan EM4 apakah cara dan komposisi bahan sama saja??

    ReplyDelete
  63. kalo pake pengurai yg biasa digunakan untuk WC bisa gak ya.

    ReplyDelete

Comment