Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

4 Dec 2008

Lengkeng Lokal apa ini ??

Hari raya Lebaran th 2008 kemarin sewaktu mudik di kota kelahiran di Kediri Jawa Timur, saya terkejut dan heran melihat sosok tanaman lengkeng dengan buah seukuran kelereng bergelayutan di pohon.  Sambil lewat saya amati sosok pohon lengkeng yang sarat buah masih ranum tersebut. Perkiraan saya ini pasti salah satu jenis lengkeng dataran rendah yang sudah terkenal genjah berbuah, apalagi di daerah kediri (tidak lebih dari 100 dpl) yang sangat panas dia tumbuh subur dan berbuah lebat.  Namun begitu saya amati bentuk daun dan sosok tanaman, ternyata perkiraan saya salah.

domplan buah muda

Apa sebab ?? Ternyata dari pengamatan saya terutama dari bentuk daun, lengkeng tersebut lebih condong ke lengkeng lokal.. Namun masak bisa ya lengkeng lokal seperti ini berbuah didaerah dataran rendah seperti Kota Kediri.....

Sambil berlalu mengamati pohon lengkeng tadi saya jadi teringat, kurang lebih setahun yang lalu saudara di Kediri memberi 1 batang cangkokkan lengkeng dari temannya yang katanya bisa berbuah lebat dan bisa berbuah 2 kali di daerah Kediri.  Si empunya, yang ternyata temen saudara saya, bilang katanya jenis diamond River, namun setelah saya lihat ternyata bukan.  Dan setelah saya tanya lebih lanjut kepada saudara saya, ternyata lengkeng cangkokkan yang saya berasal dari indukan yang saya lihat waktu lebaran lalu. Beruntung benar saya mendapatkan cangkokkannya.  Sepulang dari kediri, hasil cangkokan yang saya tanam di Kota Malang (di kebun dengan ketinggial 493 dpl) kembali saya rawat dengan intensif.  Dan Akhirnya si lengkeng "aneh" ini berbunga juga.  Dalam hati saya berkesimpulan, lengkeng ini bisa berbuah di daerah dataran rendah hingga menengah, so bisa dijadikan alternatif pilihan bagi para hobiis tanaman buah terutama lengkeng mania.  Walaupun terus terang, saya belum pernah mencicipi buahnya, saya yakin lengkeng ini layak untuk dikebunkan dan dijadikan alternatif selain jenis lengkeng yang telah ada.  Apalagi sesuai pengakuan si empunya indukan, pohon ini dapat berbuah 2 kali setahun dan tanpa perlakuan khusus.  Jenis lengkeng apa ini ???? Itu yang masih menjadi pertanyaan bagi saya sendiri...

12 comments:

  1. pak saya punya lengkeng lokal yang belajar berbuah umur satu tahun dari masa tanam hasil okulasi.Buahnya persis itoh.

    ReplyDelete
  2. wah bagus itu pak, kalau boleh tau lokasi dimana ya ??? kira2 ketinggian lokasi berapa diatas permukaan laut ....
    setahu saya sih kl itoh bentuk daunnya sudah lain dengan jenis lokal, tapi hampir sama dengan jenis Due. dan berbuahnya harus dirangsang dengan formula khusus seperti yang pernah saya posting... saya tunggu infonya pak

    ReplyDelete
  3. pak saya punya tanaman kelengkeng lokal dari biji umurnya 2 Tahun besar batang sudah berdiamater 4 cm. yang mau saya tanyakan? bagaimana cara membuatnya berbuah?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. kl boleh tau lokasi dimana pak (ketinggian tempat berapa dpl ?), diameter btg 4 cm sebenarnya sudah bisa dibuahkan, tapi lebih bagus lagi bila dilakukan pembentukan tajuk dulu, supaya tanaman kelihatan rimbun. dalam hal ini pemangkasan cabang akan membantu pembentukan tajuk tanaman yg rimbun (agar tanaman tidak terlalu tinggi juga). seperti gambar diatas (blog saya), tanaman pendek dengan tajuk yg rimbun pak, kl sudah begitu baru siap untuk dibuahkan. sekali lagi saya perlu tahu lokasi bapak, didaerah dataran rendah atau tinggi.

    saya tunggu informasi tambahannya, untuk lebih jelasnya bisa email aja ke saya langsung : herfins@plasa.com

    ReplyDelete
  5. mau tanya pak ... didepan rumah saya ada pohon lengkeng sudah begitu besar tinggi uda mencapai 2,5 meter, pohonnya sangat subur dg daun yg begitu lebat. tapi ko belum bisa berbuah ya.. padahal sudah disuntik buah dan di pupuk sesuai dg ukuran. itupun yg memproses orang pertanian...dan harus susah payah cari pupuk kandang karena saya tingal di daerah sidoarjo perbatasan dg surabaya yg jarang sekali ada peternakan.

    ReplyDelete
  6. @Upit: disuntik apa ya...tapi setahu saya kalau si pohon diaplikasi dgn lengkeng booster bisa kok berbuah, coba cari tulisan di blog ini tentang lengkeng booster, dia terbukti bisa membuahkan lengkeng yang bertahun2 tidak pernah berbuah ...

    ReplyDelete
  7. saya punya cangkokan lengkeng tetapi sampai saat ini belum belajar berbuah tolong kasih solusinya pak??

    ReplyDelete
  8. coba diaplikasi dengan lengkeng booster, insya allah berbunga deh....

    ReplyDelete
  9. tanya satu pak Hervin, saya punya pohon lengkeng yang di tanam dari biji, sekarang sudah cukup tinggi dan rimbun daunnya, diameter batang sekitar 20 cm, saya tanam di halaman rumah di pantai pak dengan ketinggian 0,5 meter dpl.
    sampai sekarang belum ada tanda tanda untuk berbunga, mohon kiranya bagaimana caranya agar lengkeng tersebut bisa berbunga, atas jawabnya saya ucapkan terima kasih.
    b.katik sulaiman
    padang sumbar

    ReplyDelete
  10. @b.katik sulaiman : penanaman lengkeng dari biji (terlebih dari jenis THAILAND yang biasa dijual di swalayan) sejauh pengetahuan saya sangat susah sekali berbuah. jarang saya dengan tanaman yg demikian berbuah alami. namun aplikasi lengkeng booster sepertinya layak dicoba, mengingat beberapa pengalaman pribadi dalam membuahkan lengkeng lokal yg puluhan tahun gak berbuah bisa berhasil panen. namun terus terang utk tanaman lengkeng yg berasal dari biji spt diatas saya belum pernah lakukan percobaan (krn memang tidak punya pohon dari biji yg sudah besar)..

    ReplyDelete
  11. Kediri mana ini Mas? Saya juga kediri, siapa tau bisa mendapat bibitnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rohmad : kediri daerah Gogorante mas, di perumahan apa gitu saya lupa

      Delete

Comment