Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

19 Dec 2008

Srikaya New Varietas

Dikalangan penggemar tanaman buah jenis srikaya jumbo atau sering disebut srikaya new varietas sudah tak asing lagi. . Sebenarnya di pasaran terdapat berbagai jenis srikaya, seperti srikaya gundul, srikaya merah, srikaya non biji srikaya afrika (pride of Africa) dan masih banyak lagi, namun dalam kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai srikaya jumbo Australia.. Seperti posting terdahulu (topic tanaman buah), yang membedakan srikaya jenis ini dengan srikaya lokal adalah terletak pada sosok tanaman yang kokoh, dengan ukuran daun lebih besar, dan tentu saja buah yang lebih besar dari buah srikaya lokal.

Ukuran buah jumbo



Ditanam di pot


Biji sedikit

Tanaman dengan ukuran buah yang besar hingga mencapai berat 8 ons per buah ini sangat genjah dan rajin berbuah baik di dataran rendah maupun dataran menengah. Dengan daging buah yang bertekstur lembut, tidak berpasir seperti srikaya lokal, beraroma harum dan memiliki biji yang relatif sangat sedikit adalah merupakan kelebihan lain jenis srikaya ini. Dengan kelebihan yang dimiliki ini, srikaya jumbo layak dijadikan pilihan lain untuk dikebunkan atau dijadikan tanaman koleksi.
Buah mulus dapat diperoleh bila pembungkusan buah dilakukan semenjak buah pentil atau seukuran kelereng. Kalau kita telat membungkus buah akan diserang semacam cabuk / kutu putih, dan ulat pengerek buah yang mengakibatkan buah tidak mulus atau bahkan busuk sebagian.
Penyakit yang biasa menyerang tanaman ini adalah cabuk putih yang bersarang dibawah daun dan ulat serta belalang yang juga menyerang daun. Untuk penanganan dapat dilakukan penyemprotan dengan pestisida yang ada dipasaran sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Kadang kala kutu putih yang bersarang di bawah daun tidak mati oleh semprotan pestisida yang kita semprotkan, untuk itu dapat dicoba penyemprotan ulang dan jangan lupa tambahkan larutan sabun / detergen yang dicampur dengan pestisida. Larutan detergen / sabun dimaksudkan agar lapisan pelindung (lapisan lilin) pada cabuk putih dapat dihancurkan dan pestisida dapat mengenai cabuk secara kontak sehingga dia akan mati.
Pengembang biakkan tanaman ini pada umumnya dilakukan dengan cara okulasi (tempel mata), sambung susu ataupun sambung pucuk. Untuk okulasi, sambung pucuk dan sambung susu gunakan batang bawah (seedling) dari buah mulwo atau si nona. Batang bawah dari srikaya lokal bisa juga digunakan, akan tetapi pertumbuhannya lebih cepat bila menggunakan mulwo atau si nona.
bibit untuk tabulampot

Bibit dari sambung susu / okulasi / sambung pucuk akan belajar berbuah kurang dari 6 bulan dengan perawatan intensif. Lakukan penjarangan buah untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal. Tanaman ini juga bisa dijadikan tabulampot, bahkan akan terkesan lebih eksklusif bila berbuah di media pot.
Anda tertarik ………..

25 comments:

  1. wah gede juga ya ditanam di pot. jadi pengen punya nih di rumah. see my blog at allgardeningtips.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. jadi pingin punya pohonnya

    ReplyDelete
  3. he he he , beli aja mas, banyak kok dipasaran....

    ReplyDelete
  4. kalo mau beli bibit di sekitar daerah Nganjuk - jawa timur dimana ya Mas?

    ReplyDelete
  5. maaf mas.... didaerah nganjuk saya kok kurang tahu ya..., kl ditempat saya sih banyak sebenarnya....

    ReplyDelete
  6. saya tinggal di salatiga dan sdh menanam 2 kali tapi mati semua, kebetulan saya tanam ditanah, lokasinya diapit tembok kana kiri dan agak sempit tempatnya, tanah agak lembab. Betulkah srikaya ini suka cahaya dan tidak begitu suka air. bagaiaman solusinya?

    ReplyDelete
  7. srikaya jenis ini butuh sinar matahari full, dan satu lagi, tanah yang lembab dan tidak porous akan menyebabkan perakaran tanaman ini tidak berkembang dan bahkan mengakibatkan mati.....coba tanam di tempat yg terkena sinar matahari penuh, di tanam di pot juga sangat bisa sekali, perhatikan media tanamnya, yg penting bersifat porous (ditandai dgn saat disiram, air tidak menggenang terlalu lama / meresap ke bawah)

    ReplyDelete
  8. dulu saya punya pohon sarikaya lokal, sudah bijinya gede gede, buahnya kecil akhirnya dengan amat terpaksa saya tebang dan saya ganti dengan pohon sarikaya new varietas, calon bakal buah terus bermunculan,...anehnya kok tidak jadi alias mengering sendiri yach, apakah ada solusi untuk tanaman ini, kebetulan saya tanam di pekarangan luar jadi full sinar matahari, minimal seminggu tiga kali saya siram, tapi sampai sekarang saya masih penasaran, oh iya kebetulan nich bibit saya beli setahun lalu di PAmeran Flona, LApangan Banteng, suwun atas petunjuk dan petuahnya Mas Hervin

    ReplyDelete
  9. @Ali : banyak kasus yang dialami temen2 hobiies spt yg anda keluhkan, tapi di bagian blog ini sudah saya ulas untuk mengatasi nya....

    ReplyDelete
  10. mas, saya ada bibit srikaya (gk tau jenisnya, pemberian teman. buahnya sih besar) terus bijinya saya tanam. skarang baru 15an cm.. butuh brapa lama lg bisa berbuah?? dan yg dimaksud dengan perawatan insentif itu gmana mas??? thanks before..@ujang

    ReplyDelete
  11. @Ujang : wah bibit dari biji ya....kl karakter daun besar kayaknya dari jenis jumbo australia...
    hemm 15 cm ya, masih lumayan lama kali, tapi patokannya, jika batang sudah sebesar telunjuk orang dewasa, maka dia sudah layak untuk dibuahkan. perawatan intensif disini, rajin dipangkas untuk bentuk tajuk, rutin di pupuk dan pengendalian hama jika ada serangan......kira2 begitu penjelasan singkatnya...

    ReplyDelete
  12. Waaahhhhhhhhh.......
    Kayaknya asik banget nehhh.........

    Semangat yoooo......... kikiki.........

    ReplyDelete
  13. Mas Herv, buah mulwo/si nona itu buah apa ya? apa itu buah mengkudu ya? kalau istilah di daerahku buah pace.
    EkoP

    ReplyDelete
  14. @EkoP : dia kerabat srikaya juga, bukan mengkudu ato pace, mulwo yg dari biji sangat kompetibel dijadikan batang bawah okulasi/sambung pucuk / sambung susu ataupun sambung sisip srikaya NV ini

    ReplyDelete
  15. mas,mau beli nih bibit srikaya jumbo.di tempat mas ada ngak yah? email saya fellys_aurelia@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. Saya jg tertarik untuk menanamnya, dimana saya bisa mendapatkan bibitnya?
    Saya berdomisili di NTB
    Terima kasih
    Email: t4run4_nginink@yahoo.com

    ReplyDelete
  17. apa buah sirsak (yang katanya masih satu jenis dengan srikaya) bisa dijadikan batang bawah okulasi/sambung pucuk / sambung susu ataupun sambung sisip srikaya NV ini????
    mohon tanggapannya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kan : buah sirsak memang sepertinya satu famili (nama ilmiah / genus nya saya tidak paham). Yang biasa di pake batang bawah srikaya NV adalah anona / menuwo / mulwo (jawa), sedang batang bawah sirsak jarang sekali digunakan untuk batang bawah perbanyakan srikaya.
      Tapi beberapa waktu lalu, saya batang bawah mulwo yang disisipi sirsak dan ada 2 tanaman (satu cabang sirsak, dan satu lagi cabang mulwo itu sendir), so menurut saya sirsak juga kompetibel jika di sambung susu / sisip srikaya NV. tapi sekali lagi hal ini masih kurang lazim dilakukan....

      salam

      Delete
  18. Bisakah Srikaya itu di CANGKOK.? dan berapa lama kalau tanam dari biji ?
    Soalnya teman punya Srikaya jumbo yg sekarang juha belum buah - hanya berbunga saja, ingin ku cangkok aja dan di tanam di Pot besar. Terima kasih penjelasannya Bung Hervin dan salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ordni : salam kenal kembali
      sepengalaman saya Srikaya susah untuk dicangkok, kemungkinan sangat kecil sekali, perbanyakan lebih umum dilakukan dgn okulasi (tempel tunas), sambung pucuk, sambung sisip dan sambung susu dgn batang bawah bisa dari srikaya lokal ataupun buah anona.
      untuk beberapa jenis srikaya spt srikaya merah bisa di biakkan dari biji dan bisa berbuah sekitar 1 tahunan, kl srikaya NV kebetulan sekali saya belum pernah mencoba.
      srikaya NV memang gampang berbunga, pada saat ini pasokan nutrisi (PK dan MgO) sangat diperlukan agar dia jadi buah pentil, selain penyerbukan alami / buatan tentunya.

      Delete
  19. dimana bisa dapet bibitnya ya?...saya duah lama pengen cari bibit ini...
    bisa kirim ke banjarmasin ga?

    ReplyDelete
  20. Siang Pak Hervin, saya minggu lalu baru saja beli bibit ini dari Nursery di daerah Tangerang.. sekarang kira2 tingginya masih 40cm.. Yang ingin saya tanyakan, kira2 pupuk apa yang paling cocok untuk tanaman ini agar cepat berbuah pak? dan berapa lama biasanya bibit hasil sambung susu ini baru berbuah? terimakasih Pak..

    ReplyDelete
  21. Pak Hervin apa bisa saya datang melihat tanaman buah bapak ? sekalian mau beli beberapa bibitnya. mohon basan melalui email insanmadani306@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  22. Wah jadi ngiler ni... kalo boleh tau beli bibitnya dimana ya mas

    ReplyDelete

Comment