Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

5 Aug 2009

Jambu Biji Australia... ( ? )

Tak terasa penantian hampir setahun berlalu sudah. Bermula dari jalan-jalan di komplek kios tanaman di daerah sawojajar Malang, waktu itu saya melihat sosok bibit jambu biji dengan daun dan batang yang kesemuanya berwarna merah. Dari si penjual bibit saya peroleh informasi bahwa jambu tersebut katanya dari Australia, dan buahnya akan berwarna merah seperti daunnya.

daging buah ungu , dengan aroma harum

Penasaran dengan sosok jambu
biji ini, maka saya beli satu dan saya tanam langsung di tanah. Dengan perawatan yang tidak begitu rumit, ternyata pertumbuhan jambu ini lumayan pesat. Seperti jenis jambu biji pada umumnya, jambu biji merah ini juga rajin keluar bunga dan berbuah susul menyusul. Dan yang membuat senang, ternyata apa yang di katakan si penjual bibit tadi benarlah adanya. Mulai buah pentil, warna merah sudah mendominasi, buah bertambah besar, warna merah mulai pudar ke arah ungu.

Dan yang membanggakan lagi, ternyata buah matang pohon (masih agak mengkal) memiliki aroma yang lumayan harum jika di belah. Walaupun jumlah biji masih relatif banyak, namun rasa dari jambu biji ini enak sekali, antara perpaduan rasa manis, segar dan aroma yang wangi.
Ternyata penantian hampir setahun tidak sia-sia setelah menikmati buahnya....
Mak nyuusss !!

Buah masak pohon, warna menggoda

32 comments:

  1. wah mantap nih keliatannya...
    saya juga tertarik ingin membeli bibitnya...
    kalo boleh tahu berapa nih harga bibitnya untuk ukuran 1 meteran, rencana mo aku tanam dalam pot aja karena udah gak punya tempat lagi... he..he..

    ReplyDelete
  2. saya jga prnah mlihat jambu itu, gara2 mata kuliah fitofarmaka...

    slain rasanya yg makyusss, jambu itu jga bnyak dikonsumsi orang sbgai obat lho....

    ReplyDelete
  3. baru lait yang kayak itu,
    nilai gizinya apa aja yh ?

    ReplyDelete
  4. biji tanaman hias : hemm nilai gizinya terus terang belum tahu pasti, yg jelas banyak mengandung vitamin c deh...kl ada info bisa kasih tahu ke pembaca biar pada ngerti....

    ReplyDelete
  5. mas klo jambu biji jenis ini dikombinasikan dengan jambu biji jenis lain bisa gk ya,(maksudnya dlam 1 phon ada dua jenis jambu) klo bisa cranya gmana ya mas?

    ReplyDelete
  6. selama dia sama2 jambu biji bisa kok di kombinasi....bisa dgn sistem okulasi ataupun sambung pucuk. tapi cara pertama yang lebih umum

    misalkan kita punya jambu biji jenis kristal, di cabang lainnya kita bisa okulasikan dengan jambu jenis lain....selamat mencoba

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah..trims ya mas infonya, akan sya coba, sya juga mo coba ama mangga. mudahan aja jdi.

    ReplyDelete
  8. selamat mencoba....semoga berhasil....jgn lupa coba juga untuk jambu air

    ReplyDelete
  9. untung saya udah punya 2 pohon,,,,,,satu pohon yg tingginya 20cm sudah mengeluarkan buah,,,,,,soalnya asal bibit cangkok

    ReplyDelete
  10. terimaksih sudah berbagi cerita, karena saya sedang berniat menanam jambu ini dalam tanah tapi agak ragu, karena belum ada contoh.

    ReplyDelete
  11. paling lama berapa tahun ya mulai berbuah, sy beli seminggu yang lalu tingginya br 50 cm, tu karna penasaran aja sebab semuanya merah

    ReplyDelete
  12. minta gambar pohon yg berbuah lainnya dong

    ReplyDelete
  13. @iwan : pemupukan dan perawatan intensif plus pemangkasan teratur akan coba belajar berbuah sekitar 5 bulanan....

    ReplyDelete
  14. di rumah saya punya jambu ini, sekarang umurnya kurang lebih sudah 11 tahun. dan sejak 2 tahun lalu tidak pernah muncul lagi bunga. cara apa yang efektif agar pohon bisa berunga lagi?

    ReplyDelete
  15. coba beri pupuk kandang dan pupuk kimia yang memadai, trus lakukan pemangkasan pada beberapa ranting untuk merangsang keluarnya bunga

    ReplyDelete
  16. makasih infonya jadi tahu macam2 jambu biji, ijin untuk mengcopy gambarnya ya.. untuk melengkapi catatan saya. terima kasih.

    ReplyDelete
  17. @ Ester Widya : monggo silahkan...semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  18. bisa d upload foto bunga jambu itu ga ?
    soalnya butuh nih ..
    makasih sebelumnya .

    ReplyDelete
  19. aq punya jambu air citra..baru berumur 4th, n baru berbunga..
    tp kug bunganya banyak yang rontok yaa?? tolong kasih solusi biar bunganya ndak rontok lagi>>tengkyu
    btw aq juga udah punya jambu australia...tinggi baru 50 cm ubah berbuah...muaaanis rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @efa : coba perhatikan penyiraman, jangan sampai telat siram
      selanjutnya pemupukan, berikan nutrisi yg cukup, tambahkan pula unsur MgO dan Ca saat tanaman mulai berbunga, pupuk seminggu sekali agar hasil maksimal (dosis biasanya 5 gram per liter air dan dikocorkan ke perakaran)

      Delete
  20. Mas hervin, kira2 ada kiat khusus gak untuk merawatnya? karena kerontokan bunga ny lumyan tinggi padahal jambu ini termasuk jambu yang komoditi tinggi. mohon pencerahannya mas.
    makasih sebelumnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @some one : sebenarnya tidak ada perawatan khusus utk merawatnya,
      kuncinya jgn telat siram, pemangkasan rutin, pengendalian hama dan pemupukan yang memadai agar tidak rontok
      berikan pupuk PK tinggi dan MgO serta Ca utk mengurangi kerontokan

      jika masih rontok bisa ditambahkan semprotan GA 3 saat bunga hingga buah pentil seminggu sekali

      Delete
  21. @Hervin : mas,wktu juli'12 kmrn sy tanam bibit jambu ausy (tinggi 25cm). sblmnya sy potong akar srabut(bkn akar inti) dg mksd agar tdk tll tinggi tumbuhnya (krn lahan sempit).tp smp bln nov skr koq ga tinggi2 yah..? tumbuh seh,pupuk jg 1 mgg se x pake Topsil B ma Biotek (u/ mrangsang tumbuh) ada solusinya gmn ya mas?
    Beda lgi dg jambu sukun,klo tanaman ini sgt memuaskan tumbuh dan buahnya..pdhl ditanam pada media yg sama. apa krn beda jenisnya ya..? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @helmy : gitu ya.... coba sih perhatikan, jambu biji kayak gini suka matahari full, trus kl ditanam ditanah, dia suka banget sama air.
      dibanding dengan jenis jambu sukun merah, memang beda banget pertumbuhannya,,,si sukun merah lebih greng dan cepat menjulang.

      coba perhatikan cahaya mataharinya,,,dan jangan lupa amati lagi asal bibitnya...

      Delete
  22. salam kenal mas Hervin, saya punya 2 pohon jambu australia, 1 pohon tambulampot pertumbuhannya sangat cepat skr udh 1 meter, satunya lagi tanam di tanah pertumbuhan agak lambat skr msh 30 cm, knapa yah?, tapi yg tambulampot banyak kutu putihnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali,

      pertumbuhan yang bagus pada intinya tergantung pada lokasi tanam (terkena sinar matahari minimal 4-6 jam), media tanah dan pemupukan....coba perhatikan
      oh ya untuk jenis jambu biji spt ini, dia senang sekali air (penyiraman rutin) trus pangkas juga cabangnya, untk kutu putih bisa di basmi pake sabun cuci cair, jika bandel campurkan sedikit pestisida

      Delete
  23. semoga apa yg dituliskan jg terjadi pada jambu australia sy yang baru saja saya beli dari penjual bibit buah2an ..

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah akhirnya berbuah juga ya pohonnya. kebetulan jua stlh sy baca blog ini sy baru tau nama buahnya sebelumnya sy bilangnya hanya jambu biji ungu... kebetulan jua sy sdh lama menikmati hasil dr pohon ini yg berbuah tak kenal musim..

    ReplyDelete
  25. saya punya banyak benih(dari biji) jambu biji ungu ini,mo saya buang sayang, mo ditanam juga g ada tempat. bagi tman2 yang berminat saya kasih cuma2 (ongkir ditanggung pnerima) silahka sms di 085736349946
    cepetan sebelum saya buang :)

    ReplyDelete
  26. kirain cuma wanita aja yang merah xixixixixi

    ReplyDelete
  27. mas punya bibit jambu biji yang kombinasi mas? berapa harganya

    ReplyDelete
  28. klo boleh tau seberapa besar ukuran buahnya ya?

    ReplyDelete

Comment