Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

10 Nov 2009

Jambu Biji Kristal

Perbincangan asyik dengan Kolega di Semarang beberapa waktu lalu mengingatkan saya akan pada sosok buah satu ini, Jambu Biji Kristal. Kira-kira setahun dari obrolan kemarin Beliau mengatakan kepada saya bahwa "Jambu Kristal layak dikebunkan lho mas, tanaman ini rajin untuk berbuah".

Biji relatif sedikit, mudah utk dimakan

Saat itu pun saya
membeli bibit dari Beliau 5 pohon dan beberapa saya bagikan ke temen-temen di Jawa Timur. Dari sosok pohon dan daun sebenarnya tanaman ini tidak terlalu istimewa, namun dari segi buah akan kelihatan istimewa jika dibelah. Biji relatif sedikit, sehingga mudah untuk dikonsumsi dari pada jambu biji Bangkok ataupun Getas Merah yang lebih dulu populer.

Satu lagi kelebihannya, tanaman rajin berbuah, dan tingkat kerontokan buah tidak banyak seperti jambu sukun merah. Terbukti bibit yang saya beli mampu berbuah hingga panen dalam media polibag ukuran 30 cm. Berat buah bisa mencapai 500 gr bahkan bisa lebih bila dengan perawatan intensif.

buah bisa mencapai 500 gr lebih

Di kebun, harga jambu ini mencapai Rp 12.500 dengan isi buah rata-rata 2 buah per kg nya, masih kata kolega tadi. Dengan karakter buah yang renyah dan menyegarkan, untuk jangka waktu 1-2 tahun mendatang jambu kristal masih bisa diterima dan ditunggu-tunggu konsumen di tanah air.

Anda tertarik....

41 comments:

  1. salam..boleh saya beli benih jambu kristal ini...fadzlie kuala lumpur
    fadzlie.ced@gmail.com

    ReplyDelete
  2. salam kenal p fadzlie...
    he he kl kirim ke malaysia susah untuk tanaman pak he he ... di malaysia tidak ada kah ??

    ReplyDelete
  3. santoni sandra27 May 2010 07:03:00

    salam kenal mas Hervin... dijakarta dimana saya dapat jambu biji Seedless... terimakasih...

    ReplyDelete
  4. salam kenal sdr. 'Santoni Sandra'
    coba cari di tebu wulung nursery di jakarta

    ReplyDelete
  5. salam kenal mas Hervin..,kalo dijakarta dimana saya bisa dapat pohon jambu kristal?, tolong mas di infoin, terimakasih.

    ReplyDelete
  6. salam kenal mbak widya....coba contact bp edy di 08159935287 (tebu wulung nursery)...

    ReplyDelete
  7. kalau di malang nyarinya dimana mas...???
    thkz

    ReplyDelete
  8. Kalo di Subang, bisa beli bibitnya dimana pa?

    ReplyDelete
  9. @nanda : dimalang ?....kok masih jarang ya keliatannya....

    @ some one " maaf di subang belum kok saya kurang tahu ya....

    ReplyDelete
  10. mas berapa lama jambu ini bisa berbuah? dan bisa ngga kita tanam di drum? usianya berapa lama produktif? oya harga bibitnya berapa ya?

    ReplyDelete
  11. @MULIADY : kl dari bibit dari okulasi Insya Allah 8-12 bulan bisa mulai belajar berbuah pak....di pot diameter 40 cm aja bisa, apalagi di drum, lebih bagus...usia produktif keliatannya lebih 8 tahun ya....info harga bibit berkisar 40 ribuan tinggi 30 cm

    ReplyDelete
  12. halloo mas hervin, alhamdulillah saya sudah dapat pohon jambu kristal yang merah, lalu bagaimana cara perawatan pohon jambu kristal,soalnya pohon yang saya punya, setiap berkembang koq rontok ya...
    mohon informasinya mas...,terima kasih.

    ReplyDelete
  13. @widyastuti : hemmm sebenarnya kl dia jenis jambu kristal lebih banyak jadinya alias tingkat rontok kecil (jk dibandingkan jambu sukun merah misalnya)... hemmm coba lakukan pemupukan yang tepat mbak, berikan P dan K yang tinggi trus ada unsur mikronya (tmsk MgO) pada saat menjelang bunga keluar...lakukan pemangkasan rutin untuk merangsang keluarnya bunga...good luck

    ReplyDelete
  14. berapa hrga jambu kristal jika pembelian sekitar 100 kg,kebetulan saya tinggal di daerah wisata pacet serta memasok jambu kristal,untuk bulan ini kakurangan pasokan. trima kasih, misdi ahmad misdiahmad@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Hallo mas herfin..
    kemarin pas ngecek2 tanaman, ternyata jambu kristal ku udah mengeluarkan calon bunga. Tapi sayang yang keliatan masih ada 3 aja. Smoga bisa jadi smua hehehe....

    ReplyDelete
  16. @Roy, jangan lupa pemupukannya di perhatikan, biar banyak yang jadi buahnya

    ReplyDelete
  17. semakin hari semakin bertambah ternyata kuntum bunga nya mas... iya mas, pasti aq perhatikan. Karna ini adalah tanaman ku yg kedua yang mau berbuah. Sebelumnya belimbing, tp karna mudah berbuah jadi kurang begitu senang hehehe....

    thx atas bimbingannya mas,

    ReplyDelete
  18. hallo mas
    bagus ni info..
    kalo di jogja dimana ya bisa dapet jambu kristal
    ,,
    aq cari kemana2 gak dapet mas..
    ikhsan

    ReplyDelete
  19. ikhsan :
    wah kl cari buahnya kurang tahu ya mas, soalnya disupermarket masih terbatas kayaknya....
    kl bibitnya banyak kok di jogja prambanan

    ReplyDelete
  20. SALAM HANGAT DAN BERKEBUN

    DMANA SAYA BISA DAPAT BIBIT BUAH INI,DAN BAGAIMANA UNTUK MENANAM NYA SAYA ADA DI KALIMANTAN SELATAN TLG INFO NA KE
    erni_ferrimilian@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  21. Ma'af Mas Hervin Pupuk yang bagus buat pohon berbuah bagusnya opo yach, kalo Amazing Grow itu apakah bersifat Organik ataukah Kimiawi, soalnya jujur saya sdh trauma pakai yang kimia, bikin tanah cepet keras, walopun cepet ada reaksinya, kalo pupuk organik lambat tapi cenderung aman
    oh iya,...untuk kutu putih dan ulat apakah bagus kalo disemprot pake decis,..karena nich pestisida kayaknya keras sekali,...mohon petunjuk dan petuahnya,...terima kasih

    ReplyDelete
  22. @Ali : pada dasarnya pupuk dibagi ke dalam unsur makro dan mikro, utk pohon sedang berbuah bagusnya dngn kandungan P dan K yang dominan (plus mikronya). AG bersifat kimia, namun ramah lingkungan. beberapa pupuk kimia memang banyak meninggalkan residu (akibat bahan yg kurang bagus) dan menjadikan tanah cepat keras. so hati2 menggunakan sembarang merknya.
    jangan lupa penggunaan pupuk kandang yg membantu memperbaiki struktur tanah, penggunaan pupuk kimia dan pupuk organik yang berimbang akan berdampak bagus dalam jangka panjang,.

    kutu putih bisa pake decis, gunakan 1/2 dosis anjuran, campur larutan sabun cuci cair. kl utk ulat gak perlu campuran sabun cair

    ReplyDelete
  23. Salam kenal mas hervin, kalo di riau dimana bisa di cari bibit jambu kristal? mohon infonya mas..

    ReplyDelete
  24. salam kenal kembali...waduh untuk daerah riau terus terang saya belum tahu ya mas....maaf

    ReplyDelete
  25. Kalau di semarang dapetinya di mana mas?

    ReplyDelete
  26. disemarang bisa anda dapatkan di bpk prakoso atau bpk budi prayogo...

    ReplyDelete
  27. Mas Hervin, salam kenal saya Valent.
    saya punya jambu kristal berumur kira-kira 2 tahun dan sudah mulai berbunga, tapi setelah putik kering tidak lama gugur.
    Mohon sarannya.

    ReplyDelete
  28. @Valent : salam kenal kembali mas
    wah biasanya si kristal ini genjah banget, namun kalau banyak yang rontok coba perhatikan penyiraman dan pemupukan. saat bunga mulai muncul jgn sampai telat siram, kl untuk mencegah rontok bisa berikan pupuk standart (P K tinggi) dan pupuk yang mengandung ca dan MgO....
    alternatif lain berikan kapur pertanian dolomit (yg mengandung ca dan MgO)
    selamat mencoba

    ReplyDelete
  29. saya butuh bibit jambu kristal, lokasi saya di padalarang bandung barat. kira" harganya brp?

    ReplyDelete
  30. saya butuh bibit jambu kristal sebanyak 200 bh,,
    berapa harganya?????
    bisa hubungi saya jimkjptangguh@gmail,com

    ReplyDelete
  31. aslmkm,, bli bibit janbu krstal yg deket dg kota ponorogo kira'' DMNA BANG???

    ReplyDelete
  32. saya di batam .mas ,dimana yaa,saya bisa cari bibit jambu kristal tolong dong cepat di informasikan . yaaa?

    ReplyDelete
  33. @all : kl ada ekspedisi yg cepat di daerah anda bisa di kirim kok he he he

    ReplyDelete
  34. mas mangga yuwen cocok di dataran rendah ato tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dataran rendah ok, dataran tinggi belum tahu ya

      Delete
  35. salam kenal mas hervin.. sy ikhwanudin baidowi dari lampung. minta no HP dan akun FB nya boleh ga? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas Ikhwanudin, salam buat warga lampung he he he ,,
      account fb ada tuh cari aja herfinsasono@gmail.com

      no hp... lwt email aja ya...ntar tak replay

      Delete
  36. bibit jambu Kristal wilayah kalimantan selatan ada kh Mas Hervin?? kirim2 bisa kah??

    email m4dh0y@gmail.com

    ReplyDelete
  37. kelas guava (jambu biji) yang paling sedikit biji, manis rasa dan renyah daging buahnya apa ya pak, handoko (hands_tri@ymail.com), ma kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya ya jenis kristal dan mutiara (beda-beda tipis), tapi kalau yang benar2 tanpa biji ya jambu sukun farang

      Delete
  38. disemarang bisa anda dapatkan di bpk prakoso atau bpk budi prayogo... , utk lokasinya didaerah mana ya pak. trims.

    ReplyDelete

Comment