Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

20 Aug 2009

Jambu Biji Yang Tanpa Biji (J.Biji Pir ?)

Satu lagi koleksi jambu biji saya yang beberapa hari lalu bisa dipanen. Saat beli bibitnya dulu, kata si penjual dia diberi label jambu biji Pir. Apa keistimewaannya ? Menurut si penjual sih selain bentuk buahnya mirip buah pir, biji yang ada didalamnya relatif sedikit jumlahnya dibanding jambu biji lainnya.
Buah harus di bungkus sejak pentil

Yang bikin heran,
ternyata saat saya petik dan dinikmati rame-rame, ternyata tidak ada biji di dalamnya sama sekali. Dari 3 buah yang muncul dari 1 pohon, ke tiga-tiganya tidak memiliki biji sama sekali. Apakah jambu biji ini layak disebut jambu biji ya.........

Sayang sekali, walaupun buahnya ekslusif (menurut saya sih) namun tanaman jenis ini tergolong pelit untuk berbunga, tidak seperti jambu biji sukun merah yang gampang sekali memamerkan bunganya.
Seperti halnya dengan jenis jambu biji sukun Farang, jumlah buah per pohonnya untuk jambu jenis ini bisa dibilang sedikit. Akan tetapi bagi Anda penggemar tanaman buah tidak perlu takut, dengan pemangkasan rutin, pemberian pupuk yang bagus serta perawatan intensif hal tersebut dapat teratasi.

Tanpa Biji sama sekali, renyah, manis & segar

Terlepas apapun namanya jambu biji ini, dengan daging buah yang renyah, manis segar dan tanpa biji sama sekali membuat lebih bersemangat untuk merawat intensif tanaman ini kembali.....

18 comments:

  1. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan jambu sukun seedless baik putih maupun merah... boleh tahu bapak beli tanamannya di mana??

    ReplyDelete
  3. lokasi dimana pak, kl dijakarta bisa cari di tebu wulung nursery, atau di lapaknya lembah pinus

    ReplyDelete
  4. berapa harga jambu yang tanpa biji per kilonya pak? saya ingin menjadi agen di pacet mojokerto tepatnya di pemandian air panas pacet. terima kasih. misdi ahmad misdiahmad@gmail.com

    ReplyDelete
  5. maaf pak, utk harga pasaran jambu biji ii saya kurang tahu, soalnya yang jenis ini masih belum pernah dengan ada yang mengebunkan, ini hanya koleksi tanaman di kebun belakang rumah

    ReplyDelete
  6. saya juga menanamnya. tapi buahnya pada rontok sebelum besar. kalo bleh tanya bagaimana perawatan yang baik agar buahnya tidak rontok sebelum besar/

    ReplyDelete
  7. rusman : coba tambahkan pupuk yang ada kandungan MgO nya, jika perlu pemberian hormon Gibereli Acid dan asam amino 2 bulan sekali...

    ReplyDelete
  8. mas hervin, di malang cari bibit jambu sukun merah di mana n berapa harga ya? mohon infonya Yos.andra@yahoo.com.terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  9. coba ke rumah aja mas, ada beberapa bibit jambu sukun merah ..

    ReplyDelete
  10. mas hervin alamatnya dimana yah,mungkin kapan2 boleh mampir ke kebunnya....atau call dulu sebelumnya?

    ReplyDelete
  11. @alamat di jl telaga warna blok b 24 a tlogomas malang mas.....monggo kl mau mampir, tp usahakan hari minggu / libur biar bisa ketemu....

    ReplyDelete
  12. Mohon info dimana saya bisa mendapat bibit jambu biji tanpa biji nya mas :) saya di Balikpapan, mudah2an bisa ditanam di daerah Balikpapan yg beriklim lebih panas dari malang :)
    Salam kenal, Agus,Balikpapan
    awin_1206@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. kira2 brp lama masa tanamnya ya pak .. sampai muncul bunga dan buah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. relatif mas, tergantung perawatan, tapi berkisar 6-12 bulan dari bibit dia sudah belajar berbunga

      Delete
  14. Mas kira-kira harga bibit jambu ini berapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung ukuran, berkisar 40-100 ribuan kl gak salah

      Delete
  15. mas herfin punya bibit jambu yang kombinasi mas? saya minat mas.

    ReplyDelete

Comment