Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

10 Sep 2009

Jambu Sukun Lokal

Kalau mendengar namanya, "jambu sukun lokal" jadi teringat waktu kita kecil dulu. Dipekarangan tetangga jambu ini tumbuh subur dan selalu jadi incaran semua orang jika ada buah yang sudah mulai berwarna hijau semburat kuning saat itu.

Namun sayang, setelah 20 tahun lebih berlalu, sosok tanaman ini jarang kita temukan di halaman rumah ataupun pekarangan. Seiring bergulirnya waktu keberadaan jambu sukun lokal tergeser oleh jenis jambu-jambu biji lainnya. Padahal dari segi kualitas rasa dan aroma nya jambu sukun lokal tidak kalah dengan para pendatang baru.

buah masak pohon, jangan lupa dibungkus
Walaupun ukuran buah tidak sebesar jambu biji thailand misalnya, jambu sukun lokal memiliki ciri khas tersendiri. Aroma buah yang harum dan daging dengan tekstur yang lembut jika buah matang, merupakan kelebihannya dari jenis lainnya.
Untuk mendapatkan bibitnya saja saat itu susah nya minta ampun, oleh karena jarang orang yang masih membudidayakannya.

tekstus buah lembut, non biji
Untung lewat seorang kolega saya bisa mendapatkan bibitnya, dan berhasil membuahkannya.
Sebenarnya Jambu sukun lokal tidak memerlukan perawatan yang khusus dalam penanamannya. Asal pemangkasan rutin dan pemberian pupuk yang cukup, buah akan muncul susul menyusul tanpa mengenal musim. Buah pentil pun jarang rontok jika dibandingkan dengan jambu sukun merah misalnya.


bentuk buah khas, aorma wangi
Sebelum jambu ini musnah di bumi pertiwi, rasanya cocok sekali jambu sukun lokal kita jadikan tanaman koleksi di kebun atau pekarangan. Biar anak cucu kita tahu jika di Indonesia juga ada jambu biji yang tidak kalah dengan buah impor dan tentu saja dengan cita rasa yang mak nyusss.

8 comments:

  1. duh.. kemana mesti nyari bibitnya yah... saya beberapa tahun yg lalu (3 th) beli cangkokannya... tetapi setelah sekian tahun berbuah.. hasilnya bukan jambu sukun tetapi tak ubahnya mirip dengan jambu bangkok...

    kemana ya saya mesti mencari dan berapa yah harganya..

    herman_binakasih@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. herman : beberapa waktu lalu waktu main2 ke batu malang, ada penjual bibit buah yang memiliki stock nya, malah jambu sukun yang dia punya ukuran buahnya lebih besar dari yang saya punya, rasanya hemmm walaupun masih mengkal enak juga (sempat minta buah mengkalnya di pohon), kalo gak salah waktu itu harga 50 ribu utk bibit ukuran 1 meter asal cangkok

    ReplyDelete
  3. mas hervin yth, saya juga jadi ingat masa kecil saya. Jambu ini adalah favorit saya. Sampe sekarang saya masih terus cari bibitnya. Bisa bantu saya alamat penjual bibit di Batu-Malang itu Mas?

    ReplyDelete
  4. @alamat pastinya saya kurang faham, cuma 'ancer-ancernya' setelah kios bunga barokah terus sedikit, ada gang masuk ke kiri, ikuti jalan itu aja nanti sebelah kiri jalan ada banyak stand yang jualan buah-buahan, kl gak salah namanya bu Anik.

    ReplyDelete
  5. Mas Hervin, saya mau menanyakan soal jambu sukun lagi ni. Saya sudah menanam jambu sukun dalam pot ukuran dia. 50 cm sejak 6-7 bulan yll. Tinggi pohon saat ini kira- 50 cm dengan pertumbuhan cabang normal dan termasuk rajin berbunga. Saya pupuk dengan pupuk kandang dan NPK. Namun saat bunga menjadi buah, buah yang dihasilkan benar jambu sukun akan tetapi hasil buahnya tidak bisa besar (maks. berukuran telur ayam) dan masih berwarna hijau tapi sudah empuk seperti matang. Dan rasanya juga tidak manis renyah, malah seperti matang di peram. Kira2 kenapa ya Mas? Apakah ada saran buat saya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. ukuran buah (karena di pot) mnrt saya tergantung dari banyak nya buah yg di pelihara sama pasokan nutrisi yang diberikan. sebaiknya saat tanaman menginjak berbunga - berbuah, berikan NPK dgn kandungan N yang rendah dari pada P dan K. N yang tinggi akan mengakibatkan kualtas buah menjadi jelek (spt becek, berair, cepat busuk, kurang manis dll)
    satu lagi, varietas si jambu ini juga menentukan kualitas buahnya...kl jambu sukun lokal cenderung lembek dagingnya ketika matang, harum, manis dan ukuran gak segede varietas sukun kristal.

    ReplyDelete
  7. aq nyari bibitnya, ada yang tau?mohon infonya

    ReplyDelete
  8. Di cangkok bs gak ya mas..boleh dong..kita nanti beli cangkokanya..sdah hunting kemna2..gak ada yg lokal adanya yg kristal..

    ReplyDelete

Comment