Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

28 Sep 2009

Mangga Lanang

Bulan puasa kemarin sewaktu mampir di kota kelahiran Kediri - Jatim, sekilas terlihat beberapa pedagang sedang asik menata mangga di rak mereka. Melihat sosok mangga yang mereka jajakan, dapat dipastikan itu adalah jenis mangga lanang.

Mangga lanang sebenarnya merupakan jenis mangga golek, namun dia berukuran lebih kecil dengan ukuran biji (jawa = pelok) yang tipis memanjang seperti sendok es krim. Dengan sosok yang mungil dan lonjong, mangga lanang memiliki tekstur daging yang lembut, sedikit harum dan tentu saja berasa manis menyegarkan. Dalam satu pohon mangga golek, akan muncul 2 macam, yaitu mangga golek itu sendiri (ukuran lebih besar) dan mangga lanang ini.


daging buah kuning, manis dan segar

Mangga jenis ini banyak tumbuh
dan berkembang di daerah karisidenan kediri (kediri, blitar, tulung agung, kertosono, nganjuk) dan beberapa daerah sekitarnya. Disaat musim mangga (bulan agustus-november), mangga lanang ini banyak dijajakan pedagang di pusat kota Kediri dan sekitarnya. Mereka mendapat pasokan dari pengepul dari daerah-daerah pelosok.



biji gepeng, tipis memanjang

Sayang, keberadaan pohon mangga jenis ini relatif berkurang. Bahkan waktu main-main ke daerah pelosok hari raya kemarin, keberadaan mangga lanang sudah mulai sedikit, mereka tergeser oleh jenis mangga manalagi probolinggo.


sosok mangga kecil & lonjong

Entah mengapa mangga ini di sebut mangga "Lanang", tapi yang jelas sayang sekali jika mangga lokal dengan ciri khas ini bila tergeser dengan mangga-mangga lainnya. Anda punya pohonnya ??? Mari kita lestarikan...

9 comments:

  1. pak mohon di bahas mangga chokanan & mangga kelapa dong, katanya 2 jenis mangga tsb mudah & cocok utk tabulampot dan dpt berbuah sepanjang musim...

    ReplyDelete
  2. apa mangga lanang dan mangga golek itu dr satu pohon cak ?

    ReplyDelete
  3. @teddy : betul sekali Cak....

    ReplyDelete
  4. mau nannya kalau mangga yang di url ini mangga apa ya? kalau matang mangga nya berwarna kuning keemasan. pelok nya juga sangat tipis. mirip nam doc mai tapi mirip golek juga.

    http://i56.tinypic.com/rbjept.jpg

    http://i56.tinypic.com/v60vmx.jpg

    bentuk daunnya seperti ini:
    http://i56.tinypic.com/jg2omw.jpg

    terimakasih..

    ReplyDelete
  5. Mohon informasi pak Hervin apakah Bapak ada bibit mangga lanang tersebut, atau dimana ya saya bisa dapatkan bibit mangga itu.

    Salam,
    Herry

    ReplyDelete
  6. @Herry : maaf sekali Pak, saya tidak punya bibit mangga lanang ini, coba bapak tanya ke penjual bibit buah, cari aja mangga golek lokal, karena mangga lanang ini keluar dari pohon mangga golek tsb.

    ReplyDelete
  7. Saya mempunyai sebatang mangga YUWEN yang saya tanam dlm pot dgn media campuran tanah, pupuk kandang dan sekam (2:1:1). pada mulanya pertumbuhan sangat bagus, tapi sekarang setiap tumbuh tunas baru, tunasnya langsung mengering, daun lamapun muali menguning lalu rontok. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunas muda mengering, beberapa waktu lalu yg saya amati di mangga, salah satunya kena serangan hama semacam walang sangit. namun jika ada daun menguning dan rontok, sepertinya masalah ada di perakaran.
      baik itu perakaran yang busuk kena jamur, atau media yg terlalu padat shg akar tidak tumbuh maksimal. coba cek di perakaran, bongkar media jika perlu..... oh ya perhatikan juga pemberian pupuk kandang tambahan yg belum matang, jika dia OD bisa menyebabkan daun muda mengering.....

      Delete
  8. Mas menurut mas,Jenis mangga apa dengan bijinya tertipis?terima kasih

    ReplyDelete

Comment