Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

13 Oct 2009

Vermilliont Cherry (lagi..)

Kurang dari setahun lalu, saya dan teman sama-sama beli 1 pot vermilliont cherry. Beberapa hari lalu saat berkunjung ke rumah teman, terlihat vermilliont di dalam pot tumbuh subur namun penuh dengan daun dan tanpa satupun bakal bunga ataupun buah.

pemupukan tepat kunci keluarnya buah
Di lain pihak tanaman punya saya yang nota bene belinya sama dan agak sedikit jelek dari punya teman tadi sudah berbuah secara masal sebanyak 2 kali.


berbuah tanpa henti

Kenapa demikian ????
Ternyata musababnya terletak pada pemangkasan dan pemupukan.
Vermilliont cherry sebenarnya gampang berbuah bila perawatan dilakukan dengan baik dan tepat. Tanaman ini sangat bandel dan mampu tumbuh didaerah panas (dataran rendah) maupun di dataran menengah (100-500 dpl)

bunga muncul pasca pemangkasan

Berikut uraian singkat perawatannya :
  1. Gunakan media yang tepat, bisa campuran pupuk kandang, tanah ataupun humus dan sedikit sekam padi dengan perbandingan 2:1:1 (pupuk kdg : tanah : sekam)
  2. Pilih pot sesuai dengan ukuran tanaman, jangan terlalu gede atau terlalu kecil
  3. Berikan pupuk NPK berimbang secara rutin 1 sendok makan per 2-3 minggu.
  4. Tempatkan tanaman pada tempat yang terkena matahari langsung secara penuh
  5. Pangkas beberapa tajuk yang dirasa ngelacir sekaligus untuk merangsang bakal bunga
  6. Ini yang terpenting, setelah pemangkasan berikan pupuk dengan kandungan P dan K yang lebih dominan dari pada N, dan usahakan terdapat beberapa unsur mikro didalamnya seperti mg, ca, fe, zn, mn dll.
  7. Pemberian pupuk ini bisa dilakukan dengan dikocorkan (dilarutkan dulu dgn air) ke pot dengan dosis 1 sendok teh pupuk / 2 liter air untuk satu pot diameter 40-60 cm
  8. Selanjutnya Anda akan terkejut melihat hasilnya...

bagus untuk tabulampot
Selamat mencoba...

13 comments:

  1. Gimana ya mas, cara membedakan daun vermillion cherry dengan daun beach cherry?

    ReplyDelete
  2. keduanya sangat jelas perbedaannya mas, beach cherry daunnya berbentuk agak bulat dan lebih tebal, kl vermy daun tipis dan cenderung berujung runcing...

    ReplyDelete
  3. punya jenis Lolita Mas ?

    ReplyDelete
  4. wah musti di coba pangkas nih.....selesai di pakngkas langsung mkp ya cak kocor ?
    unyaku dah besar ga berbuah2....

    ReplyDelete
  5. @teds : betul, perlu dicoba...

    ReplyDelete
  6. cheery jenis ini apakah bisa dikonsumsi pak? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dewi kurniawati : bisa sekali mbak Dewi untuk dikonsumsi

      Delete
  7. assalamualaikum mas
    duhh mas ini baik sekali ya,ikhlas membagi ilmunya buat kita kita yg sedang membutuhkan.semoga jadi pahala yg berlimpah ya.
    saya punya jenis tanaman ini,ga keurus dulu pernah berbuah,tapi ya ituuu cuma sekali aja,
    setelah membaca artikelnya masi hervin,semangat saya jadi tumbuh kembali untuk merawat dan bertekat untuk menjadikannya berbuah,
    o ya mungkin aku dianggap aneh sama anak dan suami,karena acap kali mengajak tanamankuberbicara.,ga tau deh setiap berbicara apalagi mengelus daun daunnya aku suka merinding,ngerasa mereka mengerti dengan apa yang aku katakan.
    by the way orang orang mau bilang aku aneh atau nyeleneh,ga masalah yang penting enjoy aja kaliii
    ok mas hervin makasih banget buat infonya yang plit komplit.sukses selalu yaaaa
    ( ivo susilawati - bekasi )

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ivo S : walaikum salam bu
      amin, terima kasih doanya bu...
      kalau saya menilainya gak aneh kok kita ngobrol dengan tanaman, bahkan perlu kita lakukan saat memelihara dan merawatnya he he he.... yang lebih penting (menurut saya) saat berkomunikasi kita tidak dalam keadaan marah, dongkol bahkan dalam keadaan suci he he he...
      selamat merawat kembali tanamannya

      Delete
  8. Mas.... saya baca2 di web kalau pemangkasan itu penting utk supaya pohon berbunga..... yg saya bingung cara mangkas nya gimana? kalau tidak keberatan mungkin di bikin satu topik sendiri untuk cara memangkas jadi buat yang awam bisa cepat belajar....
    Terima kasih sebelumnya Mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @andrei : yup, memang ada beberapa jenis tanaman yang dalam merangsang bunga harus dipangkas, seperti vermillion, anggur, jambu biji dkk... pada intinya pemangkasan dilakukan saat tanaman sudah sehat dan pada batang yang sudah kecoklatan (bukan yg masih muda), untuk anggur pemangkasan dilakukan secara total hampir 100 % tidak tersisa daunnya, dan pada batang yg sudah coklat tua....
      doakan saja ada kesempatan untuk menulisnya mas he he he (tidak janji lho)

      Delete
  9. salam kenal, saya nanda di malang.
    mas pupuk dengan PK tinggi pakai pupuk MKP apa bisa? dosisnya berapa tiap kali pemupukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sekali, coba gunakan dosis 5 gr per liter air..

      Delete

Comment