Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

19 Feb 2010

Buah Rukem (Lobe-lobe = NTB)

Disela padatnya jadwal pekerjaan kantor saat pergi ke Pulau Lombok minggu lalu, sebuah pengalaman menarik saya dapatkan. Dari seorang rekan daerah di sana, dikenalkanlah saya dengan Buah yang mulai langka yang sering disebut oleh mereka "Lobe-lobe". Terbesit dipikiran saat itu paling buah yang dimaksud adalah buah Lobi-Lobi
Penasaran dengan buah yang satu ini, satu plastik kecil buah pun di sodorkan kepada saya keesokan harinya setelah pesen sebelumnya.

buah tua, coklat kehitaman
sosok daun lobe-lobe di NTB

Buah tua dengan warna coklat kehitaman seukuran kelengkeng pingpong pun coba saya nikmati. Gigitan pertama sontak mengagetkan saya. Rasa masam bercampur sepet sangat dominan.
Ternyata,
atas nasehat teman' cara menikmati buah ini ada caranya. Sebelum di makan, buah harus di pencet-pencet hingga lunak, tanpa memecah buah itu terlebih dulu. Setelah semua buah terasa lunak (saya lakukan dengan memencet dan menggulung-gulung buah itu dengan ke dua telapat tangan) baru di gigit kulit buahnya dan daging buah dapat kita cecap/hisap.
Subehanallah.... rasa buah menjadi manis masam menyegarkan. Suatu karunia Allah dalam menciptakan buah bagi umatnya.

dipencet-pencet sampai lunak sebelum di makan

Rasa penasaran bertambah untuk melihat sosok pohon itu sendiri. Di dalam perjalanan menuju kantor pun kami sempatkan mampir ke rumah rekan yang memiliki pohon Lobe-lobe ini.
Keunikan pun terjadi pada pohon Lobe-lobe ini. Pohon anakan kecil yang biasa tumbuh di sekitar batang utama terlihat begitu penuh dengan duri sepanjang 2 cm an di seluruh batangnya.

duri pada tanaman muda
sosok tanaman tua, tanpa duri
Duri ini pun akan hilang begitu tanaman beranjak dewasa. Mungkin Tuhan memiliki maksud tertentu dalam menciptakan tanaman ini yang tidak kita ketahui.
Singkat kata, satu kresek buah, dan satu bibit kecil yg telah digunduli durinya beralih tempat ke dalam travel bag saya untuk dijadikan tanaman koleksi di Malang.
Ternyata, sesampai di Malang baru tahu kalau tanaman Lobe-lobe itu bernama pohon Rukem di Jawa. Rukem banyak terdapat di pekarangan-pekarangan rumah pada jaman dahulu. Namun keberadaan tanaman ini semakin langka setelah tergeser oleh buah-buahan unggul lainnya.
Terlepas dari itu semua, sungguh pengalaman unik yang saya dapatkan untuk mengenal pohon yang satu ini.
Terima kasih untuk teman di Lombok sana.

14 comments:

  1. Wah saya juga tertarik dengan tanaman pohon rukem tsb (teringat masa kecil). Buah (yang mungkin) sudah langka tsb perlu dilestarikan kembali. Saya salah satunya yang ingin melestarikannya. Tapi dimana cara mendapatkan bibit atau cangkokannya di surabaya (atau sekitarnya)? atau Pak hervin mau bantu?

    ReplyDelete
  2. Eddy @ saya ada jawab di email pak

    ReplyDelete
  3. om hervin..trus hubungan dengan plum dataran rendahnya apa? hehe..:p

    ReplyDelete
  4. ntar tunggu dulu ya he he he

    ReplyDelete
  5. Selamat Pagi Pak Hervin,
    saya tertarik untuk menanam tanaman rukem, dimana bisa didapat bibitnya saat ini saya berdomisili di Tangerang. Thanks

    ReplyDelete
  6. SELAMAT SIANG....wah untuk bibit rukem saya kurang tau, kemarin sy juga dapat dari lombok NTB...di jawa kayaknya mulai jarang pohonnya

    ReplyDelete
  7. pak hervin, sy jg tertarik untuk tanam lobe2. kebetulan sy tinggal dlombok. Bs gak sy minta alamat temen bapak yg dLombok. Makasih sebelumx

    ReplyDelete
  8. @anonymous : alamat tepatnya saya gak apal mas, tapi kayaknya di daerah narmada, mau menuju arah sikur...

    ReplyDelete
  9. Betul rukem saat ini sudah langka, di Bogor pun saya terakhir menikmati rukem waktu masih SD sekitar tahun 1990..

    ReplyDelete
  10. Silakan menghubungi www.tokovegan.com, disana memang tertulis buah rukem saja tetapi kemarin admin-nya sempat menginformasikan kepada saya bahwa mereka juga menyediakan bibit pohonnya.

    ReplyDelete
  11. wah ternyata pohon yang tumbuh subur dirumah saya, sekarang gebanyak di perbincangkan, jadi tertarik untuk lebih membudidayakannya, kebetulan saya juga dari lombok, dan tau persis mengenai lobe-lobe ini, dan rencananya juga akan saya jadikan bahan skripsi saya,,,

    ReplyDelete
  12. Pohon rukem ditempatq banyak di daerah Gresik Jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas saya boleh tau di gresik ada berapa pohon ya , saya butuh pohonnya untuk syrup . maksud saya apa ada yang punya sekitar 100 pohon. Mohon infonya ya HP : 08122316482 atau email : karyasa.utama@gmail.com Nama saya : Harijanto.

      Delete
  13. Saya sangat butuh buah'nya , apa ada yg jual gak yaa

    ReplyDelete

Comment