Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

2 Feb 2010

Mangga Kio Jay

Pengalaman adalah guru yang paling baik, apalagi bila pengalaman yang kurang menyenangkan.
Lho ?!! Apa hubungannya dengan judul tulisan Mangga Kio Jay ?...Begini ceritanya.
Sosok pohon umur 1 th dari bibit okulasi

Kurang lebih setahun lalu, mampir ke sebuah nursery punya temen di sebuah kota di Jawa Timur, belilah saya satu pohon bibit mangga Kio Jay. Berdasar informasi dan majalah yang pernah saya baca, sosok mangga thailand ini sangat adaptif dan tumbuh subur di negeri ini. Selain itu mangga ini memiliki ukuran yang lumayan jumbo dari mangga jenis lainnya.
Berdasar pengetahuan itu pulalah begitu melihat bibit jenis ini langsung saya bawa pulang dan di tanam di Malang.
Sosok tanaman yang kokoh dan segar membuat rasa penasaran untuk merawat dan memacu ini mangga agar cepat berbuah.
Usaha yang saya lakukan pun berhasil. Dengan 2 pucuk tanaman yang membawa bakal bunga hati terasa senang. Apalagi di saat bunga pada mekar dan beranjak pada buah pentil yang terbentuk.
Satu tangkai berisi 3 buah, kurang bagus

Penasaran dengan mangga idaman ini,
buah pun di seleksi dengan ketat di pohon. Dari 2 tangkai yang muncul buah pentil, 1 tangkai disisakan 1 buah, dan tangkai lainnya di pelihara 3 buah. Sayang pada tangkai yang berisi 1 buah ini, buah rontok sebelum dewasa. Analisa sementara, karena ukuran buah terlalu besar dan pasokan nutrisi kurang seimbang. Hal yang ditakutkan pun terjadi pada tangkai yang berisi 3 buah, 1 buah rontok sebelum beranjak dewasa. Takut terjadi pada 2 buah yang tersisa, dengan berat hati di buanglah 1 buah lainnya dan hanya disisakan 1 buah dalam 1 pohon.
Dari diskusi dengan teman, memang mangga Kio Jay mudah pecah sebelum tanaman beranjak tua. Saat pembesaran buah, memang pasokan nutrisi harus seimbang dengan kebutuhan tanaman, apalagi untuk buah yang satu ini berukuran agak jumbo.
Perubahan kondisi pada tanah yang kering dan basah yang sangat drastis juga jadi pemicu terjadinya pecah buah ini.
inilah sebenarnya saat yang tepat untuk panen

Informasi baik dari majalah maupun rekan2 penghobi tanaman, mangga Kio Jay enak bila di santap diwaktu mengkal. Terbukti saat berkunjung ke seorang kolektor jenis mangga ini, mangga mengkal Kio Jay yang disuguhkan, dengan nikmat saya santap hingga tinggal 1/4 bagian. Tekstur daging yang lembut, dan renyah serta sedikit masam menjadi ciri khasnya.
Ukuran dan berat buah lumayan

Sayang, keingingan untuk memetik sendiri mangga idaman ini dari pohon koleksi kurang berpatokan pada informasi yang telah didapat. Kebiasaan memetik buah yang masak pohon membuat mangga ini ikut pada tradisi tadi.

Apa yang di dapat ?? Ternyata tak selamanya mangga masak pohon selalu enak seperti jenis-jenis mangga lokal kita.
Dengan hati berdebar-debar, saya belahlah mangga Kio Jay yang barusan dipetik dgn kondisi sudah empuk di pohon. Rasa kecewa pun menyelimuti saat melihat sosok belahan mangga ini.
Daging utama yang sudah terlalu masak karena terjadi fermentasi lebih mendominasi pada buah ini.
Hindari panen masak pohon

Rasanya ? Pada daging yang sudah terfermentasi ini, cenderung masam dan lebih beraroma seperti nanas yang sudah terlalu masak. Pada bagian pinggir yang agak keras, rasa mengarah ke sedikit aroma srikaya, campuran antara masam dan sedikit manis, dengan tekstur daging lembut tanpa serat, seolah seperti kita mengunyah daging buah kesemek. Setidaknya itulah pengakuan dari beberapa orang yang ikut mencicipi buah ini.
Bagian ini yang terasa nikmat...

Kesimpulan bulat pun kami dapatkan setelah menikmati buah ini : panen 2 minggu lalu, saat mangga masih agak mengkal, mungkin akan lebih nikmat. Tapi apadaya buah yang dipelihara cuma 1.
Memang... pengalaman adalah guru yang terbaik......
Semoga bermanfaat...

52 comments:

  1. ehem... asik juga tuh pengalamannya

    ReplyDelete
  2. pengalamannya menarik ^_^

    ReplyDelete
  3. semoga aja bisa bermanfaat pengalaman ini ....

    ReplyDelete
  4. wachhh,, pengalaman yang menarik euw..
    jadi pingin nyoba..

    ReplyDelete
  5. bapak rumahnya dmn d malang... ak juga malang, pngen tau

    ReplyDelete
  6. Mangga Kio Jay ini bisa hidup dilahan bergambut ga ya...?

    ReplyDelete
  7. boleh berbagai nih, dimana anda beli bibit mangga tersebut??? please replay di iwul_loo@yahoo.com trims

    ReplyDelete
  8. boleh dicoba ni dimana bisa dapat bibitnya

    ReplyDelete
  9. kk dmn saya bisa mendapat kan bibit tanaman ini ,kalo boleh tau minta alamat atau nomor tlpn yg bisa dihubungi

    ReplyDelete
  10. berapa harga bibitnya? kalau ongkir sampai jakarta berapa?
    terimakasih

    ReplyDelete
  11. berapa harga bibit pak?skalian ongkir ke sby

    ReplyDelete
  12. Salam kenal mas, bibit diatas dari okulasi ya..
    aku jg ada pnya drmah udah mncul bunganya nah, kira2 spaya gk rontok, selain npk pupuknya apa lagi dong mas.... ditunggu ya pencerahannya
    @siska@

    ReplyDelete
  13. @All : bibit sementara masih dalam pembesaran, coba cek 2 minggu lagi...

    ReplyDelete
  14. @siska@ : salam kenal kembali,
    betul bibit diatas dari okulasi....untuk mencegah bunga rontok coba berikan pupuk P K tinggi plus mikro lengkap serta MgO saat bunga mulai muncul hingga mekar, kalo masih rontok lagi, pake jurus andalan, semprot dengan tonic yang barusan saya bahas di mencegah rontok bunga lengkeng saat hujan.

    ReplyDelete
  15. wow ada jurus baru lagi ya,, hebat dunk.. trims banget ya mas..@siska@

    ReplyDelete
  16. @siska@ : he he itu jurus pamungkasnya.....kl semua usaha sudah gagal....

    ReplyDelete
  17. dimana saya bisa mendapatkan bibit mangga kio jay di daerah jawa timur pak??

    ReplyDelete
  18. @Eisenheim : lokasi jawa timurnya mana ya....

    ReplyDelete
  19. kalau di tanam di pot ,genjah ga bro ? apa segenjah cho ka nan ,thanks

    ReplyDelete
  20. @teddy, dia genjah sih, tapi emang tidak se genjah cho ka nan....

    ReplyDelete
  21. bapak alamatnya malang mana

    ReplyDelete
  22. di jalan telaga warna blok b no 24 a tlogomas malang

    ReplyDelete
  23. @All : bibit mangga kio jay tinggi sekitar 80-100 cm an udah tersedia....silahkan kirim email jika membutuhkan ...thanks

    ReplyDelete
  24. Bagaimana cara menanam dan merawat buah dikebun sendiri....dekat rumah atau belakang rumah.....saya ingin menanam buah-buah yang saya sukai supaya..saya bisa menikamtinya.....dengan pohon yang pendek tapi berbuah lebat.....salam kenal.

    Bali Villas, Bali Villa, Bali Property, Bali Prewedding Photography

    ReplyDelete
  25. @Bali Prewedding P : pilih bibit buah yang disukai, lalu tanam di pot aja (tabulampot=tanaman buah dalam pot) mudah kok perawatannya...bisa ditaruh di depan / belakan rumah, yang penting kena sinar matahari saja....

    salam berkebun
    herfin

    ReplyDelete
  26. sy di gresik berminat beli bibit mangga kio jay ... ada no hp or rumah ?

    ReplyDelete
  27. Betul sekali...
    saya dirumah juga menanam mangga tsb. 2 kali panen sebelum buah masah sudah pecah dan rontok. mungkin mangga ini hanya cocok buat peneduh halaman saja karena daunnya yang panjang dan lebar serta teramat lebat....

    ReplyDelete
  28. Anonymous : kirim email aja nanti no hp tak balas di email

    ReplyDelete
  29. @ Buah pecah dan rontok berarti nutrisi dan perawatan kita kurang bagus, saat ini (buah ke 3 sememenjak tanam) banyak buah yang jadi, tidak pecah dan sedikit sekali yang rontok, tentu saja pemupkan yang saya berikan memadai.
    sayang rasanya kl hanya buat peneduh halama....sebab mangga kio jay ini benar2 produktif

    ReplyDelete
  30. jadi kepingin nanam kio jay..
    bagaimna cara pemesanan bibit nya..
    replay ke mel_moeetzzz@yahoo.com

    ReplyDelete
  31. harga untuk 1 bibitnya berapa ya masssss.....
    .....mw coba tanam juga nhe....,

    ReplyDelete
  32. harga update per nov 2011 berkisar 100=150 ribu asal okulasi dng tinggi tanaman 50-100 cm

    ReplyDelete
  33. Mas saya mau nanya bagaimana cara menghilangkan bisul daun pada mangga kio jay?mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ fadhil : di daun ya ?? biasanya yg sudah terkena sush utk di hilangkan kecuali dgn cara manual (dibuang).
      untuk mencegah : 1. bisa taburkan furadan di sekitar batang selebar tajuk tanaman, dgn tujuan memutus rantai hidup si ulat yg keluar dari bisul tadi (dia akan jatuh ke tanah dan menjadi individu baru)
      2. pencegahan dgn jalan menyemprotkan insect terutama yg bersifat sistemik di saat daun muda muncul....

      semoga bermanfaat

      Delete
  34. wah... kio jay saya masih kecil mas. kapan ya besarnya? kalo buahnya sih pernah coba juga, sekilas mirip timun mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agung : sebaiknya kl memungkinkan ditanam di tanah aja biar cepat besar mas, lokasi kl bisa yang kena sinar matahari full

      pada ulasan diatas rasanya memang tidak terlalu istimewa, TETAPI panenan terakhir kemarin KETEMU trik nya untuk menikmati buah agar rasanya lebih istimewa..... sayang tidak sempat foto, jadi gak bisa di bahas detail

      caranya : panen buah tua (matang kira2 70 - 80 %) trus simpan di suhu ruangan (tidak diperam atau di eskas) 4-6 hari, nah setelah itu di konsumsi....dijamin mak nyusss..... renyah tidak lembek, tapi manis

      Delete
  35. Mas mangga kombinasi itu memberatkan dirinya sendiri nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama pasokan nutrisi mencukupi gak ada masalah kok

      Delete
  36. dear mas hervin,
    perkenalkan saya newbi nih di bidang berkebun >:D
    saya baru baca beberpa postingan di blog ini, saya tertarik dengn bibit tersebut,,kebtulan lahan saya di kmpung cukup luas , sekiranya sayang jika tidak dimanfaatkan.
    mohon masukanya daninformasinya
    kholis
    qholist.smudo@yahoo.co.id
    ini email saya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nur kholis ; alhamdulillah tulisan di sini bisa bermanfaat....
      kl memang ada lahan kosong bisa dimanfaatkan dgn tanaman buah kok mas, termasuk jenis mangga ini..... rekomendasi tanaman lain : jambu biji kristal, lengkeng, durian dkk

      memang lokasi dimana ya ? kl butuh bibit ntar bisa saya bantu rekomnedasi daerah terdekat

      Delete
  37. mas bagaimana cara pemesanan bibit mangga ini ? mohon infonya di email saya farid_cha29@yahoo.com

    ReplyDelete
  38. :) Siapa menanam akan memanen...

    ReplyDelete
  39. jln telaga warna itu sebelah mana pak? aku jg di malang

    ReplyDelete
  40. Minat mas. Alamat jln telaga wana mana nya terminal landung sari. aku di malang jg

    ReplyDelete
  41. @yudha n somone : jl telaga warna di malang itu terminal landungsari terus ke arah tlogomas, disitu ada pom bensin tlogomas (satu2nya pom), depan pom ada gang masuk ke arah UNITRI disitu blok jl telaga warna

    ReplyDelete
  42. salam kenal mas hervin,
    stlh membaca blog nya mas hervin ttg mangga kio jay, saking kepingin punya bibit mangga kio jay, sy beli bibit mangga kio jay wuaaaah msh kecil buanget 10 cm, itupun sy jg blm tau apakah itu bibit yg benar, mungkin mas hervin bisa berbagi bgmn cara merawatnya? thk u
    mb endang di tuban

    ReplyDelete
  43. @mb Endang di tuban :
    semoga aja bibit yang di beli benar kiojay mbak, wah kecil banget kl masih 10 cm, oke deh coba jangan di taruh langsung di lahan / tanah, di perlihara dulu di pot / polibag sampai dia benar2 sehat dan kekar. gunakan pupuk seminggu sekali, jgn taruh di tempat yg terkena sinar matahari minimal 3 jam per hari

    ReplyDelete
  44. mz. saya posisi ditlogomas, mw beli bibit mangga kio jay, jambu sukun ma jambu merah..
    alamat mz tepatnya dmna? mw saya bwa pulng..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. di jl telaga warna blok b no 24 a mas alamatnya

      Delete
  45. ajari saya cara merawat kiojay pak, mulai tanam smpe buah, ma kasih, hands_tri@ymail.com

    ReplyDelete

Comment