Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

25 Mar 2010

Pemupukan Kelengkeng

(Tulisan ini merupakan kajian terhadap Pupuk Amazing Grow (AG) yang telah memberikan saya kesempatan untuk mencoba produknya).
Mengulas tentang tanaman kelengkeng memang tidak ada habisnya. Percobaan dan pengamatan akan memberikan sebuah pengalaman yang sangat berarti untuk kemudian hari.
Setelah sukses membuahkan jenis Itoh beberapa waktu lalu, kali ini saya mengamati bagaimana sebenarnya mekanisme pemupukan yang baik agar produktivitas maksimal, dan tanaman tetap sehat dan produktif.
buah pentil muncul serentak

Bermula dari 1
paket AG Lengkeng Booster yang disodorkan kepada saya, maka terpilihlah 1 indukan lengkeng itoh di kebun untuk coba di buahkan. Dengan usia tanaman hampir 5 tahun, maka paket pun saya ambil 1/4 bagian, dicampur secara merata (AG Blue, AG Amino dan AG Lengkeng) lalu diaplikasikan ke tanaman dengan satu syarat "tanaman tidak sedang dalam kondisi mengeluarkan pupus muda".
Perlu pasokan Pupuk agar kualitas prima

Dalam jangka waktu 37 hari setelah aplikasi munculah bakal bunga, dan dalam waktu 7-10 hari setelah itu bunga akan mekar. Dari pengamatan ternyata tidak semua tajuk membawa bunga, bunga muncul hanya 90 % dari jumlah tajuk yang ada, 10 % tidak membawa bunga.
Untung waktu aplikasi yang tepat (saat bunga mekar tidak musim hujan) menjadikan bunga banyak yang jadi pentil buah.
Dibungkus, untuk menghindari kelelawar

Perawatan pun dilakukan seperti biasa, disinilah suatu hal penting yang terlewatkan. Pemberian pupuk saat buah pentil ke arah tua jarang diberikan.

petik yuk.... hasil panen

Singkat kata, setelah menunggu sekitar 4,5 bulan setelah bunga mekar maka saat panen pun tiba. Panen kali ini sengaja dilakukan serentak sekali petik guna mengetahui hasil produksi per tanaman.
Tak disangka, setelah semua buah terpetik dari pohon, begitu ditimbang ternyata total bobot buah mencapai 62,5 kg. Sebuah berat yang mengejutkan mengingat : a. banyak buah yang rontok dan busuk akibat diguyur hujan dalam masa pembesaran (lebih dari 10 %) ; b. jeleknya tajuk pohon akibat terlalu banyaknya dicangkok untuk di jadikan bibit.
Salah teknik dalam pembungkusan buah di musim hujan yang saya lakukan membuat buah banyak yang busuk. Pembungkusan yang terlalu rapat ternyata tidak boleh dilakukan disaat musim hujan, buah akan lembab dan jamur akan tumbuh subur disitu sehingga buah banyak yang busuk.
saat penimbangan

Ada dua kesimpulan yang dapat saya ambil disini,
pertama : meskipun dengan pemakaian pupuk yang minim ( 1//4 paket AG Lengkeng Booster) lengkeng mampu berbuah lebat dan mencapai 62,5 kg, akan tetapi pemberian pupuk selama pembesaran buah harus tetap dilakukan. Tidak bisa mengandalkan pupuk AG Blue yang diberikan di awal untuk menjaga kualitas buah. (terbukti dengan buah yang berkulit tipis, ukuran banyak yang sedang, gampang rontok dan daya simpan yang tidak lama)
Sebaiknya selama proses pembesaran buah hingga 1 minggu sebelum panen, tanaman perlu pasokan pupuk AG Blue dengan dosis total "setiap 20 kg buah lengkeng memerlukan 500 gram pupuk AG Blue". Pemberian dilakukan dengan interval 2 minggu sekali dari buah pentil hingga 1 minggu sebelum petik.
Jika itu saya lakukan sebelumnya, keyakinan untuk memetik 100 kg dari tanaman yang diuji coba bukan lah sesuatu yang mustahil.
Kedua, setelah panen dilakukan, sebulan setelah itu tanaman kelihatan merana. Menurut saya hal ini disebabkan karena dari awal dia kurang pasokan nutrisi. Energi dihabiskan untuk proses pembesaran dan pematangan buah, sehingga setelah panen dia kehabisan energi untuk pemulihan.
Untuk mengatasi hal diatas yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Berikan pupuk yang cukup (saran saya AG Green) sebelum tanaman siap di buahkan
  2. Dosis untuk tanaman umur 5 tahun sebaiknya digunakan 1/3 paket AG Lengkeng Booster agar bunga muncul serempak
  3. Saat buah pentil hingga seminggu sebelum panen berikan pupuk AG Blue dengan rumus "setiap 20 kg buah memerlukan 500 gram pupuk" yang aplikasinya diberikan selang 2 minggu sekali.
  4. Berikan pupuk berimbang (AG Green) sesegera mungkin setelah panen. Dosis 250 gram per pohon.
3 minggu pasca panen pohon masih merana akibat kurang pasokan nutrisi

Berbekal pengalaman hasil panen beberapa waktu yang lalu, jika kita berpedoman pada ke-4 point diatas, sangat tidak mustahil untuk mencapai produktifitas minimal 90 kg untuk tanaman itoh dengan usia 5 tahun.
Akhir kata semoga ini menjadi masukan bagi Pupuk AG, dan bermanfaat bagi kita semua...

77 comments:

  1. Wah..mantabs sharingnya mas...
    btw, dimana saya bisa mendapatkan pupuk AG itu?
    saya butuh untuk mempercepat pertumbuhan lengkeng pinpong nih...Kalau sama pupuk HANTU bagusan mana yah?

    ReplyDelete
  2. mas koko coba contact ke 081333895230 langsung ke orangnya.. bisa juga kunjungi ke http://pupukag.blogspot.com/

    terus terang pupuk Hantu saya belum pernah coba, cuma denger2 dia lebih banyak hormon pertumbuhan tanamannya (auksin, giberelin, sitokinin). untuk unsur makro pada Hantu, terus terang kandungan nya saya belum faham mas.

    ReplyDelete
  3. Pah hervin, kasihan pohonnya lemass...habis ngeluarin anak buanyaak sih....

    ReplyDelete
  4. @Lala : betul..lagian pas 'mengandung' anak kagak di kasih apa2 lagi....

    ReplyDelete
  5. mantep mas, terus bereksperimen yah, nanti yang bagus2 saya ikuti

    ReplyDelete
  6. Zulfaok : semoga masih diberi kesempatan mas....

    ReplyDelete
  7. Tolooooong kelengkeng saya belum berbuah Gimana caranya,,,,thank you sakderengipun

    ReplyDelete
  8. @Wanagiri Kauh : sudah berapa tahun emang umurnya Pak, kalau sekiranya itu varietas bagus dan sudah layak dibuahkan, sepertinya perlu di aplikasi Lengkeng Booster.... untuk lebih jelasnya kl sempat, Bapak bisa emailkan Foto tanamannya ke email saya, Insya Allah nanti akan saya bantu...
    salam..herfin

    ReplyDelete
  9. pak wahyu di emirate24 Dec 2010 00:26:00

    emailnya mana ya pak ? saya tertarik menanam pohon lengkeng booster

    ReplyDelete
  10. @Wahyu : email ada di profil saya pak, atau ke herfinsasono@gmail.com

    ReplyDelete
  11. mas, bgm perlakuan pemupukan untuk bibit lengkeng tinggi 50cm yg br ditanam 2 hari klo mgunakan pupuk AG ? pupuk AG mana saja yg digunakan ? berapa takaranx ? dan berapa kali per minggu diberikan ?

    ReplyDelete
  12. untuk bibit lengkeng 50 cm, bisa diberikan AG Berimbang, pengalaman di kebun belakang rumah, pemberian pupuk AG BErimbang ini mampu memperbanyak percabangan dan tajuk meskipun bibit tidak dilakukan pemangkasan. untuk dosis berikan 1 sendokk makan (15 gram) per tanaman dan diulang 3 minggu sekali. Pemeberian asam amino dgn dikocorkan dosis 5 ml per liter air, bisa diberikan 1 bulan sekali

    ReplyDelete
  13. mas, kira-kira kelengkeng usia 2 tahunan udah bisa dibuahin gk ya, tingginya sekitar 1 meteran, diameter batangnya 5 cman, saya gk tau kelengkeng jenis dataran rendah apa nggak soalnya dikasih ama orang..boleh gk saya kirim fotonya ke email mas hervin.. mohn bantuannya.. trims...

    ReplyDelete
  14. @iyut : boleh di email fotonya...

    ReplyDelete
  15. MAS hervin pernah dengar buah matoa, kira-kira klo diberi aplikasi di atas bisa gk ya mas? klo kita lihat secara fisik buah ini mirip banget dengan kelengkeng mas.

    ReplyDelete
  16. buah matoa bisa dirangsang ama pupuk diatas gk mas?

    ReplyDelete
  17. Matoa kayaknya gak perlu di booster kayak tulisan diatas kok....

    ReplyDelete
  18. top mas, detail ceritanya....saya tertarik....

    ReplyDelete
  19. mas, kelengkeng diamon river saya ada 7 pohon umur 3tahun belum berbuah, sedangkan kelengkeng pingpong sudah berbuah . mohon bantuannya mas untuk pemupukan kedua jenis kl tsb, terutama kl diamon river agar ber buah.

    ReplyDelete
  20. @some one (lain kali ada nama lebih bagus he he he) :
    diamond river dan pingpong relatif mudah berbuah tanpa treatment khusus, terlebih di pot, asal dia kena panas cukup, proses pembuahan akan relatif mudah.
    khusus di pot untuk DR, lakukan stress air (tidak disiram beberapa waktu sampai tanaman agak layu) trus berikan siraman pupuk PK tinggi, treatmemnt tadi pastikan tanaman tidak sedang mengeluarkan pupus muda, insya allah berbunga...... pastikan juga tanaman sudah sehat dgn tajuk yang memadai (riimbun)

    ReplyDelete
  21. pemakaian booster yg lebih sedikit dr takaranya mungkin berhubungan dg ketinggian tempat menanam pak, setahu saya ada lengkeh itoh yg di tanam d kota batu bs berbuah tanpa booster, cm hasilnya mungkin kurang maksimal. (rahmawati)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rahmawati : sebenarnya ketinggian tempat kl menurut saya kurang signifikan dgn dosis booster. yang berpengaruh adalah apakah dia jenis yang bisa berbuah alami atau tidak. utk yang berbuah alami dosis lebih dikit, dan sebaliknya.

      mengenai itoh yang bisa berbuah (baca=berbunga) tanpa perlakuan, itu pernah terjadi 2 kali dalam 2 pohon yang berbeda di rumah, serta 1 kali di pohon seumuran di daerah bondowoso.

      yang terjadi : karena perubahan suhu siang malam (panas dingin) yang ekstrim saat itu, itoh mampu mengeluarkan bunga di beberapa ujungnya (dalam jumlah sedikti gak sampai 5 %).

      yang kedua, dia juga mengeluarkan bunga (jumlah kecil) pada cabang yang di lukai (semacam mau dicangkok)... namun dari pengamatan lebih lanjut, semua bunga ini gugur....

      Delete
  22. Mas hervin lengkeng yang berumur lebih kurang satu tahun bisa nggak dibuahkan?tolong informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya jika tanaman sehat, tajuk oke dan kondisi prima, dia bisa dibuahkan,
      jika kondisi tanaman biasa, takutnya pasca panen akan ada stagnan dalam pertumbuhan berikutnya (tanaman stress)

      Delete
  23. Mas pemberian pupuk kompos dan pupuk kimia secara bersamaan(waktu)bisa nggak mas diberikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya sih selang minimum 2 minggu aja.....

      Delete
  24. saya punya satu pohon lengkeng itoh (5 tahun), lihat pohonnya sangat subur, daun sangat lebat, pucuk tidak putus-putusnya tumbuh. Saya sudah beli AG 1/4 paket. Beberapa pertanyaan :
    1. kapan kondisi pohon tepat diaplikasi AG booster? karena setiap saat pucuk baru selalau tumbuh?
    2. Kalau lihat postingan terdahulu, lebih tepat mana antara aplikasi sekaligus atau dibuat 4 tahap aplikasi. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Asep R : wah pertanyaan yang sangat menarik dan bagus sekali ini..
      1. saat yg tepat adalah jika di pohon tidak ada sama sekali pupus muda ! Nah kalau pupus muda selalu tumbuh (susul menyusul) bagaimana ?? Pertama, biasanya dalam suatu tanaman lengkeng ada masanya pupus muda mulai tidak muncul secara bersamaan. tapi ada kalanya susul-menyusul, yg lebih disebabkan karena :banyaknya pasokan air; pemupukan dengan kandungan N yang dominan untuk itu bisa dikondisikan hal yang berlawanan dua hal diatas (stress air dan pupuk yang tidak ada N nya).
      Kedua, jika memang sekirannya kondisi susul menyusul diatas tidak bisa dihindari, pada saat perbandingan pupus muda LEBIH SEDIKIT dari yang sedang tidak berpupus muda (sekitar 10 %), bisa dilakukan pemangkasan terhadap cabang yg ada pupus mudanya (pemangkasan pada bagian batang yg sudah coklat) baru di aplikasi lengkeng boosternya.

      2.lebih bagus jika diaplikasi sekaligus, bukan 4 tahap.
      Saat pertama nulis dgn aplikasi 4 tahap, terus terang waktu itu baru pertama aplikasi yang saya lakukan. dan itu juga sesuai petunjuk produsennya, tetapi setelah melakukan rangkaian percobaan, ternyata aplikasi sekaligus akan lebih bagus, karena bunga akan keluar serempak, sehingga tanaman terkonsentrasi utk berbuah dan memudahkan kita dalam pemupukannya.

      semoga bermanfaat

      Delete
    2. Yth. Mas Hervin
      Setelah dapat penjelasan dari blog ini saya langsung aplikasikan lengkeng bosster 1/4 paket ke pohon itoh saya (10 Juni). Hari ini tanggal 17 Juli ternyata di sebagian besar pucuk, muncul tunas baru, dimana setiap ketiak daun baru kelihatannya muncul calon bunga seperti yang pernah mas hervin gambarkan. Apa benar, nanti saya kirim gambarnya. Pertanyaan : kapan pucuk itu harus di lindungi dari kelelawar? pupuk yg harus di aplikasikan untuk memastikan hasil lengkeng yang berkualitas (di blog ini mas hervin menyebut 500 gram untuk 20 kg buah lengkeng?) apa itu artinya untuk dapat 1 kw buah harus memupuk AG Blue sebanyak 500 gr dikali 5? Kalo memang begitu apakah jumlah pucuk tidak dipertimbangkan? jumlah pucuknya sedikit apakah itu mempengaruhi ukuran berat pupuk yang harus diberikan.
      Terimakasih atas perhatiannya. (segera gambar tanaman saya di kirim via email)

      Delete
    3. @asep :
      dari foto yg anda kirimkan saya yakin 100 persen itu bakal bunga mas.
      kapan di lindungi ?? tunggu hingga buah terbentuk seukuran kelereng mas.
      he he he ukuran 500 gram utk 20 kg buah sebenarnya gambaran kasar aja mas, dan bagi beberapa orang memang agak susah di terapkan, karena tidak mudah memprediksi bakal buahnya.... intinya saat tanaman sedang berbuah, pasokan pupuk jangan pernah di abaikan, berikan sedikit tapi rutin sudah cukup membantu, sperti 1 ons pupuk untuk 1 minggu sekali saat buah pentil terbentuk, ini semata2 hanya pengalaman pribadi dan share dgn teman2 aja. lihat foto yang saya tampilkan di akhir, karena pupuk saya pelit, maka pasca panen tanaman merana...kan sayang tho utk kedepannya....

      jumlah pucuk sangat mempengaruhi produksi yang dihasilkan, kl jenis itoh sih anggap saja biar mudah dianggap 1 pucuk 8 ons agar memudahkan penerapan pemberian pupuk....

      selamat mencoba

      Delete
  25. Yth Mas Hervin
    Makasih jawabannya, cuma sy masih penasaran ttg pupus muda yang dimaksud, apakah pucuk yng masih kuncup atau pucuk yang sudah mekar? kondisi pohon sekarang pucuk muda disetiap batang menuju tua, tetapi ada pucuk yang belum mekar (calon daun yg msh kuncup)warnanya coklat, itu hampir disetiap pucuk batang. (kalo bisa sy kirim fotonya, ada no yg bisa sy hubungi? Pertanyaan ke2: Saya punya pohon lengkeng aroma durian baru tanam 3 bulan dari pembelian (umur 5 tahunan). Waktu membeli ada 1 malay bunga yang kemudian menjadi buah walaupun hanya 1 (satu) Biji cuma kualitas buahnya cukup besar tetapi bijinya sangat besar, dagingnya sangat tipis. Apakah ini bisa di aplikasi supaya kondisi kualitas buah menjadi baik (buah besar dengan biji kecil)pertanyaan 3: kondisi pohon lengkeng aroma durian tsb dari tanam belum pernah muncul pucuk baru kelihatannya begitu merana, padahal pohon lain sudah tumbuh begitu suburnya. Kira2 apa yg harus sy lakukan untuk menolong pohon tsb agar tumbuh subur? Bolehkah sy kirim foto pohon2 untuk dapat didiagnosa mas hervin? kalo ada no yg bisa sy upload? makasih bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Asep R : pupus muda maksudnya ada daun baru yg muncul di ujung cabang dan sudah mekar daunnya, jadi dia merupakan daun muda yang menuju besar dngn ciri utama daun berwarna hijau muda dgn ukuran lebih kecil dari daun normal...ini pertanda tanaman pada masa vegetatif.

      2. utk memperbaiki kualitas buah ardu, coba saat tanaman berbunga pasokan nutrisi nya (NPK dan unsur mikro) dipernuhi, bila perlu asupan Ga3 bisa diberikan untuk mengecilkan biji dan memperbesar buah....

      3. coba cek perakaran dan media tanamnya....

      bisa aja di emailkan ke saya. kl ada kesempatan nanti tak liatnya

      Delete
  26. Mas mau nanya ciri-ciri daun lengkeng diamond river tu apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri yang jelas dilihat dari daunnya, bentuknya sekilas memang beda dari lengkeng jenis lain (agak susah mendeskripsikannya), ciri berikutnya buahnya meski masih muda sudah wangi dan manis dan (ini yang paling mudah di pahami) daging buahnya berair jika kita mengupas kulitnya (becek)

      Delete
  27. Mau tanya Mas:
    1.Apa AG lengkeng booster termasuk perangsang yg biasa dipakai utk off sesion itu?
    2. Apakah AG Green dimaksudkan utk pertumbuhan vegetatif?
    3. Bagaimana cara aplikasinya, apa disemprotkan?
    Terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. dapat dibilang demikian..
      2.betul juga, untuk recovery tanaman dalam membentuk tajuk baru
      3. kl yg dimaksud aplikasi booster, disiramkan di pangkal batang dan perakaran, kl utk pupuk nya bisa di kocorkan dan di semprot

      Delete
  28. Mas hervin sy py pohon lengkeng umur 9 tahun tp belum pernah berbuah sama sekali pada suatu saat ditebang dan skrng sdh keluar cabang2 n tunas2 baru apa bisa diaplikasikan dngn lengkeng boster?makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Waone marly : jika tunas baru tsb sudah bagus dan tidak sedang masa vegetatif, bisa juga di aplikasi booster,....

      saran saya : jika kita tahu kualitas lengekng tsb katakanlah kurang bagus, bisa dilakukan top working, yaitu memanfaatkan tunas2 baru tsb utk di tempeli dengan lengkeng jenis unggul. tekniknya bisa dengan sambung pucuk maupun sambung sisip.....

      good luck

      Delete
  29. sy yuda mw nanya sama mz hervin, tgl 4 juli sy aplikasikan lengkeng booster ke pohon lengkeng kristalin dengan dosis rendah 1/4 dari dosis normal, mulai bermunculan tunas setelah 3 minggu dari aplikasi dan sampai sekarang masih bermunculan tunas baru, tapi kok belum ada tanda calon bunga yg keluar apa aplikasi sy gagal.fotonya sy emailkan trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yuda : sepertinya dosis bisa ditingkatkan, jgn lupa saat aplikasi pupus muda harus tidak ada, trus setelah aplikasi 5 hari kedepan jangan terlalu banyak disiram atau kena hujan

      Delete
  30. mohon penjelasanya mas hervin,
    1. mengenai pemberian pupuk AG blue pada saat pembentukan buah. pada tulisan diatas dikatakan setiap 20kg memerlukan 500gr dengan intreval 2 minggu. apakah artinya setiap 2 minggu sekali kita kasih pupuk 500gr sampe semingggu sebelum panen? atau 500gr dibagi selama pembentukan buah?
    mas hervin juga bilang untuk lengkeng itoh di anggap 1 pucuk 8 ons. apakah maksuddnya 1 pucuk memerlukan 8 ons pupuk AG blue?
    2.berapa dosis AG green pasca panen pada lengkeng usia 5 tahun. dan berapa intervalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khaqul iman :
      1. maksud saya 500 gram tersebut di berikan SELAMA buah pentil hingga panen (untuk estimasi 20 kg buah lengkeng), pemberian dilakukan bertahap 2 minggu sekali. jadi 500 gram dibagi selama pembesaran buah. 1 pucuk 8 ons maksudnya dari 1 cabang dompolan buah kita asumsikan berat hingga panen 8 ons (0,8 kg) buah lengkeng
      2. pasca panen dapat diberikan pupuk 5 gram per liter (1 pohon perlu sekitar 10 liter atau total 50 gram) diberikan 1 minggu sekali selama 3-4 kali aplikasi....

      Delete
  31. ferdik herdiandika29 Sep 2012 10:25:00

    pagi,pak hervin!

    Salam kenal saya ferdik,dari biologi-ITS Surabaya.mahasiswanya pak Muryono. Saya tertarik sekali dengan "pemupukan kelengkeng dengan amazing Grow" ingin saya jadikan tugas akhir, pak hervin saya meminta bimbingan/pengalaman di lapangan nya,agar penelitian saya berjalan lancar. Mohon konfirmasinya pak hervin di tempat dan saya minta contact person pak hervin

    Terimakasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. to Ferdik : coba send email aja mas, ntar tak replya no contact saya

      Delete
  32. Slm knl mas hervin
    Ane dgn moy.
    Saya coba pesan 1/4 paket kelengkeng boster untuk berapa kl pemakaian paket tersbt?...bagaimana cara aplikasi.trm ksh jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @moycs : salam kenal kembali mas
      paket 1/4 biasanya diaplikasikan untuk lengkeng dgn besar batang bawah sikitara diameter 10 cm-an, dgn kondisi poshon sehat.
      caranya : bersihkan batang bagian bawah yg dekat tanah (50-100 cm dari tanah) buang kulit kerasnya yg sdh tua (dikerok tipis2 agar kulit tua hilang)
      berikutnya bikin semacam parit kecil berjarang se jengkal dari pusat batang keliling, agar larutan booster tidak meluber ke mana2.
      selanjutnya campur ke tiga bahan dalam paket tsb dgn 3 literan air, siramkan ke batang yg sudah dibersihkan kulitnya tadi pelan2 hingga larutan turun ke tanah (tertampung dalam parit kecil tadi) hingga meresap.
      selamat mencoba

      Delete
  33. Terima kasih atas tanggapan dan jawabannya mas hervin

    ReplyDelete
  34. Selamat sore mas hervin
    Mhn penjelasanya 1/4 paket kelengkeng boster apakah bisa untuk 1 pohon.
    2-3 kali pemakaian.usia pohon 3-4 thn.trm ksh

    ReplyDelete
  35. Mas HERVIN..
    Sy Hafi dr Pamekasan. Sy punya 3 buah jenis lengkeng (Itoh, pingpong dan Jenderal).
    klo yg Itoh & pingpong tinggi 50 cm skitar 6 bln namun sukar bercabang.
    Klo yg Jenderal tinggi 1m Skitar 2 bln.
    sy baca saran mas untuk pemupukan bisa diberikan AG berimbang untuk memperbanyak percabangan dan tajuk.
    Maksudnya AG Berimbang? Maaf mas.. sy hanya senang koleksi tanaman tp gk tau jenis pupuk dan cara pemupukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hafi : maksud nya AG Berimbang adalah produk daria Pupuk Amazing Grow (AG) yang Berimbang.....
      untuk jelasnya coba klik link yang ada di bagian kanan blog ini

      Delete
  36. selamat pagi...
    saya sudah mencoba aplikasi LB ke lengkeng aku....dan alhamdulillah kayaknya sudah ada tanda-tanda bakal bunga. terbukti dengan munculnya titik-titik putih pada setiap tajuk muda yang muncul. selanjutnya... selain dengan AG berimbang apa tidak ada pupuk penggantinya???? yang sekiranya dijual dipasaran. terima kasih atas perhatiannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi kembali....
      Alhamdulillah kalau ada tanda-tanda berhasil....
      sebenarnya untuk fase berbunga hingga berbuah bisa diaplikasikan pupuk Pembuahan, yang mana kandungan K nya lebih tinggi dari N.
      atau bisa anda kombinasi AG berimbang dgn kno (13%N, 44% K2O)

      Delete
  37. mas hervin saya mau nanya apakah hewan kaki seribu termasuk hama? soalnya tambulampot lengkeng durian punya saya jika disiram sore hari, paginya banyak hewan kaki seribu di sekitar pot, trus bagaimana cara pengendaliannya?

    ReplyDelete
  38. Asslm alkm...
    Salam kenal mas hervin.
    Saya memiliki sebuah pohon kelengkeng usia +/- 4tahun, tinggi pohon kurang lebih 2,5meter namun sangat minim perawatan, hanya saya beri pupuk kompos & NPK, dan itupun sangat jarang krn saya minim pengetahuan. Pernah 3 kali berbuah namun hanya satu cabang tertentu & tidak lebih tersisa 2 sd 8 biji buah saja. Sejak beberapa bulan ini daunnya kena penyakit terdapat bintik2 hitam.
    Bagaimana cara menangani penyakit tersebut & apakah masih memiliki harapan agar pohon tersebut menjadi sehat?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam
      sayang tidak disebutkan jenis lengkeng apa ya... tapi kl menurut cerita anda, berarti dia jenis yang mudah berbuah tanpa perlakuan booster (seperti Diamond river, Kristalin, Puang Ray, Aroma durian maupun pingpong)

      bintik-bintik hitam biasanya ada serangan semacam jamur atau sejenisnya, coba lakukan perontokan manual thd daun yang terserang (jika jumlahnya sedikit), bila perlu pangkas secara ekstrim dahan-dahannya agar sirkulasi udara dan matahari lancar sehingga jamur bisa di minimalisasi.
      perhatikan juga tanman yang ada disekitarnya, jika ada gejala demikian buang daun yang terserang, jika kondisi lembab bisa di semprotkan fungisida secara berkala.
      menurut saya masih ada harapan untuk sehat kembali kok, jangan lupa penyiraman dan pemupukan pasca pangkas ekstrim

      Delete
  39. assalamu'alaikum Wr. Wb.
    selamat pagi mas...hervin
    wah senang rasanya lengkeng saya sudah berbuah setelah menunggu beberapa bulan dari aplikasi lengkeng boster... tapi ada beberapa masalah ne...
    Banyak serangga putih kecil lengket sekali.. kayak ada lapisan lem nya pada buah gimana cara menghilangkannya?
    Bagaimana supaya buah lengkeng nya jadi besar???? kayaknya sampai sekarang buah lengkeng di rumah masih belum bisa besar??? apa dikasih pupuk yg warna piru itu? (dari Lengkeng Boster?
    terima kasih atas tanggapannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam....
      wah ikut senang mendengarnya.....
      kutu putih yang lengket bisa anda semprot dengan insectisida dengan dosis kecil, jangan lupa campur juga dengan air sabun cuci piring, supaya lapisan lilin di kulitnya hancur (oleh air sabun), dan si kutu mati oleh insect...
      kl buah masih kecil sepertinya masih ama meski disemprot insect dan buah di konsumsi sendiri....
      jangan lupa habis itu bilas dengan semprotan air biasa ...

      untuk pembesaran lengkeng bisa digunakan pupuk yang biru itu....

      Delete
  40. Selamat malam mas Hervin..
    Saya mau nanya.. Saya punya 5 pohon klengkeng usia 2 bulan, tinggi 60-70 cm..
    Jika diberi pupuk NPK berimbang dosis untuk 1 pohon berapa gram?
    Terus frekwensinya berapa minggu sekali?
    Terima kasih atas jawabannya,.
    Satria.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @satria : cb berikan dosis kecil tapi rutin. Misalnya 3-5 gr per liter diberikan 7-10 hari sekali

      Delete
  41. ass mas hervin,
    sy edi s. punya pohon kelengkeng 5 pohon umur 19 thn tinggi 7 m jr2 tajuk 3 m diameter btng 20 cm, perlu brp AG Booster, beli di mana, bgm cr mupuknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wasslm. wr. wb.
      coba aplikasi 1 pohon dulu dgn 1 paket AG...bisa pesan di www.amazinggrow.com

      Delete
  42. mas mau tanya saya punya pohon kelengkeng yang usianya dia atas 3 tahunan, tp blm pernah berbuah, klo pake AG Booster itu cocok apa nda ya mas?mohon penjelasannya email my_tweety8588@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di coba... pengalaman saya pohon lengkeng meskipun 1 pohon udah 10 tahun gak pernah buah, bisa berhasil

      Delete
  43. Mas... saya ada pohon kelengkeng 4 tahun blm pernah berbuah, saya sdh beli AG tetapi masih blm dipakai. Saya mau tanya soal tunas muda. Pohon saya selalu ada tunas daun mudanya. Apa boleh saya pakai Ag nya? Kalau dr saran untuk pembaca diatas harus dipotong kuncup mudanya. Setiap ujung pohon saya ada tunas mudanya. Apa harus dipptong semua? Atau bagaimana karena tunas muda nya selalu bermunculan terus. Mohon sarannya. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tonny liu :
      benar sekali, saat tunas muda masih muncul aplikasi booster akan terkesan sia-sia.
      jadi harus tunggu tunas muda menjadi tua tanda dia siap ke vase generatif. nah jika tunas muda selalu ada, bisa ditunggu sekitar 2 minggu dia menjadi tua, yang menjadi masalah jika keluarnya bergantian atau tidak serempak. saran saya tunggu saat dimana tunas menjadi tua secara dominan (paling banyak) jika ada beberapa bagian (<30%) ,asih bertunas muda, bisa di pangkas.

      selamat mencoba

      Delete
  44. Mas Hervin..blm lama ini kelengkeng pimpong saya berbuah cm blm sempat panen sdh dirontok orang..tdnya saya tdk mengurus pohon ini krn tdk tau jenisnya dan tdk tau klo bs berbuah..setelah tau bs berbuah saya jd semangat mau mengurus dgn baik..skrng lg dongkol krn tdk bs merasakan buahnya tp gpp sapa tau stlh saya praktekkan apa yg mas Herwin tulis kelengkeng saya tmbh berbuah bnyk...skrng yg mau saya tnykn apakah pohon yg baru sekali berbuah blh dicangkok.? ada yg bilang tdk blh nti induknya bs mati..benarkah?..mohon infonya y mas..terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada keharusan pohon yang dicangkok sudah harus berbuah... tapi emang idealnya sih begitu..... jadi silahkan di perbanyak dgn cara cangkok.....
      sekedar info, jika jenis lengkeng nya pingpong terlebih yang varietas thailand, susah untuk dicangkok, tapi kl yang jenisnya pingpong vietnam (batang lebih tegak dan kokoh), masih bisa dicangkok..

      Delete
  45. mas hervin, jenis lengkeng apa saja yg dibooster baru bisa berbuah, kalau jenis aroma durian berdaun kaku hijau tua bagaimana? apa harus diboster

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengkeng yang harus di booster secara umum ditandai dengan yang bentuk daun panjang besar dan lebar, seperti lengkeng jenis itoh dsb.
      untuk jenis aroma durian, DR, kristalin, puangray, pinpong dll (bentuk daun lebih kecil) tidak perlu di booster

      Delete
  46. Pak, saya mau beli pupuk kelengkeng 1 paket , pupuk buah mangga, jambu, dan sawo.
    Tlg email harga dan rekening nya.
    Tks,
    Mariyun s hp.08123866085
    Bsd tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mariyuns : coba contact lgsg ke 081 333 895 230 (dini) pak

      Delete
  47. Klengkeng itoh 1mtr an sdh byk bakal buah tp daunnya keliatan mengering dan kaku,mohon bantuan cara mengatasinya pak

    ReplyDelete
  48. pak lemgkeng saya jenis aroma durian kenapa buahnya sering pecah2 seblm besar..pupuk apa yg bagus utk jenis lengkeng aroma durian mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lova : buah pecah bisa karena beberapa sebab. diantaranya : - kurang nutrisi mikro maupun semi makro, seperti MgO, Ca, boron dll... so berikan pupuk makro (baca NPK) komplit yang juga mengandung unsur2 mikro maupun semi mikro spt diatas.
      - sebab lain bisa juga perubahan media tanam yang ekstrim, maksudnya kondisi media tanam kering karena panass terik, lalu tiba2 ada hujan atau penyiraman secara mendadak atau berlebih.....

      Delete
  49. Pagi mas hervin, selain pupuk AG , adakah pupuk lainya yg bisa digunakan selama lengkeng dalam proses pembesaran buah? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ade : pagi mas, selama pembesaran buah berikan pupuk NPK yang kandungan kandungan K nya tinggi mas... syukur2 ada mikronya... thats the way saya sebutkan AG Pembuhana he he he ...

      Delete

Comment