Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

9 Apr 2010

Indahnya Berbagi....

Awal bulan kemarin (3 April 2010), sebuah email dari rekan di Binjai Sumatera masuk ke inbox yahoo saya. Dengan beberapa foto tanaman lengkeng itoh yang dilampirkan, ditambah beberapa penjelasan aplikasi yang telah dilakukan, sebuah pertanyaan diakhir email membuat saya jadi berpikir keras....
" Apa kira2 yang salah ya mas ? mohon petunjuknya, trims "

dosis kurang, hanya memunculkan daun baru

Saya jadi teringat, beberapa waktu lalu, melalui email,
teman dari Binjai ini bermaksud membuahkan Lengkeng Itoh yang didapatnya dari Thailand. Kala itu informasi yang masuk, usia tanaman 5 tahun dan belum pernah sekalipun berbuah.
Aplikasi Lengkeng Booster menjadi saran saya kala itu, dengan teknik pengaplikasian 1 paket LB bisa diaplikasikan untuk 4 tanaman dengan usia 5 tahun. Singkat kata, setelah beliau mendapatkan paket LB, diaplikasikan sesuai anjuran saya, maka dikirimlah email diatas kepada saya.
Beberapa saat mencermati gambar di email tadi, saya baru tersadar. Kebetulan juga chatting lewat Yahoo Messenger dengan beliau menjadikan informasi yang saya peroleh lebih banyak.
Sungguh saat itu bener-bener saya baru tersadar. Sebuah pengalaman dan ilmu tambahan saya dapatkan saat chatting dengan beliau.

aplikasi 1/2 paket, 32 hari setelah aplikasi (close up)
38 hari setelah aplikasi (close up)
aplikasi 1/2 paket, 32 hari setelah aplikasi
38 hari setelah aplikasi
Ternyata umur tanaman lengkeng (khususnya jenis Itoh) tidak bisa dijadikan patokan PASTI untuk pengaplikasian dosis Lengkeng Booster !!!
Rekomendasi saya kala itu untuk mengaplikasikan 1/4 paket LB kepada 1 tanaman umur 5 th. Namun dari foto yang rekan kirimkan tadi saya tercengang. Pohon itoh yang sudah berusia 5 tahun miliknya ternyata sudah berdiameter batang 1 paha orang dewasa, dengan tajuk yang sangat rimbun.
Pantas saja aplikasi 1/4 paket LB tidak berpengaruh signifikan.
Untunglah untuk pohon yang kedua rekan tadi mengaplikasikan 1/2 paket LB pada 1 Maret 2010 lalu.
Kabar menyenangkan pun saya terima lewat email 8 April 2010 lalu. Lewat foto yang disertakan, ternyata pohon itoh mulai keluar bunga muda di sebagian besar ujung tajuknya setelah 38 hari aplikasi.

bunga sebagian besar mulai bermunculan
Dari pengalaman ini dapat saya simpulkan :
  • Umur tanaman tidak bisa dijadikan patokan untuk aplikasi paket LB.
  • Tanaman Itoh yang berusia 5 tahun dan tidak pernah berbuah sama sekali, ukuran batang bisa mencapai 1 paha orang dewasa dengan tajuk yang sangat-sangat rimbun (seperti milik rekan di Binjai)
  • Tanaman Itoh yang berusia 5 tahun dan sudah berbuah berkali-kali ukuran batang masih sebesar lengan orang dewasa (seperti milik saya di kebun).
  • Aplikasi paket LB untuk lengkeng Itoh khususnya, selain memperhatikan usia tanaman juga harus memperhatikan diameter batang dan kerimbunan tajuk.
  • Pengalaman sebelumnya pernah saya dapatkan saat berkunjung ke kebun Plantera Fruit Paradise di Ngebruk. Kala itu saya ditunjukkan 2-3 pohon Itoh yang sengaja tidak dibuahkan sama sekali. Ukuran pohon memang lebih besar dengan tajuk yang lebih rimbun dari tanaman yang dibuahkan berkali-kali walaupun keduanya memiliki umur tanam yang sama persis.
Sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga. Idahnya Berbagi Ilmu....
Terima kasih buat rekan Benny di Binjai sana. Semoga bermanfaat.
(semua foto kiriman dari rekan Benny)

2 comments:

  1. wuih sampe segitunya trawangan sampeyan cak,sep sep. btw apa LB bisa diapplikasiken sama lengkeng lokal. miturut keterangan yang ayas baca, klengkeng lokal harus 2 poon kalo mo membuahken. jadi kimpoian gitu. tapi kalo 2 poon, yang ada saja udah tuaan poonnya dari pada ayas, mo nanem lagi.kapan gedenya & berbuah. trims buanyak atas inponya..

    ReplyDelete
  2. he he he thenkyu bro....
    LB menurut pengalaman sy bisa diaplikasikan utk lengkeng lokal yg sdh puluhan tahun tdk buah dan hanya 1 pohon.
    tahun kemarin uji coba dilakukan pd tanaman lengkeng lokal hanya 1 pohon, usia dah 10 tahun lbh, lokasi di madura (pamekasan) yg terkenal daerah panas... hasil pohon berbunga dan jadi buah... itu suatu bukti betapa hebatnya LB cak...
    semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Comment