Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

27 Jul 2010

Membuahkan Tabulampot Jambu Air ( II )

Melanjutkan tulisan terdahulu, berikut perkembangan tabulampot jambu airnya.....

selang beberapa minggu pasca aplikasi, calon bunga bermunculan
penampakan calon bunga di batang utama
Pada masa gambar diatas perhatikan penyiraman pada tambulampot. Telat siram sehari saja pada saat musim kemarau, dapat dipastikan calon bunga kering dan rontok. Usahakan tabulampot jangan sampai kekeringan atau terlalu basah.


berikan nutrisi yang memadai
jangan pernah telat siram / kering
bunga siap mekar
bunga mekar bersusulan
penampakan lebih dekat
rontokkah aku ??

semoga bermanfaat.....

12 comments:

  1. Beruntungnya saya mendapatkan blog ini...
    Membuahkan Tabulampot Jambu Air hari ini 16/08/2010 langsung saya praktekkan (krn jambu citra saya ga berbuah2), bongkar, potong akar, media baru, tunggu seminggu untuk pupuk asam amino+pupuk generatif.... tetapi koq bersambung ya, mudah2an ga lama edisi ke-3 sambungannya muncul.

    Thanks a lot.

    Andre, Depok.

    ReplyDelete
  2. To Andre : kebetulan yang di ulas ditulisan diatas juga tabulampot jambu citra mas, malah ada sambungan jenis lain di beberapa rantingnya, dan ikut berbunga juga.
    bersambung disini karena saya harus menunggu foto dari bunga menjadi pentil buah....
    tapi jangan khawatir, setelah di tulisan kedua diatas yang ditandai dengan munculnya bakal bunga, hingga saat ini pentil buah sudah terbentuk, dan sudah dibungkus....

    salam..

    ReplyDelete
  3. sayang sekali.... jambuku saat kembang banyak sekali.. ditinggal keluar kota seminggu rontok semua bunganya....gak tahunya karena tidak disiram selama seminggu...

    ReplyDelete
  4. @captain : betul sekali, penyiraman merupakan kunci pokok saat tabulampot jambu air sedang berbuah / berbunga.....telat beberapa jam aja bisa fatal akibatnya

    ReplyDelete
  5. saya punya jambu citra mas,,,udah 3 thn berdaun lebar sehat,,,,tapi setiap kali pemangkasan hany a tumbuh tunas baru tapi ngak pernah berbuah,,,bulan lalu saya ganti media serta pemotongan akar,,,,media saya gunakan pupuk kandang+kompos sawit+sekam=1+1+1,,,pohon tumbuh subur,,,tapi tetap tunas baru tanpa bunga,,mohon bimbingannya pak hervin...thanks

    ReplyDelete
  6. @aroma jaya : foto diatas adalah sosok jambu citra biasa, beberapa kali pemangkasan pada cabang yang dulu sy lakukan mmg cuma menumbuhkan tunas baru,
    dan ternyata kuncinya terletak pada stress akar, bisa di potong sebagian (jika akar sudah penuh) atau stress air, dan ingat jangan di barengi dengan pemangkasan berat, sebab cuma memunculkan tunas baru saja....
    bila perlu lakukan pengeratan kira2 5 cm diatas media tanah terhadap batang paling bawah kira2 lebar 2 cm, spt membuang kulit tanaman saat kita mencangkok...
    selamat mencoba....

    ReplyDelete
  7. thanks pak hervin semoga berhasil

    ReplyDelete
  8. Saya masih sangat awam dengan cara menanam tumbuhan, sy baru beli pohon jambu air citra ( krna anak sy sangat suka jambu air) dari pameran plora & fauna tp sy masih bingung mau di tanam di pot atau tanah langsung, mohon sarannya mas....
    Lalu apa sih bedanya tanam di pot dengan tanam langsung di tanah?
    Thanks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @virus T : jika ada lahan bisa di tanam di tanah, tapi jika kebetulan lahan terbatas, bisa di pot. pada dasarnya di tanah dan di pot sama saja, bedanya kl di pot bisa di pindah2 kemana, menyesuaikan keadaan lahan.
      secara umum pertumbuhan tanaman di tanah memang lebih bagus dari pada dipot, jika keduanya dengan pemupukan dan perawatan yg sama.

      jadi menurut saya sesuaikan dulu menurut keadaan lahan kita, (jika tanaman masih kecil, sebaiknya memang di pot dulu saja)

      selamat berkebun

      Delete
  9. saya punya jambu citra udah 1th blm berbunga,waktu sekarang tanaman saya pangkas daunnya dan saya sisakan daunnya 3 pasang dipucuk dan sebelum dipangkas saya pupuk sbyk 3 sendok makan pupuk NPK(16-16-16) dan minyak ikan dan penyedap rasa Apakah cara saya ini salah atau tidak bang hervin? uuntuk merangsang bakal bunga apa harus dikasih MPK dan asam amino ? berapa banyaknya pemupukan jika diaplikasikan setiap 7 hari sekali......thank's bang hervin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Agus : cara tsb tidak sepenuhnya salah, Pemberian MKP ato DKP dan amino semata hanya menyesuaikan / mengarahkan tanaman ke vase generatif, karena unsur N nya tidak ada dalam MKP ato DKP....

      Delete
    2. untuk dosis bisa di berikan 5-10 gram per liter diulang 7 hari sekali

      Delete

Comment

Powered By Blogger