Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

19 Jul 2010

Membuahkan Tabulampot Jambu Air ( I )

Jambu air di pot saya sekarang kok gak mau berbuah lagi mas ?...
Itulah pertanyaan pendek yang masuk ke inbox email saya beberapa waktu lalu.
Stress air dan Pemupukan yang tepat sebenarnya dapat dilakukan untuk merangsang pembungaan tabulampot jambu air ini. Bahkan beberapa rekan ada yang melaporkan pemberian minyak ikan juga signifikan merangsang keluarnya bakal buah.
Terlepas dari itu semua jadi teringat, beberapa tahun lalu sempat membaca sebuah artikel tentang perlakuan merangsang kembali pembuahan terhadap jambu air di pot yang sudah lama mogok berbuah.

Percobaan dan pengamatan pun saya lakukan terhadap tabulampot jambu air yang sudah lama tidak ganti media untuk membuktikannya, tanpa panjang lebar berikut ringkasannya :
  • Siapkan media tanam, pisau yang tajam terlebih dahulu
  • Keluarkan media jambu air dalam pot, usahakan jangan disiram medianya saat proses ini supaya lebih ringan.
mudah dikeluarkan dari pot

pangkas akar
  • Potong akar dengan pisau secara melingkar, lakukan merata pada tiap sisi sekitar sekitar 10 cm an. Jambu air memiliki pertumbuhan akar yang cepat, oleh sebab itu perlu dilakukan pengurangan secara berkala. Jangan lupa kurangi juga akar pada bagian bawah.
proses pemotongan akar
  • Letakkan kembali tanaman pada pot semula, atau bisa diganti pot yang lebih besar. Terlebih dahulu isi dasar pot dengan media yang telah disiapkan setebal kurang lebih 3-5 cm.
masukkan kembali ke pot
  • Tambahkan kembali media tanam sampai seperti semula
tambah media baru
pastikan media memenuhi pot
  • Siram pot dengan air hingga jenuh, ditandai dengan air sampai meluber dari dasar pot, bila media dirasa kurang tambah lagi secukupnya.
  • Ini bagian yang penting, setelah 1 minggu dari proses diatas, siramkan larutan Asam Amino dan pupuk untuk Generatif (kandungan P dan K lebih dominan dari N), dosis yang digunakan, 1 sendok Pupuk (10 gram), 5 ml Asam amino dicampur ke dalam 3 liter air.
Kita tunggu perkembangannya....

12 comments:

  1. Mas Hervin, pupuk kandungan P dan K tinggi bisa pakai MKP tidak?
    untuk asam amino jika tidak punya, bisa tidak diganti pakai minyak ikan dari apotik yg bulat kecil? 5ml itu sekitar brp butir yah?

    dan terakhir, berapa sering di kocorkan pupuk itu?

    Terima kasih
    Lily

    ReplyDelete
  2. @Lily...pupuk P dan K tinggi seperti MKP sangat cocok sekali dalam kasus diatas....beberapa penghoby juga biasa memakai minyak ikan dalam teknik membuahkan jambu air, konon di minyak ikan juga terkandung asam amino yang bermanfaat bagi tanaman. anda bisa gunakan 2-4 butir minyak ikan.
    pengocoran dilakukan pada awal perangsangan pembuahan, selanjutnya bisa di kocorkan MKP sejak pentil buah terbentuk hingga menjelang buah masak, dgn interval 2 minggu sekali

    ReplyDelete
  3. mas Hervin Utk Ukuran Potnya minimal diameter berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal pake yang 40 cm aja...

      Delete
  4. Bang Hervin, bolh sya minta emailnya?
    saya baru mulai tekuni dunia tambulapot

    ReplyDelete
  5. Mas Hervin..larutan yg 3ltr diatas dikocor pagi-sore?brp ml diberikan ke tanaman saat dikocor ke pot?tiap hari atau bagaimana ya?

    ReplyDelete
  6. @Mel : di kocor semua (3 liter ) ke dalam pot, bila perlu di ulang 7 hari kemudian

    ReplyDelete
  7. mas Hervin..... saya punya jambu citra sdh 1 th lebih blm berbunga, tanaman dr hasil cangkokan, rencana akan saya pangkas akar sekalian ganti media tanamnya.
    untuk perlakuan pupuknya gimana mas? soalnya tempat saya pupuk MKP tdk ada yg jual,tapi saya punya pupuk NPK berimbang yaitu pupuk Mutiara,TSP dan KCL.dengan pupuk yg saya punya bagaimana meng aplikasi kannya mas, mohon petunjuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agus s : kalau tidak ada MKP atau DeKaPe, coba ganti dengna NPK yang Anda punya ditambah ZK, atau KNO3.
      Terus terang di tabulampot saya KURANG menyarankan penggunaal TSP maupun KCL, mereka bikin tanah tabulampot jadi cepat padat.,,, kl di lahan langsung lain cerita.

      Delete
  8. Kang Hervin, yang dimaksud pupuk generatif ini apakah bisa Pupuk Pembuahan (produk amazinggrow) ? Untuk Pengaplikasiannya, apakah menungu daun tua atau tetap bisa meski ada pupus daun? (Maaf pemula)
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pupuk generatif maksudnya pupuk untuk fase Generatif / berbuah, yang mana unsuk K lebih dominan dari pada N.
      banyak di pasaran pupuk yang saya maksud, salah satunya yang Anda sebutkan

      Delete
  9. makasih kak, aku jd mau berkebun

    ReplyDelete

Comment