Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

23 Jul 2010

Selamat....!

Masih ingat pada tulisan di blog ini dengan topik Indahnya Berbagi... ???
Sekedar mengingatkan, disana ada rekan dari Binjai yang mengeluhkan tentang Lengkeng Jenis Itoh nya yang sudah berusia 5 tahun lebih dan belum pernah berbuah. Aplikasi dengan Lengkeng Booster pun sudah dilakukan, dan ternyata ada sedikit kendala karena kurangnya dosis LB yang diberikan.

Pertengahan Juli kemarin, sebuah email masuk ke inbox saya, dengan ada beberapa foto sebagai lampiran. Dari tanggal yang tertera dalam foto (10 dan 11 Juli 2010), nampak jelas kalau gambar diambil beberapa hari sebelum email dikirimkan kepada saya.

Rasa senang menghampiri saat pertama melihat foto yang dikirimkan ke saya, beberapa gambar mendiskripsikan sebuah pohon lengkeng jenis Itoh yang diambil dari beberapa sisi sarat dipenuhi pentil buah seukuran biji kacang tanah.

mau tebak-tebakan hasil panennya ??
prediksi saya 46 kg
Meski saya ingat saat itu rekan si empunya pohon mengabarkan
bahwa saat pohon berbunga hujan masih sering turun, namun dengan melihat gambar yang beliau kirimkan ini kata 'selamat' layak saya berikan. Dan walaupun dompolan buah tidak terdapat pada setiap ujung tajuk, namun masih banyak buah pentil yang terlihat, dan menurut saya itu masuk kategori berhasil dalam membuahkan lengkeng Itoh yang belum berbuah sama sekali.

1/2 bulan lagi perlu di bungkus
Lewat tulisan ini pula, saya juga mau menganjurkan kepada rekan di Binjai sana untuk tidak meninggalkan pupuk susulan, terutama yang berkadar K tinggi, agar buah tumbuh besar optimal dan manis. Secepatnya juga melakukan pembungkusan buah agar tidak diserbu codot / kelelawar. Dan jangan lupa cari penebas saat buah panen....

Sekali lagi selamat untuk Rekan Benny di Binjai sana, terima kasih atas kiriman fotonya.
Semoga bermanfaat.....

No comments:

Post a Comment

Comment

Powered By Blogger