Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

9 Nov 2010

Jeruk Tong Heng.. (??)

Melihat sosok jeruk yang satu ini, teringat tanaman jeruk yang biasa dipamerkan saat hari raya Tahun Baru Imlek. Dengan diameter buah rata-rata 2-2.5 cm, jeruk yang menurut pengakuan rekan-rekan bernama Tong Heng ini mampu berbuah lebat dan susul menyusul.
Dengan sosok tanaman yang pendek dan rimbun, si Tong Heng cocok sekali bila dijadikan tabulampot ataupun tanaman koleksi di teras atau pekarangan rumah.

Buah matang sempurna, kuning menggoda

Sosok indukan Tong Heng

bibit asal okulasi, mudah berbuah

Apa keistimewaan dari jeruk ini ??....
Hemm.. inilah yang menjadikan saya terpikat.
Buah matang yang berwarna kuning semburat hijau, akan berasa manis dan tanpa ada rasa getir bila buah dinikmati. Pada umumnya kulit jeruk akan dirasa getir jika kita makan, namun untuk jenis ini, hal tersebut tidak berlaku lagi.
Ada jenis jeruk yang kulitnya bisa dimakan seperti Tong Heng ini, namun daging buahnya terasa masam. Namun untuk Tong Heng, kita tidak akan mendapati rasa masam pada daging buahnya.

buah masih muda pun sudah nikmat disantap
ukuran buah, imut
Dari beberapa kali mencicipi buah ini, ada tips menarik agar kita benar-benar tidak merasakan getir nya kulit jeruk yang ikut kita santap. Saat menggigit buah, hindari terkena sekat buah yang ada di tengah-tengah. Oh iya.. buah akan lebih nikmat di santap jika sudah matang betul, dengan ciri warna kuning menyala...

petik, cuci bersih langsung santap
daging buah lembut
Seperti jenis jeruk pada umumnya, Tong Heng diperbanyak dengan cara okulasi / tempel mata tunas. Sayang dikalangan nursery tanaman ini masih terbatas jumlahnya, sehingga harga pun masih tergolong mahal....
Tapi Alhamdulillah lewat seorang rekan, akhirnya beberapa pohon pun bisa pindah ke kebun...
Anda tertarik......

38 comments:

  1. Kalo di Solo ada yang menamakan dengan jeruk LALAP, mungkin makannya langsung di lahap tanpa dikupas kulitnya. Tapi pas saya beli di supermarket dilabeli dengan jeruk KIMKIT, bukan kingkit lho (kalo kingkit buahnya kecil berwarna merah)...

    Meskipun dinamakan beda-beda yang penting rasanya, mak nyusss...

    Salam dari petani Solo

    ReplyDelete
  2. ada banyak jenis (mungkin juga namanya beda2) jeruk kayak gini Pak, beberapa waktu lalu saya jg pernah disodori jeruk yg bisa dimakan kulitnya tanpa getir, tapi sayang buahnya masih masam (namanya lupa), tapi yg satu ini bener2 gak ada rasa masamnya sama sekali, cuma ukurannya agak kecil an.
    bener sekali, apa arti sebuah nama, yang pentik tetep mak nyuusss....
    salam kenal kembali utk petani solo....

    ReplyDelete
  3. hallo mas herfin.. bisa tau harga tanaman jeruk tong heng nya? Kalo bisa tolong kasih ulasan singkattentang jenis2 jeruk mini mas.. krn di pasaran byk sekali jenis2 buah jeruk mini ini.

    makasih,

    ReplyDelete
  4. @Roy : halo juga mas, jeruk tong heng masih agak susah dipasaran, harga masih diatas 100 ribu an saat ini....
    jeruk yang mirip dgn tong heng bernama nagami, bentuk daun dan buah hampir sama,cuma nagami yg bisa dimakan kulitnya, kl daging buahnya masih masam, kl tongheng manis. aroma nagami lebih tajem ..

    ReplyDelete
  5. Ditunggu mas jeruk tong heng nya utk tambahan koleksi di surabaya hehehe....

    ReplyDelete
  6. Om kalau di dataran rendah jeruk tong heng bisa berbuah tidak, he2 punya bibitnya ???

    ReplyDelete
  7. @ roy : main aja kerumah....

    @ hari : kayaknya bisa kok, di ketinggian 80 dpl bisa berbuah lebat...bibit masih terbatas...

    ReplyDelete
  8. sekilas mirip jeruk nagami ya mas.. Tp rasanya kecut poll hehe.. Bs ga mas nagami dimanisin, entah pake KNO3 ato semacamnya? Oia, kalo tong heng nya dah byk sy titip 1 ya mas :D

    ReplyDelete
  9. om.... di rumah punya tong hang ini niiiih blt dr om joel ini sama ma namquat ato emank beda jenis... msh velom clear hehehe

    ReplyDelete
  10. kl jeruk ane terus terang kurang mendalami bro karakter masing2 varietas, cuma si tongheng ini bisa diamakan ama kulitnya dan asiknya dia tidak masam seperti jeruk nagami misalnya....apalagi nyantapnya pas full kuningnya....

    ReplyDelete
  11. iyaa kata nursery-nya bisa maem ma kulitnya. kalo bentuk buah sama ga ma dgn namquat waktu itu konsul ma om gendut si tongheng mirip ma namquat gitu tp kalo namquat murmer hehehe. terus om gendut bilang kalo om hervin udah ngerasaan si jeruk tongheng aga pait gitu. :p

    ReplyDelete
  12. nah namquat yg kayak apa itu ane juga gak faham he he he ...cuma setahuku nagami bisa dimakan kulitnya (cuma masaaam), kl tongheng yang tak rasakan (demikian juga saat dibawakan buah nya dari china) kulitnya bisa juga dimakan dan manis rasanya...paitnya (getir) kayaknya cuma 2 % dari skala 100 %...alias ketutup

    ReplyDelete
  13. wah-wah.. Lg pd asik bahas jeruk tong heng neh. Kira2 udah ada yg siap utk dipndh ke sby blm mas :D yg msh br trn jg gpp hehe.. Oia, maap mas mgg kmrn blm bs maen kesana. Mgg ini br bs mas.

    ReplyDelete
  14. bijinya bisa di BLT in gak pak.. hehehe

    ReplyDelete
  15. wah menarik nih cak.....rasa dalamnya manis bila sdh matang.
    indent yo cak.....

    ReplyDelete
  16. dalam pengharapan & penantian, he he he

    kelana,sby

    ReplyDelete
  17. Om Hervin boleh saya pesan bibitnya kirim ke jakarta ?

    bisa minta no hp nya om pm ke

    budihartono71@gmail.com

    terima kasih

    ReplyDelete
  18. Salam kenal mas hervin, mas pupuk yang cocok untuk jeruk tong heng atau nagami (saya punya 2 pohon) apa ya mas biar rajin berbuah, masalahnya jeruk nagami saya pernah berbuah trus sekarang berhenti berbuah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nisfi syah : salam kenal kembali,
      untuk membuahkan jeruk bisa pake cara yg sudah umum, yaitu lakukan stress air beberapa hari hingga tanaman keliatan layu, berikutnya bisa di beri pupuk PK tinggi, Insya Allah dia akan memunculkan bakal bunga beberapa hari kemudian.
      khusus utk jenis tongheng, tanpa stress air pun dia sudah genjah berbuahnya.

      selamat mencoba

      Delete
  19. salam kenal mas hervin... kalo ada kelebihan bibitan tong heng dan nagami, saya minat mas... boleh pm saya no hp atw pin BB ke email saya gisanagame@ymail.com. trimakasih mas hervin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @gisana
      salam kenal kembali mas, sudah saya email ke alamat diatas

      Delete
  20. Salam kenal mas hervin... mas, kalau masih ada bibitnya saya juga mau pesan. Tlg email ke b_dwi_i@yahoo.com / alkafuasi@gmail.com Terima kasih. Baharuddin di Palangka Raya.

    ReplyDelete
  21. salam kenal mas hervin...
    saya mau juga donk mas bibit jeruk tong hengnya, msh ada gak mas??

    tolong email ke saya ya mas harganya, ini email saya...agushw19@gmail.com

    ditunggu mas emailnya
    terima kasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. agushw : coba contact langsung ke 081 333 895 230 (dini) aja mas

      Delete
    2. ok mas hervin....thanks infonya..

      Delete
  22. Klo jeruk imlek yg buahnya orange bli bibitnya dmn om? Klo bolh tau tlg kirm alamat n no tlpnya ya om...ke mamas_habib@yahoo.co.id. makasih sblmnya.

    ReplyDelete
  23. Met Sore Pak Hervin...
    Semakin saya membaca blog-nya Bapak...semakin keracunan juga saya sama tabulampot....di mana saya bisa mendapatkan bibit tongheng ini Pak...nyuwun tulung bisa kirim info harga ke kangmas.donny@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Mas ada kelebihan bibit gak mas saya pengen
    hehehe

    ReplyDelete
  25. Pak, bubit tongheng-nya msih ada kah pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sw prahastuti : masih ada ...

      Delete
  26. Selamat siang pak hervin, salam kenal saya bekti dari sragen. Mohon info untuk pemesanan bibit jeruk tongheng, nomer yg bs sy hubungi berikut dengan harganya ke email saya, surelbekti@gmail.com. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @su bekti : coba contact ke 081333895230 (dini) untuk pemesanan bibitnya

      Delete
  27. mas hervin bibit tonghengnya masa ada a
    kalo boleh tau berapa harganya dan pesanya gimana,,terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ulfan : ada mas, coba langsung ke no diatas untuk pesannya

      Delete
  28. Malam mas,,apakah bibit tongheng nya masih ada?,,, kalo masih,, oesannya kemana yah? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini masih ada, coba cek no diatas

      Delete
  29. jeruknya kecil-kecil yaa seger

    ReplyDelete

Comment