Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

3 Oct 2011

Adakah Lengkeng Tanpa Biji ??

kiri - kanan : biji pingpong, itoh, diamond river, serta DR Ga3
Suatu hari saat melihat koleksi tanaman kelengkeng di kebun, pengin ketawa melihat salah satu tanaman yang saya beli tahun 2008 lalu. 
Ya...waktu itu dengan harga yang lumayan mahal untuk ukuran saya, hanya mendapatkan tanaman setinggi 50 cm yang diberi label Kelengkeng Non Biji oleh si penjual.
Maklum saat itu memang lagi gencar-gencarnya berburu jenis Kelengkeng.  Biji yag relatif kecil pada contoh buah serta belum begitu fahamnya  waktu itu  dengan lika-liku dunia lengkeng, 2 tanaman pun akhirnya saya boyong ke kebun.
Padahal kalau teringat saat itu, ukuran buah juga gak gede-gede banget (baca : buah tidak normal), maka wajar saja jika biji ikut mengecil.  Hal ini diperparah setelah tanaman dikebun berbuah berkali-kali.  Biji nya pun kembali Normal.  Komplain ke penjual pun tidak mengatasi masalah, tapi itulah harga mahal yang harus di keluarkan untuk sebuah pengalaman baru.

buah D river Ga3 dan Itoh normal, bagian daging yg dimakan lebih banyak

Beberapa percobaan pada jenis Diamond River dengan aplikasi Giberilin Acid (Ga3) ternyata malah memberikan dampak yang luar biasa.  Aplikasi yang tepat berefek pada daging buah Diamond River yang menjadi keset / tidak becek dan berair, serta mampu menjadikan biji kecil (seukuran kedelai) yang menurut saya kualitas buahnya lebih bagus dari pada lengkeng yang saya ceritakan diatas.
Aplikasi yang saya lakukan cukup dengan menyiram Ga3 saat tanaman mulai berbunga dan saat buah pentil terbentuk.  Beberapa tabulampot Diamond Riverpun malah memiliki efek pada buah berikutnya.  Artinya pada panen buah berikutnya sebagian besar buah masih berdaging kering dan berbiji kecil.

biji kecil, daging kering,
Lantas sebenarnya adakah Kelengkeng Tanpa Biji ???
Setelah bertanya kesana kemari dan lama berburu, ternyata memang ada jenis lengkeng non biji ini.  Sayang harganya masih relatif mahal, dan belum ada penangkar yang memperbanyak bibit pohonnya.  Kelebihan jenis lengkeng ini selain memang benar-benar tanpa biji, dia juga tanpa kulit buah.  Masih berminat ??
Anda bisa membelinya di supermarket terdekat di tempat tinggal anda....
dia lah Kelengkeng dalam Kaleng......
Asli, benar-benar tanpa biji  !! he he he
Semoga bermanfaat.....

35 comments:

  1. top mas. aplikasine bagus juga to nggo sembarang buah ??...suk mben rono sangat perlu pupuke...hehehe..sembarang pupuk sing apik...qqqq

    ReplyDelete
  2. ealah.... berarti gak ada donk kelengkeng tanpa biji tuch... hmmmm

    ReplyDelete
  3. jiakakakakakak........ono2 bhae cak...cak.......

    ReplyDelete
  4. Santoni Sandra4 Oct 2011 10:08:00

    nah lho ... yang tanpa biji dan kulit bukannya di supermarket banyak ... wkwkwkwk ...

    ReplyDelete
  5. sungguh luar biasa mas. saya sangat tertarik dengan klengkengnya mas. klo boleh saya beli bibitnya donk mas. perkenalkan saya Sumarlin. dari Pekanbaru Riau. gimana saya bisa mendapatkan bibitnya ya mas. saya sangat senang dengan perkebunan buah.

    ReplyDelete
  6. @Sumarlin : salam kenal kembali mas...
    wah jauh juga ya di Pekan Baru sana....
    coba searching aja nussery yang lebih dekat mas, spt di jakarta misalnya......

    ReplyDelete
  7. Hahahaha Om herv bisa aja, saya ngakak di penutupnya padahal dah konsen 100%.
    masalahnya yg nulis itu master lengkeng.
    satu saran saya ati2 salah pilih malah beli leci...:D

    ReplyDelete
  8. Wah, lama gak ngunjungi web nya mas herfin...
    ternyata udah byk update-an neh hehehe...
    Mas, apa itu bagusnya utk jenis DR aja ato jenis lain juga bisa?
    Salam buat keluarga ya mas.. :D

    ReplyDelete
  9. salam kenal semuanya.... boleh nyimak yah semuanya menarik dan di tunggu up date nya terus....

    ReplyDelete
  10. wah.. mantap pak hervin.. :) bisa dijadikan panduan untuk berkebun.. salam dari Agus Priyadi Kediri Jawa Timur :) [Lereng Gunung Kelud]

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas Agus, thanks telah mampir

      Delete
  11. hadoh..kirain emang ada kelengkeng yang tanpa biji...wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  12. thanks banyak Mas Hervin atas Infonya nih,
    mantapp oy, sangat membantu.
    hee
    salam kenal
    Eka

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali Mas Eka
      semoga bermanfaat

      Delete
    2. salut100%, tulisannya sungguh sangat bermanfaat. salam kenal Elhakim Bekasi. o ya mas mangga mahatir yg buahnya bisa 4kg ataw rambutan zainal yg sebesar telur angsa di mana beli bibit buahnya..? trmksih mas HERVIN

      Delete
    3. salam kenal kembali mas Elhakim, terima kasih telah mampir di blog saya...
      coba cari di tebuwulung atau di nursery di seputar daerah Anda... kebetulan di rumah cuma ada Mahatir, itupun belum sempat di perbanyak....

      Delete
  13. Salam kenal mas hervin
    Nama saya neni, sudah 2 bulan saya membeli pohon jeruk limo yg masih dlm polybag, tapi belom sempat saya pindah kan ke pot, kemarin sore saya melihat di daunya ada ulat hijau besar, Apa yang harus saya lakukan agar pohon jeruknya tidak berulat dan pohon jeruknya selamat.obat apa yg harus saya kasih.kalo saya pindah kan pohonnya ke dalam pot apa yg harus saya persiapkan.

    terima kasih ya mas hervin

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Neni : salam kembali...
      tanaman jeruk memang disukai oleh ulat ijo gede dan ulat lainnya, ulat ini khas menyerang pohon jeruk,
      kl jumlah ulat dikit mending di buang secara manual aja, tapi kl banyak bisa di obat. bisa beli insect di toko2 pertanian spt decis, matador dll semprotkan sesuai dosis.
      kl mau pindah seiapkan media tanam : tanah, pupuk kandang (matang_ dan sekam, jeruk suka sekali tanah yg porous, jadi bisa dibikin perbandingan 1:1:2 (tanah, pukan, sekam)

      Delete
  14. GA 3 BELI DIMANA mAS,,,dAN HARGANYA BERAPA..
    SALAM kENAL

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sekali di toko2, harga berkisar 15 ribu sd 25 ribu

      Delete
  15. hebatttt !!
    Penemuan yg menakjubkan
    Gak jadi nih nebang diamond
    Tanks

    ReplyDelete
  16. salam kenal mas Hervin,
    Mas, untuk aplikasi GA3 ini intervalnya berapa ya? asyik kali ya kalo dipakai untuk jenis pingpong buah besar biji kecill...
    makasih sharingnya..
    syukri

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa iterval 10 hari sekali, saat bunga muncul hingga pentil buah

      Delete
  17. salam kenal mas hervin, saya mbak endang dari tuban jatim. terima kasih mau berbagi pengalaman yg sgt bermanfaat sekali utk sy praktekkan di kebun halaman samping rmh dgn koleksi tanaman sy yg gak seberapa. pertanyaan sy kalau mau pesan bibit n obat tanaman kemana n bgmn? thk u

    ReplyDelete
  18. mas hervin, sy punya pohon jeruk daunnya melinting keriting skrg menular ke pohon jambu air disebelahnya daun yg muda jd keriting ga berkembang, mau tanya bgmn cara mengatasinya? thk u
    -mb endang di tuban-

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mb endang : kl keriting bersifat permanen, artinya setelah di pangkas dan keluar tunas baru tapi tetap keriting, menurut saya dia lebih terkena semacam virus CVPD, dan ini susah ditanggulangi hingga saat ini (harus di buang), tapi jika sebaliknya (biasanya dia terserang semacam hama kutu putih kecil semacam aphid dan thrip) bisa di obat i, atau bisa dipangkas / dibuang bagian daun yg terserang

      kira2 demikian pendapat saya

      Delete
  19. ayo berkebun mas hervin,
    paket pupuk amazing grow nya sdh sampai di tuban dgn selamat, lengkeng n mangga ku mama datang waktunya minum vitamin ...
    thx to mas hervin n mbk dini
    -mb endang di tuban-

    ReplyDelete
  20. salam mas bro,
    senangnya punya paket lengkap pupuk AG, tapi eeeit tunggu dulu saya bingung mau mulai dari mana, saya buta sama sekali masalah pupuk memupuk yang sudah2 malah tanamanku mati. saya punya tanaman bervariasi tp sy mau fokus dgn klengkeng, mangga n jambu air dulu tolong panduannya step by step dooong mas bro.
    thk u
    -mb endang di tuban-

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mba Endang : selamat deh...
      untuk tanaman yg masih kecil berikan pupuk pertumbuhan dgn dosis 3 gram/ltr interval 7-10 hari, 1 pot berikan 1 liter. Kl utk tanaman yg agak dewasa pakai pupuk berimbang. Dosis dan interval sama

      Delete
  21. i lg yg nongol jgn bosen ya,
    bincang2 mslh diatas nanti deh i praktek-in,
    thx mas bro, bibit mangga kio jay nya sdh sampe wuah cuakep2 bgt dah, wuah ga kecewa baru pesen besoknya lgsg sampe, belum i tanam msh bingung nih mau ditanam di pot/tanah, apa sebaiknya langsung ditanam apa dikarantina dulu nih? mslhnya pupuk kandangnya terkadang membuat timbul ada rayap/semutnya n pupuk apa yg hrs i pakai. mohon petunjuk n solusinya.thx
    -mb endang di tuban-

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah di karantina dan tanaman kelihatan sehat bisa langsung ditanam di tanah, mumpung musim hujan
      pemberian pupuk kandang sedikit aja dulu, dan pastikan yang sudah matang (kl bisa yang sudah terfermentasi)
      bisa di campur sedikit furadan untuk membantu mencegah rayap

      Delete
  22. Salam kenal, nama saya Pulung usia 31 tahun asal dr pekalongan jateng. Dah gag sabar nunggu pesanan LB ma GA3 nih mas Hervin..semoga koleksi kelengkeng2 sy makin giat berbuah dan makin bercitarasa enak. ƪ(^.^)ʃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kemabali mas Pulung....
      mudah-mudahan kelengkengnya tumbuh subur dan bagus agar buahnya ciamik juga.....jgn lupa di share juga pengalamannya

      Delete
  23. siang mas.... baru nemu blog ini...langsung ja ya.... lengkeng saya dah usia 3 th, beli dari pedagang yg katanya sih kelengkeng pingpong. 2 th pertama dia ada dalam pot, tapi gak besar2 habis kena tutup oleh pohon mangga besar, jadinya lengkengku kerdil. 1 th terakhir kupindah ke tanah alhamdulillah skrg rimbun dan cabangnya banyak. Maksud hati ingin membuahkan klengkeng... mohon petunjuknya untuk aplikasi dg LB. makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang dimaksud bener2 jenis lengkeng pingpong (bentuk daun melengkung dgn ukuran lebih kecil dari daun lengkeng pada umumnya), dia sebenarnya tidak perlu di booster, pada saat nya (kondisi tanaman sehat) akan berbuah dgn sendirinya.

      jangan lupa lakukan pemangkasan untuk membentuk tajuk yang lebih rimbun dan kompak.

      Delete

Comment