Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

4 Nov 2011

Lengkeng Puang Thong

Diawal tahun 2010 lalu, bertambahlah 1 jenis lagi koleksi kelengkeng di kebun Malang.  Dialah si Puang Thong.  Dari informasi waktu itu Puang Thong termasuk salah satu jenis kelengkeng yang "katanya" dompolannya hebat, dengan kulit buah yang tebal dan tahan akan serangan Kelelawar dll.
Rasa penasaran akan semua cerita tadi, dengan perjuangan ekstra keras akhirnya dapatlah satu bibit Puang Thong asal cangkok.
berbunga disetiap pucuk
Dengan maksud agar pertumbuhan tanaman cepat, maka keputusan menan
am bibit di tanah saya lakukan.  Ditambah lagi saat itu lagi musim hujan, pas banget rasanya penanaman ditanah.
Berdasarkan pengamatan, agaknya pertumbuhan si Puang Thong ini terkesan lambat dan pelit cabang.  Penanaman jenis lengkeng NN (no name) beberapa meter di sebelah Puang Thong menunjukkan perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan si Puang Thong.  Kesimpulan sementara sih pertama, karena si Puang Thong terletak dilokasi yang agak ternaungi pohon besar sehingga sinar matahari kurang penuh.  Kedua, bibit berasal dari cangkokan dari tajuk indukan yang kurang bagus, terlihat bibit cenderung melengkung ke satu arah. 

sosok bibit melengkung, pertanda cangkokan dari cabang yg kurang bagus

Beberapa tanaman lengkeng lainnya juga terkesan lebih pesat pertumbuhannya dibandingkan dengan pohon ini.  Melihat pertumbuhan yang kalah dengan jenis lainnya, akhirnya pemberian nutrisi yang agak intensif pun saya lakukan.  Beberapa pohon besar yang menaunginya pun disikat demi memacu pertumbuhan si Puang Thong.

terkesan lambat...

Waktu pun berlalu tanpa berharap banyak akan perkembangan si Puang Thong.  Suatu hari dikejutkanlah saya akan sosok Puang Thong yang mulai berubah.  Terlihat dia mengeluarkan beberapa tunas baru yang diikuti bakal bunga.  Tak percaya rasanya !!
Melihat kondisi tanaman yang menurut saya kurang prima tetapi berbunga meskipun tanpa aplikasi Lengkeng Booster membuat saya jadi agak kembali melirik keberadaan Puang Thong ini kembali.

mulai nampak pertumbuhannya
Pengamatan terhadap sosok bunga yang muncul sepertinya setara dengan dompolan bunga jenis itoh.  Namun saya yakin sekali dia akan lebih dhasyat dompolan bunga nya jika mendapat sedikit sentuhan Lengkeng Booster.
Tapi biarlah dia tumbuh alami sambil kita amati kelebihan dan kekurangannya.

pemberian nutrisi intensif utk memacu pertumbuhan
dari kejauhan tak nampak ada bakal bunga

bakal bunga bermunculan

perkembangan setelah 1 minggu

tanpa aplikasi Lengkeng Booster

dompolan bunga lebih rapat dari pada itoh

Lantas bagaimana sebenarnya sosok buah, kualitas daging buahnya dan kelebihan-kelebihan lainnya si Puang Thong jika dibandingkan dengan jenis lainnya ??
Dari informasi yang saya dapatkan sebenarnya sih banyak kelebihannya.  Tapi itu hanya sebatas "kata" dan "cerita" beberapa sumber tersebut.
Namun bagi saya lebih senang membuktikan sendiri sebelum berkomentar.....
Semoga banyak buah yang jadi ....(Insya Allah bersambung)

27 comments:

  1. update terus perkembanganya mas.....banyak yang nunggu...

    ReplyDelete
  2. Wah yg ditunggu dah berbunga, rapat sekali barisan bunganya..kira" brp minggu lagi buahnya matang nih mas? berarti ketinggian di malang cukup buat si puang tong berbunga ya tanpa booster? slm, bari :)

    ReplyDelete
  3. dikasih apa aja mas nutrisi untuk klengkeng puang thongnya

    ReplyDelete
  4. @Gitanium : oke siipp....ini juga kena gempuran hujan bunganya,....

    @Bari : kl jenis ini saya belum ngamati mas, kl itoh dari bunga mekar menjadi buah matang sekitar kurang lebih 4,5 bulanan, ketinggian di tempat saya 580 dpl, beberapa koleksi teman yang sempat saya lihat sendiri emang tanpa booster.

    ReplyDelete
  5. @some one : nutrisi standart yang mengandung unsur mikro dan TE serta pupuk kandang. Kebetulan saya pilih pupuk yang mudah larut dalam air dan siap serap....

    ReplyDelete
  6. Ingin tanya sama Mas Hervin: Lengkeng terbaik ( terbaik banyak panen buahnya, manisnya, kecil bijinya, tebal daging buahnya }dari bibit2 ini:
    -Pingpong
    -Diamond river
    -Itoh
    -Moya
    -Puang thong
    -kaisar
    -kristalin
    Juag untuk bibit mana yg lebih baik , bibit sambung atau bibit okulasi ?
    terima kasih atas jawabannya...

    ReplyDelete
  7. @winele : masing2 jenis yg anda sebutkan memiliki kelebihan dan kekurangn sendiri-sendiri. tapi dr pertanyaan anda mana yang terbaik sebenarnya relatif dan sesuai selera kita.... anda bisa mempertimbangkan jenis itoh, puangthong dan moya.
    memang ada statment salah satu tulisan di internet yang intinya : "puangthong dompolan lebih banyak dan bisa mencapai 1,5 kg, sedangkan itoh, apakah bisa ??? "
    mungkin dia hanya copy paste dari pendapat orang saja he he he,,,,belum pernah lihat dompolan itoh yang tembus 1,5 kg..

    ReplyDelete
  8. Thank's mas Hervin atas penjelasannya
    Kaya'nya untuk skala kebun lebih ke Itoh ya....

    Kalo menurut mas Hervin untuk bibit lebih milih mana ya , okulasi atau sambung ya ?.

    ReplyDelete
  9. Maaf nih saya bertanya secara beruntun, ada yang yg lupa nanya.
    Kalo dikebun ( ditanam di tanah ) hasil maksimal panen lengkeng perpohon berapa kg >

    Thank's

    ReplyDelete
  10. @winele : utk itoh memang saat ini harga lebih murah dari spt puangthong, moya (pendatang baru), lagian si pendatang baru belum banyak yg mengebunkan, jadi belum ada referensi...kl itoh sudh terbukti 5 tahun lalu....
    kl di kebun alternatif okulasi dan sambung susu bisa di gunakan semua...namun sy lebih cenderung ke okulasi

    yg di rumah tanaman usia sekitar 5 tahun dari bibit okulasi bisa panen 62,5 kg....

    ReplyDelete
  11. Di usia pohon 5 tahun sudah 62,5 kg, apa ditahun ke 6, 7 dan seterusnya bisa lebih banyak atau bisa mencapai maksimal berapa ya?...,
    Karena seperti di artikel2 di internet tentang cara berbudidaya lengkeng ( yang kebanyakan copy paste )ada bermacam macam pendapat ada yang perpohon bisa mencapai 80 kg bahkan sampai 300 kg atau 600 kg

    Kalo untuk mengantisipasi sampai pohon lengkeng mencapai besar maksimal jarak tanam yang ideal untuk tanaman lengkeng dikebun berapa ya, ?....

    Thank's

    ReplyDelete
  12. @winele : sebenarnya pohon itoh yg saya maksud di atas di usia 3 tahun sudah berbuah, sayang saat itu panen dilakukan bertahap, setiap ada teman dan keluarga yang mau petik baru di panen, sehingga tidak bisa di timbang. sedang hasil 62.5 kg sengaja panen dilakukan serempak dlm satu pohon shg bisa ditimbang. ditulisan lain pada blog ini sudah saya ulas, kl pemupukan dan perawatan bagus, saya yakin pohon tsb bisa tembus 90 kg. ini hanya pengalaman pribadi saja
    jarak antar tanaman bisa pake 8 meter utk mengantisipasi tanaman besar....

    ReplyDelete
  13. Saya sendiri belum pernah melihat dari jarak dekat atau memegang pohon lengkeng, hanya melihat dari jarak jauh sewaktu jalan lewat di daerah antara semarang magelang di pekarangan rumah pinggir jalan, dan itu dulu sekali yang jelas menurutku itu pohon lengkeng asli peninggalan jaman dulu.
    Kalau lihat postur pohon lengkeng kaya'nya tidak sebesar pohon mangga.
    Menurut Mas Hervin postur pohon lengkeng maksimal bentangan dari mahkota ke mahkota berapa meter ya ?....
    Pohon lengkeng panennya bisa berapa kali dalam setahun atau buah terus menerus ?....
    Thank's

    ReplyDelete
  14. Bang Herfin, tolong kalau bisa gambar daunnya diperbesar, soalnya saya beli bibit, kata penjualnya puangtong, mau saya bandingkan dengan punya bang Herfin, trims.

    ReplyDelete
  15. puangthong ku hampir KO cak...gara2 tak booster nggo AG hehhehe....suwen ngenteni mo berbuah...daunnya pada byk yg rontok...nyehatinya gmn yah cak?
    bluemarlin

    ReplyDelete
  16. @winele :betul, pohon lengkeng antara semarang magelang (ambarawa) memang termasuk jenis lokal yang udah lama umurnya, untuk jenis introduksi sendiri kl dia sudah tua juga bisa besar kok, namun tajuk (dahannya) tidak tinggi2 banget dari tanah. kl bentangan yg dimaksud adalah lebar tajuk, pohon usia 5 tahun bisa mencapai 4-5 meter bahkan lebih, tergantung perawatan (baca=pemangkasan) dari awal.
    untuk lengkeng lokal biasanya dia berbuah setahun sekali diwaktu musim, untuk jenis yang harus diinduksi lengkeng booster agar berbuah, dari pengamatan dan diskusi dgn rekan, kayaknya 3 kali dibuahkan dalam kurun 2 tahun merupakan waktu yang lebih tepat.

    ReplyDelete
  17. @bangdwi : insya allah dalam kesempatan mendatang bang....

    @blue : itulah orang kl gak sabaran, booster harus diaplikasikan pada tanaman yg benar2 sehat untuk hasil maksimal. Beberapa jenis lengkeng yang bisa berbuah alami (kecuali ardu n pingpong) sangat responsif (peka) terhadap rangsangan booster. efek bisa terlihat dalam 4 hari pasca aplikasi. kl daun kering n rontok, cepat2 glontor dgn air biasa, bisa dilakukan 2-3 kali agar sisa booster tercuci...

    ReplyDelete
  18. Pak apa punya bibit lengkeng puangtong cangkokan, jika ditanam didataran tinggi batu apa bisa berbuah. Jenis lengkeng yg bs ditanam di dataran tinggi dan berbuah tanpa LB apa pak? Trims, Anwar

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anwar : kebetulan lagi kosong cangkokannya mas.....
      jenis di dataran tinggi tanpa LB yang saya rekomendasikan adalah Mutiara Poncokusumo malang

      Delete
    2. lahan dg ketinggian 1200 dpl yg cocok dari jenis apa pak ?

      Delete
    3. @siska sri : coba pilih jenis itoh, kristal 2

      Delete
  19. malam pa, untuk kebun yang dulu ditanami albasia namun pertumbuhannya lambat, kira2 jika diganti cocok untuk tanaman buah apa ya pa? terimkasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mahdi : coba perbaikin kondisi tanah dulu aja mas, sisa akar kayu di angkat, tanah di gemburkan, di beri pupuk kandang, kapur dolomit dll,... Insya Allah bisa ditanami tanaman buah sesuai keinginan anda

      Delete
  20. Pak Hervin,apakah kelengkeng itu satu keluarga dengan leci?apakah leci bisa berbuah jika ditanam didataran rendah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda family mas, leci bisa sih didataran rendah, tapi untuk berbuah cukup sulit (di Indonesia). namun di daerah asalnya (cina) dia bisa berbuah di dataran rendah, oleh karena iklim di sana sub tropis, terjadi perbedaan suhu siang malam yang sangat ekstrim. itu yang membuat leci (dan lengkeng) berbuah alami,

      Delete
  21. apakah Kelengkeng Puang rai sama dg Kelengkeng Puang Thong? salam,
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda banget... tekstur daun dan tekstur buah sangat beda

      Delete

Comment