Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

18 Nov 2011

Sambung susu, sebuah alternatif

Bibit dari sambung susu, betulkah cepat berbuah ???...
Jawabnya relatif....! Hal ini bergantung dari jenis dan kondisi tanaman indukan itu sendiri.  Apakah Indukan tersebut memang sudah produktif, ataukah belum pernah berbuah sama sekali.  Jelas hal ini tergantung dari mental si pembuat bibit ini sendiri.  Tidak jarang karena permintaan pasar yang besar para pembuat bibit dengan praktisnya memperbanyak dari indukan yang belum pernah teruji berbuah atau bahkan dari indukan yang sebenarnya masih belum jadi tanaman dewasa.

Jaboticaba, perbanyakan tanaman umumnya dari biji
Sekedar mengingatkan, pada salah satu topik memilih bibit lengkeng terdahulu, pernah saya singgung berapa lama waku berbuahnya bibit dari sambung susu ??


Bisa cepat, jika pengambilan batang atasnya dari indukan yang sudah produktif dan pernah berbuah. Bahkan (dengan jangka waktu 1,5 - 2 bulan bibit ini bisa dipanen) saat panen bibitpun sudah membawa buah. Jika proses awal pembuatan bibit ini menggunakan batang atas yang sudah berbunga / buah pentil, maka saat panen bibit sudah dalam kondisi berbuah.
Bisa lambat, jika pengambilan batang atasnya dari cabang yang kurang produktif dan dari indukan yang belum pernah berbuah.
proses perbanyakan dgn sambung susu
Sambung susu merupakah salah satu cara perbanyakan tanaman yang dikategorikan relatif mudah.  Dengan pengerjaan yang benar, dia memiliki tingkat keberhasilan diatas 80 % bahkan lebih.  Sayang nya teknik ini akan merusak indukan tanaman yang ada  dan hasil bbit baru yang didapatkan lebih sedikit bila dibandingkan dengan teknik okulasi misalnya.
batang bawah dari biji vermy dalam proses sambung susu indukan

"memangkas" secara signifikan waktu berbuah
Mengamati beberapa jenis tanaman, ternyata teknik perbanyakan sambung susu adalah jalan satu-satunya yang paling efektif dan efisien dalam memperbanyak jumlah tanaman.  Taruhlah misalnya bibit vermilliont cherry.  Sebenarnya Vermy ini bisa diperbanyak dengan biji.  Namun tahukah Anda perbanyakan dari biji ini akan memerlukan waktu yang lama (2-3 tahun) hingga si bibit berbuah.  Dari cara yang sering saya lakukan lebih efektif jika bibit dari biji vermy ini kita jadikan batang bawah dan disusukan ke tanaman indukan yang terbukti sudah produktif.  Hasilnya....?? Bibit dari sambung susuan ini pun ternyata cepat sekali untuk berbuah....Artinya kita bisa memangkas waktu dari tahunan menjadi cukup bulanan saja.

bibit lengkeng Mutiara, bunga muncul beberapa bulan setelah turun susuan
  
Teknik serupa juga bisa diterapkan pada tanaman Jaboticaba / Anggur pohon misalnya.  Perbanyakan tanaman ini kebanyakan adalah dari biji, dan butuh waktu bertahun-tahun agar bisa berbuah.  Dari berbagai informasi dan pengamatan, perbanyakan dengan cara cangkok, stek batang jarang dan susah sekali tingkat keberhasilannya.
Dari pengalaman saat mengunjungi teman di salah satu kota di Jawa timur,teknik sambung susu merupakan solusinya.  Batang bawah yang digunakan tetap dari hasil perbanyakan dari biji tanaman Jaboticaba ini sendiri, bukan dari tanaman lainnya.  Beberapa kali percobaan sambung susu dengan menggunakan batang bawah tanaman lain seperti dewa daru misalnya, selalu mengalami kegagalan. 

bibit Mangga Kiojay, saat indukan berbunga dia pun ikut berbunga
bunga "asli" terjadi setelah proses turun susuan

Proses pembuatan bibit ini sendiri hingga siap panen memerlukan kurang lebih 3 bulan lamanya.  Batang bawah yang digunakan merupakan bibit dari biji yang berumur minimal 1 tahunan.  Inilah yang membuat harga dari bibit ini masih relatif mahal, tapi paling tidak bisa mempercepat tanaman berbuah.

prose susuan saat indukan berbunga, saat panen bibit akan membawa buah

Terlepas dari mahalnya harga bibit jaboticaba diatas, jelas ini merupakan suatu inovasi baru....
Semoga bermanfaat.
(terima kasih buat teman yang menginspirasi tulisan ini)

14 comments:

  1. koleksi premium nih mas pasti mahal ya, pada umur brp batang bawah jabotika dapat disusukan mas? saya dengar pertumbuhannya sangat lambat..trims

    ReplyDelete
  2. @bari : batang bawah yang digunakan bisa seukuran jari kelingking atau lebih besar, dan itu bisa berusia kurang lebih 2 tahun dari biji. dengan teknik ini bisa memangkas waktu berbuah beberapa tahun, tentu saja dgn kondisi tanaman hasil susuan yang kurang begitu bagus dibandingkan dgn dari biji asli....

    ReplyDelete
  3. pak, kalau sambung sisip itu batang bawah dikelupas kulit batangnya saja atau dibelah seperti sambung susu?

    ReplyDelete
  4. @hendri : sambung sisip cukup di kelupas kulitnya saja untuk batang bawahnya mas..

    ReplyDelete
  5. cak aku coba pakai batang bawah jambu biji.....ga berhasil jg hikhikhik :)

    ReplyDelete
  6. @teddy : coba cari batang bawah jabo sendiri, tingkat keberhasilah lebih tinggi....

    ReplyDelete
  7. @fauzi: Boleh tahu pak , harga bibit Jaboticaba Sambung susu nya...? dan Kira2 kalau boleh tahu bibit dari hasil sambung susu tersebut dpt berbuah pada umur brpa tahun yaa Pak...? tks

    ReplyDelete
  8. mau tanyak pak... kapan ya sambungan susu mulai dibuka... dan kira2 berapa lama ya pak berbuahnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lintas website :
      plastik bisa dibuka kurang lebih 3-4 bulan an pasca sambung susuan turun atau tergantung kecepatan batang bawah dan batng atas menyatu secara sempurna. jia selama itu plastik keliahatan mencekik batang, bisa di lepas / dilonggari dan diikat kembali dgn plastik baru.
      berapa lama berbuahnya ?? relatif sekali, jika indukan sudah produktif dalam jangka paling cepat 2 bulan sudah bisa berbuah. bahkan sambungan vermillion cherry bisa lebih cepat dari itu

      Delete
  9. pak teknisnya sambung susuan secara lengkap seperti apa ? makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai gambaran teknik / tahapan sambung susu bisa dilihat di topik "sambung susu beach cherry" di blog ini
      http://ayoberkebun-hervin.blogspot.com/2008/10/sambung-susu-beach-chery.html

      Delete
  10. pak ada bibit jaboticaba yang sambung susu. trims

    ReplyDelete
  11. Mohon pencerahan untuk teknik sambung susu, dg kasus sebagai berikut, saya punya durian lokal dan saya bermaksud menyambung diatas durian lokal itu dg jenis lain , apakah bisa diterapkan pola sambung susu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja durian di sambung susu, meskipun dia lebih umum di perbanyak dgn teknik okulasi / tempel mata dan sambung sisip....
      teknik sambung susu sama spt tanaman pada umumnya ...

      selamat mencoba

      Delete

Comment