Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

25 Nov 2011

Mangga Kio Jay ( lagi )

Membuka-buka album foto tanaman beberapa waktu lalu ternyata memunculkan ide untuk menulis kembali kisah mangga Kio Jay yang beberapa waktu lalu sempat heboh di kalangan pecinta tanaman.  Beberapa foto ternyata secara beruntun menunjukkan perkembangan tanaman Kio Jay yang saya tanam di tahun 2008 lalu.  Sebenarnya saat menanam tidak ada harapan yang muluk-muluk, toh waktu itu terus terang ketertarikan pada mangga masih sedikit alias kalah sama tanaman lengkeng.  Perawatan sambil lalu pun akhirnya terjadi pada si "Hijau Besar" ini.
buah pertama, berat 1,25 kg di usia tanaman 1,5 tahun
Bermula dari bibit okulasi yang saya dapat pertengahan 2008 dulu, akhirnya terpilihlah tempat untuk membuat lubang tanam di deretan dekat tembok pagar.  
Disekitar si bibit mangga inipun terdapat tanaman singkong yang lebih tinggi sosoknya.  Hemm.. tidak terbayang saat itu betapa merananya si pohon akibat rebutan makanan dengan si rakus singkong.  Dia sedikit "leluasa" setelah akhirnya si singkong di panen.

Buah Kio Jay muda, beberapa ada  semburat merah di pangkal buah
Pemangkasan batang untuk
pembentukan tajuk saya lakukan sedini mungkin, mengingat bibit dari okulasi cenderung bersifat meninggi / ngelacir.  Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada ruas cabang yang sudah berwarna hijau tua, jangan lakukan pada cabang yang masih muda.
Seiring berlalu nya waktu si bibit pun tumbuh membesar, dan akhirnya setelah 1 tahun lebih sedikit, bunga pun bermunculan.  Sungguh, waktu yang relatif tidak lama menurut saya, bagi sebuah bibit mangga asal okulasi untuk mulai berbunga.  Kisah dari pengalaman buah pertaman ini sudah pernah saya tulis di sini beberapa waktu lalu.

Dari pengamatan saya pribadi akan sosok Kio Jay ini, jika kita ingin tanaman tumbuh maksimal sebaiknya :
  • tanam si Kio Jay pada lokasi yang terbuka dan terkena matahari langsung minimal 5 jam per hari
  • lakukan pemangkasan sejak dini untuk pembentukan tajuk tanaman
  • berikan pupuk, baik itu pupuk kandang maupun pupuk kimia secara bijak dan berkala
  • lakukan pengontrolan terhadap hama di saat tanaman sedang mengeluarkan pupus baru, beberapa hama seperti ulat dan 'walang sangit' lebih suka menyerang daun muda ini.
  • biarkan tanaman besar dan sehat dulu dalam pembentukan tajuk dan "body" nya, perkara berbuah terbukti dia sangat genjah. 
  • penanaman di lahan / tanah lebih direkomendasikan dari pada di pot / drum, meskipun dia tatap bisa dijadikan tabulampot.  
Berikut perkembangan tanaman Kio Jay di pekarangan belakang rumah  :

pertengahan 2008 bibit asal okulasi ditanam di tanah

buah pertama, 1,5 tahun pasca tanam

buah pertama, 1 dompol 3 buah, harus dijarangi

2 tahun 2 bulan dari tanam, berbunga lebih  serempak

salah satu percobaan panen utk menentukan waktu yg pas

2011 Agustus, 3 tahun 2 bulan dari tanam, bunga muncul lebih banyak lagi

September 2011, sosok tanaman 3 tahun 3 bulan setelah tanam

Semoga bermanfaat....

27 comments:

  1. Mangga ini kemarin baru saja diulas di trans tv, ini mangga memang luar biasa ukurannya. wah bisa jadi ladang mangga gadung saya yang nilai jualnya rendah sekali tak gantikan dengan mangga ini.
    btw harga bibitnya kisaran berapa pak??

    ReplyDelete
  2. @anonymous : beberapa kali memang mangga jenis ini diliput baik media TV maupun media cetak....
    dan ternyata beberapa kali panen, buahnya tidak mengecewakan, baik dari segi ukuran maupun rasa
    di pasaran bibit asal okulasi berkisar antara 125-150 ribu dgn ketinggian 50-100 cm

    ReplyDelete
  3. wah menyenangkan sekali melihatnya, dalam waktu yang relatif singkat tuh mangga dah berbuah sebanyak itu....jd pgn ikutan nanem..
    rasa buahnya manis pa asem ya gan...

    ReplyDelete
  4. @Aank_laggi : betul mas bro, saya juga baru sadar setelah melihat album foto2 yang ada....
    dari segi rasa, pemanenan masak 80 % di pohon dan kemudian disantap beberapa hari kemudian, rasanya akan oke banget, asem nya gak ada

    kl yang suka rujakan, mengkalnya pun rasa asem nya dikit, renyah banget tekstus dagingnya....

    ReplyDelete
  5. Mas bibitnya dimana belinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kok di pasaran....
      di malang juga banyak

      Delete
  6. mas ko bibit'y ndak di upload to foto'y biar kita smua liat,,,

    ReplyDelete
  7. kemaren saya beli bibit mangga kayak mangga ini??
    Tapi katanya mangga GOLDEN KING??
    Harganya 125 Rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa sumber menyebutkan, mangga ini di peram dan dikasih ethrel (karbit) sehingga saat masak warna kuning menyala, dan sering disebut king golden

      Delete
  8. Artikel yg mantap,,,bisa ga mas diulas lagi ttg kiojay ini,,soalnya seneng saya bacanya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih....mungkin jika ada dokumentasi dan kesempatan akan kita bahas tentang sedikit tip panen dan menikmati mangga ini yang ternyata enak sekali.....

      Delete
  9. mas hervin, untuk pemupukan mangga ini intervalnya gmn ya??? saya newbie didunia tambulampot...mohon penjelasannya...
    by kris

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kris : kalau di pot bisa di beri dosis pupuk 5 gram per liter, di kocorkan interval 7-10 hari sekali....i pot kira2 1-2 liter

      Delete
  10. saya punya pohon mangga yuwen, sudah 6 bulan di tanam di halaman (bekasi), kira2 bisa genjah seperti ini gak ya? googling di internet belom nemu yg ngulas pohon yuwen nya berbuah lengkap seperti tulisan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan saya belum menanam yuwen di tanah, tapi pohon punya rekan di jatim yang ditanam ditanah, dgn tinggi pohon masih kurang 2 meter, sudah mulai berbuah kok.. sepertinya perlu full sun dan pemupukan intensif...

      Delete
  11. saya punya mangga buah pertama..saya tidak tau namanya mangga apa karena sy beli bibit di pinggir jalan yang jual juga tidak tau namanya ..buah pertamanya ada 12 buah..yang sudah di panen baru satu berat 2.5 kg..mangga apa ya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dhiev :
      coba di emailkan foto buah dan pohonnya bu....
      oh ya rasanya enak tidak... si jenis Mahatir bisa tembus 3 kg, tapi rasa masih di bawah kio jay

      Delete
  12. Di malaysia itu namanya Golden King. Saya juga punya 4 pohon. Dulu saya beli bibit 125rb.
    Sekarang karna udah banyak cuma 50rb. Warna buah dan daging memang patut di acungi jempol. Salam... dari KalBar

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, banyak sekali nama yang disematkan pada kio jay ini, teman yang dapat bibit dari taiwan malah kasih nama Yuen Kuning, tapi karakter buah 11-12 dengan kiojay alias identik. warna kuning juga bisa di bikin, yaitu dengan membungkus buah dengan pembungkus khusus yang di dalamnya ada semacam karbon gelap.

      Delete
  13. mas Hervin mau tanya nih, kalau hama yang menyerang pucuk mangga,shg daunnya rusak obatnya apa ya? karena baberapa tanaman mangga saya yang msih kecil pucuk daunnya rusak.
    Tks atas pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yonas : biasanya di bulan2 gini pucuk mangga sering diserang semacam walang sangit. bisa semprot pake pestisida kontak banyak kok dipasaran, tanya penjualnya aja pasti tahu

      Delete
  14. Mas kasih tau dong ciri ciri mangga kio jay yang sudah bisa dipetik.soalnya saya pernah baca disalah satu blok klu mangga kio jay dipetik matang dipohon akan tidak enak rasanya.saya punya pohon mangga kio jay yang sedang berbuah dan buahnya sudah besar besar.ciri2 mangga bisa dipanen gmana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @chirull : sayang saya kelewatan untuk menghitung harinya pasca dia berbunga he he he .... tapi ciri utamanya (jika buah tidak dibungkus) kulit buah sudah berwarna hijau tua kusam / hijau tua. itu tanda siap petik. tiriskan getahnya, cuci bersih, kering anginkan lalu taruh dalam suhu ruangan beberapa hari.... dijamin hemmm

      Delete
  15. mas hervin.. saya punya pohon mangga kio jay yang saya beli sebulan lalu dalam kondisi sudah berbuah.. yg mau saya tanyakan pupuk yg dipakai untuk pohon mangga ini pupuk yang seperti apa ya? merk dan jenisnya seperti apa ya? maaf saya pemula terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang sedang berbuah berikan pupuk NPK yang kandungan N nya rendah alias K tinggi, dia bagus sebagai nutrisi saat pembesaran buah. mereknya ?? banyak tuh di pasaran, salah satunya amazing grow pembuahan tentunya he he he ... sedikit promo

      Delete
  16. Mas, apakah mangga ini bisa di budidayakan untuk kebun? Padahal dia tidak bisa masak pohon?

    ReplyDelete
  17. @aji santoso : justru ini jadi peluang pekebun mas. buah di kebun bisa dipanen 85-90 %, yg mana masih keras. pengalaman saya buah seperti ini dibiarkan 6-10 hari di suhu ruangan (tanpa di peram / di karbit) bisa masak keseluruhan. jadiselama 6-10 hari setelah petik merupakan waktu distribusi ke konsumen dan siap santap..

    ReplyDelete

Comment