Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

11 Mar 2015

Jeruk Santang....(Akhirnya Dapat Juga Bibitnya)

Melanjutkan kisah perburuan bibit Jeruk Santang pada ulasan terdahulu, meskipun terlambat, akhirnya sempat juga saya tuliskan di blog ayoberkebun ini.

hasil panen Jeruk Santang 2014 (Batu Malang)

Melalui usaha dan kesabaran menunggu, lewat seorang teman, akhirnya ter-boyonglah satu pot jeruk santang yang seperti saya idam-idamkan sebelumnya.

Begini ceritanya singkatnya....


Melalui diskusi dan pembicaraan ringan dengan sorang teman dari Kota Batu Malang, tak sengaja mengarah ke topik jeruk.  Ya tepat... salah satunya jenis jeruk Santang yang sudah lama saya idam-idamkan,  Pengakuan teman ini bahwa dia memiliki dan memperbanyak bibit jeruk santang ini lewat entres yang didapat dari sisa tangkai buah santang yang di jual di salah satu gerai supermarket ternama.  Untuk mendapatkan entres tersebut, masih penuturan teman tadi, sedikit usaha keras harus di lakukannya.  Dia harus membeli tangkai "bakal entres" kurang lebih 1 kg di tahun 2009 saat itu.  Dari "bakal entres" tadi ada sedikit perlakuan yang diberikan, untuk selanjutnya di pilih yang masih segar dan hijau untuk di okulasi ke batang bawah jeruk dari biji.  Dari hasil seleksi "bakal entres" tadi kurang lebih menjadi 100 lebih hasil okulasian. 

tabulampot Santang dengan buah pentil yang masih hijau

Dari semua okulasian tersebut ternyata hanya sekitar kurang lebih 5 tanaman yang sukses jadi individu baru.  Sebuah prosentase yang minim sekali.
Singkat kata, dengan teknik top working di tanaman yang sudah besar, akhirnya di tahun 2010 beberapa tanaman sudah mulai berbuah.  Dan benar saja, buah dengan ukuran sedang, berwarna orange persis seperti jeruk santang yang dijual di kios-kios buah dihasilkan dari tanaman sang teman tadi.
Tentu saja tak ketinggalan di sela-sela obrolan tadi saya memesan 1 pohon untuk dijadikan koleksi di rumah.  Dan kali ini tidak tanggung-tangung, setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya 1 tanaman dengan bakal buah pentil di beberapa cabang akhirnya mendarat di kebun Tlogomas Malang.  Alhamdulillah.......

masih muda, namun rasa lumayan segar

Tanaman pun saya pindah ke dalam pot diameter 45 cm, dengan harap-harap cemas menunggu buah masak tak lupa pemupukan rutin saya lakukan.  Terhitung lebih dari 10 butir buah bergelantungan pada sosok tanaman dengan tinggi sekitar 1 meteran.

buah tua, Tlogomas Malang 580 dpl
 Di rumah dengan ketinggian sekitar 580 dpl tanaman tumbuh subur dan sehat.  Dalam setiap minggu saya amati perkembangan buah yang ada.  Tak lupa sesekali mencoba memencet buah yang paling besar ... He he he ... maklum .. penasaran, siapa tahu ada buah yang bisa di icip.  
Beberapa buah yang sudah empuk (sayang sekali saya lupa mencatat berapa waktu yang diperlukan dari buah pentil menjadi siap petik) dengan warna masih hijaupun saya coba petik sekedar memenuhi rasa penasaran.  Tak disangka, rasa segar sudah terasa di buah tersebut... hemmm pas dengan (maaf) selera saya ... manis, sedikit ada masam tapun menyegarkan......
Beberapa buah tersisa pun saya biarkan agak tua, dengan warna mulai menguning cerah.  Berbeda yang ditanama sang teman di daerah Batu Malang (dataran tinggi), buah di rumah warna kurang kuning orange "ngejreng".  Tapi dari segi rasa hemmm.... pas sekali di lidah (saya).

Memperhatikan pertumbuhan dan kualitas buahnya, rasanya layak untuk di kembangkan.  Singkat kata, pasca panen buah di pot akhirnya beberapa turunan bibitnya pun saya bikin dengan cara okulasi.

Lantas bagaimana pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini jika di tanam di dataran rendah ?...
Rasanya patut di coba.....

Semoga bermanfaat.
(Thanks to my friend atas bibitnya)

47 comments:

  1. bolehkah saya mencobanya tuk ditanam didataran rendah om...saya di kalimantan..klo boleh berapa kah harga bibitnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @agushw : monggo silahkan, namun di dataran rendah warna orange kurang ngejreng keluarnya...
      harga per saat ini kurang lebih 100 ribu an

      Delete
  2. Mas Hervin, numpang tanya, apa bedanya jeruk Santang dengan Jeruk Santang Madu : trims sebelumnya. deJe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @DeJe : setahu saya sih santang ada rasa sedikit kecutnya yang menyegarkan, kalau santang madu berasa manis total.....
      mungkin ada rekan lain yang bisa menambahkan....

      Delete
  3. Salam mas hervin,jd kesimpulannya nanam shantang lebih baik semakin tinggi dari permukaan laut ya mas .pantas sj tabulampot shantang madu sy blum berbuah pdhal ukuran batang sdh lebih besar dri ibu jari orang dewasa dan sdh sering treatment stress air,pemangkasan dan pemupukan p k yg tinggi.berbeda dgn tongheng gak sampe seminggu stress air sdh berbunga

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aj : sebenarnya lokasi semakin tinggi dpl nya lebih berpengaruh pada warna kematangan buah. Memang kalau di banding dengan tongheng, santang lebih susah berbuah. tapi jangan menyerah mas, kuncinya tetap pada stress air...

      Delete
  4. Om ipin herfin, apa bs psn bibit jrk online? Minim brp batang. Atau dibawa aja kl lg mudik, dkt kok om...jl kawi ke mrican

    ReplyDelete
  5. Mas hervin saya penggemar tulisan mas, saya juga sdh mengkoleksi buku mas hervin, ehm ada rencana nulis buku lagi gak mas??
    Oh ya mas skg susah ya beli amazing grow? Saya sudah coba menghubungi mb dini melalui emai. Sms semuanya tak terbalas, apa mas hervin jual pupuk amazing grow? Kalo iya saya beli di mas hervin saja gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @seorang suami dan ayah :
      rencana sih ada mas, cuma belum sempat aja nulisnya.
      iya beberapa hari kemarin hp n emailnya bermasalah, bisa mas pesan di saya


      Delete
    2. Diparani nang endi om heerpiiin...jl kawi ato ke tlogomas? Hehee hrs bw oleh" dong utk your kids force.
      Met idulfitri 1436H,..ditunggu buku karya terbaru..otobiografi juga boleh...

      Delete
  6. Salam kenal Mas Hervin.
    Saya punya bibit tabulampot kelengkeng kristal umur sekitar 6bln (tinggi - 100cm).
    Yang inggin saya tanyakan :
    1. Produk Amazing Grow apa aja untuk perawatanna hingga berbuah ?
    2. Bagaimana cara aplikasinya ?
    3 Bagaimana cara saya mendapatkan produk tersebut dari anda / di surabaya ?

    Terima Kasih
    Atas bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Painting : sudah terjawab via email nggih...

      Delete
  7. Mas hervin saya minta tips lebih detailnya mengenai cara perawatan serta okulasi bibit utk pohon jeruk santang madu ini, juga info mengenai pupuk amazing grownya boleh mas... tks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ruang Ratu : untuk perawatan jeruk pada umumnya sama seperti tanaman lainnya. media yang disukai porous jika di tanam di pot, di tempat saya dominan sekam padi nya. pemupukan standart, jika sudah sehat dilakukan stress air (ekstrim untuk santang) untuk merangsang bunga keluar.
      sedang untuk okulasi pada prinsipnya sama seperti yang pernah saya ulas pada topik okulasi jeruk yuk...http://ayoberkebun-hervin.blogspot.com/2011/08/okulasi-jeruk-yuk.html

      informasi amazing grow bisa klik link nya atau kunjungi www.amazinggrow.com

      jika kurang mendapat informasi bisa email ke saya

      Delete
  8. Aku juga nanam 1 pohon..tp lama gak gede2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jaya : coba lebih disayang lagi tanamannya he he

      Delete
  9. Salam kenal mas hervin saya tertarik dengan pupuknya gimana cara membelinya saya ada di tangerang mas minta inform nya kalu di tangerang saya mencoba santang madu kira kira bisa buah engga ya mas terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Gimo : salam kenal kembali mas, coba kunjungi web nya AG, ada cara pemesanannya, nanti dikirim.
      Saya rasa bisa kok santang berbuah di tangerang, mungkin nanti warnanya saja yang kurang ngejreng

      Delete
  10. mas Hervin bisa sy pesan bibit santangnya? kadang mau beli disekitar suka ragu. alamat di depok. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iim : monggo, bisa kok, email saja

      Delete
  11. maaf mas,alamat emailnya apa ya? ato kl boleh kirimkan infonya soal harga,dll ke email sy di : klikiim@yahoo.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Hervin, bibit jeruknya sudah saya terima sabtu kemaren, sementara saya tanam di pot 40 cm cukup ga ya? terima kasih

      Delete
    2. cukup kok di pot 40, usahakan medianya porous alias air gampang hilang (tidak padat dan liat)

      Delete
    3. iya medianya saya pakai campuran tanah,pupuk kompos,sekam bakar dan sekam mentah, sekamnya lebih banyak daripada tanahnya.

      Delete
  12. Segar jeruknya pasti enak di buat jus

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikupas langsung dimakan aja sudah enak...sayang kl di buat jus

      Delete
  13. boleh tanya harga jeruk santangnya, apa bisa di kirim ke jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @silvi : yang siap buah berkisar 100 rb an saat ini, bisa juga dikirim ke jakarta

      Delete
  14. Mas ad no kontak ap pin bb nya..
    Sy mnat pesan mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ronald : coba klik banner di sebelah kanan mas, koleksi kebun tlogomas malang

      Delete
    2. Ud mas kmren sy tlp ga d angkat sy sms ga d balas ini no 081333895230 nya. .
      Atau ad no lain ga mas. .sy bnar minat ne..mkasih ya mas..

      Delete
  15. warna orange bukan dipengaruhi ketinggian tanah, tapi cahaya nmatahari. khusus tabulampot jeruk santang, kalau mau buah berwarna orange, masukkan tanaman ke dalam rumah. karena kurang cahaya untuk fotosintesis, nanti pohon akan menyedot klorofil dari buah. alhasil jeruk berwarna orange. ini seperti simulasi musim dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih tepatnya dipengaruhi ketinggin tempat di permukaan laut, terbukti di 700 dpl keatas warna bisa orange, perubahan suhu siang malam sangat berpengaruh. tidak mungkin pohon 20 tanaman dimasukkan ke dalam rumah ha ha ha

      Delete
    2. Saya menanamnya dipinggiran kolam dengan selisih ketinggian permukaan tanah dan permukaan air sekitar 60 cm, apakah ini berpengaruh pada pembungaan karena sulit untuk perlakuan stres air dan sudah hampir 3 thn belum juga berbunga, saya coba cangkok pohon tersebut untuk dipindah ke tabulanpot, apakah dengan perlakuan ini peluang berbuah ada meskipun induknya belum berbuah? mohon penjelasan

      Delete
    3. @dedeugun : sepertinya susah juga melakukan stress air kl membayangkan deskripsi Anda. hasil cangkokan bisa kok berbuah meski induk belum berbuah, apalagi di pot, lebih mudah pengkondisian nya.
      keep spirit....

      Delete
  16. Replies
    1. @chrembex : ada di daerah tlogomas malang, jl telaga warna blok b no 24 A tepatnya

      Delete
  17. Salam kenal mas hervin,
    Kebetulan aku baru belajar tambulampot, klo stress air untuk santang dan nagami itu kira-kira sampe berapa lama nggih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cak S : tergantung cuaca, bisa sehari, dua hari atau lebih, asal daun sudah keliatan layu udah cukup

      Delete
  18. Bisa minta nomor telepon mas

    ReplyDelete
  19. Asslmkum mas hervin mau curhat nih,, mas pohon jeruk santangku beberapa hari yg lalu ta liat batangnya kluar getah kadang mirip buih sabun mas kirain pengerek ternyata setelah ta cek ga ada lubang dibatangnya..selang beberapa hari kulit yg kluar getah jd kering/layu/gosong kemudian pecah mas kulit batangnya.. kulit yg pecah kemarin ta coba kupas mas ternyata dibalik kulit ada ulat/larva warna putih dibaliknya.. yg mau ta tanyakan itu ulat brasaldr mana ya mas, cara yg ampuh nanganin masalah hama sperti ini pakai apa mas,, agar pohon tetap sehat diberi suplemen apa ya mas.. matur suwun mas (mando-sidoarjo)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam, sepertinya kena penyakit kulit nih jeruk, getah atau yg sering di sebut blendok itu gejala penampakannya, konon ini disebabkan oleh cendawan, nah kl larva yg ada tsb kemungkinan berasal dari hama lain yang menempatkan telurnya disaat luka pada kulit jeruk timbul...
      penanggulangan :
      Memotong / membuang bagian bagian kulit batang tanaman yang sakit, termasuk 1 - 2 cm bagian kulit sekitarnya yang sehat, kemudian diolesi dengan bahan penutup luka (karbolineum parafin, fungisida atau ter.

      - Mengumpulkan sisa - sisa tanamn dan memotong cabang - cabang yang terserang penyakit berat, kemudia dibakar.
      - Membongkar tanaman yang terserang berat dan dibakar.
      - Mengoleskan bubur California atau fungisida yang efektif berbahan aktif metil tiofanat dan siprokonazol pada bagian kulit batang / ranting tanaman yang sakit setelah dibersihkan lebih dulu,

      Delete
  20. Assalamualaikum..
    Bibit santang madunya masih ada mas? Kalo ada saya mo order kirim ke kaltara bisa gk ya? Iyut

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf utk saat ini lagi kosong mas

      Delete

Comment