Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

22 Jan 2010

Penjarangan Buah Srikaya Jumbo

Beberapa waktu lalu, dipostingan mencegah rontok bunga srikaya jumbo, telah dijelaskan bagaimana menjadikan tanaman sarat bakal buah.

Pada kesempatan kali ini akan disinggung bagaimana perlunya penjarangan buah oleh karena begitu banyaknya buah pentil yang ada.

Sekedar mengingatkan, percobaan kemarin dulu dilakukan pada tanaman srikaya jumbo di pot dengan ukuran 60 cm dengan diameter batang sekitar sebesar jempol kaki orang dewasa, sarat dengan buah pentil (terdapat 50 lebih buah pentil).

sarat buah pentil


Untuk menjaga kualitas buah, maka penjarangan buah yang demikian banyak wajib dilakukan. Buang buah yang tidak berbentuk normal, sisakan buah normal serta pilih yang berada pada tangkai / cabang yang besar. Hali ini dimaksudkan agar si buah mendapat pasokan nutrisi yang bagus dari pohon, sehingga buah tumbuh besar maksimal.
Pada kasus ini, buah di pohon saya sisakan 15 buah.
Pemberian pupuk NPK seimbang dengan dosis 1 sendok makan per 2 minggu dianjurkan guna memenuhi nutrisi tanaman. Sesekali berikan pupuk dengan kandungan K yang lebih tinggi untuk menambah kemanisan buah.

sisakan 1 buah dalam 1 tangkai


penjarangan tahap 2 (23 pentil) 22 Jan 2010


dibungkus biar mulus
di dalam pot 60 cm

Terakhir, jangan lupa bungkus buah agar terhindar dari serangan ulat dan kutu putih. Buahpun mulus hingga matang.....

Semoga bermanfaat ..!

6 comments:

  1. yang buat bungkus buah itu jaring/apa namanya?dimana cara mendapatkannya sepertinya praktis sekali bebas hama

    ReplyDelete
  2. Fugitive : itu kasa yang dijahit sendiri, beli di toko kain, bahan dari plastik, bukan kain.....

    ReplyDelete
  3. mas, tolong dong dibahas srikaya sun pablo!

    ReplyDelete
  4. kalau bakal buah srikaya menghitam n kering, kenapa n bagaimana? thk u

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah hitam kering setahu saya dia terkena serangan hama semacam kutu penghisap cairan buah, banyak terjadi pada jenis srikaya lokal, tapi di srikaya NV juga tak luput serangannya, solusinya buah seukuran kelereng, setelah di seleksi (bentuk yang normal dan sehat) di bungkus dengan pembungkus buah. bisa juga di semprot utk pencegahan, tapi residunya sayang buat kesehatan kita (kl di konsumsi sendiri bersama keluarga)

      Delete

Comment