Kesan Bagus memang jauh terdapat dalam Blog ini. Namun dengan maksud ingin menjadikan sebagi forum tukar pikiran, penuangan ide-ide ataupun kiat-kiat yang berhubungan dengan kegiatan berkebun adalah tujuan utama hadirnya blog ini.....Kritik dan saran sangat saya perlukan sebagai bahan masukan. Akhirnya selamat menikmati & semoga bermanfaat.....

8 Jul 2011

Merawat Bibit Sambung Susu

Bibit tanaman buah dari asal apa yang paling cepat berbuah ??  Saya pribadi setuju dengan jawaban bibit asal sambung susu, tapi dengan syarat dan ketentuan berlaku he he he.  Dalam waktu kurang dari 3 bulan pun bibit sudah bisa berbuah..., kok ?!..Tentu saja jika proses susuan dilakukan pada saat tanaman induk yang di jadikan batang atas sudah dalam kondisi berbunga ataupun pentil.  Namun jika batang atas diambilkan dari indukan yang belum pernah berbuah, dan bahkan dari cabang yang kurang sehat maka jawaban diatas tidak sepenuhnya betul.
Prosses Sambung Susu
Tapi kali ini bukan tentang keunggulan bibit asal sambung susu yang mudah berbuah  yang ingin saya bahas, melainkan bagaimana perawatannya hingga siap ditanam di lahan bebas.

Proses pembuatan bibit susuan (sambung susu) kurang lebih memakan waktu 1,5 s/d 2 bulan tergantung dari jenis tanaman dan kesehatannya.  Dalam kurun waktu itu, tanaman (bibit) baru sudah siap turun dengan kondisi masih terikat oleh plastik antara batang atas dan batang bawahnya.  Setelah dilakukan karantina beberapa hari, maka bibit siap tanam atau dipasarkan.  Pertanyaan yang sering diajukan beberapa rekan : "Kapan plasik ikatan bisa dibuka mas ?"....

Proses ikatan tidak merata bisa  "mencekik batang"
 Proses penyatuan sambungan susu hingga aman untuk dilepas plastiknya, berdasarkan pengamatan berkisar atara 5-6 bulan pasca proses.  Ini pun masih tergantung juga dengan jenis tanaman dan besar kecilnya batang atas yang kita jadikan susuan.  Jika tanaman rimbun dan atau tinggi, pemberian ajir (kayu penyangga) sangat dianjurkan untuk diberikan selama bibit masih belum siap dilepas di lapang. Pemberian ajir ini dimaksudkan agar proses penyatuan batang pasca turun susu berlangsung sempurna dan mengurangi goyangan yang bisa menyebabkan lepasnya sambungan saat bibit di pindah-pindah.

Iris plastik dengan pisau tajam perlahan
Lepas plastik perlahan, jangan sampai sambungan lepas

Selama kurun waktu itu, untuk lebih amannya, perhatikan ikatan tali plastiknya.  Jika ikatan sudah "mencekik" batang sebaiknya kita buka plastik tersebut.  Ikatan yang sudah mencekik dan kadang masuk di batang, bisa disebabkan oleh pengikatan yang tidak merata / sempurna pada saat proses susuan atau pertumbuhan (pembesaran) batang yang terlalu cepat
Untuk kasus ini gunakan pisau tajam / cutter untuk membuka ikatan plastiknya, perhatikan apakah sambungan benar-benar sudah menyatu.  Jika belum, siapkan plastik es lilin yang telah di belah, lilitkan kembali secara merata pada bekas sambungan antar batang tadi.  Lakukan pelilitan plastik dari atas kebawah secara merata dan rapi.  
Ikat kembali dari bawah ke atas merata, gunakan plastik baru

Inti dari pengikatan kembali ini adalah sedikit melonggarkan ikatan agar tidak mengganggu transportasi makan dengan tetap menjaga agar sambungan lepas. Sebab jika sambungan yang belum sempurna ini lepas sedikit saja, bisa dipastikan tanaman akan mati.
Hasil ikatan kembali, lebih longgar tapi tetap kuat
Ikat kembali tanaman pada ajir untuk mengurangi goyangan.  Kontrol kembali beberapa minggu setelah itu, liahat apakah ikatan plastik mulai "mencekik" batang atau tidak.  Jika sudah kelihatan mencekik, langkah diatas bisa kita ulang kembali.

Ikat batang pada ajir
Batang menyatu sempurna, plastik bisa dibuang

Apabila penyatuan kedua batang sudah sempurna, maka plastik ikatan dapat kita lepaskan.  Ingat jangan sekali-kali membiarkan ikatan tanpa membukanya di kemudian hari.  Pertumbuhan batang akan tidak sempurna jika kita lupa membuka ikatan ini.  Plastik pun tidak akan putus dengan sendirinya seiiring pembesaran batang.  
Jadi, waspadalah....!!
Semoga Bermanfaat......
(gambar diatas ilustrasi dari hasil sambung susu yang kurang sempurna yang perlu penanganan lebih lanjut)

7 comments:

  1. saya cantumkan blog pak hervin di blog SMP terbuka Jingga Lifeschool. Berharap bisa menjadi semangat bagi anak2 di Jingga utk berusaha kreatif dan maksimal. mampir ya pak :) http://jinggalifeschool.blogspot.com/2011/07/life-skill-nya-jingga.html
    dekat kok dengan Lela cabang Bekasi Utara

    ReplyDelete
  2. @jingga LS...oke silahkan, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. halo mas apa kabar nih..
    sya punya bibit bungsu Mangga Kio Jay dan Chokanan, udh jalan 3 blan mas..kira2 prawatan yg tepat gmana ya?? ikatannya udh sya buka..skitar sbulan lalu udah muncul daun2 baru, tapi smpe skarang blum ada prkembangan, mhon bantuannya ya mas.. trims banget.@IYUT

    ReplyDelete
  4. @Iyut : kalau emang ikatan sudah dibuka dan gak ada masalah, pesan saya cuma satu aja, kasih ajir / penyangga dan ikatkan pada batang nya, dengan harapan jika ada terpaan angin atau hal2 lain sambungan tidak mudah lepas/patah..
    tapi jika kondisi sambungan keliatannya belum bagus benar, coba ikat lagi dengan plastik yang baru.
    jangan lupa pemberian pupuk berimbang untuk merangsang pertumbuhan tunasnya

    ReplyDelete
  5. alpukatku sambung susune batang isih ijo. walau sambungan sudah ok mesti nunggu batang sampe coklat ben lebih kuat ??

    ReplyDelete
  6. mas apa pohon alpukat bisa disambung susuan ?

    ReplyDelete
  7. alpukat bisa kok disambung susu, tunggu batang bawah sampai agak kecoklatan

    ReplyDelete

Comment